iklan iwb

Ikhtiar Honda menggerojok pasar dengan produk baru mulai menunjukkan hasil secara konsisten. Hal ini bisa kita pantengin data AISI dimana pabrikan sayap mengepak makin meninggalkan Yamaha….

Ditahun 2011, grup Astra memang sangat agresif. Disaat lawan hanya bisa bertahan, Honda menghajar bertubi-tubi lewat peluncuran berbagai produk anyar dari segala lini. Tidak kurang tercatat setidaknya 5 produk telah brojol ditahun 2011 seperti CBR250/150r, new Blade, Spacy Helm-In (Karbu dan injeksi), SupraX 125 Helm-In, dan Vario Techno (Non CBS). Sedang kompetitor….hanya Lexam turun gunung menghadang lawan. Selebihnya cuma manuver minor change atau ganti striping. Praktis…Yamaha terseok-seok menahan gempuran lawan yang membabi buta…

Kita bisa intip distribusi total motor pada bulan November 2011 mencapai? 643.271 unit atau lebih rendah 10,35 % dibanding bulan sebelumnya yang tembus 717.514 unit. Penurunan bisa jadi akibat aksi tahan beli dari konsumen. Maklum mzbro…orang lebih demen menunggu hingga tahun depan sebab tahun perakitan dalam STNK juga bakal beda. Dugaan kedua…tersendatnya suplai barang karena bencana banjir Thailand. Entahlah mana yang benar. Yang pasti, komposisi angka diatas….masih didominasi Honda dengan torehan record penjualan mencapai 386.534 unit,? Yamaha 230.150 unit, Suzuki 19.207 unit, Kawasaki 6.294 unit serta TVS 1.086 unit. So secara grand total dari Januari-November 2011 bisa dijabarkan sebagai berikut….

iklan iwb

Honda berhasil menjual 3.994.127 unit (market share 52,69%), Yamaha 3.014.070 unit (39,76%), Suzuki 454.202 unit (5.99%), Kawasaki 94.672 unit (1,25%), TVS 22.651 unit (0,30%) dan yang terakhir Kanzen 382 unit (0.01%). Yup….Honda makin diatas angin meninggalkan Yamaha. Tapi…PR pabrikan grup Astra ini belum tuntas. Yakni membekuk dominasi Yamaha Vixion disegmen motorsport yang masih kokoh disinggasana serta skutik Mio untuk varian perseorangan.? Gimana dengan tahun depan?. Kalau Yamaha tetap tiarap, disinyalir market share akan makin terlindas. Gimana menurut mzbro semua. Monggo share opininya…(iwb)

112 COMMENTS

  1. Bener gak c alasan banjir di thailand menyebabkan tersendatnya tu..ane inden piksen dari oktober,la sampe sekarang masi lom nongol aja tu mongtor..terus2an dikasi janji2 manis ma salesnyooo…katanya semua dealer juga mengalami hal yang sama..bener gak c itu??oya,,ane berdomisili di tulungagung jawatimur.. 🙂

  2. MODAR LOE PARA FAN BOY YMAHO !!!!!
    sombongin tuh vixion**l !
    sombongin tuh bison**l !
    sombongin loe punya KON.. !
    ini belum honda ngeluarin petarung baru untuk vixion saza sudah bisa menguasai market share 52,69% (lebih dari setengah)
    apa lagi kalo dah keluar si teralis injeksi ??!!!

    lalu apa yang mau disombongkan oleh para FBY ???!!!!!
    yaitu peningkatan kapasitas produksi bison**l
    nyaaaahahahahhahahahaa 😆 KAT**K LU FBY S**K F**K !!!!!
    apalagi ???!!!! mau ngeluarin si YZFR150v2 ???!!!!!
    ngimpi basah saza loe loe pade !!!!! hahahahaha

  3. konsumen sudah pintar dlm memilih motor….itulah buktinya… sebenarnya ngga bs di tampik..yamaha laku hanya SESAAT….karna VALENTINO ROSSY saja……Ketika mereka sdh beli…xixixixi terasalah akibatnya motor tsb…ya jadilah konsumen kembali lg beli produk onda….. tp klo yg keukeuh beli yamaha…sbnarnya hanya malu krn sdh punya yamaha….sy sdh survei temen2 tentang pemakaian dan kekuatan dr motor2 merk tsb dlm lingkungan terdekat

  4. Kayanya yamaha aman aja tu ms broow… N produknya juga bnyak yg baru…itu aja udah cukup… N motor tetep pedeaan bawa yamaha…model bagus…. Jiwa tua muda tetep jd satu….semakin. ……Bersabar….untuk 1 hati..

  5. sorry hanya pemakai H & S…….bukan sales..apalagi punya blog….itu hanya penilaian pribadi sejak dr taon 2000an…..Tp setiap orang berhak berpendapat beda2……lanjuut

  6. hehehe pantes bonus karyawan ahm 8,25xgp diterima, dan itu msih dirundingkan utk naik lgi……mangtep dh, gmn thn 2012 dgn 5,4jt……yamaha mlempem eeeeuuuyyyy msh kisruh saham,….managernya pd pindah….

  7. Ane FBK tp ga mpe kayak Akon…
    Semoga Allah mengampuni dosa2mu Akon…
    Inget semua yg bro tulis bakal dibaca org…
    salah satu sumpah orang ada yg manjur…
    mau disumpahin FBY Akon????
    😀

  8. @ jaelan
    knsumen pintar…… Ya beli yamaha….bkannya sebelah yg bodohin kita2 dari dulu…. Waaaah bukan faktor rosi deh kayanya ymh maju…rosi masuk yamaha suatu kbtulan aja ymh indo laris manis produk nya broow…. N pada tahun itu pas yamaha inovasi yg tiada henti. Dari sana gua nyadar tetanga nipu kita. Semakin. ..Sabar…..untuk…tetap 1 hati….by fans setia raider miskin.

  9. tahun depan oonda akan ngluarin 7 motor baru, termasuk 1 semprot… gmn pabrika lain neh… tiarap trs….????

  10. Tapi kalau sering2 brojolin produk baru,ada cerita nich..! Baru ngambil si supri,ech blm ada seminggu ada tetangga ambil supri juga.yg udh ada baknya.kata dia(nysl aku jikok supri buru2) he.he.he.sekedar bagi cerita aja.peace.

  11. mudah2an konsumen diuntungkan dengan makin banyak variasi model, dll
    kalo kayak gambar di atas NMP vs Vixion, ane vote for vixion.

  12. mawas diri yg terlalu berlebihan…., ibarat hasil panen klo melebihi kebutuhan pasar bakal jadi barang murahan…masa baru beli setahunan lebih harga second dah turun 6 jutaan (bikin ko’asal jadi) bru 6 bulan dah getar n bunyi sana sini…

  13. 9. Akon – Desember 9, 2011

    =======================================

    sabar sabaarrr.. fby sekarang sudah gak segarang kaya dulu lagi (sudah pada ngumpet). masih ngritik tapi kurang pedes. ada yg mulai netral ada juga yg mau netral tapi masih SINIS yg gak mau dianggap fby..

    jadi jangan pancing-pancing mereka lagi..
    kita tunggu kiprah fby ditaun 2012 nanti..

  14. ada CemBeR yang helm in gk ya,Supri X 125 thn 2010 akhir sekher ngancing kecewa berat.oonda cuma pembodohan konsumen!

  15. 20. fajar sst – Desember 9, 2011

    @ jaelan
    knsumen pintar?? Ya beli yamaha?.bkannya sebelah yg bodohin kita2 dari dulu?. Waaaah bukan faktor rosi deh kayanya ymh maju?rosi masuk yamaha suatu kbtulan aja ymh indo laris manis produk nya broow?. N pada tahun itu pas yamaha inovasi yg tiada henti. Dari sana gua nyadar tetanga nipu kita. Semakin. ..Sabar?..untuk?tetap 1 hati?.by fans setia raider miskin.
    ========================================

    jadi tahun ini lagi miskin inovasi ya..

    harga tromol lebih mahal dari cakram (NJZ), harga karbu lebih mahal dari injeksi (lexam, soul)

    kayaknya ente tertipu untuk yg kedua kalinya..
    wkwkwkwkwkwk…

  16. terserah yg laris yg mana… Gak ngaruh apa2 ke gw… Entar kalo udah punya diler/ beli sahamnya atpm baru dah semangat komen di artikel penjualan…

  17. wow,,, Honda emang hebat,, kekuatan finansialnya ga ada yang nandingin dah,,,
    Tapi TVS hebat juga yaa,,new comer udah nyundul2,,,

  18. akibat kurang kerjaan membangunkan sang macan yg lagi tidur.

    sebenarnya yamaha indonesia gak rugi-rugi amat kok dan juga tidak untung.. dalam artian penjualannya tidak mencapai target 3.6 juta yg dipatok sama yamaha pusat..

    akibatnya dibubarkanlah YMKI.. good bye YMKI..

  19. ada yg sewot..inget roda berputar,ya saat ini Honda diatas,mungkin di taon2 berikutnya dibawah…ganti2an, dulu waktu mio keluar kyk kacang goreng jualnya,skrg aja melempem heheheheeh…ada masanya itu…

  20. Apa gak malu gitu pada bangga pada produksi negara lain, sebagus apapun tetap aja bukan merk/ produksi negara indonesia. Mas Iwan kapan donk nulis yg bisa membangkitkan kecintaan akan produk dalam negri, anda kan blogger motor yg handal, ikut andil donk supaya ATPM jangan mikir jualan aja/ untung aja tp juga punya nasionalisme, berfikir punya produk dalam negeri seperti negara laen (malaysia, cina dll). Sudah bertahun tahun ATPM cuman jadi tukang jualan aja, gak ada tranfer teknologi.
    Ayo saatnya kita bangga dengan produk sendiri. Insinyur insinyur ITB, UI, ITS, UGM dll ayo tunjukan kamu bisa. Masak bikin kapal, pesawat ja bisa masak bikin motor/ mobil gak bisa

  21. Karena target 3.6 juta gak tercapai, bahkan sudah di revisi jadi 3.3 juta yang kemungkinan besar gak bakalan tercapai juga (kecuali nyetok gudang dan seluruh dealer) maka YMKI di bubarkan…

    Makanya jadi ATPM jangan terlalu sombong,
    Jangan sering BC baik di iklan maupun statement para petinggi

  22. TAPI TETEP AJA HONDA KLEPEK-KLEPEK TIDAK BISA MELAWAN VIXION MESKI SUDAH MENGELUARKAN BANYAK PELURU, SI VIXION DENGAN JANTAN NYA MELIBAS SMUA MOTOR TANDINGAN 150 CC..KASIHAN BANGT,,BANYAK PELURU KO TIDAK BISA NGALAHIN YG SATU VIXION SICH,,,KASIHANNNN..

Comments are closed.