Mengganti knalpot standart dengan racing??…tidak disarankan mzbro!!

115
7

Ada satu yang masih belum IWB posting…yakni satu jawaban tentang pertanyaan..” boleh nggak motor harian diganti dengan knalpot racing??”. Yah…mumpung ketemu dengan GM service YIMM bapak Mangiring Siahaan. Dan berikut jawaban yang diberikan….

” Sangat tidak disarankan. Sebab akan membuat temperature cenderung lebih panas dari biasanya..” serunya tegas. Yup…lantang tanpa ragu. Setelah IWB gali lebih dalam, menurut beliau kendati sudah sering kita dengar bahwa dengan penggantian PJ dan MJ mampu meminimize panasnya engine, tapi sudah bawaan biker jika tunggangan berganti dengan kmalpot freeflow, hawanya pasti tangan ingin membetot gas lebih dalam. Hasilnya??…

Engine bakal dipaksa teriak pada kondisi high RPM secara terus menerus. ” Untuk keawetan…tetap mending pakai knalpot standart. Kecuali motor dengan tujuan balap yang tidak memikirkan keawetan selain tujuan speed..” ujarnya lagi. Masih ngotot mengganti kuda besi kesayangan dengan freeflow muffler?? semua diserahkan kepada mzbro semua. Semoga berguna….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

115 COMMENTS

  1. iyah juga sih,tp kenapa di iklan motor kenapa suara motor itu terdengar memakai kenalpot racing mas ?

    Guest
  2. klo mau pakai knalpot racing ya silahkan, gak ada yang melarang, tapi saya lebih suka pakai kanlpot asli saja, rasayna lebih nyaman dan adem buat harian hehehe

    Guest
  3. mas iwan tolong jelasin dong lebih detail kenapa knalpot freeflow bisa bikin mesil lebih panas sehingga mesin cepat rusak.. jadi kita disini orang awam bisa ngerti, paham dan manut 😀

    Guest
  4. tips pake knalpot racing…
    kalo ngegas liat takometer,jgn biasakn mpe mentok redline…make jalan cukup di kisaran 4000-7500 RPM…dijamin mesin awet…
    buat motor bebek silahkan beli takometer listrik…

    Guest
  5. wah kalo pemakai ninja 2tak series kayaknya 80% udah pke knalpot resing semua…didaerah ane jarang atau bahkan tidak ada yg pke knalpot standar..

    Guest
  6. @24
    sudah dijelasin kan..
    karena buang anginnya lebih lancar 😀
    tarik gasnya jg makin lancar..
    sering maen rpm tinggi ya jadi lebih cepat panas..
    makin sering kepanasan ya makin cepat rontok

    Guest
  7. @30

    itu kan karena kita sering main RPM tinggi bukan karena knalpot, pake knalpot biasa pun kalau sering main RPM tinggi ya mesin rontok juga, berarti kalau pake knalpot racing tapi pemakaian biasa (RPM sedang) mesin bakal awet kan? berarti memakai knalpot racing ga berbahaya, yang bahaya itu RPM Tinggi, yang saya minta mas iwan itu penjelasan perbedaan efek turbulensi pada knalpot ori dan freeflow, pengaruh pada ruang bakar,piston,kompresi dan klep.. semoga mas iwan memberi pencerahan pada saya yang masih awam..

    Guest
  8. imho,,,kalo gw seneng banget denger suara knalpot racing 2 tak… apalagi punya ninin.. garing, dan gak berisik2 amat.. mak nyes…. tapi kalo buat empat tak yang satu silinder gw gak suka… bikin budek… nah kalo yang 4 tak dua silinder atw lebih, kalo pake knalpot racing lain lagi ceritanya…. bikin penasaran..hehehehe…. terus terang vespa gw juga pake knalpot racing lokal dari jakarta,lumayan berisik sih… tapi buat gw pribadi, karakter suara mesin 2 tak emang lebih asoy kalo pake knalpot racing, cuman masalahnya satu.. tetep aja berasep..hehehehe….

    Guest
  9. @31
    betul klo maen rpm tinggi knalpot standar saya rasa lebih cepat panas, karena buang anginnya kurang lancar..
    penjelasan yg bro harapkan saya rasa belum ada yg bisa kasih jawabannya.
    wong petinggi yamaho aja belun riset ampe kesana, cuma kasih 1 alasan aja cepat panasss CMIIW

    Guest
  10. @38
    kan ada yang pake knalpot racing buat gaya saja bro bukan mau kebut-kebutan 😀

    @40
    ya saya cuma minta penjelasan teknis-nya saja supaya orang awam seperti saya ini paham mzbro 😀

    Guest
  11. Nah kalo ninja 250 gmn gan smua?
    Kan mantep nya N250 di suara racing nya selain 2 slndr nya. .
    Haduh pgn pnya mtor merdu tapi rusak. .
    Duh gawat. .
    Mhon donk gmn pndpt agan tntg N250 pke nalpt racing?

    Guest
  12. maen di rpm tinggi memang bikin mesin panas….coz banyak gesekan part didalam mesin……klo g didesain buat racing ya lebih cepet ambrol……

    Guest
  13. ninin 250 pake knalpot racing, suaranya maknyuuuuussss banget…
    klo bebek, matik, n motor sport 1 cylinder yang pake????
    hedeeeeewwwww…..
    suaranya brisik banget, bikin telinga sakit…

    Guest
  14. Knalpot standar mempunyai sekat sebagai peredam suara dan tendangan balik(turbulensi) tendangan balik juga berfungsi agar gas baru tidak overlapping pada putaran tinggi karena keterbatasan pegas mengangkat balik katup buang, jadi penggunaan knalpot racing harus diimbangi dengan supply bahan bakar berlebih untuk mengimbangi efek freeflow pada knalpot racing…akan sangat disayangkan jika ubahan ini tidak dilakukan pada mesin dengan teknologi d’asyl…karna kalau udah turun mesin siap siap paling dikit uang 900rb melayang.

    Guest
  15. Kmrn ganti knalpot freeflow buat new cbr 150fi,,, asli berisik banget. Alhasil pakai yg asli aja deh. Hehehe

    Guest
  16. semua yang standar kan sudah di uji oleh ahlinya. sama juga dengan manusia, ngapain rambut kok disemir..kalo emang dah beruban he…he…he…he…ga nyindir lo juragan?

    Guest
  17. kalo knalpot ninin kayaknya kudu di bobok mas bro… kalo gak suaranya mirip mesin babat rumput hihihihi :mrgreen:

    Guest
  18. WARNING…………..!!!!!!!!!!
    Pemakaian knalpot racing pada motor standar lbh banyak ruginya dari pada untungnya.
    Ruginya:
    1.Boros bbm,mesin overheart
    2.Dicap 4l4y
    3.Mengganggu ketenangan warga.
    4.Selalu disumpahin yg jelek2 sama orang.
    Dan buat pak polisi tindakan yg tepat ya ditilang saja………………….

    Guest
  19. kalo knalpot free flow yg murahan malah bkin tarikan ngedrop,bengsin ngowoz,polusi suara so rawan tilang juga..
    enakan pake yg standar aja..soale buat harian n mondar mandir untk sesuap nasi..hehe
    pernah nyoba d boil pake knalpot racing yg kw,mlh boil gak responsif blas,bengsin jg ngowos..menang suara aja yg ngebas..hehe

    Guest
  20. semua paling hanya teori belaka.
    Toh, nanti juga ada aja yang ganti pake knalpot racing.
    Bikin berisik aja.

    Guest
  21. he. Kalo soal awet n ga nya tergantung attitude yg make. Tp emang bener kata mas iwan,kalo pake snalpot gitu pengene pasti maen di high rpm terus…
    En kadang yang bikin troble, dengan pake snalpot gitu, kita jadi ga denger suara mesin.. Padahal uda kecek2, ctak2, tp ga kedngeran, geber trus. Taune pas udah jebol. :p

    Guest
  22. knalpot racing = knalpot CACING… 😀 😀 😀

    lia aja tuch… bahan knalpot dari plat kaleng krupuk, suaranya cuman tereak2 bikin berisk doang dong, dah gitu gak ada tenaganya lagi…PERSIS KAYAK ORANG CANGINGAN…!!!

    nyang bilang pake knalpot racing bikin motor jadi ngebut..SALAH BESAR…. ITU CUMAN SUGESTI..!!

    Guest
  23. ga mo berizik…solusi : mending mati di kubur ( coz tinggal di hutan sendirian aja…msh berizik ma suara binatang / apalagi ente2 tinggal di perkotaan ga usah kaget kayak org bego). jd sebenarnya tuh yg alay ente2 smua….tinggal di kota ga mo berizik (sekolah tinggi2 nalar ga di pake). mo mesin panas keg..mo mesin jebol keq…ente2 ga usah repot ( coz ga minta ongkos ma emak ente buat betulin motor)

    Guest
  24. Kalo Ninja 250R sangat disarankan, krn suaranya jadi merdu dan kesannya berkelas kyk/mirip moge, tapi itu utk merk tertentu aja jadi gak semuanya. Saya juga perhatiin (dengerin) suaranya emang lbh kenceng, tapi gak bikin stress dengernya, gak kyk suara knalpot racing kacangan yg dipasang di motor2 bebek, skutik atau motor bermesin 1 silinder, apalagi kalo dibandingin ama knalpot bobokan.

    Guest
  25. pake ninja 2 tak gak pake knalpot racing serasa ada yg kurang bro..
    lagian suara nya jg kaga bising2 amat,,,
    skr mah tergantung orang nya ja,,di peruntukan bwt harian atau balapan..
    klo masalah boros pa gak nya itu resiko nya pake knalpot racing..
    skr mah teknologi knalpot racing udah berkembang,.kaga da pake kaleng krupuk lgi… 🙂

    Guest
  26. efek positifnya tampilan ama performa emang jadi bikin lebih keren tunggangan, tpi efek negatifnya masyarakat yg ada disekitar yg kita lewati menjadi terganggu oleh kebisingan knalpot berisik motor kita, plus klo ada razia pasti kena tilang tuh…… 😀

    Guest
  27. makanya orang bklo make knalpot freeflow maksimal motor dipake 2 tahun. abis itu jual… korbannya orang yang beli motor seken :mrgreen:

    Guest
  28. bang, kalo buat yamaha byson gimana bang ? kalo mo di ganti knalpot racing bagus nya yang apa bang ? costom apa bermerek ?
    Mohon sarannya

    Guest
  29. Suka2 ane pake knalpot racing…mau dibilang egois pun gak ngefek…toh dengan setting sana sini aman2 aja tuh 🙂

    Guest
  30. @74 wong pak pol aja ada yg make knalpot recing.. :p boleh2 aja pake knalpot aftermarket, asal suaranya harus disamakan / setara dengan batas kebisingan yang udah diatur oleh pemerintah kita, tinggal penerapan sama pengarahan aja, riset bagus, suara bagus, harga juga pastinya BAGUS. semua tergantung attitude pemotor jg…
    berharap ada wadah / arena khusus buat yg suka ngebut2 dprd harus balapan liar bikin org celaka 🙂

    Guest
  31. Berisik sih bro, tapi buat yang suka buru-buru dijalanan macet, knalpot freeflow sangat membantu karena yang laen pasti pada minggir,,,cemas pembalap lewat wkwkwkwkwk
    #sudah terbukti

    Guest
  32. Namanya juga knalpot resing masbro, resing = rese dan bising
    Ya walaupun motor ane pake resing juga hahaha

    Guest
  33. edan…..klw g’ ada pengaruh terhadap mesin apabila menggunakan knalpot racing, mengapa pabrik yamaha, honda dll tidak mengeluarkan nya dari awal.
    coba anda renungkan.

    Guest
  34. @peyi: krna mereka gak mau ngerusak lingkungan, kalo agan bilang dll, coba liat minerva megelli 250,
    coba anda renungkan.

    Guest
  35. mau pake knalpot resing atau knalpot standart.kalau pake motornya kasar juga bakalan cepat rusak,motor cepat rusak tergantung pemakaian bro,motor vario saya sudah 2 tahun pake knalpot resing aman” aja gak ada yang rusak.tinggal ngumpulin uang untuk ganti knalpot cbr saya bro

    Guest
  36. .RACING aja bro, kalaw yang racing asik di liat.a
    .tapi kalaw yang standard uda bosan, dan suara.a jg nga kedengeran,kyak naik sepeda anak2
    hehehe:-)

    Guest
  37. Coba Renungkan! kita smua akan mati mazbro, ngapain pusing mikirin snalpot std ato racing! emangnye snalpot std ato racing bisa nyelametin ente2 d kubur, padang mahsyar, sirat, mizan, msh bnyk alam2 yg manusia pasti akan lalui. Kbahagiaan, ksuksesan, kjayaan&kmuliaan manusia hny ada dlm amal agama yg sempurna&ikut cara Nabi Saw. Blajar taat pd Alloh&ikut cara Nabi Saw. Insya Alloh semua bersedia agan2.

    Guest
  38. yg pake knalpot racing karena punya uang makanya kebeli..
    yg pake knalpot standart karena gk punya uang makanya gk kebeli..ujung2nya knalpot standart di bobok..ekekek 😀

    Guest
  39. aaahhh penjelasannya parah… knalpot racing kaga ada pengaruh kemesin.. semuanya tergantung perawatan dan sarvice… kalo mesin dirawat lebih baik. motor ane dah 5 tahun pake racing tapi masih bagus n enak dipake.. suara mesin masih halus ga kasar. sering ane tes n riset bro

    Guest
  40. numpang lewat mas bro
    perasaan pake knlpot racing ga masalah ko
    tpi kenapa pak polisi malah menilang org yg memakainya , padahal pasal2 nya dilarang memakai kenalpot racing jga ga ada yg ada malahan yg ga pake knlpot….

    Guest
  41. Kalo pake knalpot racing abal2 ya gitu, cm dapet berisiknya doang + ngerusak mesin… lha wong harga knalpotnya seharga motor bebek, bikinnya juga pake riset dan bahan terbaik, mendongkrak penampilan dan performa….

    Guest
  42. Kalo pake knalpot racing abal2 ya gitu, cm dapet berisiknya doang + ngerusak mesin…

    coba pake knalpot racing yang bagus, pasti beda, lha wong harga knalpotnya aja seharga motor bebek

    Produsennya bikinnya juga pake riset dan bahan terbaik, mendongkrak penampilan dan performa….

    Ada harga ada kualitas lah… jgn menyamakan semua knalpot racing…abal2… apalagi yang obokan…

    Guest
    • yups, AG 100000000% betul banget, jadi perlu di garis besar, yang NORAK ITU KNALPOT BOBOKAN, kita beli knalpot racing harganya mahalllll. sebenernya yang harus ditilang knalpot murahan yang bobokan itu. kalo knalpot racing bermerek seperti R9, DBS, KAWAHARA jangan ditilang. kalo mau nilang tilang aja pabriknya berani engga tuh polisinya !!!!!!!, jangan yang ditilang yang beli. anjing gileee tuh polisinya nilang karna ngga mampu beli, jadi dia mau make knalpot hasil rampasan itu. gua sering banget liat tuh polisi pake knalpot racing ngga ngaca dia. ngga punya muka kali yeee.

      Guest
  43. menurut sya mah gak ngefek antara racing sma standar, tergantung pemakaian motor, kalo di bilang pakek racing cepet panas ea, tp knalpot racing jg cepet dingin, beda sma knalpot stndar yg lama bgt dinginya.. lgian knalpot racing jg menunjang penampilan motor jd lebih ok(semacam dbs, r9, kawahara dll).
    jd tergantung mau pakek yg mna itu hak masing”..

    Guest
  44. rontoknya mesin juga entaar 5 tahunan kalo motor udah ketinggalan jaman. ya udah ganti motoor laah. pake knalpot racing emang egoiss!! tapi lebih egois lagi orang yang pergi sendirian aja pake mobil. bikin jalan macetttt. mobil juga pemborosan BBM. Bahan bakar minyak di bumi udah menipis. jadi yaaa egois egoisan ajaaa. gua juga pemakai setia knalpot racing. ada tilangan gua tabrak aja FAAAAK POLICE

    Guest
  45. Wah petinggi yamaha gimana ceritanya Dulu pake knalpot racing bikin motor rusak tapi sekarang malah ngeluarin knalpot racing resmi yamaha, hasil kerjasama sma produsen knalpot brnama SAKURA..
    Buat vixion harganye hampir 2jt..
    Jdi gmana ngerusak ga nih wkwkwkw

    Guest
  46. Mas iwan kalo pengguna trail gimna ? Kdang 2 medan , kadang harian kdang adventure , pke predam buat di jlnnya boleh ?

    Guest

Comments are closed.