Yamaha Fino vs Honda Scoopy….siapa yang bakal lebih digdaya??…

85
105

Bombardir produk anyar Honda hanya dilayani dengan ilmu bertahan dari Yamaha. Hasilnya…segala lini pabrikan garputala berguguran kecuali segmen sport. Apakah Yamaha sudah habis??….belum mzbro. Kabarnya ditahun 2012 strategi defensive  dirubah menjadi offensive. Artinya sesekali balik memukul lawan agar pertarungan seimbang….

Nah…tidak lama lagi, Fino akan mengaspal ditanah air. Rumor yang masuk ancer-ancer triwulan pertama awal tahun. Pertanyaannya….seberapa besar sih kans Fino sehingga Yamaha berputar haluan dari sebelumnya ogah bermain dikelas retro meralat strategi awal untuk terjun didalamnya??….

Dari sisi market sangat besar. Penyuka retro selama ini memang tidak ada jalan lain kecuali berkiblat kepada produk Honda. Lawong biker yang loyal sama Yamaha aja bisa rontok imannya pindah keHonda gara-gara siretro. Tapi patut diingat….sebagai first mover, secara mindset produk Honda lebih unggul. Retro adalah Scoopy…atau Scoopy adalah retro, kayaknya sudah menancap tuh bro. Artinya tim marketing Yamaha kudu bekerja lebih keras untuk menggedor mindset biker tentang hal tersebut. Jadi TVC, print ad, event dan segala kekuatan lain harus disumberdayakan penuh, dan bukan tidak mungkin Fino akan menggeliat setelahnya. Btw apa sih bedanya Fino-Scoopy??..

Dari sisi desain walaupun sama-sama retro terdapat perbedaan signifikan pada desain stop lamp. Scoopy besar ditengah sedang Fino lebih kecil lewat lampu sein menyatu dengan body. Kemudian…dari sisi engine, Fino kapasitas 115cc sedang Scoopy 110cc. Tapi dengan perbedaan kubikasi ternyata tenaga retro Yamaha tidak lebih unggul sebab seperti tertulis diweb resmi Yamaha Philipina….power maksimum adalah 5.8kw@8000rpm (setara 7.9ps@8000rpm). Begitu pula torque…Fino 7.4nm@6500rpm sementara Scoopy 0.85kgf.m@5500rpm atau kalau dikoversi ke Newton meter (Nm) sekitar 8.33nm@5500rpm. Artinya secara accelerasi serta power data diatas kertas, performa Scoopy lebih unggul….

Beda engine beda pula sasis. Body Fino lebih friendly user buat biker bertubuh mungil sebab seat height sedikit pendek (1.050mm) jika dicompare dengan Scoopy (1070mm). Bagaimana dengan bobot?? karena versi Philipina menggunakan pelk jari-jari…kita tidak bisa bandingkan dengan Scoopy tanah air yang dibekali pelk racing. Last…komparasi hanya hasil nyomot dari produk negara lain. Possibility YMKI melakukan perubahan disesuaikan dengan kondisi tanah air masih sangat terbuka. Sebagai konsumen….kita sangat senang dengan gerak maju Yamaha. So…kita tunggu saja siapa yang lebih digdaya diantara keduanya. Yamaha Fino???…atau Honda Scoopy??? monggo berikan prediksinya…..(iwb)

Spesifikasi Yamaha Fino

Spesifikasi Honda Scoopy

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

85 COMMENTS

  1. sial … tikungan terakhir melebar emm .. malah disalip ama 2 rider sekaligus …

    Btw, kayaknya fino ga butuh waktu lama buat membututi Scoopy …
    Dan bahkan mungkin bisa menyalip angka penjualan scoopy …
    We’ll see lah …

  2. belum bisa membuat analisa karena fino blm brojol…..kl secara fitur masih unggul scoopy kehadiran fino hanya akan sebagai pelengkap saja….. apalagi mindset matic yamaha terkenal boros….

  3. Kalau Fino pakai fitur , SKS, PBL, SSS dan lainya sama dengan scoopy sepertinya masih bisa 30% pasar Retro, itupun dengan konsekwensi 50% ngambil pasar mio dan 50 % lainnya ngambil pasar Scoopy. ya not bad la.

  4. Pict Fino itu udah modif ya….lihat deh part2nya….bandingkan sama yg standar beda banget (koreksi ya kalo salah). Akhirnya Yamaha bergerak juga……fb nya pada sumringah smua tuh……..hehehe. piss……

  5. Fino photo paling atas dah lihat di jalan Rembang jawa tengah 2 hari yg lalu.
    Posisi tu fino diparkir didepan optik kacamata, cuma 1 saja.
    mau tak foto tak sempet soale buru waktu karna pesanan sudah ditunggu yg punya barang.
    Akhirnya langsung bablass.
    Asli modelnya bener2 fresh bin cakep cocok buat cewek cantik.
    Kelir ato warnanya sama kayak photo no 1 diatas suerrr…..

  6. Ane pikir fino nantinya lbh menggebrak mas iwan,secara desain sifino ni lbh fresh..walopun sama2 basic retro ma scupi,retronya fino lbh k arah anak muda banget…di surabaya ja da banyak fino brkeliaran..

  7. Wah makin seru saja nich peta persaingan skutik retro,
    Honda : Scoopy
    Yamaha : Fino
    Suzuki : Jelato
    Hayo…Hayo..siapa lagi nich? Kalau benelli dan Piaggio masih kalah di Jaringan ATPM nya..wah serruuu… 🙂

  8. jiaahhhh akhirx Yamaha tertarik dengan kelas Retro.
    tp apa bisa menyaingi Honda Scoopy, dimn kita tau kelas Retro pertama itu Honda. mungkin saat ini konsumen berpikir motor Retro itu ya Honda Scoopy.
    mudah2an kedua Produk Retro ini bersaing hebat hehehe…

  9. Yamaha rupanya mulai melirik pasar matik retro. Terlambat? Tidak ada kata terlambat!!! Seperti yang pernah saya komentari bahwa market yang besar pasti akan dilirik oleh produsen motor. Seperti halnya market bebek.

    Maaf ya yang marketnya motor sport, faktor kegagahan tidak berarti apa2 bagi produsen motor. Faktor keuntunganlah yang dilirik.

    Maka dari faktor inilah yang menjadi pertimbangan bagi YMKI untuk mendatangkan si Fino. Sebagai pembanding bahwa market si Scoopy sangat menarik dan sangat besar dan jangan lupa bahwa si retro ini “gak ada lawan”.

    Apalagi dilihat bahwa scoopy hanya menambah warna dan tak ada perubahan design yang berarti. Fino sebagai pendatang baru dengan design yang fresh (bagi masy. Indo) akan merupakan keuntungan tersendiri. Nama YMKI pun juga mendorong karena mempunyai jaminan mutu dan dukungan 3S yang baik. Apalagi dilihat dari keinginan seseorang untuk tampil ‘beda’? Fino sangat menggiurkan bukan?

    Rupanya YMKI ingin mengulang kesuksesan si Vixion dahulu dengan merebut pasar sang raja Macan. Namun yang pantas diwaspadai dan dicermati adalah antrian inden yang panjang yang cenderung membuat konsumen kesal. And then again… jika hati sudah kepincut, menunggu 1/2 tahun pun serasa 1/2 bulan…..

  10. kalau speknya masih spt di Filipina yg cuma si jadul mio yg ganti baju, ya jelas bukan apa2nya Scoopy yg secara engine dan fitur jauh lebih unggul.

  11. xixixi…
    dulu yg koar2 klo tren retro itu udah ketinggalan jaman siapa ya?
    ternyata JILAT LUDAH SENDIRI itu gak menjijikkan lagi…..
    makanya klo ngomong itu jgn asal jeplak.
    gm,n FBY gak asal jeplak klo petinggi pabrikan yg dibelanya juga asal jeplak spt itu…??

  12. mas iwb semalem saya liat di acara super deal 2 milyar
    ada penampakan kalo ga salah yamaha vino,soalnya itu bukan scoopy.
    warnanya pun ngejreng semua, kuning, putih, hijau muda.
    mohon dicek up klo saya salah
    ato mungkin suzuki sudah mengelaurkan varian metic retro jga ???
    cb tar mlm saya pantengin lagi

  13. Yamaha fino kan jd pesaeng berat scoppy .
    Mulai dari injeksi ,
    Mpe grafik2 body yg bkin si sco0py kwalahan ,
    Krna Di stiap warna body fin0.
    Akan ad grafik2 kjutan .
    Yg mempes0na

  14. power maksimum adalah 5.8kw@8000rpm (setara 7.9ps@8000rpm). Begitu pula torque…Fino 7.4nm@6500rpm sementara Scoopy 0.85kgf.m@5500rpm atau kalau dikoversi ke Newton meter (Nm) sekitar 8.33nm@5500rpm. Artinya secara accelerasi serta power data diatas kertas, performa Scoopy lebih unggul….

    ================================================

    klau dari spek aja udah jauh ketinggalan gini terus nilai jualnya apa?

  15. Gwa yakin 100% Honda masih tetap lebih unggul, so liat Yamaha Fino di sisi tampilan juga masih jauh ketimbang Scoopy, apalagi Honda Gwa denger bakal ngeluarin Matic injeksinya..wah makin seru pertempuran ni, Yamaha ngeluarin Fino Honda ngeluarin Matic injeksi…wuidihhhh ga kuat deh

  16. Masih kerenan SCOOPY menurutku, dari segi safety dan power lebih sip dan komplet. Apalagi yg warna Sugar Blue dan Candy Red suegerr bgt.

  17. Yamaha atau honda jilat ludah sendiri? Gak papa! Manis kok Bro! Kan lagi makan permen !!! Sama, dulu saat Y brojolin Nouvo, Honda bilang matic itu gak cocok. Tapi setelah liat ms matic naik, Honda ikutan juga! Honda pun bilang 250cc gak cucok untuk kondisi Indonesia, akhirnya brojolin juga CBR250, karena ngeliat Ninin 250 sukses di pasaran. So, gak ada masalah komen plintat-plintut. Siapa tau itu bagian dari strategi …

  18. Salud buat Yamaha yang akhirnya mau berputar haluan ke produk retro, memang gak boleh malu-malu untuk bersaing secara sehat.
    Makin rame nih persaingan di tahun 2012. Pastinya Honda juga gak tinggal diam dengan keluarnya Fino, tapi gimanapun juga Scoopy si pendahulu retro sulit di tandingi…

  19. Ya Honda Scoopy lhaa ..
    Secara masyarakat lebih dulu tau Scoopy drpd Fino ..
    kalo dilihat dari modelnya juga masih megang scoopy ..

    Perlu usaha yang lbh utk menggeser posisi Scoopy dari mindset masyarakat ..

  20. sekali lagi.. mendingan kalian (YMKI) jualan gitar aja dari pada jadi bengek di asapin ama mbrojol duluan..
    kasian anak2 sales dilapangan, udah pada frustasi.. stress di tahun 2011 ini..
    mending kerja bakti sponsorin MOTOGP aja, lebih gede amalnya krn yg naek jualannya malah yg sering naek podium..
    coba diganti dulu tag-line nya yg smakin didepan itu, udah ga cocok..

  21. Waaahhh…Oke saya ucapkan selamat berjuang untuk para marketing Yamaha mematahkan Retro adalah Scoopy…atau Scoopy adalah retro. Salam One Heart.

  22. Yahh…Yamaha main di selisih cc lagi, cc lebih 5 bukan berarti lebih narik, ini strategi offensif atau strategi kelabakan???, tapi bukan berarti nongol duluan, berarti akan tetap menang…Honda harus waspada, ingat !! kemenangan hari ini bukanlah berarti kemenangan esok hari ( lirik dewa :))

  23. ane pikir yamaha mungkin terlalu berani klo head to head sm honda, tp, strategi ini ane pikir dipake yamaha utk menyelamatkan mio. mio gandengannya cuma sama mio soul. dan konsumen mio bbrp sudah diambil dg keberadaan scoopy. tadinya yg suka retro masih bisa dialihkan ke mio. nah, skrg jadi beralih. makanya, spy head to headnya ga jomplang.

  24. Warna pilihannye scoopy syngnye krng kerren, dri prtma kluar smp skrng di tunggu2 ngluarin wrna ijo, ngk muncul2 jg.. krn Fino pny varian wrn ijo, jd ga sabar nunggu munculnyaa….

  25. yamaha bukan nya defense tp duit nya abis buat riset
    dan develove lexam pdhl line up ini gagal total ga
    diterima pasar sementara scoopy merajarela,kalo yamaha pinter harus nya setelah rilis fino di iringi
    dengan rilis retro sport berikut dgn asesoris dan
    part racing nya,jujur aja sy selaku yamaha user mulai jengkel dgn kebijakan RND yamaha

Leave a Reply