iklan iwb

Brother sekalian…lama tidak mendapatkan mainan baru untuk menjajal akurasi speedometer pabrikan dibanding GPS, kemarin IWB akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengetesan terhadap sang fenomenal…Suzuki Satria FU 150. Seperti apa hasilnya?? monggo langsung diintip….

Speedometer menunjuk 60km/jam...GPS 54km/jam

Seperti biasa IWB gunakan aplikasi Runtastic yang diintegrasikan keperangkat BB. Kenapa tetap memilih aplikasi ini ?? supaya kita bisa membandingkan dengan kuda besi sebelumnya dimana pengetesan juga menggunakan perangkat serta aplikasi sama. Oke, singkat cerita aplikasi ON…recording running, menunggu sesaat…indikator hijau menandakan telah terkoneksi dengan GPS, engine start…gas dipuntir…..

Tahap pertama, angka digital speedo meter IWB usahakan stabil nangkring diangka 60km/jam…smooth serta lancar tanpa hambatan. Setelah dirasa cukup…segera menepi dipinggir jalan, ngintip hasil recording….tertera angka 54km/jam. Sesi kedua, siSuzi yang baru berumur beberapa bulan kepunyaan kakak ipar tersebut IWB geber hingga 100km/jam. Trek jalanan yang sepi khas kota kecil membuat proses testing tidak ada kendala berarti. Lari 100km/jam selama nyaris 1 km….stop, merogoh saku untuk intip BB dan hasilnya….87,2km/jam. Weee….makin besar penyimpangan sidigital….

iklan iwb
Speedometer menunjuk 100km/jam...GPS 87,2km/jam

Sesi terakhir untuk memantapkan hati…siDOHC IWB geber hingga 110km/jam…dijalan besar. Ketika meraih angka tersebut….speed agak susah dipanteng sebab mesin masih terasa liar khas DOHC engine. Jadi angka fluktuatif pada kisaran 109-111 km/jam……smooth beberapa lama berhenti pada angka 110km/jam. Setelah hati yakin…menepi ditempat aman untuk ngintip recording GPS. Dan disana tertulis speed 97,1 km/jam…..

Yup…itulah hasil test yang IWB lakukan. Semoga bisa menjawab rasa penasaran mzbro semua. Tapi patut diingat kalibrasi speedo pabrikan dibuat agar pengendara selalu awas serta tidak nggeber motor melebihi batas kemampuan reflek dan handling sikuda besi. Makanya sudah lazim akurasi speedometer berbeda dibanding GPS. Btw berapa persen penyimpangan Satria 150 FU terhadap GPS?? monggo hitung sendiri berdasarkan angka yang IWB sodorkan diatas……(iwb)

Speedometer menunjuk 110km/jam...GPS 97,1km/jam

106 COMMENTS

  1. lumayan kecil penyimpangannya!
    di bandingkan dengan rr saya!
    walau penyimpangan akurasi gede klo udah nyampe 200 kpj y tetep kuenceng toh mas!
    wes tak mandi dulu! mau mangkat gawe dari pagi2, siap2 hajar sang embun pagi!

    • @ Rahmat
      Sayang agak susah cari unit test utk CS1
      @ Blue
      Yup…Secara persentase sikebo lebih kecil
      * Iya Bro….adik nikahan Jd kudu setor muka :mrgreen:

  2. ayo bang test Pulsar 220 cz ane udah cba speed 110 km/jam koq knceng banget yak.,
    pengen ngerti penyimpangan speedonya sberapa neh….

  3. setiap gps berbeda2..garmin,iphone,android,bb,tomtom..jadi gak bisa di jadikan patokan begitu saja..coba aja ukur dgn merek berbeda..hasilnya akan berbeda pula..dan biasanya motor itu punya karakter berbeda2 juga karena setiap pengguna berbeda..walaupun sama2 satria fu..yg satu suka balap yg satu suka nyantai..ketika udah 2 thn pasti berbeda hasil pengetesannya..!!!kecuali barang baru dari pabrik..!!

  4. Yang dilakukan mas IWB itu semacam komparasi antara speedometer bawaan motor dengan aplikasi ‘Runtastic’ yang menggunakan GPS. Bukan berarti aplikasi ‘Runtastic’ lebih akurat …

    Jadi bagi para pemilik unit motor yang di-test atau di komparasi tidak perlu tersinggung atau marah jika ter nyata hasilnya terdapat penyimpangan karena (sekali-lagi) belum tentu aplikasi ‘Runtastic’ tersebut juga akurat …

    Betul ga MzBro …???

  5. saya sdh pnah ngetest CS1 pake sportracker milik OVI nokia..selish antara speedo sm GPS rata2 8-9kpj msh lmyn drpd Satria FU yang slsh 13kpj..tp msh bagus Byson slshnya 5-6kpj..
    saat lari 117kpj di gigi4 pada 11200 rpm di GPS cm dpt 108kpj…

  6. kalo menurut saya CS1 agak pelit speedonya om…..
    udah pernah coba tapi gak pake GPS
    dulu ngbandingin sama supra……
    sama2 kecepatan 60 kpj sensasinya beda….
    #berdasarkan feeling aja om hwehehhehe

  7. ^^ karena beda torsi mas…sm beda berat..jg tenaga keluar di 10000RPM..Bukan pelit speedonya tapi agak presisi..gt bro…

  8. sekitar 6 – 13 km/jam penyimpangan speedo dengan kecepatan GPS…

    agoey.wordpress.com/2011/11/11/galeri-vespa-lx150ie-2011/

  9. Wah jauh betul penyimpangannya padahal dah digital
    necel.wordpress.com/2011/11/11/mengenal-yamaha-m1-saingan-rc212v/

  10. dari jamannya honda star/prima saya udh pernah denger kalo spidometer pd kendaraan bermotor tak sama dengan kecepatan sebenarnya, tujuannya tak lain dan tak bukan untuk keselamatan si raider. biasanya kalo si raider dah liat spido di kecepatan tinggi maka cendrung lebih waspada bahkan ada sebagian yg takut.

  11. request test speedo vixion donk uninya boleh pake punya ane sayang ane di bandung hehe kalo kang iwan main ke bandung boleh contact ane ada beberapa unit yang bisa di test vixion, p220 old mega pro dan fxr kang

  12. meskipun alat yang dipakai untuk mengukur belum tentu akurat, tapi setidaknya alat ukur untuk mengetest motor yang lain masih menggunakan alat yang sama jadi adil … monggo dibandingkan yang pernah mas IWB test yaitu si kebo aka Yamaha byson, Kawasaki ninja 150, dan Suzuki satria FU 150.hihihi….

  13. yg pny cs1 dan domisilinya dkt ma bro iwan, tlng lah dipinjamkan. kita penasaran nih bnr ga spidonya cm dikit penyimpangannya. mas iwan jg pngn tau tuh, ya kan mas bro?? 🙂

  14. Lha iya
    udah digital kok nyimpangnya masih lumayan jauh ❓

    Nitip Jemuran
    rexraider.wordpress.com/2011/11/10/skutik-125cc-baru-punya-h-atau-y-atau-yg-lain/

Comments are closed.