iklan iwb

Banyak pertanyaan timbul atas kualitas yang diberikan oleh calon supermoto baru…Duke 200 yang disinyalir bakal dilepas pada angka 1.25 lakhs (24jutaan). Maklum mzbro…banderol tergolong jauh lebih murah dibanding siadik…Duke 125 yang saat ini sudah dipasarkan diEropa. Tapi betulkah Duke 200 adalah versi downgrade dari Duke 125??….

?From the beginning it was clear that the 200 Duke would be made for the Indian and other developing markets, where the 125 is not so interesting, because there isn?t the low-power legislation that we have in Europe. So we developed both models in tandem with each other using a common platform, so that the chassis and almost all the running gear are shared by both bikes, and the engine is essentially the same, except for the cylinder head, valves, piston and crankshaft assembly, and throttle body. But, without the restrictions imposed by the EU regulations, this has allowed us to produce a bike with 73% more engine performance, but weighing exactly the same as the 125. I think this makes it 100% more fun!?

-Andreas Wimmer/KTM (Motorbeam)-

” Dari awal sudah jelas bahwa Duke 200 dibuat untuk India serta pasar berkembang lain, dimana cc 125 tidak begitu menarik sebab mereka tidak ada peraturan tentang low-power seperti diEropa. Jadi kita mengembangkan kedua model sebagai tandem dalam hal suku cadang. Makanya dari sasis, serta hampir seluruh gear yang bergerak didalamnya saling berbagi, dan mesin juga identik tidak ada beda kecuali assembling silinder head, klep, piston serta crankshaft plus throttle body. Tapi, tanpa adanya aturan EU, membuat kita bisa memproduksi motor dengan performa mesin 73% lebih bagus, namun dengan berat yang nyaris sama dengan versi 125cc. Aku rasa hal ini akan membuatnya 100% menyenangkan untuk dikendarai…” Ujar Andreas Wimmer

Dari mencermati apa yang diungkapkan Wilmer, jelas tidak ada istilah downgrade untuk Duke 200. Perbedaannya hanya lokasi asembling dimana beberapa part Duke 125 (seperti tersebut diatas) masih diracik diEropa makanya cost lebih mahal. Sedang Duke 200….pusat produksi disinyalir bakal dilakukan diIndia secara total. Yup…dengan power [email protected] torque 19.5NM diputaran mesin 10.000 berat kosong 125KG, dipastikan KTM Duke 200 akan menjadi lawan berat bagi para kuda besi premium lain? seperti Honda CBR250r atau Kawasaki Ninja 250r sekalipun. Tinggal bagaimana Bajaj-KTM mengemas dengan baik plus perbaikan 3S untuk pasar tanah air. Gimana BAI?? are you ready??….(iwb)

iklan iwb

45 COMMENTS

  1. tapi koq limiter 10.000 rpm, trus top speed 127 km??
    CBR livery terbaru nih
    pertamax7.wordpress.com/2011/11/28/new-honda-cbr-250-livery-dealer-limited-edition/

  2. RON 95? Pantesan gede powernya, bakal susah keluar kota klo gitu mah.
    Ntar kayak Cbr150 yg disono 19ps (RON92) eh nyampe sini cuma 16ps gara2 dicekokin premium.

  3. cakep and garang …
    :mupeng beraaat,
    dah gak sabar nunggu kabar peluncuran + pricing strategy nya.

  4. Tetep aja harganya harus downgrade 😀
    Kalau di Indonesia di bawah 30jt Aku antri inden dah 😀

    wendakalubis.wordpress.com/2011/11/30/pandangan-orang-jepang-terhadap-motor-honda-yamaha-kawasaki-dan-suzuki/

  5. @jakatimur : dari segi kubikasi memang Duke 200 mengalami upgrade soal torsi tdk jauh beda dengan Duke 125..
    Tapi di downgrade dari segi kualitas karena diproduksi versi india, seperti rem dari Brembo menjadi Bybre seperti pulsar, kemudian ban jg jd merk MRF dll2.. Agar harga lebih kompetitif untuk biker di India sono termasuk di Indonesia nantinya..

  6. Laps 11#
    Pasar motor turun 10% di bulan November. Honda masih unggul telak dari yamaha . otomotif.kompas.com/read/2011/12/05/07270010/November.Penjualan.Sepeda.Motor.Turun.10.Persen

  7. waah.. emang gak sia2 pada menanti ktm duke.. spek gahar dg harga minimalis.. desain yg ‘eropa’ sngt indah nantinya ditengah desain jepang.. spek bbmnya tinggi bgt, berani minang duke berani pula ngerawatnya..

  8. Yang pasti kalo harganya masuk akal t gak overprice ) harus di barengin j ketersediaan sparepart .

  9. hehe,,, apa sih downgrade itu benernya?
    Kalo sekedar nglokalin parts, menurut ane bukan bearti downgrade,,,,karena gimanapun QC nya pasti tetep sama,,kalo ada parts lokal yang bisa menuhin standar kualitas pabrikan dgn price yang lebih murah, ya pabrikan jelas lebih milih pake parts lokallah,,daripada mesti datengin dari luar negeri, nambah cost perijinan dan macem2 apa salahnya manfaatin sumberdaya yang udah ada,,,

  10. Mungkin dengan adanya “Digital Ignition Time adjusment”, pemakaian premium bisa di tolerir kali yach..:D, jadi secara otomatis, timing pengapiannya di mundurin gitu kali ya..

    mantab lah

    asli naksir berattt…klo harga 25jtan lah,,

  11. Masih ada aja yag ngomongin “kok top speed cuma segini dan bla bla bla..”
    Dari bentuknya aja ni motor emang bukan buat kebut2an. Kalo mau motor kenceng ya beli ninja 150rr. Dijamin wusss,wusss,wusss..
    Di kita kayaknya belum banyak yang bahas sisi “fun” dari sebuah motor. Mas IWB, ayo dong mulai nulis soal sisi “fun” dari naikin suatu motor. Buat acuan, nonton aja top gear, disana trio clarkson-may-hammond banyak ngambil kesimpulan suatu mobil ok ato ga tu dari sisi fun dan gimana mobil itu memenuhi peruntukannya.
    Misalnya, percuma aja power gede kalo ga body ga ngedukung, dsb.

  12. Masih ada aja yag ngomongin “kok top speed cuma segini dan bla bla bla..”
    Dari bentuknya aja ni motor emang bukan buat kebut2an. Kalo mau motor kenceng ya beli ninja 150rr. Dijamin wusss,wusss,wusss..
    Di kita kayaknya belum banyak yang bahas sisi “fun” dari sebuah motor. Mas IWB, ayo dong mulai nulis soal sisi “fun” dari naikin suatu motor. Buat acuan, nonton aja top gear, disana trio clarkson-may-hammond banyak ngambil kesimpulan suatu mobil ok ato ga tu dari sisi fun dan gimana mobil itu memenuhi peruntukannya..

  13. Ayo bajaj tunjuka taringmu,buktikan km mampu bersaing dg yang lain.kelurkan design&teknologi yg inovatif.buat para konsumen bangga menunggang pacuanmu

Comments are closed.