iklan iwb

Garuk-garuk kepala…pasti mzbro. IWB disodorin sebuah link dari brother pengunjung blog bahwa ada salah satu member Kaskus menjual motor anyar jauh dari harga pasaran. Kenapa hal itu bisa dilakukan??…siseller mengklaim doi mampu menekan harga karena kepengurusan BPKB menggunakan jalur? normal. Maksudnya??…

Entahlah…apa definisi jalur normal yang dimaksud sehingga seller mampu menurunkan banderol sikuda besi begitu signifikan. Sebab kalau yang menjadi alasan adalah kepengurusan BPKB…mosok iya surat-surat kepemilikan kendaraan begitu mahalnya. Setahu IWB,? kalkukasi banderol sebuah kuda besi banyak variabel yang mempengaruhi seperti PPnBM, PPh, pajak daerah, biaya distribusi dan pernik-pernik cost lain sehingga muncullah harga On The Road atau siap jalan….

Hebatnya…menurut seller barang merupakan produk fresh atau baru dari pabrik. Begitupun surat-surat…resmi komplit sesuai kodratnya. Bedanya adalah….BPKB bakal turun 10 bulan setelah motor diterima karena pengurusan lewat jalur normal (mboh ki piye maksude?? :mrgreen: ). Coba IWB intip satu persatu….price list asli memang membuat ngiler. Contohnya Ninja 250R dan Honda CBR250 ABS dijual 38juta, Byson 16.5juta, Scorpio 18.5juta, Megapro 15.8juta dan masih banyak motor lain dari berbagai merk….komplit tenan!! terus gimana kita sebagai biker??….

iklan iwb

Saran IWB….jangan pernah tergiur sesuatu yang tidak wajar. Jangan sampai gara-gara ingin berhemat…uang kita malah melayang. Dikesempatan ini pula, IWB ingin mengajak sharing serta diskusi dengan mzbro semua khusunya jika sampeyan bekerja pada sektor penjualan otomotif roda dua…apakah iming-iming seller diatas memang masuk logika??. Apakah betul kepengurusan BPKB sedemikian mempengaruhi banderol motor…dalam tanda kutip ” under table” memang sangat besar?? monggo komentar dan opininya supaya bisa dijadikan petunjuk untuk kita semua…...(iwb)

161 COMMENTS

  1. wah gurica. biasanya importir CBU pasang harga lebih mahal, karena unit yang dipesan lebih sedikit dari pabrikan.
    nah kalau yang lokal gimana ngeluarin dari pabriknya? berarti namanya bukan ATPM lagi dong :mrgreen:

  2. sudah ada yang benar2 mengalaminya kah?? kalau memang benar adanya demikian.. saddiiizzzz tenan pengurusan bpkb yaak??

  3. Kalo dia berani Cash on Delivery dan motornya beneran nyampe di depan rumah sih gpp.
    Urusan surat menyurat masih bisa diurus sendiri.
    Tapi kalo motornya dateng bersama bpkb… yah besar kemungkinan tepu tepu.
    Atau…. umpanin aja ke perusahaan pembiayaan (kayak Adira)… khan bpkb yang megang nantinya si perusahaan pembiayaan.
    Gimana mzbro?

  4. Saya pernah urus sendiri “kelahiran” surat2 motor saya mas. Artinya beli off the road n surat urus sendiri. Bahkan plat nomornya pun cari swndiri. Selisihnya emang jauh mas. Tp dgn catatan motor itu cbu. Tp klo dipegang atpm jujur saya ga penah tau mas. Secara logika merwka ga akan ambil untung banyak coz mrk maen kuantitas. Beda dgn IU yg lbh banyak ambil profit coz narketnya sempit bgt. Tp smua kemungkinan itu emang ada. Yg bs jawab cm sales2 yg lgsng berhungan dgn samsat. Knp saya blg gt? Krn motor dr pabrik so pasti harga off the road. Sisanya klo mo untung byk ya di surat2

    http://www.dk8000.co.nr

  5. itu karna BPKB disekolahin gan….kalo yang nyekolahin pinter BPKB bakal ditangan…kalo yang ngelola bego…duit yang diputar macet maka….BPKB cuma isapan jempol….hal ginia dah dibahas di KOBOYS pada sesi kopdar

  6. buyer >> beli cash
    seller >> dapet duid cash … sebagian buat DP Kredit Motornya ke leasing … sebagian diputerin … kalO untung bisa lunasin sisa kreditnya 🙂 … kalO tekor jaminan BPKB ndak bakalan keluar 😯

  7. nah ini baru blogpost yg siips… org sana bilang nais inpoh gan…. hehehe…. baca dulu baru koment.

  8. belum ongkos kirim kiy???

    nitip lapak…
    sugimasihada.wordpress.com/2011/12/28/aho-automatic-headlamp-on-seharusnya-begini/

  9. Admin ((kaskus (?))….biasanya memang tidak bertanggungjawab terhadap isi … cuman kalo mencurigakan apakah tidak sebaiknya di cek dulu ? ….

  10. yah klo g wajar sudah sepantasnya untuk diteliti lebih jauh dan libih waspada……

    beckhem.wordpress.com/2011/12/28/review-film-closer-to-the-edge/

  11. Pulsar series nggak keliatan dalam daftar, disinyalir dah nggak bisa di diurus secara “normal karena mungkin dah diurus secara normal dari sananya, 🙂

  12. @IWB

    profit margin motor di indonesia itu sangat sangat tipis, makanya motor dijual dalam jumlah (kwantitas) dan showroom/sales menggunakan leasing (kredit) itu pun tidak akan berpengaruh banyak.

    dalam kasus motor, terutama motor gede (300cc) ke atas biasanya yang bisa mempermainkan harga adalah dengan menghilangkan “warranty” maupun “fitur” atau IU biasanya “mencuci harga” untuk mensiasati ppn bm tapi lagi lagi itu tidak signifikan.

    khusus motor kapasitas 250cc kebawah dimana ATPM benar benar memegang control, jelas ini merupakan sebuah fenomena. meski kita enggak boleh berprasangka buruk, ada baiknya menelit lebih lanjut.

    some times berpikir … it is too good to be true itu bisa aja 😀

  13. Ah, pernah terjadi penipuan seperti itu di dekat rumah..
    Memang sih agak murah cuman 1-2 jt (biar gak terlalu mencurigakan)..
    Eh ternyata malah tuh motor dibeli cicil sama seller..
    Pantasan saja waktu mau beli, konsumen diminta kartu keluarga dan lain2,,,,,

    Jadi tetap waspada aja gan semuanya…

  14. itu agen mungkin langsung DO ke pabriknya ngga melalui dealer bro jadi bisa mangkas banyak biaya tp klo yang beli model spt itu usahakan belinya langsung cash n carry jangan bayar dulu barang belakangan, kebetulan teman ane pernah beli seperti itu cuma mesti kenal dengan orang dalem pabrik.

  15. pengalaman beli pio off the road cuma selisih 2,5 jutaan dari on the road, ngurus bpkb n stnk sendiri jalur normal banget tanpa aneh-aneh abis 1,5 lebih, jadi selisihnya “cuma” kurang dari 1 juta. kalo di situ sampe 5 juta kok ampuh..

  16. jadi ilustrasinya begini gan

    NInja 250cc harga 38jt,,sebanyak 28jt digunakan buat DP motor ninja,,sisanya 10jt buat modal usaha penjual (uang na di puter jd modal usaha untuk menghasilkan uang lg),,,klo usahanya untung ya penjual gadungan itu bs bayar sisa kridit Ninja agan2 yg 10 bulan,,,makanya BPKP baru keluar 10-12 bulan setelah motornya,,tp resikonya klo itu penjual gagal muter uang yg 10jt,,bs2 agan2 disamperin tukang palaknya kreditor buat bayar sisa cicilan motornya 😀

Comments are closed.