iklan iwb

Bombardir produk anyar Honda hanya dilayani dengan ilmu bertahan dari Yamaha. Hasilnya…segala lini pabrikan garputala berguguran kecuali segmen sport. Apakah Yamaha sudah habis??….belum mzbro. Kabarnya ditahun 2012 strategi defensive? dirubah menjadi offensive. Artinya sesekali balik memukul lawan agar pertarungan seimbang….

Nah…tidak lama lagi, Fino akan mengaspal ditanah air. Rumor yang masuk ancer-ancer triwulan pertama awal tahun. Pertanyaannya….seberapa besar sih kans Fino sehingga Yamaha berputar haluan dari sebelumnya ogah bermain dikelas retro meralat strategi awal untuk terjun didalamnya??….

Dari sisi market sangat besar. Penyuka retro selama ini memang tidak ada jalan lain kecuali berkiblat kepada produk Honda. Lawong biker yang loyal sama Yamaha aja bisa rontok imannya pindah keHonda gara-gara siretro. Tapi patut diingat….sebagai first mover, secara mindset produk Honda lebih unggul. Retro adalah Scoopy…atau Scoopy adalah retro, kayaknya sudah menancap tuh bro. Artinya tim marketing Yamaha kudu bekerja lebih keras untuk menggedor mindset biker tentang hal tersebut. Jadi TVC, print ad, event dan segala kekuatan lain harus disumberdayakan penuh, dan bukan tidak mungkin Fino akan menggeliat setelahnya. Btw apa sih bedanya Fino-Scoopy??..

iklan iwb

Dari sisi desain walaupun sama-sama retro terdapat perbedaan signifikan pada desain stop lamp. Scoopy besar ditengah sedang Fino lebih kecil lewat lampu sein menyatu dengan body. Kemudian…dari sisi engine, Fino kapasitas 115cc sedang Scoopy 110cc. Tapi dengan perbedaan kubikasi ternyata tenaga retro Yamaha tidak lebih unggul sebab seperti tertulis diweb resmi Yamaha Philipina….power maksimum adalah 5.8kw@8000rpm (setara 7.9ps@8000rpm). Begitu pula torque…Fino 7.4nm@6500rpm sementara Scoopy 0.85kgf.m@5500rpm atau kalau dikoversi ke Newton meter (Nm) sekitar 8.33nm@5500rpm. Artinya secara accelerasi serta power data diatas kertas, performa Scoopy lebih unggul….

Beda engine beda pula sasis. Body Fino lebih friendly user buat biker bertubuh mungil sebab seat height sedikit pendek (1.050mm) jika dicompare dengan Scoopy (1070mm). Bagaimana dengan bobot?? karena versi Philipina menggunakan pelk jari-jari…kita tidak bisa bandingkan dengan Scoopy tanah air yang dibekali pelk racing. Last…komparasi hanya hasil nyomot dari produk negara lain. Possibility YMKI melakukan perubahan disesuaikan dengan kondisi tanah air masih sangat terbuka. Sebagai konsumen….kita sangat senang dengan gerak maju Yamaha. So…kita tunggu saja siapa yang lebih digdaya diantara keduanya. Yamaha Fino???…atau Honda Scoopy??? monggo berikan prediksinya…..(iwb)

Spesifikasi Yamaha Fino

Spesifikasi Honda Scoopy

85 COMMENTS

  1. sial … tikungan terakhir melebar emm .. malah disalip ama 2 rider sekaligus …

    Btw, kayaknya fino ga butuh waktu lama buat membututi Scoopy …
    Dan bahkan mungkin bisa menyalip angka penjualan scoopy …
    We’ll see lah …

  2. belum bisa membuat analisa karena fino blm brojol…..kl secara fitur masih unggul scoopy kehadiran fino hanya akan sebagai pelengkap saja….. apalagi mindset matic yamaha terkenal boros….

  3. liat scoopy n fino rasanya “gilo”…
    motor kok kayak mentok…
    mending pilih vespa ae lah….

  4. Kalau Fino pakai fitur , SKS, PBL, SSS dan lainya sama dengan scoopy sepertinya masih bisa 30% pasar Retro, itupun dengan konsekwensi 50% ngambil pasar mio dan 50 % lainnya ngambil pasar Scoopy. ya not bad la.

  5. @26 sinbe
    prediksi cerdas, ahm sepertinya wait and see bandrol fino baru keluarin scoopy jari2 yang mungkin diset lebih murah dari fino

  6. Pict Fino itu udah modif ya….lihat deh part2nya….bandingkan sama yg standar beda banget (koreksi ya kalo salah). Akhirnya Yamaha bergerak juga……fb nya pada sumringah smua tuh……..hehehe. piss……

  7. FP-2 Valencia 2011 : Bautista Ngasepin Rider Papan Atas

    udiendkab.wordpress.com/2011/11/04/fp-2-valencia-2011-bautista-ngasepin-para-raja-tak-ada-satupun-rider-papan-atas-masuk-5-besar/

  8. Fino photo paling atas dah lihat di jalan Rembang jawa tengah 2 hari yg lalu.
    Posisi tu fino diparkir didepan optik kacamata, cuma 1 saja.
    mau tak foto tak sempet soale buru waktu karna pesanan sudah ditunggu yg punya barang.
    Akhirnya langsung bablass.
    Asli modelnya bener2 fresh bin cakep cocok buat cewek cantik.
    Kelir ato warnanya sama kayak photo no 1 diatas suerrr…..

  9. mas, gag salah tuh seat height nya? 1 meter mosok…. lha wong ducati aja gag sampe semeter je….

  10. Ane pikir fino nantinya lbh menggebrak mas iwan,secara desain sifino ni lbh fresh..walopun sama2 basic retro ma scupi,retronya fino lbh k arah anak muda banget…di surabaya ja da banyak fino brkeliaran..

  11. Wah makin seru saja nich peta persaingan skutik retro,
    Honda : Scoopy
    Yamaha : Fino
    Suzuki : Jelato
    Hayo…Hayo..siapa lagi nich? Kalau benelli dan Piaggio masih kalah di Jaringan ATPM nya..wah serruuu… 🙂

  12. jiaahhhh akhirx Yamaha tertarik dengan kelas Retro.
    tp apa bisa menyaingi Honda Scoopy, dimn kita tau kelas Retro pertama itu Honda. mungkin saat ini konsumen berpikir motor Retro itu ya Honda Scoopy.
    mudah2an kedua Produk Retro ini bersaing hebat hehehe…

  13. Yamaha rupanya mulai melirik pasar matik retro. Terlambat? Tidak ada kata terlambat!!! Seperti yang pernah saya komentari bahwa market yang besar pasti akan dilirik oleh produsen motor. Seperti halnya market bebek.

    Maaf ya yang marketnya motor sport, faktor kegagahan tidak berarti apa2 bagi produsen motor. Faktor keuntunganlah yang dilirik.

    Maka dari faktor inilah yang menjadi pertimbangan bagi YMKI untuk mendatangkan si Fino. Sebagai pembanding bahwa market si Scoopy sangat menarik dan sangat besar dan jangan lupa bahwa si retro ini “gak ada lawan”.

    Apalagi dilihat bahwa scoopy hanya menambah warna dan tak ada perubahan design yang berarti. Fino sebagai pendatang baru dengan design yang fresh (bagi masy. Indo) akan merupakan keuntungan tersendiri. Nama YMKI pun juga mendorong karena mempunyai jaminan mutu dan dukungan 3S yang baik. Apalagi dilihat dari keinginan seseorang untuk tampil ‘beda’? Fino sangat menggiurkan bukan?

    Rupanya YMKI ingin mengulang kesuksesan si Vixion dahulu dengan merebut pasar sang raja Macan. Namun yang pantas diwaspadai dan dicermati adalah antrian inden yang panjang yang cenderung membuat konsumen kesal. And then again… jika hati sudah kepincut, menunggu 1/2 tahun pun serasa 1/2 bulan…..

  14. kalau speknya masih spt di Filipina yg cuma si jadul mio yg ganti baju, ya jelas bukan apa2nya Scoopy yg secara engine dan fitur jauh lebih unggul.

Comments are closed.