Tentang isu lemahnya komstir Vixion…YMKI tidak tutup mata!!

139
499

Mumpung ketemu dedengkot Yamaha…..IWB menyampaikan masukan mzbro semua tentang lemahnya durability komstir siinjeksi dibanding produk kompetitor. Berbincang santai dengan Bapak Mangiring Siahaan (General Manager Teknik dan Motor Sport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia) akhirnya IWB lontarkan unek-unek mayoritas pengguna Vixion…..

”ย  Setiap produk selalu kami awasi dengan ketat tidak terkecuali kalau ada part yang kurang memenuhi syarat kualitas. Nah…untuk komstir Vixion yang gampang oblak dan kurang awet, masukan dan informasi akan kami tampung untuk diteruskan kepusat supaya dilakukan penyelidikan. Kami juga akan koordinasi dengan vendor tentang hal ini..” seru pak Mangiring. Sebuah ungkapan yang cukup melegakan….

Produk untuk mencapai sempurna butuh tahapan. Dan dari konsumenlah….input berguna didapatkan. YMKI akan berusaha memberikan yang terbaik demi kepuasan konsumen. Artinya setiap ada keluhan….Yamaha tidak akan pernah tutup mata, mungkin itu yang bisa IWB tangkap atas apa yang diungkapkan GM teknik dan motorsport YMKI….

Nah bro…keluhan para penunggang Vixy sudah IWB sampaikan. Semoga…kedepan kualitas komstir siinjeksi betul-betul diperbaiki. Sejauh ini Yamaha cukup mampu menjaga kualitasnya sebagai pabrikan yang peduli kepada keluhan konsumen. Kita berharap prestasi tersebut terus bisa dipertahankan. Kalau tidak…siap-siap aja ditinggalkan konsumen. Who’s the best…become a winner!! ya nggak bro. . Monggo dikomentari….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

139 COMMENTS

  1. komstir oblak, fuel pump bocor, monoshock ambles, segitiga patah, velg oleng, dsb masalah produk2 yamaha tapi kok berani bilang berkualitas….
    ckckckkkk…

  2. @juraganneon – November 28, 2011

    apik.. keluhan versi 2007.. semoga generasi terakhir sudah disempurnakan

    ============

    kata siapa cuman yang 2007? moga ditindak lanjuti ga cuman didengar ga ada tindakan

    recall mungkin? secara terang-terangan tentunya

  3. yg aneh kualitas komstir abal2 spt itu harganya nggilani lho kang… diatas 400 ribu….!!!
    padahal harga komstir ori Tiger aja cuma 90 ribuan dgn kualitas jauh diatas komstir vixion.

    kelihatan ngeruk untungnya….

  4. g cuma vixi mas bro, abs revo dx punyaku malah dah ‘lemah’ dari pertama beli. Karna adek perempuanku yg pake jadi g tau. Kemarin waktu ku pake buat belok berat banget, pengenya lurus terus.. Waktuku bawa ke bengkel katanya udah cacat, padahal motor g pernah jatuh, kilometernya saja baru 8000an padahal dah 2 tahun bulan 10 lalu.

  5. Tapi knp ymki nggk berani RECALL ya sebanyak itu keluhannya… Kl beginikan konsumen yg dirugikan… Harus merogoh kocek lagi yg seharusnya msh menjadi garansi pabrik….?

  6. dulu wartawan pernah nanya tentang jualan ymki yg makin merosot dan di jawab sama si GMnya si eko kalo ymki lebih mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen ….bwakakakak…hoaccchh cuiiih .. :mrgreen:

  7. @ briptu

    mas iwan kan bilang “isu” karena hanya beberapa pengguna yang mengalami, ini bisa diakibatkan karena perbedaan cara penggunaan dan kondisi jalan

    recall itu kalau terjadi defect masal

    sampeyan punya data berapa jumlah motor yang oblak? no DATA = HOAX

  8. dah pernah ngalamin oblak…….btul juga kata juraganneon, belum jelas komposisi motor yang pernah oblak dan belum. Kalopun ada yang bisa nyari datanya monggo di sharing, biar nambah wawasan.

  9. survey itu punya metodologi tersendiri, bukan hanya komen2 gak jelas yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya ๐Ÿ˜€

    saya percaya R n D YMKI sudah melakukan respon pada “isu” keluhan ini, kalaupun benar semoga generasi vixy terbaru sudah mengalami penyempurnaan sehingga semakin sempurna ๐Ÿ˜€

  10. please deh…! konsumen dijadikan uji coba!!! hrsnya sblm launching, produk tsb bnr2 siap d lepas k pasar. kecuali pabrikan yg baru pertama kali bikin motor bisa agak dimaklumi. recall haram hukumnya kali ya bwt mrk??? risetnya patut dipertanyakan krn part tsb standar bgt. ga kaya rosi yg nyeting bolak balik nyari performa terbaik mulai dr sasis dll

  11. “Setiap produk selalu kami awasi
    dengan ketat tidak terkecuali kalau
    ada part yang kurang memenuhi
    syarat kualitas”.
    _______________________________________
    msh lolos jg om??? ngawasinnya pake cara apa tu??? ane bkn fb fban, ane benci aja ma ketidakadilan dan kebohongan publik.

  12. YMKI gak ada bedanya dg DPR.
    Semua keluhan, cacat produksi dan komplain cuma ditampung, diteliti, diusulkan trs dibahas dan dirumuskan tanpa ada tindakan sama sekali…..

  13. mx ane dulu direcall ganti shock ma baut nut radiator, padahal ga bocor tu air radiator,& shocknya ga ambles,tp krna ada ksalahan vendor maka semua yg gak bermasalahpun diganti… padahal isunya gak serame isu oblaknya si viksi ky skr…. ayo ada apa???

  14. katrok bgt, kasus komstri oblak khn da lm bgt n da tersebar luas di jagat maya.. mosok dr dulu br skrg ditanggepin n tanggapannya skrg cm ditampung n diteruskan untuk penyelidikan lbh lanjut…moron bin katrok harusnya skrg kasus komstrir oblak itu sdh tertangani lha vixion khn da lama ngaspal…

  15. monoshock ambles masih lolos gmn tuh?
    sampai sekarang masih aja ambles…

    jd inget kata2 …. KAMI MEMENTINGKAN KUALITAS BUKAN KUANTITAS.
    wkwkwkkkkkk….

  16. @ tukang underestimate – November 28, 2011

    ..FBH girang bukan kepalang dgn artikel beginianโ€ฆโ€ฆ

    =============

    yang udah beli vicxen sama dah ganti komstir sendiri harusnya ikut senang, siapa tau duitnya dibalikin wkwkwkwkwkw (ngimpiiii) ๐Ÿ˜†

  17. kemarin ngebahas kelebihannya……sekarang kelemahannya…. ngikut ketawa sama yg punya waruung…….. diangkat prodaknya lalu dijatuhkan lagiiii….xixixixixi….lanjuuuut

  18. @jaelan, sentimen mulu ente. Tau ga ente pabrikan anteng aja kl g ada yg nepuk.
    Minggu kemarin vixion temen ane yg sdh 1,5th, kena juga tuh. Partnya 405rb, ongkos bongkar pasangnya 30rb, total 435rb, mewek dah…

  19. seru baca komennya.. :mrgreen:

    yang jadi pertanyaan ane, kok shock amblas ikut dibawa2, kan itu bukan cacad produk n emang setelan dari sononya kaya gt…

    klo dibandingin ya sama lah kayak tiger, dari awal muncul mpe sekarang kok rante suka bernyanyi… -> klo yang ini ga tau :p
    or mungkin yang lebih tepat rangka coak kok dipake -> ya emang dari sononya disetel gt kan alias bukan cacad produk

    nunggu komen2 panas lagi… :mrgreen:

  20. yamaha lagi yamaha lagi yg cacat produksi…
    ya moga aja kedepan kualitas produk yamaha bisa setara Honda.
    gak lagi kita temukan produk yg ambles, lampu belakang geal-geol, komstir oblak, segitiga patah, velg peyang, fuel pump bocor, dsb.

    meskipun ada ya secara jantan merecall spt Honda dulu yg berani merecall produknya, biar konsumen puas.

  21. @17. Pino Kio – November 28, 2011
    yg aneh kualitas komstir abal2 spt itu harganya nggilani lho kangโ€ฆ diatas 400 ribuโ€ฆ.!!!
    padahal harga komstir ori Tiger aja cuma 90 ribuan dgn kualitas jauh diatas komstir vixion.

    kelihatan ngeruk untungnyaโ€ฆ.

    ——————————————————————————–

    gitu ya bro?
    aneh ya mahal tapi murahan…..

  22. monoshock ambles butuh berapa tahun buat nindak lanjuti mas om?

    nek aku kok ra percoyo karo Yamaha.. nggedebus thok!!

    dulu ane anti Honda, tp kok sekarang AHM jadi ATPM yg paling dengerin konsumen ya. ya..kudu jujur sih.

    YMKI njelehi poLLLLL

  23. ne bukan masalah recall, cacat produksi ato dll tp cuma masalah yg simple aj.
    lihat aj dgn masalah yg disebutkan di atas (lemahnya komstir) to si injeksi masih laris manis g da lawan y ngapain perlu adanya penyempurnaan, lain lg klo masalah penjualan injeksi terjun bebas gara2 masalah komstir pasti YMKI bertindak.

  24. saya pengguna vixion tahun 2009,kondisi jalan lumayan parah karena saya di purwodadi semarang,alhamdulillah komstir vixi sampai sekarang gk ada msalah…..

  25. alangkah baiknya jika diberitahukan tindakan yang akan diambil setelah diketahui permasalahan yang ada.

    1. oblak itu bisa jadi karena pemakaian si biker yang tiap hari ngebut di jalan yang enggak rata. akhirnya kena ke komstir.
    2. bisa juga karena hanya perasaan saja.

    kalau perlu dites. dari 100 vixion ada berapa yang oblak. tapi tentunya bos ymki lebih tahu apa yang harus diriset bukan?

  26. alhamdulilah sejak ane make vixi 2,5 thn komstir msh sehat, sejak berita jeleknya komstir 1,5 thn silam dr seorang blogger ane lebih berhati2 dlm berkendara.. smoga beberapa kelemahan vixion bisa diobati dg diluncurkan YZF R15..

  27. @ homeidea, oblak jelas dipengaruhi kualitas sparepartnya. Gak wajar motor yang baru jalan di bawah 50000 km komstirnya dah oblak, pasti ada yang salah dengan kualitas part nya. Motor saya yang shogun rr 2008 udah jalan lebih 51000 km masih tokcer aja tuh komstirnya, masih bisa stabil tuh stang waktu ane lepas dua tangan di kecepatan 50 kpj.

  28. kl gitu, gantilah dengan vendor honda..pusing2 amat. tp keluhan MX dan Scorpio monosok cpt ambless…dr dl ga ada perubahan…yg salut itu memang penggunany dua motor itu tetep setia dengan ke amblesannya…maklum dl pny MX 2 thn dah di jokul…abis kl boncengan selalu temenan sama polisi tidur…srottt…objektive bos..

  29. aku pemakai vixi..soal komstir oblak iya..tapi karena sering lewat jalan jelek dan berlubang..udah resiko..lagian dulu khn udah ada artikel ngebahas kenapa komstir vixion cenderung lemah.dibaca lah jangan bc doankkk bisanya..udah ga punya vixion bisanya ngejelek jelekin lagi,puihhhhhhh..soal shock ambles kayaknya di vixion g ada dehh..g tw y saudara2nya..bahasannya ini khn ttg vixion.. :)..fuel pump bocor??punyaku dari 2009 sampai sekarang g ada yang bocor…pikiran lo x yang bocor sampe bc separah itu.. ๐Ÿ˜›

  30. tangki bocor koq dibawa bawa… mehehehe… adek q pake vixi tangkinya gpp tuh… malah megi q dolo yg bocor kemana 2. .. wis naek supra aja aman.. โ€‹โœฝฯ‰าฝาาฝาาฝาาโœฝ ๎’ใƒŽา‰๎„ฬฒ

  31. Bro semua,..td siang gw brkt dr palangkaraya ke sampit kira2 jarak 250km..jalan 90% mulus variatif ada trek lurus tikungan dan naik turun bukit..kira2 50km menjelang sampit disalip vixion body dh lumayan kena modif body knalpot racing..ane coba kuntit (gw bawa jazz rs) aksel mantap bt tarik2an 80-100 kliatan enteng..pernah dpt 120(spido jazz)..gw untit aja pengen tau handling n performa nya..gw liat bikernya nyaman bgt bw kenceng, libas tikungan, tanjakan, sempat main kejar2an ma strada bw muatan jg#kalah ya bro ๐Ÿ˜€ #..kira2 30km an nguntit dh cukup lah bis tu gw libas..pendapat gw u/ motor sport 4tak cc kecil vixion dpt nilai rata2 8 diliat dr harga,fitur,model n performa..IMHO
    #gw ninja rider bro bkn FBY walo ada MX jg#

  32. Komen pertama gw bt lu yg blm beli vixion n ragu ma vixion..komen gw yg kedua bt lu yg pengen beli vixion
    #br gak ribut2 mulu ..hehehehe#

  33. yoi mas berow semuanya…komstir baru setahun kok udah rontok..apa bukan orderdil kaleng tuh namanya,yang katanya berkualitas…berani taruhan, ga bakalan YMKI nanggepin kek gini, tajut ancur imagenya ๐Ÿ˜† ,
    ganti habis hampir 500 rebu, mending buat beli HP wkwkwkwk

  34. vixion ane ga oblak tuh,, dari bulan 6/2010 jarak tempuh 14rb,, ga ada oblak2nya sama sekali,, makenya bregajulan kali kang ?
    polisi tidur sama jalan rusak d hajar aja kali yak?

    sumpeh pnya ane g ada masalah,, hohohohoho

  35. barusan coba tanya teman yg pake dari thn 2008 awal,, sampe sekarang ga pernah ada masalah sama komstir , apalagi fuelpump bocor,,

    jadi gimana nih ?
    cuma “berita” doang buat naekin rating blog?
    ato cuma guyonan buat nyenengin hati FBH??

    hohohohoho
    ga punya aja banyak omong,, BC woy BC

  36. yang komen DIATAS GW INI FBY YANG SAKIT HATI KAYA GW, HAHAHA..
    BANYAK WOY YANG SAKIT HATI !! TERMASUK GW PUNYA VIXION KOMSTIR DAH OBLAK 2X.. !! MESIN JUGA PERNAH MATI TIBA2 PAS DIJALAN.

    kalo emang vixion yang lo sebut itu bagus mungkin itu barang yang jarang2 ada.

    BUKTINYA TUH orang YMKI aja NGAKUIN KELEMAHAN ITU.
    nyadar Duul.

  37. Sekarang fby penyemplak vixion baru nyadar bahwa selama ini yg diomongin orang itu benar kalo komstir vixion gampang oblak ini fakta bukannya BC lho soalnya gw dulu jg pernah pakai vixion tapi gw jual lagi,abis kalo gak dimodif lagi motor keliatan cungkring banget,makanya gw lego dan gw ganti tiger…………………………….

  38. ane juga dulu nyemplak Vixion 2007, ane jual salah gara2 fuel pump bocor dan komstir oblak.
    sekarang ane nyaman pake Black PIBO

  39. Dari awal Vixi keluar sampe skrg? Lama bener penyelidikannya, klo pabrikan lain ada keluhan gini lgsg di recall semua dan semua diganti gratis, eh sebelah malah ganti sendiri abis 500rebu ๐Ÿ˜€

  40. Gileee. nih Boss jawabanya kayak anggota D*R

    kemana aja Pak Baru diterusin ke pusat …
    Belum pernah bawa vixion yang oblak…ya
    tetangga pernah gagal belok mau nabrak anak kecil
    belum setiap 2 bulan harus stell ulang

    PAK MANGIRING TOLONG DISELESAIKAN…
    JANGAN CUMA DITERUSKAN KE PUSAT
    JADI ESMOSI

  41. Vixion 2007 ==> issu fuel pump ngadat kalau abis parkir di tempat panas ==> yamaha ganti gratis kan, berapa minggu gitu, datangnya aja ke beres ganti gratis..

    2008 keatas ==> komstir oblak…ini blom ada improvement dari yamaha jadi tetep pakai aja, klo ada mungkin ada pergantian gratis lagi kyk fuel pump..

    alhmudlillah dari 2007, blom kena komstir oblak, cuman ganti pelornya aja, itu juga punya mechanic, dari bongkaran komstir yg lain yg pelornya masih bagus..cuman bayar 20rb donk..hehe

    klo ane bilang sich, komstir oblak, pertama emang bahannya kurang kuat, kemudian jalan berlobang dan banyak polisi tidur, cara bawa, garadak2 di jalan jelek, mempercepat komstrirnya rusak, tekanan angin ban juga pengaruh..

    Piss

  42. hmmm.

    imho, jawaban Mr.Siahaan (Yamaha) terlalu ngambang dan diplomatis….tidak memuaskan sama sekali dan sama sekali tidak membuat lega pemakai ataupun calon pembeli vixion….

    sayang banget, pabrikan Jepang yang seharusnya sudah menguasai metode produksi dan metode problem solving yang advance, cuma bisa ngeluarin jawaban seperti di atas….

  43. Hadeeeeeh…kok panas ya disini. Kita tunggu saja tindak lanjut dari YMKI ttg keluhan tersebut. Kan memang harus dilakukan penyelidikan terlebih dahulu.

  44. ane pernah tanya sama temen kuliah ane dulu tentang vixion nya, “vixi lo komstir nya udah oblak blom?” dijawab: ” lah kok lo tau kalo komstir motor gw udah pernah oblak? ” ane cuma nyengir aja.. :mrgreen:

  45. UNTUK VIXION 2010, SEMUA ISU YG DI BEBERKAN DI ATAS MENURUT ORANG YMKI SUDAH DIERBAIKI,,JADI AMAN2 SAJA UNTUK VIXION 2010 KEATAS.,

  46. komstir ada garansinya ga?….. vixion 2010 temen saya kena neh… mau beli partnya belom punya duit heheheee… lg ngarep garansi

  47. Eh baru sadar ada yg blg gw org yg skit hati gra2 komstir bla bla bla

    Kagak bro.. Aslinya.. Emang begitu adanya.. Ga ada masalah..
    Mungkin dari cara bawanya aja gradak gruduk trabas sana trabas sini.. Tanya2 sma tmen2 yg pake vixi jga gitu.. G ad msalah sma komstir.. Percaya gaknya monggo lah.. Hehe

    Jgn2 yg koar2 in cuma ngandelin “katanya” lagi ?
    Hohohoho

    Kuliah dlu yeee

  48. vixionku baru 6 bulan uda kendor……….!!!!!!!!!!!!gimana nih ymki.katanya gak tutup mata kok masih ada aja kejadian begini……gak tutup mata tapi tutup telinga ya pak…??????????

  49. rung enek setaun (tuku maret 2011) pixen keren q komstir e wes uublak……
    d kencengi yo ttep wae ra penak…….
    *jebul penak supra x q mbiyen….. huuuuuuffftt -_-‘

  50. customer kobol-kobol duluan baru ditanggapin….saya pernah punya yamaha L2S…sejak tahun 1974an sampe 1997 belum pernah ganti komstir…padahal jam terbangnya jauh lebih lama….

  51. klo bs tiap ada masalah dibengkel ttg tunggangan kasih solusi…jangan cma bilang harus diganti (sparepart’nya)…klo cm blg asal ganti aja c anak 3th jga bs bilang gitu ga usah jago ttg mesin…

  52. Saya baru pake 6 bulan komstir dah oblak, kalo kata teknisi Yamaha katanya berkarat karena sering di cuci steam. Awalnya cuma dikencengin aj sama teknisinya, trus sebulan kemudian dikencengin lagi. Karena bosen kencengin melulu akhirnya beli deh komstir baru, lumayan 400K-an keluar dari kocek. Baru sebulan ganti udah oblak lagi, akhirnya saya komplain dan dikencengin, alhamdulillah sekarang udah 2 bulan semenjak dikencengin gak ada bunyi2 yg aneh dah oblak lagi. Semoga aj awet!!!

  53. Sy punya Viksi th 2010 tangan kedua, dan emang komstir udah oplak lalu sy bawa ke Beres dikencengin tp jd seret dan gak enak banget buat belok, tak balikin dan dikendori dikit agak mendingan, tp klo buat ngerem mendadak masih bunyi klotok2 dan disarankan beli yg harganya 380 rb belum ongkos pasang. Ternyata tak prontoli dan tak rakit ulang dirumah berhasil, lalu sengaja tak pake di medan berat dan hasilnya tetep bagus tuh. Kalo sy analisa ternyata kebanyakan teknisi Beres itu hanya kejar setoran, klo dikasih kerjaan yg agak rumit mereka malas. Ini terbukti waktu sy minta stel klep viksi sy, mereka bilang blm waktunya distel padahal km sdah menunjuk angka 22.000 km, apa gak bisa baca kali bahwa setiap 9.000 km perlu dicek kerenggangan klep. Mereka kayak dukun aja pura2 dengerin suara mesin dan bilang blm waktunya distel. Sebenernya sy sdh malas ngebengkel sendiri, namun krn jengkel sama teknisi Beres maka sy bengkelin sendiri dirumah, emang agak rumit sih tp ternyata kerenggangan klep sdh berubah. Klo Bro2 pengin buktiin yg namaya teknisi cuman kejar setoran, dicoba aja minta stel klep tuh viksi, pasti dibilang blm waktunya stel klep.

  54. nama saya oentoro tinggal di priok saya mau menayakan kenapa komsetir jupier z yg 2012 kenpa sering banget goblak padahal da sering di perbaiki di yamaha tp selalu peyakit ny di komstir…tolong donk di kasi saran biar komsetir motor sya tidak goblak trus….

  55. Rata-rata Vixion mengalami Komstir oblag. Punyaku Vixion 2009 juga mengalaminya. Klo Produk gagal mesti diganti baru, gratis!!! Mending harganya murah…. Gimana, setuju??

  56. Kalo yamaha vixion 2008 setir nya gujlag gajuk /oblak pas lewatin polisi tidur tu g sah pusing ni maas boro tau solusinya kmu pergi cari ketoko sepedah ontel beli gotri atau biji bering ukura 0,3mm dan 0,4mm atau sebesar pluru pislol anak anak caranya semua biji bering setang di lepas da ganti dengan biji bering baru jangan lupa tuk nempelin pake plumas rotari isi atas sape penuh ukuran 0,3mm bawah sampe penuh bawah penuh ukuranya o,4mm.dan pemisah gotri g usah di pasang lgi tuu g prlu .wong motor keren kok pake gotri sepedah wah koclak .dadi keceng.

  57. gw bru staun dh ganti 2X, gimana nih , temen2 ane juga pda gampang kena, vixion mengecewakan

  58. ane pake motor NVL beli bulan maret 2013.tapi baru 8 bulan komstir udah oblak dan handling bikin jantung dag dig dug klo mau belok. di tambah aki udah soak… padahal motor baru!!!

  59. Saya penggemar yamaha. Dari cdi 80. Alfa 2. Vega. Scorpio. Nouvo ,2005 saya pernah punya. Dan yang masih saya pakai skarang yg nouvo. Saya sangat puas dan nyaman dg motor itu. Belakangan ini saya beli yamaha vixion . Tapi jarang saya pakai karena saya merasa kurang nyaman. Stang miring .jadi tangan selalu pegal bikin tidak konsen dalam perjalanan. Mohon solusinya. Ini nomor hp saya 08164279929

  60. Thanks for finally talking about >Iwanbanaran.com | All About
    Motorcycles Tentang isu lemahnya komstir VixionYMKI
    tidak tutup mata!! <Liked it!

  61. kenapa motor vixion saya sudah ganti untuk ke dua kalinya dan terakhir saya ganti tapi masih oblak saja kalo di kencengin malah susah buat belok padahal komstir baru mohon bantuannya terima kasih

  62. setiap produk yang akan dipasarkan tentunya sudah melewati pengawasan, agar kualitas tetap terjaga, makanya tidak semua motor ym tidak terkena kasus komstir ini. tetapi kayaknya kasus komstir bermasalah pada merek ym ini kayaknya lebih sering terjadi dibanding merk lain ya?, ini patut jadi perhatian.
    setiap produk manusia pasti juga ada kelemahannya, di rumah ane ada jupe z merah, lama lama ada masalah dengan setangnya, mungkin juga kena komstirnya,
    tapi masih mending ymki katanya mau menampung masukan konsumen (entah dipake atau enggak terserah mereka ya),
    yang lebih gila itu pihak merk suzi yang kayaknya blas gak mau nampung masukan dari konsumennya, sama gilanya dengan motor shogie 2005 yang ane pake sampe sekarang buat menghajar lubang lubang jalanan cilacap, komstirnya gila awetnya, cuma kadang bannya bocor, kadang rujinya patah, kadang ekornya patah.

  63. Ujub jg anda (yg buat artikel)
    Berharap seolah2 karna anda keluhan org bs ditangani. Sombong jg yah… Pdhl kl anda dimatikan jg gak akn berpengaruh kok.msh byk yg peduli. Dunia umum itu luas gak sesempit dgn prasangka anda

Leave a Reply