iklan iwb

Banyak yang penasaran akan keakuratan speedometer motor pabrikan dibanding GPS. Maklum mzbro, teknologi ini bisa dikatakan sebagai tolak ukur kecepatan sesungguhnya sebab tidak bisa direkayasa atau didongkrak angkanya oleh campur tangan manufacture. Lawong musuhe satelit 😆 . Global positioning system dari satelit pemindai sekaligus mengukur kecepatan dari obyek bergerak. Nah….menyambung artikel komparasi speed GPS Yamaha Byson kapan hari, alhamdullilah kali ini IWB dapat melakukan pengetesan terhadap produk lain yakni sang raja kecepatan…..Kawasaki Ninja 150L!!

Berbekal aplikasi Runtastic yang diintegrasikan keGPS BB, seperti sebelumnya IWb menjalani pengetesan didaerah Tanah Abang. Igun..siempu motor berbaik hati meminjamkan motornya yang masih kinclong (keluaran 2011). Rasa capek pulang kerja langsung hilang, ketika melihat Ninja merah yang sudah siap ditunggangi. Kali ini kita tidak membicarakan top speed sebab kondisi tidak memungkinkan untuk itu. Pengetesan hanya seputar keakuratan speedometer sang Ninin disandingkan GPS. Singkat cerita….setelah mengenakan peralatan secukupnya….testing dimulai….

Persiapan testing komparasi....

Menuju jalan besar IWB berputar mengambil rute aman. Setelah jalan lurus baru motor digenjot secara berurutan. Gigi satu, dua dan tiga…..wow terasa enteng bener putaran atasnya. Khas…engine 2 stroke. Tahap awal, IWB sengaja panteng speed diangka 80km/jam. Konstan tidak kurang tidak lebih. Setelah dirasa cukup, IWB segera berhenti dan? meraih BB untuk mengintip hasil recording GPS. Terlihat sebuah angka yang cukup mengejutkan yakni….62 km/jam.? Yup…speed 80km/jam yang baru IWB jalani, tercatat hanya 62km/jam diGPS. Artinya penyimpangan speedo Ninja 150l pada speed 80km/jam adalah 80-62 = 18…….beda 18km/jam. “Walah… koq terpaut jauh ya”.….batin IWB. Merasa kurang yakin…IWB kembali berputar melewati rute yang sama untuk testing yang kedua kali….

iklan iwb
Kecepatan 80 km/jam speedo Ninja 150L setara 62 km/jam versi GPS

Kali ini IWB mencoba speed atas. Pada kondisi jalan sore….angka 120 km/jam sudah cukup mewakili gambaran real speed siNinin. Gigi pergigi IWB betot. Dan tidak butuh lama…sekali mendengus mesin Superkips racikan Kawasaki ini menggapai 120km/jam. Dipanteng 120km/jam…..jalanan mulus hingga satu kilometer mendukung proses testing. Akhirnya….rute habis, IWB berhenti. Suksessss. Dipinggir jalan, merogoh BB kembali…..recording stop dan nongollah hasil speed GPS.? Untuk kedua kalinya IWB dibuat bengong tak percaya….

Runtastic menunjukkan top speed record 91,8km/jam. Jadi ketika speedometer Ninja 150L manteng pada angka 120km/jam….kecepatan asli GPS hanya 91,8km/jam. Dengan kalkulasi sederhana 120 – 91,8 = 28,2. Artinya terjadi penyimpangan hingga 28,2 km/jam untuk speed 120km/jam.? Hhmm…semakin kencang, penyimpangan speedo makin besar. Sebenarnya IWB sendiri secara feeling sudah merasa bahwa kalibrasi speedo Ninja 150 bawaan pabrikan memang lebih kencang dari normalnya terutama hempasan efek angin dari depan yang tidak sedasyat motor lain pada speed yang sama. Tapi diblog-kan nggak berlaku kalau hanya mengandalkan feeling. Ya nggak :mrgreen: . Oh iya….persentase penyimpangan monggo dihitung sendiri mzbro biar lebih enak…..

Kecepatan 120km/jam speedo Ninja 150l setara 91,8 km/jam versi GPS

Last…KMI pasti punya alasan tersendiri kenapa hal? itu dilakukan. Tentu supaya para biker lebih awas dengan keselamatan nyawanya. Sebab sudah bawaan psikologis biker jika speedo diangka yang rendah, maka puntiran gas makin dalam dibetot. Tapi jika konsol didepan mata telah menunjuk angka 100km/jam…sikap hati-hati bakal keluar dengan sendirinya. Apapun itu…saat ini Ninja 150L tak diragukan masih merupakan motor tak tertandingi untuk urusan betot-membetot. Jambakan setannya itu lho bro……mautttt!!!. Yo wis…yang penting janji IWB kedua sudah ditepati. Dan kalau ada kesempatan….kuda besi lain akan menjadi korban testing berikutnya. Ditunggu saja……(iwb)

Test suksesss.....tidak lupa jepretan terakhir 😆
Habis ngetest ngadem dulu sama sikebo biar rukun :mrgreen:

227 COMMENTS

  1. Pertamax 😀
    Menurut saia dikarenakan lebih faktro safety mas bro,
    berarti speedo pulsar ane akurat yah :)), pantas saja ketika pernah di speedo 120an ada ninja 150L panas, dan segera betot gas, memang masih kalah sih, tpi dia ninggalin ane ga cepet2 juga 🙁

  2. hampir 30% dari real speed. memang sih baiknya untuk motor 2tak yang bertenaga besar harus diberi simpangan besar, supaya rider merasa sudah kencang, safety priority sih…

  3. 62/80X100% = 77,5%
    91,8/120X100% = 76%
    hmm…Semakin cepat kok penyimpangannya semakin besar ya prosentasinya…Penyimpangan sampai sekitar 24% pantas saja ninja rr yang topspeednya 195kpj on speedo ga bisa nyalim N250r yg topspeed on speedo cuma 165kpj dan juga KRR 2004 ku yang pake blok PDK gold topspeed nya cuma 185kpj

  4. new cbr150 ane ama ninin250 yg br sembuh siap di tes panjenengan hehe…
    Ato nanti tak tes ken 2-2nya konstan di 100kpj hasil screenshot tak share ke panjenengan…

  5. Ane emang agak ragu ketika ada yg bilang topspeed ninin sampe 180-190,apa iy bisa sampe segitu..ternyata terjawab sudah. Tp satu hal yg gx bisa dibantah, ninin emang kenceng..

  6. us.oto.detik.com/read/2011/07/06/141138/1675871/1199/komparasi-speedometer-dan-gps

    ini ada artikel tes macem” motor antara speedo vs GPS

  7. Ya kaya kasus legenda ane, asik banget bawa 100kph teernyata di gos cm 71kph.
    Kl ada yg bilang gps ga akurat. Coba aja ke mobil dijamin sama dg speedo mobil. Walau hy sekeleas xenia.

  8. @ Daniel
    Boleh bro dengan senang hati. Saya tunggu…
    @ treesanjaya
    Belum bro, itu masih gigi 4…hanya dipanteng saja biar bisa dikomparasi dengan GPS

  9. lebih komplit lagi kalo pake vericom… data akselerasi bisa bener2 akurat…

    soale GPS gak selalu tepat, apalagi yg ngandelin sinyal satelit plus triangulasi BTS operator…

    pake GPS spek militer yg akurasi bisa sampe milimeter aja… 😀

  10. @dowey
    klo ente punya gps spek militer nyang punya blog di pinjemin dong..
    Jd kite2 bs tau keakuratan spido masing2 motor..

  11. Udah ane duga…, mas iwan waktu tes gps di byson, udah pake 9power ya? Lumayan pengaruh tuh u/ pencapaian top speed byson, 9power lumayan mendongkrak tenaga di putaran menengah ke atas.

  12. misal neh, yang mengalami penyimapangan segedhe itu merk h, wah fby pasti sudah pesta pora mengolok-olok…
    maap suudzon… 🙂

    tapi meskipun ninja spedoonya ngibul,tp saya percaya kalo ninja 150 emang kuencennng….

  13. mas klw bisa tes kelas bebek donk, kan yg make bebek banyak ratusan juta orang. biar jelas semuanya siapa yg paling lemot dan paling ngebut.. 🙂

  14. @22. dowey – September 18, 2011

    lebih komplit lagi kalo pake vericom? data akselerasi bisa bener2 akurat?

    soale GPS gak selalu tepat, apalagi yg ngandelin sinyal satelit plus triangulasi BTS operator?

    pake GPS spek militer yg akurasi bisa sampe milimeter aja? 😀
    ==========
    banyak mintanya!!!

  15. Ternyata hoax yah kalo ninja 2 tak bisa nyampe >170 km per jam , realnya….jauh euy….!!!!! Mending 4tak juga kayaknya, gk kencang2 amat dan efisien….. Kalo mau kencang beli aja Hayabusa……. :mrgreen:

  16. berarti speed asli si lebay sekitar 145kmh (190kmh on speedo)
    hahahaha….

    di tol ga ada apa2nya dong bahkan dibanding dengan mobil saiful jamil.

  17. yups setuja.. Kawasaki pasti mempunyai alasan kuat akan hal ini..
    Btw.. Iku mongto2re ojo di kon ngadem thok kang.. mesa’ke.. Ne’iso Sekalian tuko’no es dawet kang ben swegerr neh.. :mrgreen:

  18. Tapi ngomong2 tuh ninin masih pake ban standarnya? Karena untuk motor2 yang menerapkan sensor kecepatan speedometernya di as roda depan, tentu ketelitiannya dipengaruhi sama ukuran pelk dan ban yg dipakai. Semakin kecil diameter pelk atau semakin tipis ukuran ban maka semakin lebay pembacaan di speedometer. Cmiiw….

  19. hmmm,..artikel ini sangat membuka pikiran alayer2 yang mengganggap motornya paling kenceng…. plis de…. semakin punya motor kenceng semakin bijaklah berkendara… pilih motor karena sreg modelnya ma ati karena lebih adem dan ayem…. kalo pilih motor karena speed aja ya, suatu hari kalau ada yg lebih kenceng pasti minder…. dijual dah tu motor…. g ada abisnya…

  20. @juki, itu ban depan vixion udh g standar tuh, standarnya kan 2.75 (british) atau setara dengan 70/100 (metric), artinya lebih tipis dibanding 100/80. Wah kalau ban depannya masih standar, semakin lebay aja tuh bisa2 100km/jam vixion = 82km/jam gps dong.

  21. ga kaget ah 😀

    saya pake ninin rr, setelah ganti spido digital dengan kalibrasi lingkar ban keliatan smua,,cm brani ngegas 160an aja,,walo temen dengan spido digital juga walo beda model bisa 170 plus,,

    tp ya baru sy rasakan dengan ninin gigi 2 bs 80an 😀

    jangan salah ya 😀 pabrikan yang nelorin spidometer bawaan dengan digital pun belum tentu akurat 😀 silahkan ditest dengan gps..simpangan terlihat di atas 120 kpj.. so bwt om yg mo ngetes jangan ragu2 bejek motor2nya di atas 120 an 😀

  22. gak mesti dipertentangkan karena setiap equipment (alat) itu memiliki kelas akurasinya sendiri. Asal usulnya GPS kalu gak salah adl alat bantu militer AS yg tentu saja mesti cermat ngukur (posisi) suatu objek. Nah GPS yg skr dproduk massal (krn pertimbangan harga, scurity?) sdh pasti akurasinya tdk se akurat punyanya militer.
    Saran utk kang Iwan kalu masih penasaran dg meternya ninja dicoba lagi aja secara manual dg motor laen yg msh analog atau digital.

  23. gpp lah.,120 jadinya 92..itu kan baru gigi 4.,lagian kan tarikannya maknyosss..jadi cepet meraih speedd..
    @mas IWB.,itu ninjanyastandart apa ud ganti knalpot racing??

Comments are closed.