iklan iwb

Takdir memang Tuhan yang mengatur. Tapi dalam ajang balap paling top dunia, sekecil apapun akan menjadi bahan penyelidikan untuk dikaji secara menyeluruh. Nah…yang terbaru, ditemukan bukti mengejutkan tentang tidak profesionalnya kinerja para Marshal Malaysia pada detik-detik ketika mereka menggotong badan Marco Simoncelli…

Dimuat oleh GPone, mereka menyoroti cerobohnya marshal sirkuit Sepang waktu melakukan pertolongan pertama. Sebagai profesional….untuk menangani rider yang pingsan, marshal seharusnya sudah tahu bahwa CPR merupakan tindakan utama sebelum diangkat ketandu. Bisa mzbro lihat…tidak seorangpun yang punya inisiatif? melakukannya. Yang kedua adalah nihilnya pengikat pada tandu. Sudah wajib hukumnya bagi marshal untuk membekali pengikat ketika rider dalam kondisi pingsan (unconscious) untuk mencegah pasien merosot atau jatuh. Namun hal itu tidak dilakukan!.

Kemudian yang ketiga dan paling fatal adalah…karena buru-buru keambulan, mereka berlarian tapi tidak terkoordinasi dengan baik sehingga mengakibatkan tandu yang mengangkut tubuh Marco Simoncelli sempat meluncur jatuh ketanah. Ketelodoran ini sangat disayangkan sebab bisa memperparah cedera pasien yang menderita luka dalam. Video diabadikan oleh salah satu penonton sirkuit Sepang. Atas beberapa fakta diatas,? saat ini video berdurasi 1.35 detik menjadi kontroversi dan sorotan publik Italia. Btw pertanyaannya…..jika semua berjalan dengan baik, apakah bisa menjadi jaminan menyelamatkan nyawa? Super Sic?? Jawabannya hanya Tuhan yang tahu…(iwb)

iklan iwb

Marshal Sepang Malaysia (controversy on relief)

68 COMMENTS

  1. Don Wheldon…Marco Simoncelli…. Sekarang giliran Croser Rick Huseman …hadehhh… Olah raga otomotif lagi di rundung Duka….miss U all….

  2. Iya kang.. saya sudah lihat dua kali ada kejadian seperti ini.. korban jatuh dari atas tandu.. tp saya lupa satu lagi siapa korbannya.. Tomizawa atau Katoh..

  3. kali ini ane no comment mas …
    panik, kazau, dllnya .. mungkin masih banyak yg perlu diperbaiki
    mas .. btw .. kalo jadi marshall gitu ada sertifikasinya ga yaa ??

  4. walau sesuai prosedur, tampaknya tetap saja supersic pergi. Sesuai prosedur itu sulit kalau dilapangan, kalau diteori pastinya tentu mudah, klo dah dilapangan, ingin sesuai prosedur tetap saja kadang ada yg terlupa.

  5. yah masih mending jika dibandingkan dengan di Indonesia..misal kita dihadapkan di masalah yg sama?? gimana??
    asmarantaka.wordpress.com/2011/10/26/sekedar-gambaran-kalo-insiden-motogp-sepang-terjadi-di-sentul-indonesia/

  6. waduh fatal sekali itu mas….. beruntung indonesia masih blum bisa menyelenggarakan GP. lebih baik nunggu lama aja yang penting well done… tapi kapan yah? anggota DPR nya aja abis nelen duit 180M lagi…

  7. coba diadain di INDONESIA…wkwkwkwkwk mimpi kali yeh
    tuh sentul dilirik aja kagak…wkwkwkwkwkwk ngakak

  8. Yah menurut ane jalan terbaik memang simon memang harus tetap pergi karena kalaupun ia tetep hidup tentu akan menderita karena pasti akan cacat seumur hidup(melihat kecelakaan yg begitu hebat),berarti tuhan memang sayang kepada simon krna itulah jalan terbaik

  9. @iwanbanaran: ane ga setuju ma ente,,, kalo kasusnya gitu dan sisimon jatuh kemungkinan besar dia mati bukan karena insidenya tapi karena jatoh dari tandu,, loh kenapa..??? itu uda gawat darurat, sebisa mungkin daerah leher ga goyang sedikitpun,, kalo jatuh kemungkinan terjadi patah sangat gede,, bahkan hampir 100% akibatnya apa..?? mati batang otak,, terus pertolongan yang lain sanggat percumah,,,, ini murni kesalahan pihak kesehatan di sepang,, saat insiden seperti itu kemungkinan selamat ada, tapibegitu jatoh dari tandu atao salah dalam membawanya (ngangkatnya aja tangan harus saling silang biar bersamaan),uda jelasini kesalahan dari sepang, at least, ane emank benci malingshit, tapi dengan kejadian ini ane paham,,,, ini bukan salah malingshit secara langsung,,, tapi ini salah tim medisnya,, dan akibat kematian uda ga heran kalo ane liat video jatuhnya simond ari tandui

  10. sepertinya nyawa simonceli emang udah tipis banget gara2 kecelakaan itu, jd mau dikasih CPR atau enggak keliatannya tergantung keputusan Tuhan.. tp klo sampai marshal dan tim medis bertindak tidak seharusnya perlu ditindak.. maklum sdm nya perlu ditanyakan.

  11. @cusx : good point

    Jangankan di jatuhin dari tandu, mengangkat orang yg mengalami cedera pada tulang leher saja tidak boleh dilakukan, kecuali sudah dipasang stabiliser/penyangga leher (itu pun masangnya juga pasti susah banget kalo bukan tenaga terlatih). Semua orang yg pernah ngikuti Pertolongan Pertama tingkat paling dasar pun tahu itu..

    Korban tidak sadar, yg pertama dilakukan apa,, ya cek tanda vital dong, sekali lagi, Semua orang yg pernah ngikuti Pertolongan Pertama tingkat paling dasar pun tahu itu..
    kalo gak ada tanda vital ya CPR dulu, bukan diangkat dulu
    masa’ sekelas Marshall MotoGP gak ngerti soal itu? 🙁

    Soal bakal selamat atau tidak, ya memang Tuhan yg tahu. Tapi tetep penting untuk mengungkapkan itu, supaya gak terulang lagi

  12. lha bukannya sebelumnya sudah ada bikin masalah tuh petugas sepang…..kenapa ngak pernah di sorot yah …itu loh red flag yg seharusnya di kibarkan karena adanya oli di lintasan ….yg mengakibatkan marc marques terjatuh dan absen (nasib marques hancur krn tuh petugas …malingsia bikin rusak acara) ..keliatan banget tuh petugasnya bukan fokus ke kerjaan malah fokus nonton.

  13. Mestinya ambulance yang mendekat ke lokasi. Karena pada korban trauma, pertama kali harus di periksa airway + neck stabilization, breathing dan circulationnya, sebelum di pindah. Kalo belum stabil harus resusitasi di jalan / TKP.

    Meninggal dalam transportasi karena CPR yang tidak baik (belum stabil) sangat sering terjadi.

    Bisa jadi, marshal di sepang bukan paramedis terlatih dalam Basic Trauma Life Saving.

  14. sudah selayaknya nasib sepang seperti suzuka .. skorsing 5 tahun aj biar menjadi perhatian mereka akan keselamatan rider ..

  15. perlu diperhatikan wajib bg seorang penolong dlm kecelakaan utk mempunyai dasar2 mjd penolong … dlm dunia medis disebut sbg bantuan hidup dasar > prisnsipnya lihat pd Airway, Breathing, Circulaiton (ABC) … lihat jalan napasnya apakah ada sumbatan jalur napas, breating lihat cara bernapasnya msih ada ato tidk, trus lihat denyut nadi pd leher masihkah ada jika tdk maka lakukan pijat jantung, napas buatan , ( RJPO resusitasi jantung paru dan otak) … inilah pertolongan dasar yg wajib bgi biker utk dipunyai skill nya …. dan dlm mengangkat korban tidk boleh sembarangan …. krn yg fatal adlh jika pasien mengalami fraktur cervical(tulang leher) … jk salah dlm memindahkan korban akn memperparah cidera fraktur cervicalnya …. jd kebaikan hati kita utk menolong korban kecelakaan harus dibarengi dg ilmu… krna jk tidak bukannya menolong tpi malah bisa membunuh korban …. * diluar negeri sdh ada kuriikulum khusus utk pertolongan pertama pd kecelakaan … syng di negeri kita … ndak ada sama sekali … dan ini harus kita sebarkan …. jika ingin mempelajari mungkin bisa bekerja sama dg PMI terdekat agar mereka memberi pelatihan dg benar bgmn penangan pertama, bgman memindahakan korban dll …. itu gmbran sekilas *mahasiswa kedokteran UNS

  16. @ 27. cusx
    Semua analisa berdasarkan apa yang diungkapkan Gpone mzbro…..
    @ 34. Monster Tec
    Bener bro kata sampeyan…
    @ 36. Prio
    Bisa jadi. Tapi kejadian memang tragedy yang jarang menimpa rider. Makanya faktor panik sepertinya lebih mendominasi…

  17. ?I was there at 10 meters from Marco. He was already dead, it didn?t change a anything,? he told reporters. ?I reached for the stretcher, I took his hand, I called him, but he was already gone, there was nothing to do. Marco was dead on the spot. I want to thank the Malaysian authorities, the Italian ambassador and the circuit personnel that never left us alone for a moment. They?ve been exceptional. In Rome today, everyone was there. From the authorities to hundreds of people who stopped working to applaud Marco. If I say I am happy it would be bullshit ?. but all this deep affection is a beautiful thing. ?

    ( http://www.twowheelsblog.com/post/7887/paolo-simoncelli-downplays-rescue-incident )

  18. waddddduuuuuuuh…..
    sangat disayangkan bangeeet…
    dewataspeedblog.wordpress.com/2011/10/26/tali-kopling-putus-kala-riding-enjoy-aja-lagi/

  19. 39. endifkuns – Oktober 26, 2011

    “itu gmbran sekilas *mahasiswa kedokteran UNS”
    ====================================================
    wahh… ada yang senang sekali mengungkap jati dirinya :mrgreen:

  20. Sekedar sharing aja, jika sudah biasa menghadapi korban, marshal pasti bisa lbih teratur ko..
    Ane adalah lifeguard… Dalam situasi apapun ane n rekan pasti mendahulukan prosedur….
    Kang iwb benar, jika banyak marshal, bisa dilakukan cpr d pinggir track… Dgn pembagian tugas yg profesional…
    Cuma masalahnya itu…. Mungkin saja para marshal itu tidak ada sertifikasinya…. Seperti koki hotel,security,ato seperti ane sbg lifeguard….
    *just 4 journey*

  21. Kalo masih pake tandu puskesmas Dorna gak mgkin ngelolosin sentul gelar motoGP, aneh bgt sih,emg dorna bego apa standar mreka tinggi kali,aplg dr aspek safety

  22. @iwb,, iya ane tau,, tapi bukan medis orangnya kemungkinan yang nyampein, petugas medis malaysia terkesan menutup2i kok dengan laporan tersebut yang terkesan palsu

  23. Coret aja sepang untuk sementara sampai masalah marshal dites kelayakanya oleh dorna…ngibarin bendera aja telat di moto2nya.

Comments are closed.