Mengganti knalpot standart dengan racing??…tidak disarankan mzbro!!

115

Ada satu yang masih belum IWB posting…yakni satu jawaban tentang pertanyaan..” boleh nggak motor harian diganti dengan knalpot racing??”. Yah…mumpung ketemu dengan GM service YIMM bapak Mangiring Siahaan. Dan berikut jawaban yang diberikan….

” Sangat tidak disarankan. Sebab akan membuat temperature cenderung lebih panas dari biasanya..” serunya tegas. Yup…lantang tanpa ragu. Setelah IWB gali lebih dalam, menurut beliau kendati sudah sering kita dengar bahwa dengan penggantian PJ dan MJ mampu meminimize panasnya engine, tapi sudah bawaan biker jika tunggangan berganti dengan kmalpot freeflow, hawanya pasti tangan ingin membetot gas lebih dalam. Hasilnya??…

Engine bakal dipaksa teriak pada kondisi high RPM secara terus menerus. ” Untuk keawetan…tetap mending pakai knalpot standart. Kecuali motor dengan tujuan balap yang tidak memikirkan keawetan selain tujuan speed..” ujarnya lagi. Masih ngotot mengganti kuda besi kesayangan dengan freeflow muffler?? semua diserahkan kepada mzbro semua. Semoga berguna….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
  • fandy

    sip

  • faisal_bigbro

    kalau di di bobok juga ga boleh om ?

  • sarmin

    kudune setting spuyer sek, main jet dan pilot jet e di naikan satu step biar maksimal tenagane

  • satria_bajahitam

    iyah juga sih,tp kenapa di iklan motor kenapa suara motor itu terdengar memakai kenalpot racing mas ?

  • jcool

    Tu foto terakhir lagi razia yah?? ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ..

  • juraganneon

    nice info mzbro.. lah NMP kan ori-nya sudah Freeflow berarti tidak awet yah?

  • Kalo pake knalpot racing jadi ga bisa pulang malem-malem..
    Ntar di marahin tetangga..

  • Brisik

  • bising n bkin esmosi klo dngar suara knalpot yg diubah jd blong/racing…!!!

  • namanya aja udah knalpot racing… ya sudah semestinya penggunaannya khusus buat balap… bukan buat harian…

  • knalpot racing utk balap liar kwkwkwkwkwk n geber motor….

  • redribbon Army

    lohh uda resmi YIMM ya ga YMKI lagi…. (opo sieh kepanjangan YIMM???)

  • Knalpot freeflow di jalan raya=Ndeso!!!! [Brisik iya …kenceng kaga’]

  • setuju…brisik sering mengganggu tidur siang ane.. 😡
    vixy182.wordpress.com/2011/12/06/modifikasi-gl-max-gaya-alay/

  • knalpot racing n juga pemakaian part2 racing berarti umur motornya juga ikutan racing… hihihi

  • klo pke knlpot merk lain yg pny cc lbih besar gmn mas?? cos jupiterq pke snlpot e FU..

  • gatot kaca

    mau keren malah rusakin motor ya
    duh..padahal motor mio gw pake knalpot racing..

  • ken167

    lagian suara jg enakan yg standar kok bro… sorry, saya gak suka freeflow, berisik 😀

  • ken167

    alay gak yah… tergantung cara bawanya deh 😀

  • cahjoz150cc_ajah

    pembalap harian aka alay

  • kamil

    klo mau pakai knalpot racing ya silahkan, gak ada yang melarang, tapi saya lebih suka pakai kanlpot asli saja, rasayna lebih nyaman dan adem buat harian hehehe

  • juraganneon

    mas iwan tolong jelasin dong lebih detail kenapa knalpot freeflow bisa bikin mesil lebih panas sehingga mesin cepat rusak.. jadi kita disini orang awam bisa ngerti, paham dan manut 😀

  • wadoh, brarti kalo nyari motor seken jgn yg pake/pernah make knalpot preplow… umurnya ga lama lagi….wekwekwek..

  • SIPPIRILLI

    suara kenceng, jalannya pelan!

  • smoothy blue

    tips pake knalpot racing…
    kalo ngegas liat takometer,jgn biasakn mpe mentok redline…make jalan cukup di kisaran 4000-7500 RPM…dijamin mesin awet…
    buat motor bebek silahkan beli takometer listrik…

  • knalpot standar,tapi silencernya di lepas..

  • wah kalo pemakai ninja 2tak series kayaknya 80% udah pke knalpot resing semua…didaerah ane jarang atau bahkan tidak ada yg pke knalpot standar..

  • Ea

    @24
    sudah dijelasin kan..
    karena buang anginnya lebih lancar 😀
    tarik gasnya jg makin lancar..
    sering maen rpm tinggi ya jadi lebih cepat panas..
    makin sering kepanasan ya makin cepat rontok

  • juraganneon

    @30

    itu kan karena kita sering main RPM tinggi bukan karena knalpot, pake knalpot biasa pun kalau sering main RPM tinggi ya mesin rontok juga, berarti kalau pake knalpot racing tapi pemakaian biasa (RPM sedang) mesin bakal awet kan? berarti memakai knalpot racing ga berbahaya, yang bahaya itu RPM Tinggi, yang saya minta mas iwan itu penjelasan perbedaan efek turbulensi pada knalpot ori dan freeflow, pengaruh pada ruang bakar,piston,kompresi dan klep.. semoga mas iwan memberi pencerahan pada saya yang masih awam..

  • Bako

    Jelasno mas iwan……piye kok iso ngunu?????

  • Hendra

    imho,,,kalo gw seneng banget denger suara knalpot racing 2 tak… apalagi punya ninin.. garing, dan gak berisik2 amat.. mak nyes…. tapi kalo buat empat tak yang satu silinder gw gak suka… bikin budek… nah kalo yang 4 tak dua silinder atw lebih, kalo pake knalpot racing lain lagi ceritanya…. bikin penasaran..hehehehe…. terus terang vespa gw juga pake knalpot racing lokal dari jakarta,lumayan berisik sih… tapi buat gw pribadi, karakter suara mesin 2 tak emang lebih asoy kalo pake knalpot racing, cuman masalahnya satu.. tetep aja berasep..hehehehe….

  • encka

    why?

  • Wah alesannya ngga masup logika.. Secara teknik ngga dapet asal nyeplos..

  • arep ora, ndak dadi pakanan polkis

  • galeeh

    mending yg sutandar aja..
    gak enak masuk perumahan klo make knalpot FF

  • @31
    lah ngapain juga pake knalpot racing kalau makenya pelan? Mubadzir dong!!
    Kenalpot racing=EGOIS!!

  • keterangan gambar : bapak aparat lagi menegakan hukum sekaligus mengisi kantongnya dg duit haram hahahahahaha

  • Ea

    @31
    betul klo maen rpm tinggi knalpot standar saya rasa lebih cepat panas, karena buang anginnya kurang lancar..
    penjelasan yg bro harapkan saya rasa belum ada yg bisa kasih jawabannya.
    wong petinggi yamaho aja belun riset ampe kesana, cuma kasih 1 alasan aja cepat panasss CMIIW

  • juraganneon

    @38
    kan ada yang pake knalpot racing buat gaya saja bro bukan mau kebut-kebutan 😀

    @40
    ya saya cuma minta penjelasan teknis-nya saja supaya orang awam seperti saya ini paham mzbro 😀

  • zhe

    Nah kalo ninja 250 gmn gan smua?
    Kan mantep nya N250 di suara racing nya selain 2 slndr nya. .
    Haduh pgn pnya mtor merdu tapi rusak. .
    Duh gawat. .
    Mhon donk gmn pndpt agan tntg N250 pke nalpt racing?

  • maen di rpm tinggi memang bikin mesin panas….coz banyak gesekan part didalam mesin……klo g didesain buat racing ya lebih cepet ambrol……

  • Saking bisingnya knalpot plong, di kampungku tak tulisi KNALPOT BISING DI LARANG MASUK

  • Abu Tanisha

    beli NMP donk….

  • SMART

    Alasannya kurang jelas mas bro.

  • Big Jhoon

    Pilih mana :
    1. Suaranya kenceng, tapi motornya pelan..
    2. Suaranya pelan, tapi motornya kenceng..

  • aamanis

    punten ahh…

  • heaven2000

    ninin 250 pake knalpot racing, suaranya maknyuuuuussss banget…
    klo bebek, matik, n motor sport 1 cylinder yang pake????
    hedeeeeewwwww…..
    suaranya brisik banget, bikin telinga sakit…

  • Kang_OmprenX

    yg standar2 aja deh….

  • Knalpot standar mempunyai sekat sebagai peredam suara dan tendangan balik(turbulensi) tendangan balik juga berfungsi agar gas baru tidak overlapping pada putaran tinggi karena keterbatasan pegas mengangkat balik katup buang, jadi penggunaan knalpot racing harus diimbangi dengan supply bahan bakar berlebih untuk mengimbangi efek freeflow pada knalpot racing…akan sangat disayangkan jika ubahan ini tidak dilakukan pada mesin dengan teknologi d’asyl…karna kalau udah turun mesin siap siap paling dikit uang 900rb melayang.

  • monde

    sebelum beli kenalpot racing mending beli kamera DSLR dulu mas iwan
    *mlayuuu

  • Choi Woo Young

    ea, di fotonya vixion pake knalpot murahan nobi. berisik bner tuh knalpot polusi suara

  • Nabra29

    ada juga koq bro knalpot racing yg suaranya bulat nge-bass, jadi gak berisik di telinga …

  • d’kill

    waaah dr pd bl knlpot mnding bli berass

  • bang kahar

    Kmrn ganti knalpot freeflow buat new cbr 150fi,,, asli berisik banget. Alhasil pakai yg asli aja deh. Hehehe

  • derry

    Ikuti Kontes JFleece The Biggest Fans 2 berhadiah Ipad 2, klik disini untuk daftar http://www.j-fleece.com/fleecious/Bossderry ….sekarang juga..

  • bener juga juga c mas, tapi begitu lah jiwa lelaki.,
    wahhh ada polkis… kaburrr

    Ganti Tampilan Windows anda menjadi Android
    Cek disini Android Skin Pack 1.0 for Windows 7

  • Skipz

    Terus terang klo yg suaranya berisik & norak itu yg bikin panas telinga orang lain.

  • Gmn klo dibuat artikel ttg hub knalpot free flow dgn keawetan mesin. Jd bs ada fakta yg mendukung.

    http://www.dk8000.co.nr

  • semua yang standar kan sudah di uji oleh ahlinya. sama juga dengan manusia, ngapain rambut kok disemir..kalo emang dah beruban he…he…he…he…ga nyindir lo juragan?

  • buat harian standart memang yang terbaik…

  • Mantan Alay

    kalo knalpot ninin kayaknya kudu di bobok mas bro… kalo gak suaranya mirip mesin babat rumput hihihihi :mrgreen:

  • WARNING…………..!!!!!!!!!!
    Pemakaian knalpot racing pada motor standar lbh banyak ruginya dari pada untungnya.
    Ruginya:
    1.Boros bbm,mesin overheart
    2.Dicap 4l4y
    3.Mengganggu ketenangan warga.
    4.Selalu disumpahin yg jelek2 sama orang.
    Dan buat pak polisi tindakan yg tepat ya ditilang saja………………….

  • wahhh ini perluu disebarkan nehh kepada par bikers2…
    supaya gag seenaknya ganti knalpot hanya untuk gaya,,,

  • Mengganggu & nyebelin…,mending yang standard bawaan…

  • kalo knalpot free flow yg murahan malah bkin tarikan ngedrop,bengsin ngowoz,polusi suara so rawan tilang juga..
    enakan pake yg standar aja..soale buat harian n mondar mandir untk sesuap nasi..hehe
    pernah nyoba d boil pake knalpot racing yg kw,mlh boil gak responsif blas,bengsin jg ngowos..menang suara aja yg ngebas..hehe

  • bensincampur

    mongstor fairing wajib pke sunalvot resing..

  • P.L.U.R

    semua paling hanya teori belaka.
    Toh, nanti juga ada aja yang ganti pake knalpot racing.
    Bikin berisik aja.

  • kudalumping

    he. Kalo soal awet n ga nya tergantung attitude yg make. Tp emang bener kata mas iwan,kalo pake snalpot gitu pengene pasti maen di high rpm terus…
    En kadang yang bikin troble, dengan pake snalpot gitu, kita jadi ga denger suara mesin.. Padahal uda kecek2, ctak2, tp ga kedngeran, geber trus. Taune pas udah jebol. :p

  • Suka sama komennya tiger250 diatas : “Dicap 4l4y” wakakaka….

  • Vespa Ijo Rider

    knalpot racing = knalpot CACING… 😀 😀 😀

    lia aja tuch… bahan knalpot dari plat kaleng krupuk, suaranya cuman tereak2 bikin berisk doang dong, dah gitu gak ada tenaganya lagi…PERSIS KAYAK ORANG CANGINGAN…!!!

    nyang bilang pake knalpot racing bikin motor jadi ngebut..SALAH BESAR…. ITU CUMAN SUGESTI..!!

  • knalpot racing knalpot pelan :p

  • stromaki

    ga mo berizik…solusi : mending mati di kubur ( coz tinggal di hutan sendirian aja…msh berizik ma suara binatang / apalagi ente2 tinggal di perkotaan ga usah kaget kayak org bego). jd sebenarnya tuh yg alay ente2 smua….tinggal di kota ga mo berizik (sekolah tinggi2 nalar ga di pake). mo mesin panas keg..mo mesin jebol keq…ente2 ga usah repot ( coz ga minta ongkos ma emak ente buat betulin motor)

  • kodokijo

    Kalo Ninja 250R sangat disarankan, krn suaranya jadi merdu dan kesannya berkelas kyk/mirip moge, tapi itu utk merk tertentu aja jadi gak semuanya. Saya juga perhatiin (dengerin) suaranya emang lbh kenceng, tapi gak bikin stress dengernya, gak kyk suara knalpot racing kacangan yg dipasang di motor2 bebek, skutik atau motor bermesin 1 silinder, apalagi kalo dibandingin ama knalpot bobokan.

  • gava

    pake ninja 2 tak gak pake knalpot racing serasa ada yg kurang bro..
    lagian suara nya jg kaga bising2 amat,,,
    skr mah tergantung orang nya ja,,di peruntukan bwt harian atau balapan..
    klo masalah boros pa gak nya itu resiko nya pake knalpot racing..
    skr mah teknologi knalpot racing udah berkembang,.kaga da pake kaleng krupuk lgi… 🙂

  • efek positifnya tampilan ama performa emang jadi bikin lebih keren tunggangan, tpi efek negatifnya masyarakat yg ada disekitar yg kita lewati menjadi terganggu oleh kebisingan knalpot berisik motor kita, plus klo ada razia pasti kena tilang tuh…… 😀

  • wahyu febriono

    makanya orang bklo make knalpot freeflow maksimal motor dipake 2 tahun. abis itu jual… korbannya orang yang beli motor seken :mrgreen:

  • kaLo pae nalpot standart trus lepas saringan kyx malah lebih eren yah suaranya………….???hehehehe

  • kawas aki

    ntah knapa klo denger ninin ato bandit pake snalpot racing..kok merdu ya…. xixixi

  • GajaHNgetriL

    bang, kalo buat yamaha byson gimana bang ? kalo mo di ganti knalpot racing bagus nya yang apa bang ? costom apa bermerek ?
    Mohon sarannya

  • OEM is the best :mrgreen:

  • Agar tak dipikir boleh berbuat apa saja di jalan umum, kalau menemukan pengendara yang menggunakan knalpot bising dismabit aja rame-rame.

  • blackoto

    bising lah klo pake free flow..4L4Y juga ..piss hehe

  • och gitu ya! ga jd dech gnti knalpot!!!

  • bryan bp

    ooh gitu yah..
    gx jadi deh ganti knalpot racing..
    mending beli lampu HID ! hehehe

  • kalau srng mmbetot gas atau srng d embat rsak ga mesin nya om?
    makasih.

  • akhhhh bikin bingung aja….
    pdahal udah niat pngn bli knlpot nobi untuk mio ku….

    bgsnya gmn nih gan????

  • BUDI

    Suka2 ane pake knalpot racing…mau dibilang egois pun gak ngefek…toh dengan setting sana sini aman2 aja tuh 🙂

  • baru mau ganti klo tw gtu ga jdi deh

  • ardhix

    @74 wong pak pol aja ada yg make knalpot recing.. :p boleh2 aja pake knalpot aftermarket, asal suaranya harus disamakan / setara dengan batas kebisingan yang udah diatur oleh pemerintah kita, tinggal penerapan sama pengarahan aja, riset bagus, suara bagus, harga juga pastinya BAGUS. semua tergantung attitude pemotor jg…
    berharap ada wadah / arena khusus buat yg suka ngebut2 dprd harus balapan liar bikin org celaka 🙂

  • Rinaldi

    Berisik sih bro, tapi buat yang suka buru-buru dijalanan macet, knalpot freeflow sangat membantu karena yang laen pasti pada minggir,,,cemas pembalap lewat wkwkwkwkwk
    #sudah terbukti

  • v-tech

    Namanya juga knalpot resing masbro, resing = rese dan bising
    Ya walaupun motor ane pake resing juga hahaha

  • edan…..klw g’ ada pengaruh terhadap mesin apabila menggunakan knalpot racing, mengapa pabrik yamaha, honda dll tidak mengeluarkan nya dari awal.
    coba anda renungkan.

  • Panji

    @peyi: krna mereka gak mau ngerusak lingkungan, kalo agan bilang dll, coba liat minerva megelli 250,
    coba anda renungkan.

  • ridhablackredsevenfoldx

    ridha_ritox BRTC
    mantap.. klihatan jahat.

  • mau pake knalpot resing atau knalpot standart.kalau pake motornya kasar juga bakalan cepat rusak,motor cepat rusak tergantung pemakaian bro,motor vario saya sudah 2 tahun pake knalpot resing aman” aja gak ada yang rusak.tinggal ngumpulin uang untuk ganti knalpot cbr saya bro

  • Indra_locit

    .RACING aja bro, kalaw yang racing asik di liat.a
    .tapi kalaw yang standard uda bosan, dan suara.a jg nga kedengeran,kyak naik sepeda anak2
    hehehe:-)

  • Hamba

    Coba Renungkan! kita smua akan mati mazbro, ngapain pusing mikirin snalpot std ato racing! emangnye snalpot std ato racing bisa nyelametin ente2 d kubur, padang mahsyar, sirat, mizan, msh bnyk alam2 yg manusia pasti akan lalui. Kbahagiaan, ksuksesan, kjayaan&kmuliaan manusia hny ada dlm amal agama yg sempurna&ikut cara Nabi Saw. Blajar taat pd Alloh&ikut cara Nabi Saw. Insya Alloh semua bersedia agan2.

  • Freakkkk

    Ee

  • @99
    Naik onta aja lo, gk pake knalpot

  • wkwk Klo Gak Mau di Tilang Karena Ganti Knalpot Racing(biar suara Cetar wkwk) agan Beli davidson harley aja

  • emon

    yg pake knalpot racing karena punya uang makanya kebeli..
    yg pake knalpot standart karena gk punya uang makanya gk kebeli..ujung2nya knalpot standart di bobok..ekekek 😀

  • unsozered

    lokiganya motor bagus ya harus bunyi

  • aaahhh penjelasannya parah… knalpot racing kaga ada pengaruh kemesin.. semuanya tergantung perawatan dan sarvice… kalo mesin dirawat lebih baik. motor ane dah 5 tahun pake racing tapi masih bagus n enak dipake.. suara mesin masih halus ga kasar. sering ane tes n riset bro

  • harry

    numpang lewat mas bro
    perasaan pake knlpot racing ga masalah ko
    tpi kenapa pak polisi malah menilang org yg memakainya , padahal pasal2 nya dilarang memakai kenalpot racing jga ga ada yg ada malahan yg ga pake knlpot….

  • AG

    Kalo pake knalpot racing abal2 ya gitu, cm dapet berisiknya doang + ngerusak mesin… lha wong harga knalpotnya seharga motor bebek, bikinnya juga pake riset dan bahan terbaik, mendongkrak penampilan dan performa….

  • AG

    Kalo pake knalpot racing abal2 ya gitu, cm dapet berisiknya doang + ngerusak mesin…

    coba pake knalpot racing yang bagus, pasti beda, lha wong harga knalpotnya aja seharga motor bebek

    Produsennya bikinnya juga pake riset dan bahan terbaik, mendongkrak penampilan dan performa….

    Ada harga ada kualitas lah… jgn menyamakan semua knalpot racing…abal2… apalagi yang obokan…

    • yups, AG 100000000% betul banget, jadi perlu di garis besar, yang NORAK ITU KNALPOT BOBOKAN, kita beli knalpot racing harganya mahalllll. sebenernya yang harus ditilang knalpot murahan yang bobokan itu. kalo knalpot racing bermerek seperti R9, DBS, KAWAHARA jangan ditilang. kalo mau nilang tilang aja pabriknya berani engga tuh polisinya !!!!!!!, jangan yang ditilang yang beli. anjing gileee tuh polisinya nilang karna ngga mampu beli, jadi dia mau make knalpot hasil rampasan itu. gua sering banget liat tuh polisi pake knalpot racing ngga ngaca dia. ngga punya muka kali yeee.

  • gv

    menurut sya mah gak ngefek antara racing sma standar, tergantung pemakaian motor, kalo di bilang pakek racing cepet panas ea, tp knalpot racing jg cepet dingin, beda sma knalpot stndar yg lama bgt dinginya.. lgian knalpot racing jg menunjang penampilan motor jd lebih ok(semacam dbs, r9, kawahara dll).
    jd tergantung mau pakek yg mna itu hak masing”..

  • rontoknya mesin juga entaar 5 tahunan kalo motor udah ketinggalan jaman. ya udah ganti motoor laah. pake knalpot racing emang egoiss!! tapi lebih egois lagi orang yang pergi sendirian aja pake mobil. bikin jalan macetttt. mobil juga pemborosan BBM. Bahan bakar minyak di bumi udah menipis. jadi yaaa egois egoisan ajaaa. gua juga pemakai setia knalpot racing. ada tilangan gua tabrak aja FAAAAK POLICE

  • tukang semprit minta makan huakhuakhuakhuak….

  • anggatongo

    Wah petinggi yamaha gimana ceritanya Dulu pake knalpot racing bikin motor rusak tapi sekarang malah ngeluarin knalpot racing resmi yamaha, hasil kerjasama sma produsen knalpot brnama SAKURA..
    Buat vixion harganye hampir 2jt..
    Jdi gmana ngerusak ga nih wkwkwkw

  • gendowor

    mantep go knalpot resing.. bleyer” do mingir kkkkk

  • R A

    Mas iwan kalo pengguna trail gimna ? Kdang 2 medan , kadang harian kdang adventure , pke predam buat di jlnnya boleh ?