Apakah Honda teralis nyomot mentah-mentah mesin CBR150R??….

137
13

Pertanyaan ini muncul pasca brojolnya informasi calon jagoan teralis Honda akan mengadopsi engine CBR150R. Tak terkecuali IWB. Walau belum sepenuhnya terbukti…namun bocoran sontak membuat semua tertegun tidak percaya. Gimana nggak mzbro….mosok CBR150R yang saat ini dijual pada kisaran harga 33jutaan dicopot mesinnya yang kemudian dibenamkan menjadi kuda besi spesies baru dengan banderol jauh lebih murah?? ( estimasi dibawah 24 jutaan)…..

Kemungkinan ada dua cara yang bakal dilakukan AHM untuk merealisasikan hasratnya tersebut. Yang pertama….proses perakitan mesin sudah dilakukan ditanah air atau CKD. Proses ini sangat memungkinkan jika produksi bisa dioptimalkan dalam jumlah besar. Nah….sebagai motor yang diposisikan untuk menggilas kompetitor dekatnya….Yamaha Vixion, maka diyakini target penjualan juga akan menyesuaikan. Hal inilah yang menjadi faktor penentu pricing, yakni kekuatan mass production…..

Possibility kedua… AHM melakukan downgrade core engine. Cara ini terpaksa ditempuh untuk menekan cost, membikin differensiasi sekaligus menghindari rasa kecewa konsumen pemilik CBR150R. Memangkas menjadi 5 speed mungkin??, IMHO….dengan seting ulang ECU serta kombinasi transmisi, karakter new teralis lebih condong bertenaga dari bawah….menengah. Top speed tidak perlu sekencang CBR150R yang mampu tembus 150km/jam. Tapi remapping lebih kepada torque…serta kecepatan puncak plus minus 140km/jam disinyalir sudah bisa menjadi senjata mematikan…..

Last……analisa diatas buyar jika ternyata AHM memutuskan mengambil secara mentah-mentah engine CBR150R. Namun….dalam keyakinan pribadi sepertinya tidak mungkin mengingat kudu dilakukan penyesuaian karakter sikuda besi yang bergenre naked bike. Artinya…kudu easy to ride dan accelerasi sudah nampol sejak dari RPM bawah. Sesuatu yang tidak kita jumpai pada mesin CBR sekarang. Selain itu peribahasa ada duit ada rupa tidak bisa kita tepis begitu saja. Kasarnya….barang yang kita beli jauh lebih mahal…rasanya sukar dipercaya kualitas sama plek dengan yang lebih murah. Β Gimana menurut mzbro semua? ada opini lain??….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

137 COMMENTS

  1. hmmmmzzz…
    kya a d remap ulg deh,nyesuaikn dgn genre a.
    yg jlas,kdu 6 speed ttp..krn klo tuk vixi killr gg hrs stngh2..ayo mas,korek trus inpohnye,smngat 45..
    πŸ˜€

  2. yups !!
    ane setuja mas iwan,ada harga ada rupa,mesin motor harga 33juta jelas tidak akan sama kualitas dgn mesin motor seharga 24juta.
    ane kira inilah tantangan buat ahm.

  3. di india cbr 150 tetep dibandrol mahal ama honda india mas. mendekati duke. bukan malah r15 yang sekelas.
    itu juga udah cbr lokal india.
    apa iya disini akan dijual lebih murah? padahal disana terkenal dengan motor batangan dijual murah. sedangkan disini negeri bebek dan matik.

  4. berkaca dengan kasus vario 125 cc.. yang spec-nya hampir sama dengan pcx 125cc? mungkinkah diterapkan di motor sport yg baru ini..?
    mungkinkah..?
    …oohh..mungkin…ooohh..tidak…oohhhh…yesss…oohhh …nooo

  5. kayanya sohc klo mo ngejar torsi mana ni motor neked jadi sesuai dgn karakter motor tersebut nantinya tapi ga taulah klo mekaniknya nemu setingan baru

  6. Apakah salah satu wujud “permintaan maaf” Honda Motor Company, karena selama ini Thailand dan India selalu dapat prioritas? Atau mungkin skenarionya sama seperti CS1 (contek basis mesin Thailand, tapi rancangan secara keseluruhan asli Indonesia).
    Kalau memang benar (malahan ada sumber yg bilang power melebihi Scorpio), angkat jempol buat AHM apalagi harganya ga jauh2 dari Vixi.

  7. irittttttttttttttttt tenan sedunia. new vartec lewattt 1lter bisa 150kilohttp://yudibatang.wordpress.com/2012/03/21/gilee-beneeerr-konsumsi-bbm-yamaha-mio-j-satu-liter-tembus-943-km/ πŸ˜‰

  8. bisa ga mesin CBR disetting ala mesin CS1 yg galak sepanjang RPM? akan lebih “josss gandooos”…. ehehehehe

  9. Kaya nya mesn cbr 150 versi torque kaya nya. . .
    Jd pgn akslerasi plh teralis. .
    Pgn top speed yahud plh cbr. . Bnr kta pde iwan ada pembeda. .
    πŸ˜€
    Nice terawangan. .

  10. Semoga siteralis mbrojol nanti diluar nalar kita…………..
    Kita yang meragukan akan terhenyak,ternyata siteralis lbh segalanya tapi bukan lbh mahal tentunya.
    Ayo AHM kobarkan semangatmu,kalo tidak sekarang berbuat baik mau kapan lagi……..?
    Tunjukan pada kompetitor bahwa iniloh honda……………….

  11. yang bilang cbr ini buat kelas menengah,biar tampil beda,desainnya lebih wah,,,ente ke laut aja
    ga ada yang istimewa dari motor ini,kecuali harganya..jangan dibodohi atpm.

  12. CBR mahalkan karna impor utuh coba cek harga di thailand paling 22jtan ya..
    Disini kalau mesin sitrellis menggunakan cbr tp udah dilokalkan semua akan murah g kaya cbr sekarang yg overlah.
    Ada yg tahu bentuk cam dari satria f dan cbr mau nanya apa sama bentuknya?
    Just info si trellis dari ahm dohc cam mirip satria f trial masih lama mulai bulan oktober.
    Yg jelas sitrellis bisa murah power dan body ok punya dah..
    Bukannya begitu?

  13. 12. YB – Maret 21, 2012
    NIH MOTOR YANG PALING IRIT SEDUNIA TIADA TANDING
    BAYANGKAN WUIIIIIIIIIIIIIIIIIIIHHHHHHHHHHHHHHHHHHH 1LITER BISA 100KILO KURANG DIKIT(60 kilo) dikit kan yoyoi harap dibaca tuh motor apa,,http://yudibatang.wordpress.com/2012/03/21/gilee-beneeerr-konsumsi-bbm-yamaha-mio-j-satu-liter-tembus-943-km/, vartec lewatttttttt suzuki nex brangkat top markotop deh pokok nya,, di siyalir nih motor bisa irit karna ada bantuan campur tagan lelembut alas roban dan alas peler, monggo dikunyah kunyah

  14. kang iwan, bs request ilustrasi nya si teralis gak.? Kan udah ada gambar rangka nya tuh, ya paling tidak nanti nya kita punya bayangan tu mongtor. .

  15. Menurut ane sih mungkin saja mesinya sama dgn CBR, tinggal remap CDI agar torsinya powerful di rpm bawah, knapa? krn CBR ini mahal bukkan cuma krn mesinya ttp krn CBU ( kata Mbah Dukun), krn targetnya vixion harga harus setara atau lebih murah ( Vartech 125), nah karena sales targetnya lumayan gede ya jelas avordable untuk di produksi di indonesia, jelas harganya pasti oke..tggu sajaa…..

  16. Sepertinya pake mesin cbr nya setengah matang mas iwan…wis ga sabar pengen liat penampakannya..ditunggu mas iwb hunting nya..

  17. yg masuk akal pk basis mesin cs1 di bore up 150..ngap pk pk mesin dohc bt nglawan vixi? ckplah pk cs1 digan ti injeksi n bore up..lbh msk akal dr segi pricing….5 speed ckp bt mtr naked..basisx sm m sonic 150cc nti..kl pk cbr gak mkn, yg pny cbr 150 protes..tp gak tertutup kemungkinan jg pk cbr tp bth penyesuaian lg, ky dl zamanx phantom 150 yg ambil basis mesin NSr 150 tp ada penyesuaian

  18. @ @ 6. keong1964
    Semua amsih terbuka bro. Artikel hanya analisa pribadi….
    @ 11. Satria
    Semoga tantangan bisa dilewati mzbro AHM
    @ 34. zhe
    Pakde…beh tuwek tenan aq
    @ 43. d’javu
    BIsa juga seperti itu
    @ 47. newbie
    Oalah…jujur saya blank nggak ada ga,baran bro. Mungkin ada pengunjung warung yg bisa kasih ilustrasi?
    @ 48. yahonsuwakanja
    Hanya berandai-andai mzbro. Tenang aja :mrgreen:
    @ 54. yaka
    Setengah matang….menarik tuh. Artinya nggak mentah2kan bro…
    @ 56. Nhd
    Jiahhh….bisa aja nih mzbro wkwkwk
    @ 57. dewi
    Ini sisterkah??. Penyesuaian, itu kata kuncinya. Artinya memang tidak mentah-mentah nyomot engine CBR150??

    Administrator
  19. ngak mungkin aza 5 speed bro. lha yg 125 cc aza 5 speed. apa kata dunia nanti. bakalan zadi bulan2xan. yg lebih cocok perbedaanya ya di aksel dan top zpeednya.

  20. wah bener2 misterius ni motor, yg terkuak baru rangka nya doank, kang iwan aja gk punya gambaran bgai mana wujud tu mtor, pa lg saya, hahaha.. seng penting korek trus info nya kang.. Klu bkn dr blogger2 kyk sampean, dr mana lg kita2 dpt info trbaru sputar mtor yg mw brojol..

  21. –*komentar bermutu dari casper*–

    Menurut analisa saya yang dimaksud “menggunakan mesin CBR ” adalah mesin DOHC injeksi itu saja.

    kalau kita bicara mesin tentu banyak faktor, diantaranya yang paling utama adalah masalah metalurgi. itu yang membuat mahal tidaknya suatu produk.

    Performa ?

    Ralat dulu mas iwan, memang cbr 150 versi indonesia ada yang mampu 150km/jam? saya baca di blog-blog kok menyebutkan 125 km/jam posisi menunduk, 115 km/jam biasa. Hal ini jelas dimaklumi karena penyesuaian bahan bakar ke premium.
    (mohon bagi pemilik new CBR 150 indonesia mau mengklarifikasi top speed sebenarnya).

    Sehubungan dengan itu, karena mesin new teralis ini adalah baru
    (bukan downgrade dari prototype awal). maka sangat dimungkinkan disesuaikan dengan kondisi bbm indonesia yaitu

    1. Kompresi dibawah cbr 150 ( bahan bakar premium sangat sulit di set untuk kompresi 1:11. jika pun bisa akan mengorbankan torsi seperti cbr 150.

    2. Power dibawah CBR 150 ( dibawah cbr 150 karena kompresi diturunkan. diatas vixion karena DOHC. perkiraan 16 ps.

    3. Torsi diatas CBR 150 (>12, Nm)
    –> Torsi CBR 150 drop karena mesin yang seharusnya pertamax di remap menjadi premium. Sedangkan mesin New teralis memang prototype awal untuk premium. jadi torsi tidak terpengaruh.

    4. Mesin DOHC
    –> inilah yang dimaksud menggunakan mesin CBR 150

    5. Injeksi
    –> Honda akan merubah semua produknya ke injeksi

    6. Bahan bakar premium
    –> Selama ini, semua kelas Mid-end menggunakan bahan bakar standar.

    analisa ini mungkin bisa benar dan juga bisa salah. kita buktikan saat new teralis nanti keluar.

  22. iy om iwan q cew tulen..cm sk z m mtr….bnyk jg kn pabrikan lain yg bt mtr naked mesinx diambil dr basis mtr sportx…GSR dr GSX CB dr CBR, Z1000 dr ZX10, tp kl ducati lain y?

  23. Lebih efisien klo memang identik sama, gk perlu riset lagi yg perlu biaya ekstra besar walapun cuma modif hal kecil aja..

  24. @ 65. AAOGY, 66. newbie
    Aminn..doain aja bro
    @ 63. MIO J****t
    Mzbro, mbokya nick name belakangnya disamarkan. Saru euy
    @ 68. Casper
    Saya setuju dengan arti tidak menelan mentah2 kata-kata ” engine CBR150″ . Bisa jadi Honda meracik ulang namun tetap menggunakan basis engine CBR150. Tapi untuk top speed….seperti susah dipercaya bro kalau hanya 125km/jam nunduk secara saya pernah test gear 3 saja mampu tempus 90km/jam. Selain itu pengakuan teman kantor ada yang pernah ngetest dikemayoran (CBRnya baru) dan tembus 150km/jam. Emang kudu dibuktikan dulu. Ada penunggang CBR150R yang bisa ngasih penecerahan dengan penuh kejujuran?
    @ 69. dewi
    Waduh…jeng Dewi top tenan. Lady biker ternyata. Met gabung ama penyuka roda dua nih. DUcati special big bike sis…jadi tidak pernah nyangkokin kemotor cc kecil
    @ 71. andi
    Yup…betul, yang penting tampang alias desain

    Administrator
  25. ya elah ada yg analisa panjang kali lebar tapi ko ga tau karakter mesin, simpelnya dohc punya double head camshaft, mesin dengan noken as ganda di atas silinder ini butuh momentum putar lebih ketimbang sohc yg cuma satu camshaft jadi dah bisa dipastikat akselerasinya lemot tapi di putaran tinggi sohc minggir ja dah…

  26. gak mungkin lah…konyol namanya kaloncaplok mentah2 mesin CBR. pasti downspec kek FRX ke satria, secara karakter motornya beda CMIIW.

  27. udh psti downgrade, gak mungkin plek blek mesin cibier150. kalo pun iya, pasti terjadi subsidi silang karena harganya kan bakalan 11-12 sm vixi.

  28. Hmmmh… Memang sangat masuk akal mas iwb jika nantinya Honda plek blek memakai mesin cbr150 sebagai basis mesin si teralis walaupun dengan bebrapa downgrade..
    Kenapa..? Karena untuk positioning sebagai “giant killer of vixion” tentu saja fitur dan performa harus diatas vixion sendiri..
    Yaah salah satu cara yg paling gampang adalah mencangkokan enginenya cbr 150 ke si tralis

  29. memangnya kualitas material cbr 150r sesuai dengan harganya yg 33 jeti??? kaga kaleee.. itu motor bisa seharga segitu karna PAJAK impor..

  30. Ninja series aja harganya terpaut jauh dengan ninja RR,padahal basis mesin mirip..kalo kawasaki bisa seperti itu,kenapa honda enggak??..:)

  31. ra po2…kelasnya udah beda…comot aje…yg penting penjualan moncer…cbr fairing ga bakalan kecewa..jos AHM…gelar semua dagangan lo AHM…

  32. @Mz iwan : bener mas iwan, soalnya saya juga heran, masak cbr 150 cuma tembus 125 km/jam. saya lihat di youtube juga gak ada.
    sangat nunggu konfirmasi yang punya cbr 150.

    btw Maz iwan ini ternyata tonggo dewe toh… baru nyadar lok iwan banaran itu artinya iwan yang berasal dari banaran.

    yen wong tulungagung ngomonge mbanaran πŸ˜€

    tonggo deso mas hehehe

  33. mas iwb,kok gigi 3 90km/jam?saa aja gigi 1 60km/jam….lelet dong?emang beda ya ahm sm thailand?pantesan mekaniknya pada blg jgn beli ahm?soalnya kode mesin sdh beda…ber kodw kc..kl thailand cs….itu tandanya udah ckd atau lokal produk…yg bikin kecewa tub pajak bea cukak mahal akibat buat bahan makanan koruptor

  34. misalkan nih ya si trellis adalah pengganti NMP yang menurut rumor mau disuntik mati kayak kasus vartech 110, kalo bisa namanya jgn ada megapro2an deh, soalnya ditempat saya megapro udh terlalu lekat sm yg namanya kendaran angkut alias becak motor, malahan bisa dibilang becak motor terkeren adanya di tempat saya, karena satu2nya becak motor dgn double disk brake yg pernah saya hitung kira 15an motor becak NMP.

  35. Ckckckckck….. susah juga yaa untuk menumbangkan Vixion 5 spedd…., lebih susah lagi klo new vixi mbrojol..#new vixion kan lom ke endus spek mesin n fiturnya# jangan2 new vixion mbrojol setelah si teralis nongol…. 2 bulan kemudian pasti di kampleng new vixi tuh si teralis…[Pendapat pribadi] intinya Honda kudu kerja keras dan banyak berkorban klo ingin menjungkalkan New Vixion.

  36. @ 89. Casper
    He eh bro, tulen wong banaran xixixixi
    * Sampeyan ngendi?? Jabon, Mojosari opo kates??
    @ 92. billy mcgregor
    Waktu itu ngetes diSentul kecil bro. Dan pada gigi 3 95km/jam belum red line. Cuma sdh terbentur tikungan….

    Administrator
  37. maksud perkataan mesin teralis sama dg cbr adalah sama2 150cc..sama2 injeksi..sama2 dohc.. sama2 ada radiator.. karena slama ini kn gda mtor ahm yg dohc slain cbr. makanya dikatakan mesin ambil pny cbr. tapi untuk lainya y g sama. bore stroke nya mgkn beda. kmpresinya mgkn beda. ukuran valve jelas beda. powernya mgkn beda. dan yg pling pnting BAHANYA PASTI BEDA. kayaknya dah ada yg ngumung gni y diatas ..

  38. @mz iwan. kalangbret mz.. g nyangka tiap hari mantau tyta produk tlgagung dewe. terus berkarya mz..artikel2nya ditunggu πŸ˜€

  39. maaf oot. nitip undangan ya mas.
    Hadiri acara makan malam brsama NEW YARIS!
    @The Sands Grand Ballroom
    Mangga2Square
    rabu 21 maret ’12 18.00-21.00

    Artist Performance by: Ayu Ting Ting

    Grand Prize:
    – Honda Beat
    – iPad 2
    – iPhone 4

    Door Prize: BlackBerry

    Bayar 888ribu/bulan!
    Langsung bawa pulang New Yaris!

    Hubungi: James (0896 370 330 28 / 021-9945 1109)
    Terima Kasih.

  40. ubah spek mesin saja seperti bore yang lebih kecil tapi dgn stroke yang lebih panjang serta gear-box cuma 5 speed dgn sistem injeksi yang lebih simple seperti open loop tanpa 02 sensor. vixion 4 klep sohc dijamin tumbang oleh spek seperti ini dgn dohc 4 klep. πŸ™‚

  41. Liat tanggal mainnya aja masbro
    Klo harga di atas Macan tuek saya lebih prefer ke New Vixie or Minerva X-road

    Klo ada TVS 180 ABS mending itu deh
    Nyoba ABS di motor koyo opoo

    Hal yang sama berlaku untuk si new Sonic kali ya gan Iwan, masalah si teralis ini

  42. mesin nya sama

    antara Ultra Sonic, Trelis n CBR 150 R.
    sama kek Supra X lama ama yang Revo, ABS Revo… sama aja mesinnya itu2 aja…

    BeAT n Spacy….

  43. Jangan berimpi si teralis dibekali mesin DOHC dg power diatas 16 HP. Lha wong tiger mesin jadul yg masih SOHC aja dijual 25 juta… Tar bisa2 si teralis dijual 28 juta…
    Kalo dijual 21 juta ya jelas NMP terjun bebas dong…

    Oiya utk top speed cbr 150 yg katang bisa 150 km/j….gw gak percaya. Lha udah ada yg buktikan diwarung sebelah, cbr lari 145 km/j disalip pulsar 200 pd 120 km/j je….
    Ada jg di youtube cbr 150 dilibas habis sama yamaha sniper (MX) blok vixion…. hebat tuh yamaha MX. MX cuma pasang blok vixion dah mampu menandingi cbr 150… uhuhuhuhu…

    Tp gw lebih ngidam cbr 250 fireblade… yg ini gw ga brani komen dah. Top poko’e… 19.000 rpm.

  44. yah jangan downgrade dunks, harga harus tetep murah buat teralis (dibawah 18jt), kualitas harus sama. wis embuh carane AHM, buktinya di Vario 125 bisa!
    kalo gak bisa ya namain aja CBR 150 fit !

  45. Bosen om dari dulu yg ada cuma informasinya doank kagak ada spyshoot di jalanan. Lebih Mantep sama New Sport Yamaha yg jelas teruji di jalanan n pelayanan service serta kualitas terjamin

  46. all..emg smua mtr di indonesia tuh dgn kualitas nomer 3 emg ga diragukan….ga ada recall produk yg penting produknya laris….jelas beda ketika mtr keluaran ahm sm import..karna permintaan pasar yg membawa adat murah menjadi pemicu utama kualitas kendaraan di indonesia menurun….aplg ga euro 3saya lebih setuju kl moge yg di jual mas iwb….motor yg lain kaya vixion,thunder,scorpio,byson,nmp,tiger,fu,bajaj all variant,minerva vxninja 2tak mending di suntik mati saja?ga lulus uji emisi…..kl di ganti sm moge saya rasa unsur gagah dan safety nya dapat…gtu jg mobil….bebek dan matic dibawah spek click i125(beda ma vario 125)di suntik jg?jalanan makin sepi..ke kntor cepat…..mantap…
    makin jengkel ma org yg suka pake hp dijalan dan kelengkapan serta fungsi motor yg ga lengkap plus berfungsi….apa kata dunia?

  47. ingat AHM sekarang beda sama AHM yang dulu,, sekarang yang penting vixi dan si kebo bisa mampus minimal terong-rong pembelinya,,AHM nggak masalah ngeluarin produk berkualitas dengan harga terjangkau yang penting masyarakat bisa membeli! jadi kita tunggu gebrakan AHM selanjutnya!

  48. Ga mungkin lah AHM akan membuat konsumenya kecewa begitu saja… kebijakan yang akan di ambil tentunya sudah dengan pertimbangan yang sangat matang.
    Perakitan mesin yang sudah bisa di lakukan di tanah air tentunya banyak biaya yang bisa di pangkas. Bukan berarti harga nya diturunin kemudian kualitas juga begitu…

  49. Daripada bertanya2 terus,mending nunggu launchingnya saja. Yang pasti sll ada yg baru dari Honda,siap utk menggoda konsumen. Dan ga mungkin AHM menurunkan kualitasnya meskipun harganya bisa ditekan lebih rendah.

  50. Model Ducati Streetfighter 848 mantep kayanya kang mas
    full faring dicopot kepala diganti model ducati
    body belakang gembot ban segede CBR 150 manstap euyyy

  51. CBR 150 di thailand sana harganya 22 juta jadi tanpa spekdown juga si teralis bisa bersaing harga dengan vixion klo ckd di sini coz naked kan lebih murah dari segi biaya dari fairing.

  52. Itu namanaya strategi pemasaran brooo…rugi dikit di awal gak apalah yang penting bisa numbangin saingan(itung-itung investasi jangka panjang)
    kita tunggu aja kehadirannya.bravoooo…

  53. Jelas beda kulit as Dan ahm v.s Thailand…cb Aja taro minyak rem di body?kl cat ilang berarti jelek….saya udah cb kondisi apa pun yg jelas beda bahan….kl mo bags ya moge Aja Mas?ada rupa Ada harga…….

  54. assalamu alaikum wr.wb
    saya ingin
    mengucapkan terima kasih
    banyak kepada MBAH
    ARUNG atas nomor
    togelnya yang kemaring
    MBAH kasi yaitu β€œ9510?
    alhamdulillah itu benar2
    tembus MBAH dan berkat
    bantuan MBAH ARUNG
    saya bisa melunasi semua
    hutan2 keluarga saya dan
    bukan hanya itu MBAH
    alhamdulillah sekarang
    saya sudah bisa membuka
    usaha sendiri untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2 itu
    semua berkat bantuan MBAH
    ARUNG. sekali lagi
    makasih banyak yah MBAH…
    yang ingin merubah nAsib
    seperti saya hubungi MBAH
    ARUNG diNMR
    0853-8438-4484 dijamin
    100% pasti tembus karna
    saya sudah melihat
    buktinya 3x berturut2 tembus..

  55. fyi: cbr 150 indo (30an jt) downgrade dari cbr 150 iu (40an jt) yg notabene gk minum premium n lolos emisi euro3… jd kl nextnya downgrade cbr jd (20an jt) y sah2 aj hehe.. gw lebih percaya sm mesin cbr yg asli rancangan honda bkn beli rancangan org..

  56. Honda tralis menggunakan mesin CBR 150R???
    kira – kira di Indonesia dibanderol harga berapa dan udah mulai keluar???
    kalo dilihat dari body okee siihh..

Leave a Reply