About these ads
jump to navigation

Mengganti knalpot standart dengan racing??…tidak disarankan mzbro!! Desember 7, 2011

Posted by Iwan Banaran in Otomotif.
trackback

Ada satu yang masih belum IWB posting…yakni satu jawaban tentang pertanyaan..” boleh nggak motor harian diganti dengan knalpot racing??”. Yah…mumpung ketemu dengan GM service YIMM bapak Mangiring Siahaan. Dan berikut jawaban yang diberikan….

” Sangat tidak disarankan. Sebab akan membuat temperature cenderung lebih panas dari biasanya..” serunya tegas. Yup…lantang tanpa ragu. Setelah IWB gali lebih dalam, menurut beliau kendati sudah sering kita dengar bahwa dengan penggantian PJ dan MJ mampu meminimize panasnya engine, tapi sudah bawaan biker jika tunggangan berganti dengan kmalpot freeflow, hawanya pasti tangan ingin membetot gas lebih dalam. Hasilnya??…

Engine bakal dipaksa teriak pada kondisi high RPM secara terus menerus. ” Untuk keawetan…tetap mending pakai knalpot standart. Kecuali motor dengan tujuan balap yang tidak memikirkan keawetan selain tujuan speed..” ujarnya lagi. Masih ngotot mengganti kuda besi kesayangan dengan freeflow muffler?? semua diserahkan kepada mzbro semua. Semoga berguna….(iwb)

About these ads

Komentar»

1. fandy - Desember 7, 2011

sip

Like this

2. faisal_bigbro - Desember 7, 2011

kalau di di bobok juga ga boleh om ?

Like this

3. sarmin - Desember 7, 2011

kudune setting spuyer sek, main jet dan pilot jet e di naikan satu step biar maksimal tenagane

Like this

4. satria_bajahitam - Desember 7, 2011

iyah juga sih,tp kenapa di iklan motor kenapa suara motor itu terdengar memakai kenalpot racing mas ?

Like this

5. jcool - Desember 7, 2011

Tu foto terakhir lagi razia yah?? ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ..

Like this

6. juraganneon - Desember 7, 2011

nice info mzbro.. lah NMP kan ori-nya sudah Freeflow berarti tidak awet yah?

Like this

7. judeituyudha - Desember 7, 2011

Kalo pake knalpot racing jadi ga bisa pulang malem-malem..
Ntar di marahin tetangga..

Like this

8. mas wahyu - Desember 7, 2011

Brisik

Like this

9. banjar - Desember 7, 2011

bising n bkin esmosi klo dngar suara knalpot yg diubah jd blong/racing…!!!

Like this

10. cafebiker - Desember 7, 2011
11. dowey - Desember 7, 2011

namanya aja udah knalpot racing… ya sudah semestinya penggunaannya khusus buat balap… bukan buat harian…

Like this

12. bobby_kelanarimba - Desember 7, 2011

knalpot racing utk balap liar kwkwkwkwkwk n geber motor….

Like this

13. redribbon Army - Desember 7, 2011

lohh uda resmi YIMM ya ga YMKI lagi…. (opo sieh kepanjangan YIMM???)

Like this

14. Rudy Sou1 - Desember 7, 2011
15. endel - Desember 7, 2011

Knalpot freeflow di jalan raya=Ndeso!!!! [Brisik iya ...kenceng kaga']

Like this

16. vixy182 - Desember 7, 2011

setuju…brisik sering mengganggu tidur siang ane.. :-x
vixy182.wordpress.com/2011/12/06/modifikasi-gl-max-gaya-alay/

Like this

17. lukadiyo - Desember 7, 2011

knalpot racing n juga pemakaian part2 racing berarti umur motornya juga ikutan racing… hihihi

Like this

18. kenthoet - Desember 7, 2011

klo pke knlpot merk lain yg pny cc lbih besar gmn mas?? cos jupiterq pke snlpot e FU..

Like this

19. gatot kaca - Desember 7, 2011

mau keren malah rusakin motor ya
duh..padahal motor mio gw pake knalpot racing..

Like this

20. ken167 - Desember 7, 2011

lagian suara jg enakan yg standar kok bro… sorry, saya gak suka freeflow, berisik :D

Like this

21. ken167 - Desember 7, 2011

alay gak yah… tergantung cara bawanya deh :D

Like this

22. cahjoz150cc_ajah - Desember 7, 2011

pembalap harian aka alay

Like this

23. kamil - Desember 7, 2011

klo mau pakai knalpot racing ya silahkan, gak ada yang melarang, tapi saya lebih suka pakai kanlpot asli saja, rasayna lebih nyaman dan adem buat harian hehehe

Like this

24. juraganneon - Desember 7, 2011

mas iwan tolong jelasin dong lebih detail kenapa knalpot freeflow bisa bikin mesil lebih panas sehingga mesin cepat rusak.. jadi kita disini orang awam bisa ngerti, paham dan manut :D

Like this

25. redbullrider - Desember 7, 2011

wadoh, brarti kalo nyari motor seken jgn yg pake/pernah make knalpot preplow… umurnya ga lama lagi….wekwekwek..

Like this

26. SIPPIRILLI - Desember 7, 2011

suara kenceng, jalannya pelan!

Like this

27. smoothy blue - Desember 7, 2011

tips pake knalpot racing…
kalo ngegas liat takometer,jgn biasakn mpe mentok redline…make jalan cukup di kisaran 4000-7500 RPM…dijamin mesin awet…
buat motor bebek silahkan beli takometer listrik…

Like this

28. knalpote_wasiran.. - Desember 7, 2011

knalpot standar,tapi silencernya di lepas..

Like this

29. indrarr - Desember 7, 2011

wah kalo pemakai ninja 2tak series kayaknya 80% udah pke knalpot resing semua…didaerah ane jarang atau bahkan tidak ada yg pke knalpot standar..

Like this

30. Ea - Desember 7, 2011

@24
sudah dijelasin kan..
karena buang anginnya lebih lancar :D
tarik gasnya jg makin lancar..
sering maen rpm tinggi ya jadi lebih cepat panas..
makin sering kepanasan ya makin cepat rontok

Like this

31. juraganneon - Desember 7, 2011

@30

itu kan karena kita sering main RPM tinggi bukan karena knalpot, pake knalpot biasa pun kalau sering main RPM tinggi ya mesin rontok juga, berarti kalau pake knalpot racing tapi pemakaian biasa (RPM sedang) mesin bakal awet kan? berarti memakai knalpot racing ga berbahaya, yang bahaya itu RPM Tinggi, yang saya minta mas iwan itu penjelasan perbedaan efek turbulensi pada knalpot ori dan freeflow, pengaruh pada ruang bakar,piston,kompresi dan klep.. semoga mas iwan memberi pencerahan pada saya yang masih awam..

Like this

32. Bako - Desember 7, 2011

Jelasno mas iwan……piye kok iso ngunu?????

Like this

33. Hendra - Desember 7, 2011

imho,,,kalo gw seneng banget denger suara knalpot racing 2 tak… apalagi punya ninin.. garing, dan gak berisik2 amat.. mak nyes…. tapi kalo buat empat tak yang satu silinder gw gak suka… bikin budek… nah kalo yang 4 tak dua silinder atw lebih, kalo pake knalpot racing lain lagi ceritanya…. bikin penasaran..hehehehe…. terus terang vespa gw juga pake knalpot racing lokal dari jakarta,lumayan berisik sih… tapi buat gw pribadi, karakter suara mesin 2 tak emang lebih asoy kalo pake knalpot racing, cuman masalahnya satu.. tetep aja berasep..hehehehe….

Like this

34. encka - Desember 7, 2011

why?

Like this

35. masmondol - Desember 7, 2011

Wah alesannya ngga masup logika.. Secara teknik ngga dapet asal nyeplos..

Like this

36. Pak Bambang Nunggang Byson - Desember 7, 2011

arep ora, ndak dadi pakanan polkis

Like this

37. galeeh - Desember 7, 2011

mending yg sutandar aja..
gak enak masuk perumahan klo make knalpot FF

Like this

38. karis - Desember 7, 2011

@31
lah ngapain juga pake knalpot racing kalau makenya pelan? Mubadzir dong!!
Kenalpot racing=EGOIS!!

Like this

39. speed - Desember 7, 2011

keterangan gambar : bapak aparat lagi menegakan hukum sekaligus mengisi kantongnya dg duit haram hahahahahaha

Like this

40. Ea - Desember 7, 2011

@31
betul klo maen rpm tinggi knalpot standar saya rasa lebih cepat panas, karena buang anginnya kurang lancar..
penjelasan yg bro harapkan saya rasa belum ada yg bisa kasih jawabannya.
wong petinggi yamaho aja belun riset ampe kesana, cuma kasih 1 alasan aja cepat panasss CMIIW

Like this

41. juraganneon - Desember 7, 2011

@38
kan ada yang pake knalpot racing buat gaya saja bro bukan mau kebut-kebutan :D

@40
ya saya cuma minta penjelasan teknis-nya saja supaya orang awam seperti saya ini paham mzbro :D

Like this

42. zhe - Desember 7, 2011

Nah kalo ninja 250 gmn gan smua?
Kan mantep nya N250 di suara racing nya selain 2 slndr nya. .
Haduh pgn pnya mtor merdu tapi rusak. .
Duh gawat. .
Mhon donk gmn pndpt agan tntg N250 pke nalpt racing?

Like this

43. beckhem - Desember 7, 2011

maen di rpm tinggi memang bikin mesin panas….coz banyak gesekan part didalam mesin……klo g didesain buat racing ya lebih cepet ambrol……

Like this

44. Onthel's Bondet - Desember 7, 2011

Saking bisingnya knalpot plong, di kampungku tak tulisi KNALPOT BISING DI LARANG MASUK

Like this

45. Abu Tanisha - Desember 7, 2011

beli NMP donk….

Like this

46. SMART - Desember 7, 2011

Alasannya kurang jelas mas bro.

Like this

47. Big Jhoon - Desember 7, 2011

Pilih mana :
1. Suaranya kenceng, tapi motornya pelan..
2. Suaranya pelan, tapi motornya kenceng..

Like this

48. aamanis - Desember 7, 2011

punten ahh…

Like this

49. heaven2000 - Desember 7, 2011

ninin 250 pake knalpot racing, suaranya maknyuuuuussss banget…
klo bebek, matik, n motor sport 1 cylinder yang pake????
hedeeeeewwwww…..
suaranya brisik banget, bikin telinga sakit…

Like this

50. Kang_OmprenX - Desember 7, 2011

yg standar2 aja deh….

Like this

51. Goyip - Desember 7, 2011

Knalpot standar mempunyai sekat sebagai peredam suara dan tendangan balik(turbulensi) tendangan balik juga berfungsi agar gas baru tidak overlapping pada putaran tinggi karena keterbatasan pegas mengangkat balik katup buang, jadi penggunaan knalpot racing harus diimbangi dengan supply bahan bakar berlebih untuk mengimbangi efek freeflow pada knalpot racing…akan sangat disayangkan jika ubahan ini tidak dilakukan pada mesin dengan teknologi d’asyl…karna kalau udah turun mesin siap siap paling dikit uang 900rb melayang.

Like this

52. monde - Desember 7, 2011

sebelum beli kenalpot racing mending beli kamera DSLR dulu mas iwan
*mlayuuu

Like this

53. Choi Woo Young - Desember 7, 2011

ea, di fotonya vixion pake knalpot murahan nobi. berisik bner tuh knalpot polusi suara

Like this

54. Nabra29 - Desember 7, 2011

ada juga koq bro knalpot racing yg suaranya bulat nge-bass, jadi gak berisik di telinga …

Like this

55. d'kill - Desember 7, 2011

waaah dr pd bl knlpot mnding bli berass

Like this

56. bang kahar - Desember 7, 2011

Kmrn ganti knalpot freeflow buat new cbr 150fi,,, asli berisik banget. Alhasil pakai yg asli aja deh. Hehehe

Like this

57. derry - Desember 7, 2011

Ikuti Kontes JFleece The Biggest Fans 2 berhadiah Ipad 2, klik disini untuk daftar http://www.j-fleece.com/fleecious/Bossderry ….sekarang juga..

Like this

58. jazzsnap - Desember 7, 2011

bener juga juga c mas, tapi begitu lah jiwa lelaki.,
wahhh ada polkis… kaburrr

Ganti Tampilan Windows anda menjadi Android
Cek disini Android Skin Pack 1.0 for Windows 7

Like this

59. Skipz - Desember 7, 2011

Terus terang klo yg suaranya berisik & norak itu yg bikin panas telinga orang lain.

Like this

60. SuRyA - Desember 7, 2011

Gmn klo dibuat artikel ttg hub knalpot free flow dgn keawetan mesin. Jd bs ada fakta yg mendukung.

http://www.dk8000.co.nr

Like this

61. kmpk - Desember 7, 2011

semua yang standar kan sudah di uji oleh ahlinya. sama juga dengan manusia, ngapain rambut kok disemir..kalo emang dah beruban he…he…he…he…ga nyindir lo juragan?

Like this

62. gogo - Desember 7, 2011

buat harian standart memang yang terbaik…

Like this

63. Mantan Alay - Desember 7, 2011

kalo knalpot ninin kayaknya kudu di bobok mas bro… kalo gak suaranya mirip mesin babat rumput hihihihi :mrgreen:

Like this

64. tiger250 - Desember 7, 2011

WARNING…………..!!!!!!!!!!
Pemakaian knalpot racing pada motor standar lbh banyak ruginya dari pada untungnya.
Ruginya:
1.Boros bbm,mesin overheart
2.Dicap 4l4y
3.Mengganggu ketenangan warga.
4.Selalu disumpahin yg jelek2 sama orang.
Dan buat pak polisi tindakan yg tepat ya ditilang saja………………….

Like this

65. spardadafa - Desember 7, 2011

wahhh ini perluu disebarkan nehh kepada par bikers2…
supaya gag seenaknya ganti knalpot hanya untuk gaya,,,

Like this

66. kelana97 - Desember 8, 2011

Mengganggu & nyebelin…,mending yang standard bawaan…

Like this

67. Rony Setiawan - Desember 8, 2011

kalo knalpot free flow yg murahan malah bkin tarikan ngedrop,bengsin ngowoz,polusi suara so rawan tilang juga..
enakan pake yg standar aja..soale buat harian n mondar mandir untk sesuap nasi..hehe
pernah nyoba d boil pake knalpot racing yg kw,mlh boil gak responsif blas,bengsin jg ngowos..menang suara aja yg ngebas..hehe

Like this

68. bensincampur - Desember 8, 2011

mongstor fairing wajib pke sunalvot resing..

Like this

69. P.L.U.R - Desember 8, 2011

semua paling hanya teori belaka.
Toh, nanti juga ada aja yang ganti pake knalpot racing.
Bikin berisik aja.

Like this

70. kudalumping - Desember 8, 2011

he. Kalo soal awet n ga nya tergantung attitude yg make. Tp emang bener kata mas iwan,kalo pake snalpot gitu pengene pasti maen di high rpm terus…
En kadang yang bikin troble, dengan pake snalpot gitu, kita jadi ga denger suara mesin.. Padahal uda kecek2, ctak2, tp ga kedngeran, geber trus. Taune pas udah jebol. :p

Like this

71. mas Gaptek - Desember 8, 2011

Suka sama komennya tiger250 diatas : “Dicap 4l4y” wakakaka….

Like this

72. Vespa Ijo Rider - Desember 8, 2011

knalpot racing = knalpot CACING… :D :D :D

lia aja tuch… bahan knalpot dari plat kaleng krupuk, suaranya cuman tereak2 bikin berisk doang dong, dah gitu gak ada tenaganya lagi…PERSIS KAYAK ORANG CANGINGAN…!!!

nyang bilang pake knalpot racing bikin motor jadi ngebut..SALAH BESAR…. ITU CUMAN SUGESTI..!!

Like this

73. Pasang Iklan Di Blog - Desember 8, 2011

knalpot racing knalpot pelan :p

Like this

74. stromaki - Desember 8, 2011

ga mo berizik…solusi : mending mati di kubur ( coz tinggal di hutan sendirian aja…msh berizik ma suara binatang / apalagi ente2 tinggal di perkotaan ga usah kaget kayak org bego). jd sebenarnya tuh yg alay ente2 smua….tinggal di kota ga mo berizik (sekolah tinggi2 nalar ga di pake). mo mesin panas keg..mo mesin jebol keq…ente2 ga usah repot ( coz ga minta ongkos ma emak ente buat betulin motor)

Like this

75. kodokijo - Desember 8, 2011

Kalo Ninja 250R sangat disarankan, krn suaranya jadi merdu dan kesannya berkelas kyk/mirip moge, tapi itu utk merk tertentu aja jadi gak semuanya. Saya juga perhatiin (dengerin) suaranya emang lbh kenceng, tapi gak bikin stress dengernya, gak kyk suara knalpot racing kacangan yg dipasang di motor2 bebek, skutik atau motor bermesin 1 silinder, apalagi kalo dibandingin ama knalpot bobokan.

Like this

76. gava - Desember 8, 2011

pake ninja 2 tak gak pake knalpot racing serasa ada yg kurang bro..
lagian suara nya jg kaga bising2 amat,,,
skr mah tergantung orang nya ja,,di peruntukan bwt harian atau balapan..
klo masalah boros pa gak nya itu resiko nya pake knalpot racing..
skr mah teknologi knalpot racing udah berkembang,.kaga da pake kaleng krupuk lgi… :)

Like this

77. Dr.Feelgood - Desember 8, 2011

efek positifnya tampilan ama performa emang jadi bikin lebih keren tunggangan, tpi efek negatifnya masyarakat yg ada disekitar yg kita lewati menjadi terganggu oleh kebisingan knalpot berisik motor kita, plus klo ada razia pasti kena tilang tuh…… :D

Like this

78. wahyu febriono - Desember 8, 2011

makanya orang bklo make knalpot freeflow maksimal motor dipake 2 tahun. abis itu jual… korbannya orang yang beli motor seken :mrgreen:

Like this

79. Dave Adja Yahh - Desember 8, 2011

kaLo pae nalpot standart trus lepas saringan kyx malah lebih eren yah suaranya………….???hehehehe

Like this

80. kawas aki - Desember 10, 2011

ntah knapa klo denger ninin ato bandit pake snalpot racing..kok merdu ya…. xixixi

Like this

81. GajaHNgetriL - Desember 10, 2011

bang, kalo buat yamaha byson gimana bang ? kalo mo di ganti knalpot racing bagus nya yang apa bang ? costom apa bermerek ?
Mohon sarannya

Like this

82. shogun110tromol - Desember 12, 2011

OEM is the best :mrgreen:

Like this

83. Juragan Minyak - Desember 15, 2011

Agar tak dipikir boleh berbuat apa saja di jalan umum, kalau menemukan pengendara yang menggunakan knalpot bising dismabit aja rame-rame.

Like this

84. blackoto - Desember 15, 2011

bising lah klo pake free flow..4L4Y juga ..piss hehe

Like this

85. ichanks - Januari 4, 2012

och gitu ya! ga jd dech gnti knalpot!!!

Like this

86. bryan bp - Februari 20, 2012

ooh gitu yah..
gx jadi deh ganti knalpot racing..
mending beli lampu HID ! hehehe

Like this

87. dochie - Februari 28, 2012

kalau srng mmbetot gas atau srng d embat rsak ga mesin nya om?
makasih.

Like this

88. shifa kim - Februari 28, 2012

akhhhh bikin bingung aja….
pdahal udah niat pngn bli knlpot nobi untuk mio ku….

bgsnya gmn nih gan????

Like this

89. BUDI - Maret 25, 2012

Suka2 ane pake knalpot racing…mau dibilang egois pun gak ngefek…toh dengan setting sana sini aman2 aja tuh :)

Like this

90. muhamad riski (@RiskiGan9) - April 9, 2012

baru mau ganti klo tw gtu ga jdi deh

Like this

91. ardhix - Mei 13, 2012

@74 wong pak pol aja ada yg make knalpot recing.. :p boleh2 aja pake knalpot aftermarket, asal suaranya harus disamakan / setara dengan batas kebisingan yang udah diatur oleh pemerintah kita, tinggal penerapan sama pengarahan aja, riset bagus, suara bagus, harga juga pastinya BAGUS. semua tergantung attitude pemotor jg…
berharap ada wadah / arena khusus buat yg suka ngebut2 dprd harus balapan liar bikin org celaka :)

Like this

92. Rinaldi - Mei 31, 2012

Berisik sih bro, tapi buat yang suka buru-buru dijalanan macet, knalpot freeflow sangat membantu karena yang laen pasti pada minggir,,,cemas pembalap lewat wkwkwkwkwk
#sudah terbukti

Like this

93. v-tech - Juni 4, 2012

Namanya juga knalpot resing masbro, resing = rese dan bising
Ya walaupun motor ane pake resing juga hahaha

Like this

94. Peyi Isabel - Agustus 8, 2012

edan…..klw g’ ada pengaruh terhadap mesin apabila menggunakan knalpot racing, mengapa pabrik yamaha, honda dll tidak mengeluarkan nya dari awal.
coba anda renungkan.

Like this

95. Panji - September 29, 2012

@peyi: krna mereka gak mau ngerusak lingkungan, kalo agan bilang dll, coba liat minerva megelli 250,
coba anda renungkan.

Like this

96. ridhablackredsevenfoldx - September 29, 2012

ridha_ritox BRTC
mantap.. klihatan jahat.

Like this

97. CBR 150R - November 29, 2012

mau pake knalpot resing atau knalpot standart.kalau pake motornya kasar juga bakalan cepat rusak,motor cepat rusak tergantung pemakaian bro,motor vario saya sudah 2 tahun pake knalpot resing aman” aja gak ada yang rusak.tinggal ngumpulin uang untuk ganti knalpot cbr saya bro

Like this

98. Indra_locit - April 5, 2013

.RACING aja bro, kalaw yang racing asik di liat.a
.tapi kalaw yang standard uda bosan, dan suara.a jg nga kedengeran,kyak naik sepeda anak2
hehehe:-)

Like this

99. Hamba - Mei 7, 2013

Coba Renungkan! kita smua akan mati mazbro, ngapain pusing mikirin snalpot std ato racing! emangnye snalpot std ato racing bisa nyelametin ente2 d kubur, padang mahsyar, sirat, mizan, msh bnyk alam2 yg manusia pasti akan lalui. Kbahagiaan, ksuksesan, kjayaan&kmuliaan manusia hny ada dlm amal agama yg sempurna&ikut cara Nabi Saw. Blajar taat pd Alloh&ikut cara Nabi Saw. Insya Alloh semua bersedia agan2.

Like this

100. Freakkkk - Mei 24, 2013

Ee

Like this

101. Marno Tiwul - Juni 8, 2013

@99
Naik onta aja lo, gk pake knalpot

Like this

102. abdulrachman.prayogi@yahoo.com - Juni 15, 2013

wkwk Klo Gak Mau di Tilang Karena Ganti Knalpot Racing(biar suara Cetar wkwk) agan Beli davidson harley aja

Like this

103. emon - Juni 21, 2013

yg pake knalpot racing karena punya uang makanya kebeli..
yg pake knalpot standart karena gk punya uang makanya gk kebeli..ujung2nya knalpot standart di bobok..ekekek :D

Like this

104. unsozered - Agustus 1, 2013

lokiganya motor bagus ya harus bunyi

Like this

105. ryan andreaz - Agustus 10, 2013

aaahhh penjelasannya parah… knalpot racing kaga ada pengaruh kemesin.. semuanya tergantung perawatan dan sarvice… kalo mesin dirawat lebih baik. motor ane dah 5 tahun pake racing tapi masih bagus n enak dipake.. suara mesin masih halus ga kasar. sering ane tes n riset bro

Like this

106. harry - September 10, 2013

numpang lewat mas bro
perasaan pake knlpot racing ga masalah ko
tpi kenapa pak polisi malah menilang org yg memakainya , padahal pasal2 nya dilarang memakai kenalpot racing jga ga ada yg ada malahan yg ga pake knlpot….

Like this

107. AG - September 10, 2013

Kalo pake knalpot racing abal2 ya gitu, cm dapet berisiknya doang + ngerusak mesin… lha wong harga knalpotnya seharga motor bebek, bikinnya juga pake riset dan bahan terbaik, mendongkrak penampilan dan performa….

Like this

108. AG - September 10, 2013

Kalo pake knalpot racing abal2 ya gitu, cm dapet berisiknya doang + ngerusak mesin…

coba pake knalpot racing yang bagus, pasti beda, lha wong harga knalpotnya aja seharga motor bebek

Produsennya bikinnya juga pake riset dan bahan terbaik, mendongkrak penampilan dan performa….

Ada harga ada kualitas lah… jgn menyamakan semua knalpot racing…abal2… apalagi yang obokan…

Like this

109. gv - Januari 19, 2014

menurut sya mah gak ngefek antara racing sma standar, tergantung pemakaian motor, kalo di bilang pakek racing cepet panas ea, tp knalpot racing jg cepet dingin, beda sma knalpot stndar yg lama bgt dinginya.. lgian knalpot racing jg menunjang penampilan motor jd lebih ok(semacam dbs, r9, kawahara dll).
jd tergantung mau pakek yg mna itu hak masing”..

Like this


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 22.241 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: