About these ads
jump to navigation

Brojolnya Bajaj Pulsar 200NS menampar eksistensi produk Jepang?? Februari 3, 2012

Posted by Iwan Banaran in Bajaj.
trackback

Jepang…sebuah negara yang disegani sejak era pecah perang dunia kedua. Seluruh daratan Eropa dan Benua Amerika terhenyak tak percaya ketika pesawat tempur Nipon berhasil menekuk armada udara Inggris dan Amerika. Dibekali mesin Mitsubishi…..manuver serta speed kala itu tergolong lebih superior dibanding lawan. Ketangguhan negara matahari terbit memaksa Amerika, Inggris dan Perancis bergabung . Hingga tragedi terjadi. Bom Atom dijatuhkan diHiroshima dan Nagasaki…meluluh lantakan semua yang ada. Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat…..

Sejak terpuruknya ekonomi akibat perang….Jepang bertekad bangkit. Belajar tanpa kenal lelah dan terus mempertajam pengetahuan disegala sektor. Lambat laun keterpurukan berubah menjadi kesuksesan. Dari segi teknologi khususnya roda dua….merekalah rajanya. Disaat pabrikan Eropa lebih suka bermain kelas moge…secara jeli mereka meracik kuda besi kubikasi mungil. Pasar Eropa dan Amerika yang sebelumnya melakukan resistensi…akhirnya menyambut hangat produk-produk Jepang. Irit, handal, mobilitas tinggi, ekonomis, harga kompetitif serta kualitas bersaing menjadikan motor-motor Jepang cepat merebut hati biker seluruh dunia. Hingga jaman berganti…..

Munculah pabrikan India yang mampu menawarkan motor dengan kualitas dan harga bersaing. Mereka seperti tahu bahwa kubikasi mungil tidak hanya dituntut irit dan ekonomis namun juga kencang. Tolak ukur demand dan tren sudah bergeser. Ketika biker jaman dulu motor hanya digunakan untuk mobilitas sekedarnya……kini telah menjadi semacam cap atau prestige yang bisa mengangkat proud atau rasa bangga pemilik. Konsumen juga semakin pintar…tidak mudah dibohongi dengan tampilan facelift ala kadarnya. Karena itulah…Bajaj, sebuah pabrikan yang dianggap remeh oleh mayoritas pemerhati otomotif dunia mampu meracik kuda besi mumpuni dengan harga terjangkau. Tak ayal beribu pertanyaan muncul, ada apa dengan Jepang?? kenapa mereka yang sudah malang melintang sebagai produsen handal sejak jaman dulu, menjadi terkesan under dog pasca munculnya Bajaj Pulsar 200NS??…..

Menilik performa…bisa IWB katakan brojolnya Pulsar 200NS memang merupakan sebuah tamparan buat produk Jepang. Tidak percaya? silahkan intip tabel komparasi motorsport yang IWB comot dari Blog bro Ridertua (klik disini) berikut. Nyaris…seluruh motorsport (satu segmen) yang bertebaran ditanah air, bukanlah lawan Pulsar generasi anyar. Begitupun desain……harus jujur kita katakan, P200NS sangat bisa bersaing dengan produk-produk matahari terbit. Stylish….modern look…..wah dan enak dipandang mata. Dari segi banderolpun Bajaj mampu mempermalukan Jepang. Yup….budaya yang terus dipelihara oleh Bajaj yakni value for money tetap dipegang. Btw…apakah ini artinya P200NS bisa mengancam eksistensi motorsport lokal??….

Kalau menurut IWB, mengancam sih tidak. Mungkin bahasa yang tepat adalah….menggerogoti. Untuk pada level mengancam…masih jauh sebab banyak PR yang kudu dibenahi oleh pabrikan India khususnya cakupan 3S, kecakapan mekanik plus standart pelayanan yang kurang maksimal pada masing-masing dealer. Sisi ini sangat besar pengaruhnya. Anyway….IWB sebenarnya yakin mereka juga bisa meracik kuda besi se-powerful Pulsar….200cc output 23.5HP.  Tapi konsekuensinya??…biasa banderol akan terdongkrak. Jika dipaksa murah….lazimnya akan terjadi efisensi atau pemangkasan cost yang ujung-ujungnya berdampak penurunan kualitas. Itulah fakta yang sering terjadi. Last….sebuah tantangan bagi pabrikan Jepang untuk brojolin kuda besi segarang P200NS dengan harga terjangkau. Yah…memang tidak gampang sebab menyangkut profit plus tetek bengek birokrasi yang kita sendiri tidak tahu. Apakah mereka mampu menawarkan kuda besi semurah, sekeren dan sekencang pabrikan India?? monggo berikan analisa mzbro semua….(iwb)

Noted :Click to enlarge the Image

About these ads

Komentar»

1. perigilaa - Februari 3, 2012

pertamaxxx ;)

Like this

2. sapto - Februari 3, 2012

emg keren si z00 ns

Like this

3. rocky - Februari 3, 2012

Bukan motor gw yg kemurahan,tp motor elu yg kemahalan…<kata2 direksi BAI ini sangat menancap sampai skrg…

Like this

4. Gianluigi mario - Februari 3, 2012

ada pasarnya dewe2 kok , kang IWB. .:)

Like this

5. Rei - Februari 3, 2012

mantab,semoga kedepannya 3Snya makin oke

Like this

6. GrandV - Februari 3, 2012

Penguasaan pasar mematikan inovasi… itu terjadi di semua sektor industri…. buat apa riset mahal kalau dikasih yang sederhana aja bisa dijual mahal ?

Like this

7. NN - Februari 3, 2012

klo yg tinggl di jawa c oke2 az beli klo d klimntan gni plngan bisa d itung yg bli coz dealernya cm ad d ubukota provinsi…..
lagian org dah pcya bgt ma produk jepang…..dealer merata,bengkel pnggir jalan jg bisa fix klo ad ap2 pkkx msalah 3s masih mng jpang….

Like this

8. Dondon - Februari 3, 2012

andai saja 3s nya udah mumpuni,brojolnya Pulsar 200NS disini bisa jadi “bom atom” buat pabrikan jepun.

Like this

9. aru_kun - Februari 3, 2012

rasio KOMPRESI nya berapa ya?

Like this

10. sofiyan - Februari 3, 2012

Betul… Bukan motor india yang kemurahan… Tapi motor japun yang kemahalan….

Like this

11. redcowboy - Februari 3, 2012

kebiasaan produk jepun yang operpret….. teknologi di atas dikit langsung dibanderol gk wajar,,,

Like this

12. damar - Februari 3, 2012

dg keluarnya p200ns harusnya merk jepun bisa ngasih motor terbaik dg harga bersaing.kan mereka udah jadi raksasa.untung dikit ga pa2 dech.ati2 aja kl new pulsar trbukti kualitasnya trus si jepun gak berbenah,lama2 pasar sports mereka bakal tergerus.kl si indihe laku keras tentu 3s nya jd merata,bikin pabrik dsini.acha….achaa…..

Like this

13. 5800 - Februari 3, 2012

Tak tunggu kedatanganmu New Bajaj Pulsar setahun lagi bakal
tak tukar tambah piksonku.
3S Tolong dibenahi juga BAI…!!!
Mosook servis harus ke semarang…!!!
Buseet dah….
Ayo mas Iwan mulai nabung dari sekarang juga biar nanti kalo hadir disini langsung beli CASH…!!!!
Di sinyalir nanti rondo pikson, kebo, Nmp, tiger, scorpio pada mangkrak di showroom bekas..
wkwkwkwkkk…
New P200 Pretty Zhinta…
Mantaaappp….
Hehehehee…

Like this

14. vixy182 - Februari 3, 2012

kalo produk yg brojol nya emang nge bom abis jepang di liat dr pwer, tampilan dan harga… Tapi tambahin amunisi 3s nya lagi biar tambah kuat biar gak kn bom sendiri :-) vixy182.wordpress.com/2012/02/03/pergantian-filter-udara-si-vixion/

Like this

15. jaelan.. - Februari 3, 2012

haduuuuuh……. pelajaran sejarah pd 2 …….
ujung2nya…motor sport……

Like this

16. beckhem - Februari 3, 2012

Perlu dicermati oleh BAI……..jaringan Produksi+3Snya harus KUAT…….!!!! klo dah bisa, sudah pasti Tigor, Scorpy, Vixion sangat terganggu pasarnya……..

http://beckhem.wordpress.com/2012/02/03/review-produk-casio-aq-s800wd-7ev/

Like this

17. SIPPIRILLI - Februari 3, 2012

3S lagi……………..
Coba kalau yang bikin tu anak SMK, bukan menampar lagi tapi mengubur hidup2.

Like this

18. ken39 - Februari 3, 2012

terlalu dini menyimpulkan…

Like this

19. id - Februari 3, 2012

hadew sing payu bebek karo matic

Like this

20. Den Bagus - Februari 3, 2012

Kebooo….
Ku tunggu jandamu…….

Like this

21. Den Bagus - Februari 3, 2012

Masih indent udah jadi janda!!!!….
wkwkwkwkwk……

Like this

22. gydor - Februari 3, 2012

sumpah NMP tak dol di nggo nebus pulsar ns

Like this

23. vandha_maharis_ditya@yahoo.co.id - Februari 3, 2012

kira-kira thn 2015 mah fresh g ea tampilannya ?
soalnya kuat belinya baru tahn sgtu, hehehehe…

Like this

24. Onthel's Bondet - Februari 3, 2012

Kalau model pemerintahan kita ala Jepang pasti maju, tetapi di sini yang di tonjolkan pemerintaj kita adalah korupsi , kolusi , gengsi, & biokrasi benang ruwet akhirnya jadi bangsa yang ruwet…

Like this

25. arfa - Februari 3, 2012

saya yakin… berlahan tapi pasti…. akan dimenangkan oleh Indie punya…. kekekke…

Like this

26. cetarceter - Februari 3, 2012

ane setuu bgt sama masbro, dimana pabrikan jepang masih pelit akan teknologi/fitur, tp bajaj melihat celah itu dan langsung menyerang tepat sasaran, semoga pabrikan jepang terangsang akan kehadiran pulsar 200 ns ini, meskipun dianggap “sebatang jarum” oleh pabrikan kelas kakap, sebuah “jarum” tetap bisa “menumpahkan darah”

Like this

27. Novian Agung - Februari 3, 2012

Kalau 3S nya bagus, malah bisa menginjak-injak :D

Like this

28. uungferi - Februari 3, 2012

india meraung raung

Like this

29. sinbe - Februari 3, 2012

Moga laris ne motor biar pabrikan jepang ketar ketir.

Like this

30. Rollerman - Februari 3, 2012

hmmmm liat nanti aja

pricing,serta animo masyarakat tentang motor ini

saran buat Bajaj sih iklan motor ini mesti gencar (kalo jadi brojol),tidak perlu brand ambassador,yang penting gencar n informatif (ttg keunggulan)

Like this

31. REDEMPTION - Februari 3, 2012

yg gempar sales BAI kwkwkkwkw…

Like this

32. Gatotkoco bermesin turbo - Februari 3, 2012

disinyalir P220 n P180 trus gak laku, coz pada nahan diri buat nunggu p200ns, kalo p135 sih beda segmen, coz hrgnya bakalan jauh bedanya,
BAI bakalan pusing 7 keliling bgmn biar stok p220 n p180 cepet habis….

Like this

33. Nongdong - Februari 3, 2012

tadinya saya niat banget meminang 1 unit P200NS, tapi berhubung ada rumor bakalan ada versi full fairingnya ya ditahaaaan lebih lama deh…
yg naked aja cakep banget, gimana yg full fairing yaaa…? apalagi yg twin silinder 350 cc, wuihhh mantab deh…inilah buah hasil dari cinta produk dalam negeri rakyat india, indonesia kapan ya….?

Like this

34. vh18revolution - Februari 3, 2012

Memang keren nih Pulsar yang satu ini…..mau indent satu ah….buruan di brojolin dong…..

nitip share ya Bang Iwan,

http://vh18revolution.wordpress.com/2012/02/02/ga-punya-bb-mau-bbm-an-pakai-whatsapp/

Like this

35. ridertua - Februari 3, 2012

habis ditampar di intimidasi oleh India.. ckckckck opo tumon.. :)

Like this

36. neo - Februari 3, 2012

ni pulsar 200NS kayanya baru senjata awal bwt nampar dua jepang,,,,

Like this

37. Angga - Februari 3, 2012

dari hasil komparasi kayaknya kekalahan pulsar cuma di bobotnya aja ya. Harusnya ini bisa diconsider sama bajaj. Dari P180 sampe P220, bobot pulsar diatas rata2 kompetitornya. Andaikan bobotnya bisa dipangkas lagi pasti maut banget.

Like this

38. Raden Tono - Februari 3, 2012

mantap………..

Like this

39. justwihan - Februari 3, 2012

pokoke selama 3S nya belum apik, cuman lirik2 doang aktifitas paling tinggi (krn pernah kecewa banget pas pake XCD!!)

kalo dah apik, beli bajaj…

Like this

40. ahmed - Februari 3, 2012

Pulsar NS200 emang cakep ueiiy, blm ada produk jepun semantep ini dan bikin mata melotot kyk gini dimari..
India bergoyang,, caiya,,caiya…

Like this

41. prie - Februari 3, 2012

Bajaj masih punya jepang juga kan? nih anak perusahaan di Indihe sono “Kawasaki Bajaj Motor Ltd. (India”

Like this

42. Immortalorochimaru - Februari 3, 2012

Kalo di india pabrikan jepang harganya bisa bersaing…… Kalo disini emang keenakan… Gak ada kompetitor, jadi pasang harga operpress…

Like this

43. 4201journey - Februari 3, 2012

Makanya spacy n spacy injeksi bisa murah, wong dasarnya memang murah ko.
Kena deh semua pabrikan jepang sama india, tvs juga mantab, belum lagi Hero yang mungkin saja akan masuk. Bisa2 pemilik dealer pindah haluan k india. Cape deh….

Like this

44. tovavanjava - Februari 3, 2012
45. antonix87 - Februari 3, 2012

Tp modelnya sepintas niru pabrikan jepun versi moge.. India identitasnya pke sariguard? Model aslinya ya pulsar itu.. Wolfer..

Like this

46. apoapo - Februari 3, 2012

memporak porandakan.wkwkwkkw

Like this

47. ipanase - Februari 3, 2012
48. djoeng - Februari 3, 2012

memanggg..Bajaj Pulsar 200NS lebih cakepan daripada si Kebo

Like this

49. ungeex - Februari 3, 2012

motoor jepaang emang semakin mahall….
meski teknologinya biasa…

Like this

50. Luthfi Aziz - Februari 3, 2012
51. Rudy Sou1 - Februari 3, 2012
52. Fans berat IWB - Februari 3, 2012

Saya setuju dalam kutipan artikel mas iwan “Tamparan untuk pabrikan jepang” mereka pnguasa pasar udah gmw berinovasi ala kadarnya jual mahal.

Like this

53. gustinr - Februari 3, 2012

petinggi BAI suka baca blog ngga ya?

Like this

54. Othonx - Februari 3, 2012

Nunggu motnas yang bisa nglahin cbr 150…
http://othonx.mywapblog.com/maintenance-drive-gear-set-cbr150r.xhtml

Like this

55. Fans berat IWB - Februari 3, 2012

Tuku ahh tak anggo ngeluyur nek regone pas, yen merk2 oper preeet rak gelem tuku ke lautttttt. . .

Like this

56. samiono - Februari 3, 2012

Bajaj & KTM sebuah sinergi… yang meyakinkan, meski mereka ngomong beda tuh Bajaj n KTM…
boleh aja pengingkaran itu muncul, faktanya Bajaj seperti melambung dari sisi penguasaan teknologi dan perubahan besar dari sisi desain produksi, jika masih ada yang mencibir Bajaj saya rasa bentuk ‘kecemasan’ akan produk yang mereka jual aja

Like this

57. dipo - Februari 3, 2012

Kutunggu dua tahiun lagi, sampai velontirnya bejibun…yg penting jual baliknya jangan dihitung kaya besi kiloan aja…

Like this

58. red komar - Februari 3, 2012

ada yg tw siapa profokatorny orang jepang dulu,biar ditiru ina.

Like this

59. meme - Februari 3, 2012

mas iwan tolong tanggapi ya.. menurut saya. jepang bukan tidak bisa buat motor 200cc dg power 23.5 hp. tapi tidak mau. mengapa? ini agak beda dg alasan mas iwan. saya amati adalah karena menyesuaikan dg oktan di indonesia yg hanya 88. yg berarti PERBANDINGAN kompresi tidak boleh melebihi 1:10. jikapun diatas it harus dikurangi TEKANAN kompresinya. contoh: cbr 150. kecuali kelas 250 jepang menempatkan ke produk premium jadi kompresi gak masalah. kasus pulsar 200ns sangat jelas power gede didapat dari kompresi tinggi (duke 1:11.3). dan pulsar gak mencantumkan it. pendapat saya it disengaja supaya knsumen gak mundur karena wajib pertamax plus. gmana pendapat mas iwan?

Like this

60. mauupgradeke250 - Februari 3, 2012

ya… mending ambil p200ns. lha duit sisanya buat apa? Buat dp r4 jepang hahaha….

Like this

61. Abdi s - Februari 3, 2012

Biarlah waktu yang menjawabnya… Yang penting tu motor dateng dimari dulu.

Like this

62. Dwitri Dudu Oktaria - Februari 3, 2012

@Meme, iya juga ya…mungkin Bajaj mendukung program pemerintah untuk tidak memakai BBM bersubsidi.
Waduh tiap hari melototin wallpaper PC yang bergambar P200NS. Padahal P220 aja belum genap setahun, belum lunas lagi. Heheheh bagaimana klo kita patungan Mas Iwan, sama2 di Depok ini. :)

Like this

63. maRio - Februari 3, 2012
64. juraganneon - Februari 3, 2012

kalau Pulsar 200NS jadi dijual 25 juta sama dengan Tiger kira2 konsumen pilih mana ya.. :mrgreen:

Like this

65. penggemar ninja - Februari 3, 2012

sebenarnya bisa saja jepun bikin motor2 keren dengan harga murah, cuman ya itu dah kadung ngasih harga tinggi, jadi mau ngak mau naiknya dikit 2, masa motor baru spec yyuhud harga di bawah 20jtaan..yg lama bakalan nggak laku donk..?

gosip ntar ada versi FS nya + injection ya, nuggu ini aja lah..:D

pensaran sama tampang aslinya

Like this

66. Black_Viper - Februari 3, 2012

Bisa sih bikin seperti spek new pulsar, tapi malu untuk turun harga karena sudah terlanjut operppresss, Nipon terlalu Bangga.

Like this

67. au ahh... - Februari 3, 2012

paling BAJAK LAUT juga desainnya juga nembak…

Like this

68. pria - Februari 3, 2012

@meme: baru sadar lok bajaj nyembunyiin tekanan kompresinya. tp lok dipikir2 benar juga. jepang mendowngrade kemampuan mesin d indonesia karena oktan cuma 88. saya baru sadar walaupun perbandingan kmpresi vixion sama dg r15. tapi TEKANAN kompresinya berbeda. silakan cek d manual book kalau tidak percaya

Like this

69. cuap2x - Februari 3, 2012

http://oto.detik.com/read/2012/02/03/131954/1833391/1208/honda-rilis-skutik-termurah-di-india

Dah murah ABS lg……
disini…. ckckckckck…………

Like this

70. hampura - Februari 3, 2012

harus enak dipake ….

Like this

71. HirRo - Februari 3, 2012

torque 18.3 Nm @ 800??

seat ht-rider 805mm(ketinggian buat org Indoensia)

145kg,,

??????????????????????

Like this

72. killua - Februari 3, 2012

ayo india luluhlantahkan jepang dengan bom atom mu.. Spya jepang kembali menyerah dan berhenti menjajah indonesia dng produk overpretnya..

Like this

73. servoG - Februari 3, 2012

yah.. paling nyogok pemegang regulasi agar dihambat sebisa mungkin, kayak model mobnas.. menawarkan kuda besi semurah, sekeren dan sekencang pabrikan India?? tak mungkin.

Like this

74. Akon - Februari 3, 2012

kayaknya udah heboh aja…
menurutku p200ns memang keren
tapi kerennya OVER!!!!
kalo terlalu murah…..
jadi gak ada exclusivitas!!!!
kalo semua orang bisa pinya jadi gak seru !!!!
hahaahahah

moga aja di mari harganya diatas 28jt !!!! :twisted:

Like this

75. fajarmengerti - Februari 3, 2012

jepun operpres…bai…oper akting

Like this

76. yellowduck - Februari 3, 2012

tapi mulai kerasa koq kalo pabrikan jepang mulai hati-hati pasang harga produknya, contoh kasus spacy, mio J, NWP yang terhitung cukup masuk akal harganya…
semoga kedepan makin banyak harga motor jepang yang bersahabat di kantong masyarakat kita.

Like this

77. lunatic of metallurgy - Februari 3, 2012

produsen motor2 merk jepang disini aja yg ng punya rasa nasionalis, dari pembodohan massal ampe ng pernah menghargai rupiah, bikin barang murah trus dijual mahal, semahal-mahalnya manfaatin kekurang pahaman bangsa tentang teknologi .

Like this

78. bybre aka brembo - Februari 3, 2012

@meme…
Pernyataan anda tidak sesuai pada pulsar 220 vs scorpio..
Dimana pulsar dgn 220cc dan kompresi 1:9,5 dapat memuntahkan tenaga sampai 21hp, sedangkan scorpio walawpun 225cc dan nyatanya lebih besar dan rasio kompresi sama, tetapi lebih inferor/cuma menghasilkan tenaga 18hp…
Beda sampai 3hp…

Dan juga antara pulsar 135 vs jupiter mx…
Lihat saja pulsar yg sama kapasitas mesinnya, dan lagi kompresi yang tak sampai 1:10, yakni cuma 1:9,8 tapi dapat power melebihi jupiter mx.. Pulsar 135 – 13,5hp, sedangkan mx cuma 12 an hp.. Padahal mx memiliki kompresi yang jauh lebih tinggi….

Tanya kenapa??

Atau juga antara pulsar 180 ug4 vs tiger…
Kompresi sama, tapi power beda 1hp… Padahal pulsar lebih kecil 20cc nya..
P180 – 17hp
tiger – 16hp..

Tanya kenapa?

Dan lagi konsumsi bensin lebih irit…
Nah looh…
Silahkan adu irit antara pulsar 135 vs jupiter mx…

Like this

79. kawasakiN250R - Februari 3, 2012

Ditunggu real live product ama test ride-nya deh… Moga2 dengan ekspektasi yang tinggi saat ini, tidak melorot pada saat penjualan, sehingga mengakibatkan bumerang ke brand itu sendiri.

Like this

80. vegadeth - Februari 3, 2012

strategi vixion killer honda jadi basi. apalagi tiger facelift.

Like this

81. stia - Februari 3, 2012

sayang…masih lama munculnya…

Like this

82. redlight - Februari 3, 2012

salut. modelnya udah gak dangdut lagi kayak pulsar yg lain

Like this

83. scorpio z - Februari 3, 2012

“bom atom” kedua yg diterima Jepang.

Seandainya? Masih seandainya? Jepang meladeni tantangan India? Gmn dong? Harga turun, fitur dan spek mantab, trus kualitas malah naik? Gmn? Gmn itu nasib P200NS?

Untungnya hal itu masih sulit terjadi, so, bravo Bajaj…..

Like this

84. ●○ qwerty ○● - Februari 3, 2012

@bro iwan,
buat pasar indonesia, motor kecil 250cc kebawah kayanya benar, emang tamparan buat atpm jepang spt ahm n yimm, itupun kalo pulsar yg digemborin ini masuk indonesia.
tp tamparannya hanya utk atpm sini ya, buat dijepang sana sih, gue rasa honda n yamaha atau suzuki n kawak ngga mikirin merek bajaj ini mau lagunya kaya apa kek, tetep ngga dianggap ancaman.
nah kalo jadi masuk sini, jelas konsumen yg umtung, hitung2 bikin melek atpm jepang spt ahm, yimm dsb kalo jual mtr jgn kemahalan.
oke bro.

Like this

85. masbas - Februari 3, 2012

7. NN – Februari 3, 2012

klo yg tinggl di jawa c oke2 az beli klo d klimntan gni plngan bisa d itung yg bli coz dealernya cm ad d ubukota provinsi…..
lagian org dah pcya bgt ma produk jepang…..dealer merata,bengkel pnggir jalan jg bisa fix klo ad ap2 pkkx msalah 3s masih mng jpang….
———–
wah peluang itu bro (kalo punya duit) bikin dealer bajaj pasti langsung moncer.. :mrgreen:

Like this

86. meme - Februari 3, 2012

@bybre aka brembo. bukan perbandingan kompresi mas. tetapi TEKANAN KOMPRESI. awalnya saya juga bingung. tp setelah mempelajarinya saya faham. walaupun perbandingan kompresi sama tetapi TEKANAN KOMPRESI bisa berbeda. mudahnya begini sebuah kaleng 100cc di isi udara 100cc . kemudian kaleng dmampatkan 10 x lebih kecil. otomatis tekanan udara sekarang 10x lipat dari udara sekitar. akan tetapi jika kaleng 100cc di isi udara 80cc dan ditekan 10x lipat maka tekanan kaleng sekarang cuma 8x lipat dari udara sekitar. hal inilah yg terjadi pada cbr 150 indonesia kenapa power drop dbnding thailand. vixion power drop dibanding r15. padahal spec sama (bro bisa ambil data di buku manual). dan hal ini sengaja g di jelasin oleh atpm. you know lah ini masalah teknis bgt. dan just litle bit kn ow it. o ia sbg catatan. semakin tinggi tekanan kompresi pada TMA semakin besar power dan SEMAKIN EFISIEN(irit). tetapi kendalanya BAHAN BAKAR DI INDONESIA REGULERNYA ADALAH PREMIUM OKTAN 88. semoga memberi sedikit informasi.

Like this

87. adi_blackvixy - Februari 3, 2012

mungkin pabrikan jepang kurang memperhatikan ancaman dari pulsar ini..
lha wong kue pasar motorsport cuma kecil..
jepang nya berpikir gini.. biarin aja.. gw masih dapet untung dari produk2 skutik ma bebek, yg notabene lebih besar dari sport,,
itupun belum tentu juga bajaj bisa menggoyang motorsport jepang..
anda tau kan mindset masy indonesia..
ga semua org rajin baca blog bung..

Like this

88. meme - Februari 3, 2012

@adi: kalau prediksi saya kemungkinan pulsar 200ns mengguncang jepang sangat besar mas bro. memang benar mungkin dari 1000 pengendara moto. hanya 1 orang yg sering ngeblog. akan tetapi 1 orang akan menyebar ke 100orang lainya. dan ketika pulsar dah mulai bnyak di jalan. itulah sebenarnya iklan yg benar2 mempengarui konsumen.

Like this

89. meme - Februari 3, 2012

motor sport cuma kue kecil?? ini adalah statement yg bener2 membuat saya seperti orang yg amat sangat bodoh.

Like this

90. adi_blackvixy - Februari 3, 2012

@meme :
kemungkinan itu tetap saja ada bro.. tp ga semudah itu ane rasa utk menggoyang eksistensi pabrikan jepang di indonesia bro.. mindset itu udh tertanam lama di masyarakat disini bahwa motor yg bagus ya jepang..
lagian bajaj 3S nya boleh dibilang masih sangat2 minim.. lain kalo 3S nya udh setara ama pabrikan jepang ya..
dealernya cuma ada di kota2 besar..
belum merata ke seluruh indonesia..
ane aja yg di daerah (ambon) yg notabene ibukota prov.. ga ada tuh dealer bajaj.. motor pulsar sendiri bisa dihitung dgn jari disini, dan kebanyakan org ga tau ada spda mtr merk bajaj.. :D hehe..
emang sih pasar di daerah ini kecil.. kadang ga diitung..
tp itu salah satu yg membuat bajaj masih perlu banyak perbaikan untuk menggoyang pabrikan jepang kalo menurut ane..

dan tentang motor sport, pasarnya cuma ga sampe 10% kalo ane ga salah dari penjualan sepeda motor di indonesia bro..
bandingkan dengan penjualan skutik da bebek yg mencapai 90% bahkan lebih..
gini aja, kalo anda sebagai pedagang, anda pasti akan lebih memfokuskan diri untuk pasar yg lebih besar kan..? hehe..
no offense bro.. ane hanya mengutarakan pendapat ane..

Like this

91. jofrin - Februari 4, 2012

motor yg menarik…powernya serem sampe2 alur ban depan yg dipake terbalik seperti moge 400 cc keatas..untuk membantu pengereman…mantab kalo cepet masuk ke Indonesia

Like this

92. stonecold - Februari 4, 2012

@meme : klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC single silinder over bore coooy.. Lagian soal tekanan itu jelas ngaruh dari rasio kompresi itu sendiri kaleee.. dan banyak lagi faktor soal tekanan kompresi

Like this

93. bybre - Februari 4, 2012

@meme..
kan kamu sendiri yg mengatakan bahwa bensin premium cocoknya yg berkompresi 1:10 kebawah…
lah 1:10 itu bukankah rasio…

klo mo nyeles pinter dikit dong…

bukankah statmen bahwa yg dijadikan patokan untuk menggunakan bbm itu rasio kompresi…

makin tinggi rasio maka makin tinggi pula tekanan didalam ruang bakar itu sendiri…

kan ga mungkin rasio 1:17 kalah tekanannya sama rasio 1:5,,

pie iki orang…
logikane kemane???
xixixixi

Like this

94. tasirfanna - Februari 4, 2012

kapan hari lewat dealer bajaj di tulungagung cuma majang p135 doang. apa mungkin stok p180 n p220 dah abis?

Like this

95. meme - Februari 4, 2012

@bybre: anda meremehkan orang. padahal dengan berkata seperti itu anda sendiri yg terlihat remeh. pelajari fisika dasar.

Like this

96. wanabi - Februari 4, 2012

yah,ini kan yg tertulis di kertas doank…
motor nya aja blm ada yg pake di india :D
sapa tau power gede,tapi gk ada stabilitas :p
who knows, tunggu tanggal main nya aja :D

Like this

97. casper - Februari 4, 2012

atas ane: saya emang pernah denger walaupun sama2 100cc. tapi volume waktu titik mati bawah bisa berbeda.Silinder 100cc mgkn cm di isi gas 80cc..100cc.. atau 200cc(pada mesin turbo) tergantung timingnya. saat titik mati atas, gas terkompres jadi 10x lipat lebih kecil dari semula(misal kmpresi 1:10). jadi yg mulanya volume gas 80cc (tekanan 0.8 atm) jadi 8 atm. Volume gas 100cc(tekanan 1 atm) jadi 10atm. ngemeng epe iki./hahahahaha

Like this

98. bybre - Februari 4, 2012

@meme..
*@bybre aka brembo. bukan
perbandingan kompresi mas.
tetapi TEKANAN KOMPRESI*.

yg lucu dr kata diatas adalah huruf yg di capslock…

bukankah TEKANAN=KOMPRESI…

jangan malu2 in sales honda yng lain dong…

xixixixi…

lagian juga ente yg bilang bahwa premium pantesnya untuk rasio 1:10 kebawah…
ini juga salah…

ingat… bahwa yg rasio 1:9 keatas itu disarankan pertamax…

jadi honda pun banyak motornya disarankan bbm pertamax..

mesin motor bukan cuma fisika dasar semata.. tetapi banyak ilmu didalamnya..

Like this

99. bybre - Februari 4, 2012

mudahnya…
silinder ber cc 100 dgn kompresi rasio 1:10 vs silinder bercc 1000 dgn kompresi rasio 1:2,,
manakah yg lbh besar tekanannya??

Like this

100. meme - Februari 4, 2012

@byber: maaf mas saya bukan sales. saya ngajar di its.

Like this

101. marcus - Februari 4, 2012

mohon koreksi bila saya salah…
ATPM JEPANG disini hny sekedar sole agent doang… yang bikin mahal sepertinya mereka hrs bayar royalti brand, dan nilai itu hrs dimasukin ke harga eceran motor tsb.
Lepas dari anggapan oleh “mereka” bahwa konsumen disini banyak yang masih gagap mesin, dan buta design ….

so jangan heran kalo munculnya bajaj…(belum lagi TVS nantinya)…lepas dari kekurangan mereka soal 3s-nya… secara teknikal motor mereka sejajar dgn produk atpm JPN yang beredar…..

dan thanks to blogger…dan media internet…. konsumen menjadi “AGAK” melek

just sharing… koreksi yach kalo kurang…

Like this

102. jusron - Februari 4, 2012

Murah yo?

Like this

103. bybre - Februari 4, 2012

@meme…
berarti anda membuat malu its…
jadi benar pernyataan saya bahwa rata2 pembeli honda memang buta akan spesifikasi dari sebuah motor yg ia beli..

contohnya anda…

Like this

104. asolole - Februari 4, 2012

banyak temen bilang…buat apa duit 20jt di beliin yang belum pasti…kalo buat saya pribadi…asal 3S memadai…demi perubahan kenapa gak…?ngandelin jepang fitur dikit harga selangit…di tunggu kedatanganmu real streat fighter 200NS…jadilah konsumen yang cerdas…

Like this

105. uungferi - Februari 4, 2012
106. liljohn - Februari 4, 2012

bisa menjadi tamparan keras klo dibandrol 20-21 jutaan, pulsar 220 walaupun cuma 18 juataan ga seberapa laku dikarenakan desainnya yg masih berbau acha2 nehi2 ga seberapa disuka, klo p2oo NS? maknyos!

jepun tuh memang suka menjajah…masa vario 125 rencana mo dijual di harga 17 jtan??? nambah dikit udah dapat jagoan DOHC tuh, udah dapat motor batangan tuh…

harga jgn mahal2 dulu lah, penetrasi pasar dulu…naikin market share dulu….inget euforia cbr 15o dulu??? begitu dirilis….langsung redup redam….keren sih keren…harganya? ya sudahlah……hihihi…

Like this

107. Lahirnya Pulsar Pabrikan India Menampar Industri Jepang?? | Berita Hot - Februari 4, 2012

[...] sumber : Otomotif : bajaj pulsar, motor pabrikan india, pulsar 125 [...]

Like this

108. Njeplax - Februari 4, 2012

yang membuat motor jepun mahal karena mereka yakin dengan pelayanan 3S mereka… berbeda dengan bajaj.. 3S meraka masih amburadul… dipulau jawa aja masih amburadul apalagi luar jawa.. harga 3S ini ga bisa dinilai dengan selisih harga produk india dan jepang… selain itu brand image produk jepang lebih bagus dari pada brand image produk india. CMIIW

tumben nih komentar2xnya agak berkwalitas.. Like Dis…

Like this

109. ●○ qwerty ○● - Februari 4, 2012

ah si meme* disalomein fansboy..

♂¤《》

wkwkwk..

Like this

110. ●○ qwerty ○● - Februari 4, 2012

ah si meme* disalomein fansboy..

♂¤《》

wkwkwk…

Like this

111. flamboo - Februari 4, 2012

ini malah kompresi di debatin…
ilmu pasti di debatin malah kelihatan kolotnya bagi yang salah…
ngakak nyimaknya salah satu pihak yang bener2 keiiatan kolot

gak penting ah…
yang penting kapan pulsar 200ns masuk ke INDONESIA!!!!

Like this

112. arul - Februari 4, 2012

@byber.. setau saya perbandingan kompresi it berbeda dg tekanan kompresi.

Like this

113. satria biru - Februari 4, 2012

klo pabrikan jepang tidak segera buat perubahan lama klamaan mereka akan tergeser seperti kondisi yang terjadi di India dimana produk jepang dibuat tak berkutik olaeh produk lokal india.

Like this

114. bybre aka brembo - Februari 4, 2012

@arul,
kompresi yaitu pemberian tekanan yg tinggi, pengempaan; pemampatan..
Dengan satuan pi.. Atau juga pressure…
Jadi pressure juga artinya tekanan….

Jadi kata ‘tekanan kompresi’ itu ‘cuma’ sekedar kiasan yg artinya diulang/mengulang…

Kompresi pun bisa juga disebut ‘sebuah benda cair/gas yang di TEKAN dalam TEKANAN tinggi’.

JADI KATA TEKANAN KOMPRESI terdengar konyol…

‘kompresor’..
Ada kata or yg berarti pembuat/alat pembuat, dan kompres berasal dari kompresi (inggris-compresion) yg berarti tekanan tinggi…
Jadi kompresor adalah alat pembuat tekanan tinggi.. Entah gas ataupun cair…

Jadi kalau kita ucapkan kata TEKANAN KOMPRESI BERARTI TEKANAN TEKANAN TINGGI??..

Kalau bicara rasio/perbandingan kompresi jelas pas…
Perbandingan tekanan tinggi,
yaitu perbandingan antara kapasitas silinder dengan ruang bakar.. Makin sempit ruang bakar, makin besar pula rasio yg didapat…


Be smart bro…

Brand minded mending kelaut aje deh…

Like this

115. meme - Februari 4, 2012

Proses mesin bensin dapat didekati dengan siklus Otto.

kata sulit:
TMA=Titik mati atas
TMB=Titik mati bawah

step 1.
gas ditekan masuk ke dalam silinder,

->Volume gas yang masuk ke volume silinder tergantung dari timing injeksi dan atau lama buka tutup valve. Sehingga silinder 100cc bisa Cuma di isi gas 80 cc (0,8 atm), 100cc(1 atm), ataupun 200cc (2 atm).

step 2
Gas ditekan secara adiabatik dari V1 (TMB) menjadi V2 (TMA) dan temperaturnya naik Dari TA ke TB.

->Rasio kompresi = Volume RUANG TMB / volume RUANG TMA
->Tekanan kompresi = tekanan gas saat terjadi kompresi (TMA)

rumus tekanan kompresi = tekanan gas saat TMB * rasio kompresi.

contoh:
2 sepeda motor dengan isi silinder sama. perbandingan kompresi sama. bisa mempunyai tekanan kompresi berbeda. jelaskan!

Like this

116. meme - Februari 4, 2012

jawab:

diket :

-isi silinder = 100cc
-debit injeksi = 100cc/detik.
-rasio kompresi = 1:10.

motor1
-timing injeksi = 1 detik.
-volume gas saat TMB = 100cc * 1detik =100cc
->tekanan gas saat TMB = 100/100= 1 atmosphere (hukum boyle)
->kemudian volume ruang di kompres menjadi 10x lebih kecil jadi tekanan gas di dalamnya akan menjadi 10x lebih besar(10 atm).

motor 2
-timing injeksi = 0.8 detik.
-volume gas saat TMB = 100CC * 0,8detik =80cc.
-tekanan gas saat TMB = 80/100= 0.8 atmosphere (hukum boyle)
-kemudian volume silinder di kompres menjadi 10x lebih kecil jadi tekanan gas di dalamya akan menjadi 10x lebih besar (8 atm)

-bagi non injeksi timing di atur buka tutup klep.

#dari 2 motor diatas bisa di simpulkan 2 motor dengan isi silinder sama dan perbandingan kompresi sama bisa memiliki tekanan kompresi berbeda.

#hukum termodinamika:
PV=nRT

berdasarkan rumus diatas P(tekanan) berbading lurus dengan T(suhu).jadi semakin tinggi tekanan kompresi semakin tinggi suhu. bukan rasio kompresi.

step 3
Terjadi proses pembakaran gas (dari percikan api busi), kalor diserap oleh gas Qh. Pada proses ini volume dijaga konstan sehingga tekanan dan temperaturnya naik menjadi pC dan TC..

step 4
Gas berekspansi secara adiabatik, melakukan kerja WCD.

step 5
Kalor Qc dilepas dan tekanan gas turun pada volume konstan.

6.Pada akhir proses, gas sisa dibuang pada tekanan atmosfir dan volume gas turun dari V1 menjadi V2.

mohon maaf sebelumnya, saya merasa perlu menulis seperti ini karena saya rasa banyak perdebatan yang cuma di dasarkan pada ego masing2 dan bukan berdasarkan keilmuanya.

Like this

117. tunas - Februari 5, 2012

g dukung meme.
ad yg nama ny ‘compress pressure’ & ‘compress ratio’.
klo u trjemahin ny acak kadut gitu ya keliatan bloon ny.
udara pny tkanan & di dlm mesin di mampatkan lg(nama compress=pemampatan), di mesin ad yg nama ny tma & tmb jdi prbandingan kompresi di 2 titik trsbt yg dinamakn ratio kompresi/comp ratio.
bybre cmn modal pngetahuan ecek2 aj, blm prnh liat tabel spesifikasi lngkap kn? cmn tw tabel yg dicekokin dr atpm. mn prnh atpm cantumin ‘pressure compresion’ krn atpm indo ga mw ktauan klo spek di indo ud di downgrade agar memenuhi kbutuhan bbm dsini. orang kok bisa di bego2in ama u tuh krna org ga mw bedebat ma org yg pngetahuan ny cetek tpi ngmng ny kek ud paling tw. ga ush sok pinter makany mas, ktauan bloon ny kn dong2 d. @mas meme ane dukung soale g ud prnh liat spek asli mesin, g jg ngmng pnjang lebar gini biar ga trjadi pmbodohan publik. cmiiw pisss.
《♥p200ns♥》

Like this

118. tunas - Februari 5, 2012

sry g prlu prjelas dikid, yg g mksd ga bisa trjemahin dgn bnr adl bybre, bkn meme.
《♥p200ns♥》

Like this

119. fbb - Februari 5, 2012

@bybre
klo anda merendahkan orang lain, maka engkau akan direndahkan < ilmu pasti, ilmu dasar.
tong kosong nyaring bunyinye, si bybre kosong kaga ada otaknyeeee wkwkwkwk

Like this

120. @bybre - Februari 5, 2012

huss tar anak orang nangis tuh. tar mulut nya tambah lebar deh ahahaha

Like this

121. tunas - Februari 5, 2012

klo g sih lbh ngarep ny bkn dr hrg yg bikin dy eksklusif tpi dr segi kompresi ny biar hrs pake pertamax+.
《♥p200ns♥》

Like this

122. mario - Februari 5, 2012

hmm bener2 motor yg patut ditunggu.
ga sabar nunggu.
sambil mantau sambil liat prkmbangan si bybre, bisa omong gede apalagi dia? bacot sendiri ga jelas tapi sok ngomentarin orang lain. cacat

Like this

123. tunas - Februari 5, 2012

sepi…
《♥p200ns♥》

Like this

124. B0ring - Februari 5, 2012

Asal jgn d than2 aja buat d br0j0lin d sni.. Nanti 0rg kbru ksel n kdluin merk jepun.. Akhr’a pndah k laen hati..:D

Like this

125. Endro Shekoski - Februari 5, 2012

tetep aj om org yg tau motor bakal pilih produk jepang n italy…
sdah lbh berpengalaman dlm hal motor dr jaman dulu…
sudah trbukti di ajang balap nasional or internasional…
dgn inovasi yg lbh dulu mncul…

pulsar yg diatas ane rasa nyontek Honda CB1000R
cz ntu moge…blm da versi kubikasi lbh kecil
c bajaj inisiatif dh ngluarin cc yg sgtu…

bajaj prtma keluar j batok palana agk nyontek ninja R
klo ngalahin image motor jepang or eropa ane rasa produk india g bakal bisa

Like this

126. tunas - Februari 5, 2012

^^^ ahahaha
ga bisa liat model bgs lgsg celoteh mirip ini mirip itu, kek gitu mah ga bisa dijadikan patokan pnjualan krn mirip itu relatif & selera org beda2.
model p200ns ini blh dibilang mngjutkn krn datang ny dr pabrikan bajaj yg klo di pikiran org2 kek lu tuh msh pabrikan negara brkembang.
klo mnurut g pemikiran lo bisa saja dlm knyataan ny nanti meleset, krn org msh butuh motor dgn tampilan ok & mesin yahud tpi terjangkau.
saat ny mlupakan masa lalu(klo pabrikan laen tetep ga mo berinovasi) & sambut era baru dmn bajaj sdh melakukan hal yg patut diacungi jempol.
《♥p200ns♥》

Like this

127. stonecold - Februari 6, 2012

haha pada sok pinter ngomongin kompresi2an…padahal nyuci motornya sendiri aja malesss.. Ilmu sebatas teori aja.. tapi kalo mesin motor ada yang bermasalah tetep aja kebingungan kaaaaannn???

Like this

128. tunas - Februari 7, 2012

@stonecold
siapa yg sok pinter? baca omongan u sndri
quote”@meme : klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh
jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud
ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC
single silinder over bore coooy.. Lagian soal
tekanan itu jelas ngaruh dari rasio kompresi itu
sendiri kaleee.. dan banyak lagi faktor soal
tekanan kompresi” <<kesimpulan g, u jg ga tw ap2 soal kompresi tpi brani ngomentarin mas meme.

quote"klo soal tenaga ngedrop di cbr seeeh
jelas bgt kaleee bukan krn tekanan yg loe mksud
ituuuuu. tp memang krn karakter mesin DOHC
single silinder over bore coooy.." <<blh ga, u pahamin ap yg mas meme tulis trus u baca tulisan u skali lg. ap hubungan ny karakter mesin yg DOHC singlesilinder overbore dgn power drop? mesin sama dgn yg di thailand trs u nyalahin DOHC BLA BLA BLA jadi drop? wah2 kok org sebodoh ini mengecap org sok tw? yg lbh sok tw trs kliatan salah ny sapa?
sblm judge org laen mndink ngaca dlu bozzz, omdo doank, wong otak ga dipake kok maksa komen yg meledek org laen. dengkul mu dmn? e sala… otakmu dmn? gpp lu nyanyi 'otakku palsu', g dukung kok u nyari otak lu dlu dmn, nemenin ayu ting2 sono.
《♥p200ns♥》

Like this

129. kyukaze - Februari 8, 2012

hanya mau tanya saja…
itu knalpot kalo banjir gimana nasibnya?

Like this

130. rian - Februari 9, 2012

koq mlah pd rbut sdara2.,?

Like this

131. paijo - Februari 10, 2012

ueeddaaaannn!!!!!!

Like this

132. indra eskrim - Februari 11, 2012

Mtr Jepang mahal mungkin karena material mesinnya bagus…..klw bajaj tanya aja orang bengkel gmana durabilitinya..??hehe

Like this

133. Brotherhood Surabaya - Maret 14, 2012

Makin mantap saja nih product.
Pertahankan sampai product jepang terkikis habis …

Like this

134. ALFIN WIJAYA - Oktober 4, 2012

kalo bener keluar tu motor w pesen 1000 unit buat karyawan w.
maju terus india…..!!!

Like this

135. ciplis - Oktober 27, 2012

pensaran bgt ni…. tahun depan awal ato masilama ya? ngemeng ngemeng knalpotnya sebelah mana si? hehehe

Like this

136. tetes mata - November 24, 2012

Jngn dulu berharap terlalu banyak, nanti kecewa. Bandingkan performax kalo uda nongol di sini. Siapin duit bwat kelinci percobaan. Akhir kta, persaingan bisnis menguntungkan konsumen. Panas2in aja biar rame.

Like this

137. Ahmad Baiquni - Desember 14, 2012

kalo ane, nyang udeh pernah ngebuktiin gimana performa pulsar meski cuma 135, ane yakin dah, produk2 nippon kalah semua.

soal 200NS, ane juga berani jamin, di motor laris manis. setidaknya ada beberapa keunggulan. pertama, soal teknologinya udah lebh bagus dibanding produk terbaru pabrikan jepang. kedua, kompresinya juga jauh lebih unggul. ketiga, bodinya lebih keren.

kalo agan2 mau buktiin, daripada kelamaan nunggu 200 NS, mending coba bandingin aja 135 LS sama V-ixion. ane jamin, pulsar yang lebih unggul di jalan.

Like this

138. kemal - Januari 3, 2013

Pulsar NS200 adalah model perdana hasil kolaborasi pemasaran dua perusahaan Kawasaki dan Bajaj, masa kawasaki nampar negaranya sendiri… yg ada cari keuntungan :D, strategi jg sih kayanya

Like this

139. nurul - Januari 26, 2013

bkn’y ns200 hsl kerjasama antara bajaj sm KTM?pokonya ns200 wokebangat…………………….

Like this

140. unggul - Maret 19, 2013

BAJAJ sangat NGIRIT..harganya merakyat pula..harus punya deh..

Like this

141. perbandingan bensin pulsar 135 | XPower Penghemat BBM - April 21, 2013

[...] iwanbanaran.com [...]

Like this

142. rizki - Januari 19, 2014

Agan2, ga perlu mikirin service pulsar 200 ns, jd pulsar 200ns ini di service nya di kawasaki, krn memang ada toolkit sercive yg hanya tersedia di kawasaki, malahan tidak bisa di service di bajaj. terimakasih

Like this


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 22.257 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: