iklan iwb

Banyak sekali informasi dan kejadian tentang pembuktian lemahnya keawetan tanki simacan terutama seri Revo. Namun sejauh ini….kita sebagai konsumen seolah-olah diposisikan sebagai biang masalah hal itu terjadi. Maklum mzbro…rendahnya kualitas bensin juga bisa menjadi suspect utama selain kualitas material. Namun bagaimana kalau sudah secara rutin pengisian diSPBU resmi umur tanki tetap pendek??….

Dalam sebuah pabrikan terdapat puluhan vendor yang menyuplai part dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya blok silinder mesin, suspensi, ban, pelk, kaliper, piringan cakram, knalpot, foot step, seal, bohlam, cover lamp, casing dan banyak lagi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Pada saat pemesanan….tentu semua berdasarkan order atau permintaan pabrikan mulai dari ketebalan hingga persentase bahan racikan. Semuanya diolah untuk mendapatkan keseimbangan durability dan cost. Artinya tetap memperhatikan kualitas serta keawetan sesuai quality control, akan tetapi pabrikan juga kudu bijak dalam mengatur finansial jangan sampai jor-joran sebab kalau sudah menyangkut ribuan unit kendaraan, beda 20-30ribu saja bisa sangat berpengaruh terhadap profit. Terus….apakah artinya kualitas tanki yang cepat bocor berarti tidak lulus uji??…

Tidak juga bisa begitu!. Sebab sulit untuk mendapatkan tolak ukur baku dalam menentukan keawetan tanki. Apakah 1 tahun sudah bisa kita sebut awet??…atau 2, 3 , 5 hingga sepuluh tahun??. Tidak ada benchmark pasti. Paling kita hanya bisa membandingkan dengan produk pabrikan sebelah. Dan….apesnya, dalam data yang IWB kantongi sejauh ini kasus bocornya tanki lebih sering terjadi pada produk motorsport sayap mengepak.? Gejala nyaris sama yakni dari area bawah tempat kran bensin…timbul gelembung dan kalau kita korek….bensin langsung ngocor keluar. Uniknya…..penyakit tersebut dominan menjangkiti Honda Tiger atau Megapro keluaran 2007 keatas. Terbukti…Megy lawas IWB lansiran 2002 dulu mampu bertahan hingga 8 tahun sebelum akhirnya menyerah.? Fakta berbanding terbalik dengan generasi baru. Seperti yang dituturkan bro Rhino via email…….

iklan iwb

Mas iwan, saya punya foto honda tiger tahun 2009. Tangkinya bocor padahal motor umurnya belum lama. Sepeda motor punya saya sendiri. Bukan maksud mau BC cuma sekadar kasih informasi bagaimana mutu tangki honda tiger.

Yup sepenggal kalimat singkat namun sangat dalam artinya karena mengandung keluhan tapi juga permintaan supaya hal ini diperhatikan oleh AHM. Mzbro Rhino hanyalah salah satu dari sekian banyak yang mengeluh kepada IWB. Bedanya…..doi memberikan sebuah bukti foto, sedang biker lain hanya informasi tanpa materi pendukung. Seyogyanya hal ini menjadi masukan buat Honda untuk lebih memperhatikan masalah tersebut. Kalau perlu jewer vendor peracik tanki kuda besi mereka jika? material tidak sesuai kualitas yang disyaratkan. Jangan sampai gara-gara nila setitik rusak susu sebelangga. Mesin juozzz, fitur gandozzz tapi tanki keropozzz….kecewa pastinya.Ya nggak bro….

Untung sejauh ini IWB belum menjumpai keluhan yang sama pada gen Dazzler aka New Megapro. Bisa jadi Honda sudah memperbaiki kualitas tanki motorsport mereka. Semoga saja. Last...buat mzbro semua, monggo perhatikan konsumsi bahan bakar jangan sembarangan mampir dipinggir jalan. Kemudian usahakan setiap pengisian lebih baik full tanki untuk mencegah terjadi pengembunan atau kondensasi yang bisa menimbulkan partikel air pada area yang tidak tertutup bensin. Buat pabrikan….keluhan konsumen adalah suatu input berguna untuk menjadi lebih baik lagi. Walau pepatah pernah bilang…tidak ada yang sempurna didunia ini, tapi why-not kalau kita bisa memposisikan diri menjadi sesuatu yang? mendekati sempurna…….(iwb)

Megy lansiran 2002. Tanki bensin bisa bertahan hingga 8 tahun....

137 COMMENTS

  1. Kualitas BBM di Indo memang kurang bagus.. mungkin itu salah 1 penyebab nya juga..

    Klau penyebab pastinya mungkin AHM bisa menjawabnya..

  2. kayaknya dr jaman gl pro sdh bermasalah deh. megapro ’02 teman kerja dulu baru 1 th jg sdh bocor. tp sy pernh juga punya gl pro ’94 (cuma setahun trs dijual) tankinya tdk bocor

  3. teman2 saya sekantor juga ngalamin …
    kalo rajin di kuras tiap 6 bulan, agak lebih awet, tp tetep aja bocor di kemudian hari …

  4. jangan salahkan kualitas bbm lah… toh mobil saya dari 1994 pake premium (mobilnya espass) ga ada bocor tangki tuh… kalo motor ada nie supra dari tahun 2000 jua ga ada tangki bocor… bensin premium selalu,,,, apa mau bandingin motor laki? sama vixion punya adek deh,,, dari 2007 g ada bocor tangki jua…. nah lo…. kualitas bbm apa emang tangki motor semprot nya H yang jelek??

  5. Bener bro, klw menurut ane materialnya emang ga bagus, qc ga jalan, ane ngalamin hal serupa, lengkapnya ada di jemuran ini:

    tuanlee.wordpress.com/2011/12/10/impresi-3-tahun-bersama-honda-tiger-revo/

  6. honda tiger dan megapro lawas emang penyakitnya tanki bocor….tp untuk yg new mega pro emang kyaknya dah da perbaikan……..

  7. paling suka sama kata2 ini “Mesin juozzz, fitur gandozzz tapi tanki keropozzz?.” lolol. ternyata masih mantab model megapro jadul. punya yang tahun 2001, ga pernah kuras tangki, ga pernah bocor, isi nya premium teruuuus. tapi akhirnya luluh lantak goyang serong kanan kiri gara2 liat byson yang kekar abis. moga2 ni kebo a.k.a. byson bisa berumur panjang.

    Salam Juozzzzzzz …….. 🙂

  8. bocor maning sonn!!!!megi temen ane bertahan 6 taon.sebenernya dr merk laen ada keluhan bocor jg gak ya…?klo tidak,berarti material tangki H setipis kaleng krupuk x???ato emang material yg dipake yg kw 2!

  9. kasian amat tuh orang beli mahal2 di kasih kualitas “seadanya”,katanya beli motor gak oleh sembarangan harus yg berkualitas tapi kalo udah kejadian kaya gitu berarti siapa yang salah ?

  10. setau saya sejak jaman gl pro… Kok nyalahin bensin jelek… King, thunder, vixi, pio juga banyak yg pake premium gak pernah denger tangki bocor.. Padahal populasinya besar lo….

    Mesin jozzz fitur gandozzz…? I dont think so… Apalagi jika melihat harga si megapro lama ato bang tigor… Tangki kropozzz baru betul…

  11. persetan dengan bc!

    tapi ini jelas fakta bahwa tangki motor laki honda emang cepat keropos!

    ahm harus berbenah

  12. saya jg dulu punya tiger tahun 2004 bocor di beberapa titik lalu saya tambal di tukang radiator, abis itu saya lego buat nebus vixi baru!!!

  13. Ane saranin sih,,,
    Mending AHM inovasi aja ikut mobil” zaman sekarang…
    Tangki terbuat dari pelastik khusus…
    Lebih awet dan bebas penyok…
    Trus seloganx “tangki pertama di dunia”
    Buruan ya,sebelum ane inden si tralis….

  14. NMP keknya juga tipis tangkinya, coba aja tekan pasti terasa… nggak tau apakah dazler di india juga sama, yg jelas tu2p tangkinya beda

  15. tiger 09 saya dah bocor dari setahun lalu artinya hanya bertahan 1,5 tahun, saya PATRI langsung beres inget yah jangan di las karena lama dan resiko meleduk 😀 kalo masalah bensin harus full dan isi di POM selalu saya lakukan, emang terus terang kwalitas tanki Tiger kurang bagus tapi no problem lah lagian kan mau keluar New Tiger :p

  16. jangan salahin kwalitas bbm…memang tankinya si macan picek cacat produksi kok,,,udah lampu kurang satu,,,tanki karatan,,,rantai gemercak kayak kereta api,,,ck,,ck,,ck,,,
    no bc,ini fakta,,
    hahayyy,,,,

  17. tangki nya si rx king ane menyerah setelah 10 tahun. tapi biar da tambal sulam, da 15 th lum ganti tangki…:D

  18. hayo kok pada njelek2in AHM,,,,motor Honda kan berkualitas,irit,design keren,murah,kenceng,,,,,,pasti karna BBM,,,kan motor pabrikan sebelah ga pake BBM,,,,hahahaaaaaaa

  19. kasihan temen ane stress bocor tangkinya.. sudah dilas bocor lagi.. padahal motor terhitung baru.. dan katanya harga tangki barunya mahal.. ini kan kasus lama.. masa pabrikan tutup mata.. atau memang disengaja supaya perputaran onderdil menguntungkan? tanya kenapa?

  20. @masbro iwb: punya saya dulu mpl ’04 baru bocor th 2010. lumayan kuat 6 thn.. punya sampeyan gak bocor??

  21. tips darurat ngatasi tangki bocor sesuai pengalaman dgn tangki ninja 2002 :
    simpel aja mas brow, siapkan lem besi, kuras bensin atau cukup miringkan tangki. amplas permukaan yg bocor smp kliatan plat tangkinya. campur adonan yg warna item & putih dgn komposisi 1:1,5. alias banyakin hardenernya. tqk jamin aman 1th lbh. silahkan dibuktikan

  22. penyakit lama yang ngga kunjung ditanggapin. bukan produk global sih. dan terlanjur sudah beredar banyak dimasyarakat. tigi & megi sama saja. tapi saya lebih banyak menjumpai tigi yang sering bocor (kadang cuma liat tangki jadi buluk akibat tambalan las, patri dan lem).
    dulu teman kost ada yang naruh tigi di samping kamar saya. bocor tuh tangkinya. tiap hari saya mencak-mencak ke dia, karena bau bensin masuk ke kamar saya, sampai hampir saya kasih garem gerboxnya, tapi ngga jadi. kasian orangnya 😀

  23. Sy juga jadi salah satu korbannya. Tiger revo agustus 2008 bocor tangki di juli 2010. selain itu masih banyak pula fitur2 tambahan di (mantan) tirev saya, rantai merdu, pelampung bensin nyangkut, kamrat berisik (padahal rantai kamrat n tensioner udah ganti baru),baut mesin kendor adalah beberapa fitur tambahan tirev 2008 yg membulatkan tekad sy utk tidak akan membeli lagi produk sport AHM. Kalo matic masih boleh lah. Yg jelas sungguh2 menyesal sy melepas suzy fxr utk meminang macan ompong….

  24. setuju nih juga terjadi ama beberapa tmen sya, yang tirev 2009 n megapro lawas…. saya liat sendiri tu bensin ngucur n akhirnya di tambal seadanya beberapa kali (sumpah ane zuzur ^^)
    dulu pake rgr tahun 1997… akhirnya nyerah di tahun 2006 mulai bolong n keropos, 2008 awal ganti pulsar 200…. ampun tangkinya dobel bin tebel banget mana isinya hampir 20 liter, sayang kualitas detail masih kalah dengan merk ternama

  25. Megapro dinas saya thn 2008 km 15000 tankynya udah keropos di bagian kiri. Terpaksa di tambal sama plastik steel.

  26. xixixi…benarkah tanki tiger kurang aweet….. sy pengen ktawa….yg pake tiger sdh puluhan ribu….yg bocor kebetulan kirim imel slh alamat….seharusnya ke AHM…

Comments are closed.