Waladalah…..puasa-puasa koq ada pocong nongol yak???

96

Tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba Isnawan…teman IWB semasa SMA ngeshare gambar hasil jepretan buka puasa bersama diSMKN 3 Boyolangu, Tulungagung..sebuah kota kecil diselatan Jawa Timur. Sekilas tidak ada yang istimewa kalau tidak diperhatikan secara seksama serta terbantu sign bulatan merah. Tapi kita bakalan sadar bahwa dipojok kanan atau sisi luar gedung ada sesuatu penampakan…

Captured wall Isnawan...

Doi bekerja diSMKN 3 Boyolangu sebagai staff IT dan repairing. Kemarin…tanggal 17 Agustus 2011 sekolah tempat sehari-hari doi bekerja, melakukan sholat Maghrib berjamaah setelah buka puasa bersama. Gedung sendiri merupakan sebuah bengkel yang bisa dialih fungsikan sesuai kebutuhan. Karena acara merupakan bagian dari kegiatan yang harus diabadikan, maka satu orang fotografer ditunjuk menjadi seksi dokumentasi. Aksi jeprat-jepret dilakukan hingga hasil gambar ditranfer kekomputer. Dilalah…dilayar monitor besar, terlihat satu foto ada yang aneh….semua kaget mzbro!!…

Penampakan pocong terjepret kamera diSMKN 3 Boyolangu, Tulungagung Jawa Timur. Perhatikan ukurannya dibanding jamaah dibawahnya...(17/8/2011)
Percakapan IWB diwall FB dengan Isnawan (hari ini)

Ada bayangan putih disisi sebelah kanan dekat jendela gedung. Tidak salah lagi. Sosok adalah pocong……yup pocong sedang berdiri dipojok gedung tua tempat mereka melakukan sholat berjamaah. Isnawan menegaskan tidak ada rekayasa!!!.  Jepretan gambar menggunakan kamera digital pocket. Yang membikin makin mrinding adalah….ukuran sosok pocong yang begitu besar dibandingkan dengan jamaah dibawahnya. Menurut penuturan Isnawan, pasca kejadian sang fotografer langsung ngacir keSurabaya. Entah merasa nggak nyaman atau memang ada kesibukan yang kudu diselesaikan…masih kurang jelas.

Last...dunia ini memang ada dua mahkluk berakal yang menghuni yakni Manusia dan Jin. Jin bisa melihat tindak tanduk kita sedang manusia tidak…inilah yang kadang-kadang membikin kita merasa was-was. Walau Allah SWT sudah menobatkan manusia sebagai mahkluk sempurna, namun tidak jarang banyak dari kita yang kuatir akan kehadirannya. Bahkan…sekarangpun, ketika mzbro semua baca artikel ini…IWB yakin mahkluk ghaib tersebut bisa jadi juga sedang disamping sampeyan ikut membaca 😯 . Who knows…lawong kita nggak bisa ngeliat mereka. Ya nggak?!. Pesan terakhir…..tetap pertebal iman dan tidak usah takut sebab mereka sama-sama mahluk Allah SWT. Subhahanallah(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Aighghighigihigihii… sereeeemm :mrgreen:

  • Genderuwo pengin ikut buka…… 😯 😆

  • anton nugroho

    laporin roy suryo, biar masuk infotenmen

  • baru nyadar kalau ini malam jumat

  • busyet,malem jumat kliwon yak,
    mungkin mau ikut buka kali mas,

  • wah mlm jumat misteri semua..
    *ngelirik yudi batang..

  • mzbro iwan…..sampean fbnya ada 2 toh 😀

  • ricthofen

    wah dapat remisi kali tuh pocong jadi bisa keluyuran wkwkwkwk 😀 remisi 17 agustusan wkwkwk trus mau ikut lomba balap karung wkwkwkwkwk 😀

  • iwanbanaran

    @ 4. anton nugroho
    Boleh tuh bro…buat validasi
    @ 8. *pembaca
    Iya bro…satunya khusus buat ngeblog biar lebih konsen

  • Lha yg disamping mas iwb sekarang itu apaan? 😆

  • jin nyamar

  • wong

    wedew… lama2 jadi kayak blognya kang yudibatang nih… wkwkwkwk..

  • masaofumi

    terlepas dari benar tidaknya,
    1 yp pasti masbro !
    Hidup mati kita sudah ada yg megang,

    meski rada mrinding disco jg masbro . . . .

  • Jatim sudah biasa masbro,kecuali tu pocong muncul di ujung monas

  • pocongnya narsis …. 😆

  • jono

    puasa-puasa kok ada pocong kie yo aneh to bro.., jangan2 itu setan yang ga kebagian menu buka bersama

  • uasseemm…nggillani

  • sijidewe aka snalpot99

    uasemmm mas… mana lagi dewe’an ini.. :mrgreen: wes nyetel murotal & sholawatan ahh ben sing disamping2 do kabur :mrgreen:

    :masih bar ber mrinding:

  • noveri

    gile jaman modern pocong ikutan modern jadi suka ngalay sama narsis…. 😀

  • Cyber

    Ah jebakan,jdi merinding disko

  • lahaulawalaquwwataillabillah…

    Takut, mrinding ? Iya juga, tp.. Buat apa, lha wiong jelas kita lebih sempurna, kecuali ntu Jin imannya lebih tebal dari kita xi..xi.. 😀 betu ga Kang Iwan?

  • mana kisahnya Kang Yudi , apa nambaih syerem xi..xi…

  • tenane?

  • semua juga akan di pocong…

  • sepupu ane, pulang kerja tengah malam di bulan puasa malah ketemu kuntilanak, jadi kalau pulang malam ga berani lagi lewat jalan tsb

  • dendy

    mas iwb mungkin kalo di bandingkan sama jemaah wanita terlihat besar, tapi kalo di bandingkan dengan ukuran jama’ah lelaki kok gak beda jauh

  • mazter arwin

    ijin share maz iwb,,sampean alumni SMK 3 BOYOLANGU ta maz bro?

  • MONCER

    Itu foto ibu2 mau masuk barisan Belakang..lebay ah poCong masa tanganya keluar..

  • @ 22. Triyanto Banyumasan
    betul mz…masio aq yo mrinding juga xixixi…
    @ 25. gydor
    Walah..sampeyan ki koq malah nambahin nggak enak ati to kang 😯
    @ 27. dendy
    Wah….nggak tahu deh
    @ 28. mazter arwin
    Bukan mzbro…itu teman saya aja yng kerja disitu
    @ 29. MONCER
    Mboh bro…mosok temanku bohong ?

    Administrator
  • Yudi batang punya saingan sekarang xixixi..

  • bejo

    raksasa

  • agaknya itu khodam mas bukan pocong… mengingat besarnya dan kuatnya auranya,,,, sayarasa itu khodam….

  • itu… bukannya ibu2 pake mukena/telekung ya? yg buat sholat.. kebetulan aja lagi disitu… ya ga ya ga ya ga..
    coz, klo emg pocong kan aturan tangannya ga bisa kebuka 😀

  • @ IWB .., ketularan sama Yudi Batang yah ? mentang mentang sesama Ymaha rider :mrgreen:

  • masbule

    29. MONCER

    Itu foto ibu2 mau masuk barisan Belakang..lebay ah poCong masa tanganya keluar..

    =================================================

    tampak lebih besar daripada ibu2 yg sudah didalam mesjid

    hiiiii… takut

  • ukurannya gede juga yah 🙄

    mau puasa2 juga jin dan setan itu itu tetap ada… pengalaman kok…
    saya pernah ketemu arwah ibu-ibu yang nyari anaknya, pas pulang malam dari traweh.. untung ane diselamatin ama satpam komplek :mrgreen:

    ungkapan “kalo puasa setan itu diikat, jadi mana ada setan”, kalo gda setan siapa yg ngegoda pas puasa?

  • @ 33. Akbar Kamil
    Wah disinyalir ilmune bro akbar tinggi nih…
    @ 35. Mbah Dukun
    Iseng-iseng aja sob, mumpung ada yang ngetagin keFB. Walau ngetiknya sambil merinding juga :mrgreen:

  • Mas Brot

    Yg putih2 paling lg liat2 ni orang pada pada sembahyang kok ga ngajak2 hiiiiiiiiiii

  • Redribbon Army

    saya ngrasa itu kok editing yagh?…

    pointnya di pancaran sinar lampu… lampu normal seharusnya pancaran sinarnya lurus, ini berlaku di luar lingkaran tapi tidak didalam lingkaran

    point lain di luar lingkaran tidak terdapat grain di garis lurus lampu.. sedangkan didalam lingkaran semuanya adalah grain

    tembok putih yang jadi sandaran pocong agak miring, entah perasaan ama mata saya tapi saya rasa agak miring

    tembok lagi neh deket kepala pocongnya koq ngeblurr?? sedangkan bawahnya dan atasnya tajem.

    lihat bingkai jendela. jendela seharusnya berbingkai palang (+)lihat samping kanan si pocong punyanya ada bingkai yang dirasa engga center??

    Lihat bingkai jendela lagi… bingkai jendela yang dikanan berbentuk kotak dengan palang + sedangkan dipocong ga ada bingkainya ( lihat bagian bawah pocongnya dan bandingin dengan sebelahnya…

    Lihat badan dan kepala sipocong… badannya jelas kepalanya ngeblurr…

    Yagh temen mas iwan engga bohong … karena dia kemungkinan juga dibohongi oleh kameramen… ^^ suatu hal akan terasa Hoax jika si tukang potonya ga jelas identitas dan keberadaanya.. tul ga

  • dilaptop ku kok gak keliatan ya kalo itu pocong wkwkwkwk

  • merinding iki mas :mrgreen:

  • @40^
    iya, tu bingkai jendela sandaran om pocong beda dgn jendela yg sebelahnya.. kaya dapet nge zoom cmiiw 🙂

  • SEBENERNYA ITU POCONG MAU NGASIH TAU KE PARA MANUISA BAHWA DI ALAM SANA ITU BANYAK YG DISIKSA OLEH PARA MALAIKAT PENJAGA KUBUR DAN SI POCONG ITU MAU NGASIH PESAN KEPADA PARA MANUSIA AGAR LEBIH DEKAT KEPADA ALLOH SWT KARENA SIKSAAN ALLOH ITU SANGAT PEDIH DAN BUAT PARA KORUPTOR BIAR PADA TOBAT KARENA HARTA DUNIA TIDAK AKAN MENOLONG KITA KECUALI AMAL PERBUATAN KITA YG AKAN MENOLONG KITA KELAK DI AKHIRAT THANK YOU POCONG TELAH MENGINGATKAN KITA, AGAR KITA LEBIH DEKAT KEPADA ALLOH SWT AMIN.

  • Virus

    hmmm…seram benar…waduh om iwan kyk ny ketularan om yudibatang nih…artikel yg lalu aja mulai ngebahas dmn t4 tinggal jin…btw nyambung soal foto, klo pun foto itu benar tanpa rekayasa…knp gk ad yg brpikir bahwa itu bukan jin kafir alias ikutan bribadah juga di bulan Ramadhan ini…
    *syetan jelas di belenggu bro, tpi jin berbeda dgn syetan…jin sprti manusia berketurunan juga serta ad yg kafir dan ada yg taat…

  • dendy

    @ Redribbon Army
    coba lihat gambar bulanya masa bulan nembus tembok xixixixi :mrgreen:

  • syetan itu bukan mahluk, tapi sifat

    setan = jauh dari kebenaran.

  • begitulah, tetap perkuat iman..ngeri dah..

  • Ijin share kang, kebetulan podo cah Tulungagunge…ki arek2ben podo ngeh. hahahahha

  • hmmm

    Wasu,.. baca bagian terakhir yg bikin merinding,..

  • warwer

    gedhe tenan poconge…

  • riri

    Malaikat kali tuh…..kan malaikat seneng sama kebaikan …

  • kurangpercoyo

    sebaiknya dikirim ke ROY SURYO biar dianalisis keasliannya…

  • redribbon Army

    @kurangpercoyo : ga usa sampe dikirim ke om roy suryo mas bro… mahal bayare… xixixi

    @dendy : bukan bulan itumah… lampu penerangan, bentuk dasarnya kan kotak… masa bulan kq kotak…

  • @ 40. Redribbon Army ; gw sependapat, kyknya tuh editing, biarpun ane dikit2 tau ttg photoshop.
    satu lagi tambahan warna tembok bawah samping pocong khan ijo tua, jelas banget. kok yg dibawah pocong burem2 nga jelas.
    trus dibawah pocong nga ada kyk semacam kayu lurus, sedangkan yg lainnya ada…., pocongnya juga terlalu tajam& tegas potonya, spt tdk menyatu dg sekelilingnya (*kykya pocong di crop trus di edit, dilbur sedikit, edit warna2 bereess dech…)
    biasanya kalo yg real, rada2 kabur & menyatu dg sekeliling fotonya…
    sorry, just my opinion, tpi klo emang asli…. yoo wiss mbok yach diajak masuk, khan kasian poconge kedinginann….xixixixixi

  • sandal jepit

    malaikat kali

  • Ghost

    Koncoku kae, jo do wedi, gur pengen melu ngibadah wae jane.

  • ANWARULLOH

    saya ngrasa itu kok editing yagh?…

    pointnya di pancaran sinar lampu… lampu normal seharusnya pancaran sinarnya lurus, ini berlaku di luar lingkaran tapi tidak didalam lingkaran

    point lain di luar lingkaran tidak terdapat grain di garis lurus lampu.. sedangkan didalam lingkaran semuanya adalah grain

    tembok putih yang jadi sandaran pocong agak miring, entah perasaan ama mata saya tapi saya rasa agak miring

    tembok lagi neh deket kepala pocongnya koq ngeblurr?? sedangkan bawahnya dan atasnya tajem.

    lihat bingkai jendela. jendela seharusnya berbingkai palang (+)lihat samping kanan si pocong punyanya ada bingkai yang dirasa engga center??

    Lihat bingkai jendela lagi… bingkai jendela yang dikanan berbentuk kotak dengan palang + sedangkan dipocong ga ada bingkainya ( lihat bagian bawah pocongnya dan bandingin dengan sebelahnya…

    Lihat badan dan kepala sipocong… badannya jelas kepalanya ngeblurr…

    Yagh temen mas iwan engga bohong … karena dia kemungkinan juga dibohongi oleh kameramen… ^^ suatu hal akan terasa Hoax jika si tukang potonya ga jelas identitas dan keberadaanya.. tul ga

    SETUJU..COBA MAS IWAN TANYA TUKANG FOTONYA, DIA KUNCI ATAS SEMUA INI..DOSA KALAU BOHONG….POTO INI JELAS SEKALI RANCU..MULAI DARI BINGKAI KACA YG HILANG, WARNA YG JADI BURAM DAN TIDAK SEWARNA DENGAN SEKELILINGNYA,
    DAN KITA JUGA HARUS PERCAYA BAHWA SEMUA SETAN DI BELENGGU KALAU BULAN RAMADHAN….ITU KATA USTAD

  • Belajar dari Penggembala Kambing : “Lalu, di mana Alloh?”

    http://udiendkab.wordpress.com/2011/08/19/belajar-dari-penggembala-kambing-lalu-di-mana-alloh/

  • fauzi nur_c

    Mbok ya Sie Acaranya mempersilahkan pocongnya masuk mzBro, mungkin pengen buka puasa bersama. 😀

  • Tukang Ngibul

    aahh..itu jama’ah perempuan kali……lagi nyari sendalnya..mao pulang duluan…..

  • tha

    tanda akhir jaman…
    bini ane baru kemariin kesurupan..!! siang bolong lagi..
    dasar setan emang..
    ga hari biasa..ga bulan puasa.. masih nongol juga!! (sewot:mode on)

  • Saya Yakin BUKAN POCONG..!!

    *fenomena ini menunjukan semakin TIPISnya keYAKINAN umat terhadap Ajaran AGAMAnya sendiri..

  • Tya

    itu ky’a bukan pocong maz bro,,, seperti sejenis Kunti… perhatikan rambut putih panjang, sosok’a besar….

  • sampeyan kok saiki tambah klenik mas iwan poso-poso ngene. wingi mbahas jin, saiki pocong.

  • kayak potongan asbes langit2 disanderin jendela..

  • Hadi

    saya ga percaya….ga mungkin…

  • satria biru

    klo menurut ane sih itu mungkin gambar cewe yang dah slesai sholat tapi masih make mukena n jenguk suaminya yang gi didalam mesjid…

  • F4n5 3o1Y y4N9 4L@y n4N 4bHaBh13L

    Potch0ng na imoet lutchu unyu unyu yah. .

  • Sotoshop Mas Iwan…

  • harry32

    wahhh…ini pembodohan alam gaib namanya…hehehehehehehe… kok pocongnya kayak bersandar pake tangan Mas?

  • hanya ngasi inpoh gan, mana ada pocong sege de itu, itu mah jin islam….
    mana ada pocong tahan ama bacaan2 doa…
    klo jin islam ya ane yakin….

    monggo yg setuju di dukung dong……

  • Ghost

    Kok kayakna penampakan tu spt ikut bedoaya? Liat ja tnganya.

  • medeni gan

  • Skips

    Bagi yg beragama Islam klo gak rajin sholat 5 waktu pdhl gak ad halangan ❗ Bisa jadi setan & Jin bnyk yg menggoda Ente Hhihihihhi…. 👿 Kok Ane tiba2 jd mrinding yah jangan2, liat sekeliling dulu ah 🙄 buat jaga2 baca sdikit do’a soalnya klo disebelah kta yg lagi baca blog ini ada ‘gituan’ sementara kta gak bsa melihatnya. 👿

  • nawa

    namanya jg jin (makhluk), rasullullah pun pernah memuji golongan jin yg ikut mendengarkan serius waktu beliau menyampaikan ceramah

  • ali

    @iwb
    assalamualaikum…
    setelah mmbaca 2 artikel terakhir mas iwan ttg “dunia lain”
    ada sedikit yg ingin gw share mas…

    ##########>>>>>>>>>>>///////////

    jin itu brbeda dg setan..
    jin jg bukan trmasuk dr golongan setan…
    jin adalah makhluk Allah yg diciptakan u/ beribadah kepadaNya….>>>tugasnya sama dg manusia,,,yaitu..BERIBADAH kpd ALLAH SWT.
    bedanya dg manusia yaitu alamnya, srta kmampuan mereka bisa melihat manusia, sedangkan manusia tdk bs melihat mereka.
    Namun bgmnapun itu,Allah berfirman bhwasanya manusialah makhluk ciptaan Allah yg plg sempurna.

    sedangkan setan,iblis=makhluk yg ingin menjerumuskan golongan jin dan manusia agar menjauh dari Allah SWT (inilah musuh trbesar kita)

    biodata:

    ==============================================
    Nama : Iblis,setan
    Gelar : Laknatullah ‘Alaihi (semoga Allah melaknatnya)
    Lahir : Sebelum diciptakan manusia
    Tempat tinggal : Toilet dan rumah yang tidak disebut nama Allah ketika memasukinya

    Singgasana : Di atas air

    Rumah masa depan : Neraka Jahanam, seburuk-buruk tempat tinggal
    Agama : Kafir
    Jabatan : Pimpinan Umum orang-orang yang dimurkai Allah dan sesat
    Masa Jabatan : Hingga hari Kiamat
    Karyawan : Setan jin dan setan manusia
    Partner dalam bekerja : Orang yang diam dari kebenaran
    Agen : Dukun dan paranormal
    Musuh : kaum muslimin
    Kekasih di dunia : Wanita yang hobi telanjang dan pamer aurat
    Keluarga : Para thaghut
    Cita-cita : Ingin membuat semua manusia kafir
    Motto : Kemunafikan adalah akhlak yang paling utama
    Hobi : Menyesatkan manusia dan menjerumuskan ke dalam dosa

    Lukisan kesayangan : Tato
    Mata pencaharian : Mencari harta yang haram
    Makanan favorit : Bangkai manusia (ghibah)
    Tempat favorit : Tempat-tempat najis dan tempat maksiat
    Tempat yang dibenci : Majlis ilmu dan temat-tempat ketaatan
    Alat komunikasi : ghibah (menggunjing), namimah (adu domba) , dan dusta

    Jurus Andalan :
    1. Memoles kebathilan
    2. Menamakan Maksiat dengan nama yang indah
    3. Menamakan Ketaatan dengan nama yang tidak disukai
    4. Masuk melalui pintu yang disukai manusia
    5. Menyesatkan manusia secara bertahap
    6. Menghalang-halangi manusia dari kebenaran
    7. Berlagak sebagai penasihat

    Kelemahan :
    1. Tidak berkutik di hadapan orang yang ikhlas
    2. kewalahan menghadapi orang yang berilmu
    3. Lari dari suara adzan
    4. Lari dari rumah yang dibacakan al-Baqarah
    5. Menyingkir dari orang yang berdzikir kepada Allah
    6. Menangis ketika melihat orang bersujud kepada Allah

    Diringkas dan diadaptasi dari kitab “Wiqayatul Insan minal Jin wasy Syayaathin”, karya Wahid Abdus Salam Bali, Oleh : Abu Umar Abdillah
    ====================================================

    oleh karena itu,shg ada golongan jin yg sifatnya mnyrupai setan,yg ingkar,yg jg suka mngganggu manusia.. adapula jin yg muslim, yg beriman hanya kpd Allah SWT.
    bgitu pula manusia, ..ada manusia yg sifatnya mnyerupai setan, yg senantiasa ingkar dan brbuat kerusakan di bumi, ada pula manusia yg berakhlak dan beriman kpd Allah SWT.

    balik maning ke gambar foto..
    misal itu bukan gbr rekaan,perkiraan sy itu adalah makhluk dr golongan jin muslim.wallahualam…

    dan gw tetep yakin dg sabda Rasul saw.>>
    ====================================================
    Ketika Ramadhan tiba Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ “ Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu . ” (HR. Muslim)
    ==================================================

    namun bila ada pertanyaan…
    tp knp msh ada kerasukan/penampakan?…menurut sy itu dr golongan jin..krn mrk bisa melakukan hal itu…
    trus kenapa msh ada godaan di bulan suci?
    mnurut sy, itu datangya dr dlm diri kita, mungkin msh ada sifat2 setan yg msh melekat dlm diri kita yg blm kita brsihkan dg sungguh2…wallahualam..

  • ihhh mau ikut buber tuh….

  • dasar pocong gk tau malu

  • Rumah masa depan : Neraka Jahanam, seburuk-buruk tempat tinggal
    Agama : Kafir
    Jabatan : Pimpinan Umum orang-orang yang dimurkai Allah dan sesat
    Masa Jabatan : Hingga hari Kiamat
    Karyawan : Setan jin dan setan manusia
    Partner dalam bekerja : Orang yang diam dari kebenaran
    Agen : Dukun dan paranormal
    Musuh : kaum muslimin
    Kekasih di dunia : Wanita yang hobi telanjang dan pamer aurat
    Keluarga : Para thaghut
    Cita-cita : Ingin membuat semua manusia kafir
    Motto : Kemunafikan adalah akhlak yang paling utama
    Hobi : Menyesatkan manusia dan menjerumuskan ke dalam dosa

  • scary gan kalo diliat dari perbandingan ukuran manusia didepanya . . . .

  • Briptu Norman Kamaru

    jin

    ndak tau kafir atau ngga, bisa sadja jin muslim..ikut ngaji

  • pocong mainan tu….
    jangan pecaya…….

  • Pingback: Waladalah…..puasa-puasa koq ada pocong nongol yak??? (via Iwanbanaran’s Blog) « lowongandotcom()

  • kata orang tua di jawa klo kecil itu pocong klo besar wedhon …itu wedhon mz bro soalnya tingginya keknya 3 meter …hahaha 😈

  • pocong apanya bro ??

    diperhatikan lagi, itu jelas ibu-ibu pakai mukenah….

    ahihihihihi… :mrgreen:

  • langka helmi

    bener itu pocong!pocongan rambut! hi hi hi hi hi

  • ben

    tai asu kabeh

  • Arif

    menurut saya itu asli mas bro,alias tanpa editing apapun..
    lalu menurut saya juga,di dalam kamera tersebut justru terihihat lebih dari satu penampakan.
    coba mas bro perhatikan selain gambar yg mas bro yakini itu pocong,nah disebelah kanannya itu ada suatu bulatan menyala seperti pantulan cahaya, nah itu yang dinamakan “orb”
    orb juga termasuk penampakan makhluk halus.

    tambahan:menurut saya,klo saya perhatikan,itu bukan penampakan pocong,tapi penampakan sseorang kakek. sepertinya dia adalah jin penunggu disitu

  • wich asli bner tuh ya…. kq bulan suci masih ad yg gtuan keliaran… heheheheh 😀

    http://mysitemyinfo.wordpress.com/
    mampir ya,,, siapa tau info saya bermanfaat…

  • Lha kok gmbar pnmpakan ny gc ada tuh di kmputer ni,cuma garis merah aj yg terlhat di jendela,

  • weee….
    dasar clan semua gak punya iman…
    penakut….
    pindah agama aj clen semua woii…
    islam itu agama palsu…

  • KUBIL

    POCONG NYA MAO BAYAR ZAKAT

  • Hansel

    Iwan D. Henri Setiawan, ternyata iki nama asli lek IWB..ekekekek
    Btw D iku opo lek?

  • weleh2

  • esn1422

    Menurut saya itu hanya penampakan gerbang sekolah. Kalau dilihat posisinya menerus dari tembok pagar yang terlihat dari jendela.