Mengintip bawah jok Honda Vario 125 PGM-FI….

106
25

Fisik luar sudah banyak yang tahu . Tapi tidak afdol rasanya kalau kita tidak nengokin bawah jok motor yang diberi embel-embel Helm-In ini. Apakah betul  bagasi sesuai ekspetasi atau hanya slogan belaka? Nah…berikut IWB jepret pemandangan daleman jok eSP engine untuk memberikan bayangan mzbro semua. Cekidot….

Pabrikan mengklaim kapasitas bagasi mencapai 18 liter. Angka yang disodorkan mengingatkan kita akan varian sebelumnya…..yakni Honda Spacy yang juga mempunyai luas identik. Setelah kita intip kedalam….beighhh jebule emang gede bener mzbro. Lay out mirip dengan Spacy terutama kontur jok atas coak serta tonjolan dasar bagasi untuk mencegah helm geser. Ketika IWB coba masukin helm TRX full face Honda…..blesss, tenggelam ora jedul maneh. Untuk memantapkan test, jok ditutup….terkunci sempurna. Wisss…..Helm-In tenan ki!. Bedanya dengan Spacy, tentu saja desain. Yup…tidak seperti Spacy, desainer secara cerdas mampu menutupi kesan gambot dimensi kiri kanan body Vario Techno 125. Bisa jadi panjang kuda besi secara keseluruhan yang bongsor menjadi  penawar ampuh efek distorsi akibat fitur Helm-In….

Pandangan kita geser kebagian tengah. Nah….tutup apa nih?. Tidak salah lagi….disana merupakan pintu gerbang untuk membuka cairan pendingin. Jika Spacy hanya dibekali kipas, maka gen Vario Techno sudah liquid cooled. Keuntungannya….suhu mesin selalu terkontrol pada kondisi apapun. Overheat?? No way mzbro dan sis!!. Belum lagi dukungan teknologi  PGM-FI yang  tidak terpengaruh perubahan cuaca. Mau hujan, panas, lembab….kering, takaran asupan bensin yang disemprotkan keruang pembakaran tetap presisi dan terukur. Hasilnya….performa maksimal serta irit bahan bakar. Semua semakin komplit atas hadirnya tanki bensin dengan kapasitas 5,5liter. Disinyalir biker akan jarang mampir kepom bensin. Tidak heran siACG starter tetap nyaman dipakai melibas rute sejauh 1500km lebih pada  Ultimate Journey Jawa-Bali minggu lalu….

Yup, itulah sekilas daleman jok siVario 125 PGM FI. Sebagai komuter bike, value sikuda besi tidak bisa dipungkiri  merupakan yang terbaik saat. Banderol 15,1juta….mendapatkan engine 125cc, liquid cooled, ACG starter, Esp engine, parking lock, side switch stand, seat open terintegrasi dengan kunci kontak, SKS, Helm-In, konsol fuel digital speedometer, desain menawan serta beberapa kelebihan lain…….(iwb)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

106 COMMENTS

  1. Ane udah dapet yg warna hitam mas..:D..tarikan maknyos..body’nya aduhai,lebih proposional dilihatnya untuk ane yg bertinggi badan 175cm..

  2. baru tau klo helm in itu tengahnya meledung ketas gitu yach..?

    kirain rata, jadi muat banyak..:D

  3. torsi tinggi pake premium mesin cepet panas. makanya pake kipas gak cukup, diganti pendingin cair (liquid cooled) … xi xi xi….

  4. tambah berat aja nih yamaha…

    sebagai gambaran aja market bulan Februari kemaren total gabungan dari 8 varian yamaha dari:
    1. mio SW,
    2. mio CW,
    3. mio J SW,
    4. Mio J CW,
    5. Mio J Teen,
    6. Fino Clasic,
    7. Fino Fashion, dan
    8. Fino Sporty
    cuma laku 93.026 unit…..!!

    masih kalah dgn 1 varian Honda, Honda BeAT CW yg bisa tembus 100.975 unit…..!!!

    ckckckkkkk……

  5. yamaha udah main keroyokan ngelawan 1 honda beat aja masih kalah.
    jyan ngisin2i tenan…..

    wkwkwkkk

  6. [1]
    Fitur helm ini mengorbankan kenyamanan berkendara karena busa jok jadi tifis, ditambah setting shock yang relatif keras… untuk jalan jauh kayaknya pantat bakalan panas plus cenat-cenut.

    [2]
    Tutup radiator deket footstep kanan boncenger rawan banget dicolong… tinggal putar, abis perkara, motor gak bisa jalan jauh klo tutup radiator ilang

    [3]
    Disc brake depan terletak di sebelah kiri roda, ini menyulitkan pemasang kunci gembok pengaman di discbrake pada saat parkir, karena biasanya posisi stang sudah terkunci ke arah kiri dan motor di-standar miring kiri. Mestinya disc brake dipasang di sebelah kanan seperti Xeon atau matic Yamaha lainnya

    [4]
    Lampu spion memakai kaca biasa, bukan kaca khusus spion yang cembung (CMIIW)

    [5]
    Rear hugger bikin sulit upgrade ukuran ban, terlalu mefet

    • @32
      Dicek lagi, kemarin liatnya di dlm mall, jadi efek cembungnya kayaknya gak berasa (gak ada ?)
      @34
      Justru karena saya punya Honda dan Yamaha jadi ngerasain segi praktikal ‘kecil’ yang lsg terasa beda. Coba lihat di parkiran motor, ada berapa persen motor yang parkir standar samping dan stangnya nekuk kanan? mayoritas pasti nekuk kiri
      @35
      Pada prakteknya akan ribet pas mau pasang gembok di disc brake. Dari pembagian bobot, mestinya justru di sisi kanan karena CVT ada di sisi kiri. Toh matic Yamaha disc brake-nya ada di sisi kanan. Soal momen pada saat pengereman, pengaruh posisi rem depan/belakang jelas lebih besar ketimbang posisi disc brake kiri-kanan
      @40
      Mretelin ban/kaliperperlu kunci bro, tutup radiator tinggal puter…bisa jadi niatnya ngisengin aja, yang jelas bikin repot yang punya motor

  7. @GrandV
    ga pernah punya honda ya bung…..
    kunci stang honda bisa kanan-kiri dari dulu, ga ngefek sama posisi disk brake sebelah kiri.
    cek dulu sebelum komentar ya bung biar ga malu-maluin……..
    ups sorry…….

  8. cakaram depan di pasang di kiri?ga ngaruh masalah gembok kali mas,justru itu teknologi untuk membuat pengereman lebih maksimal,untuk mengimbangi bobot mesin metik yg cenderung berat disebelah kiri(sist cvt ada di kiri).masalah nyolong jangnkan nyolong tutup radiator,(kurang kerjaan)nyolong,kaliper rem depan juga gampang,nyolong sepion juga gampang,nyolong motor juga gampang,gampang bagi orang2 jail n jahat/penjahat,(yg pasti bukan saya hahaha),

  9. Makin kesengsem…

    cuma sayang blm punya duit, mau jual skywave harganya terjun bebas gak kira2…
    (jd curhat nih…)

  10. @Drajat

    hmm..
    image matik yamaha udah terlanjur jatuh.., butuh usaha ekstra buat balik.

    meski main keroyokan spt skrg tetep susah ngalahin honda beat yg imagenya lg diatas angin.

    ini terbukti dgn harga rondo matik2 honda yg msh sangat stabil…

  11. @grandV
    setau sya sih spionnya cembung, deh..
    Trus soal tutup radiator tu orang tanggung bner cuma nyuri tutup radiator mnding sekalian meretelin ban + velg depan, lebih mahal lgi..

  12. Sekilas Info

    DP Motor Minimal 25 Persen, DP Rumah Minmal 30 Persen

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Para perusahaan multifinance dan perbankan kini tak bisa lagi memberikan pembiayaan dengan down payment yang sangat murah. Bank Indonesia telah membuat aturan baru yang mengatur mengenai DP pembiayaan.

    “Dalam rangka meningkatkan kehati-hatian Bank dalam pemberian Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) serta untuk memperkuat ketahanan sektor keuangan, Bank Indonesia mengatur besaran Loan To Value (LTV) untuk KPR dan Down Payment (DP) untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB),” kata Direktur Direktorat Perencanaan Strategis
    dan Hubungan Masyarakat Bak Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam rilis resminya, Jumat (16/3/2012).

    Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Kendaraan Bermotor.

    Rasio LTV, yakni angka rasio antara nilai kredit yang dapat diberikan oleh Bank terhadap nilai agunan pada saat awal pemberian kredit, ditetapkan maksimal 70 persen.

    Ruang lingkup KPR yang dimakud meliputi kredit konsumsi kepemilikan rumah tinggal, termasuk rumah susun atau apartemen namun tidak termasuk rumah kantor dan rumah toko, dengan tipe bangunan lebih dari 70 m2. Pengaturan mengenai LTV dikecualikan terhadap KPR dalam rangka pelaksanaan program perumahan pemerintah.

    Sementara itu, untuk DP bagi KKB ditetapkan antara lain untuk roda dua minimal DP sebesar 25 persen, roda empat minimal DP 30 persen, dan roda empat atau lebih untuk keperluan produktif minimal DP 20 persen.

  13. masih kalah dgn 1 varian Honda, Honda BeAT CW yg bisa tembus 100.975 unit…..!!!

    ckckckkkkk……
    =============================================
    Gosipnya bulan ini produksi Honda Beat diatas 120rb, biasanya angka penjualan sih ga jauh beda..

  14. GrandV – Maret 17, 2012

    @32
    Dicek lagi, kemarin liatnya di dlm mall, jadi efek cembungnya kayaknya gak berasa (gak ada ?)
    @34
    Justru karena saya punya Honda dan Yamaha jadi ngerasain segi praktikal ‘kecil’ yang lsg terasa beda. Coba lihat di parkiran motor, ada berapa persen motor yang parkir standar samping dan stangnya nekuk kanan? mayoritas pasti nekuk kiri
    @35
    Pada prakteknya akan ribet pas mau pasang gembok di disc brake. Dari pembagian bobot, mestinya justru di sisi kanan karena CVT ada di sisi kiri. Toh matic Yamaha disc brake-nya ada di sisi kanan. Soal momen pada saat pengereman, pengaruh posisi rem depan/belakang jelas lebih besar ketimbang posisi disc brake kiri-kanan
    @40
    Mretelin ban/kaliperperlu kunci bro, tutup radiator tinggal puter…bisa jadi niatnya ngisengin aja, yang jelas bikin repot yang punya motor

    ======================

    ah..perasaan ente sadjaa

  15. @Drajat,

    Yoi bro… ente sebagai sales pasti dapet bonus gede kan… xixixixixixi… dateng terus nge BC di net… dagangan laku… xixixixixixi… terus nerima bonus puluhan juta… beuh…

    @Briptu…
    emang kalo motor di std miring ke kanan ya????

  16. joknya keras kek Spacy ga? klo keras kek spacy, hbs beli kudu modif jok tuh biar nyaman di pan**t (pengalaman punya spacy).

    mnurut ane, jujur discbrake enakan disebelah kanan (smua bebek honda ga ada disebelah kiri), klo pertimbangannya biar lbh pakem, tp kenyataannya hampir smua matic honda, kecuali vario 125 ini, rata2 remnya kurang pakem (sbelum make spacy, ane pengguna produknya yamahmud, jd berasa beda bgt remnya), mslh mesin honda emang lbh alus dr kompetitornya, cvt-nnya jg bandel alias ga gampang bunyi dredet.

  17. @ Roy – Maret 17, 2012

    @Briptu…
    emang kalo motor di std miring ke kanan ya????

    ======================

    kalo punya gw sih miring ke kiri…ga tau tuh punya si grand..miring ke belakang kali xixixixixi

  18. Klo lihat gambar diatas, layout bawah joknya banyak lekukan dan terkesan kurang rapih, sepertinya akan susah ngebersihinnya (akan banyak timbunan debu), masih jauuuh lebih rapih skydrive (sempat punya yang satu ini).

Comments are closed.