iklan iwb

Brother sekalian….ada beberapa informasi sekaligus pertanyaan via email keredaksi IWB tentang banyaknya keluhan oli baru keluaran AHM. Oli yang diklaim mampu dipakai hingga 4000km ternyata sudah ngedrop perfomanya ketika baru menginjak 1000km. Indikator adalah mesin menjadi panas dan kasar….

Forum Kaskus lagi santer membahas tentang kurang bagusnya kualitas MPX-1. Seperti yang dikeluhkan salah satu brother kita penunggang Absolutely Revo yang mengatakan bahwa oli MPX-1 baru dipakai 1500km mesin sudah terasa kasar. Ketika cek…oli encer seperti air. Dan…anehnya kejadian tidak hanya pada satu atau dua orang saja. Namun ada beberapa kasus yang disebutkan disitu (monggo klik aja forum yang telah disebutkan untuk detilnya). Terus pertanyaannya, gimana kita menyikapinya??…

Semua memang kudu dicek secara akurat. Sebab setahu IWb sebuah produk tidak mungkin dilolos edarkan oleh produsen tanpa melalui QC yang ketat. Apalagi oli. Cairan yang bagi mesin ibarat darah atau tulang punggung durability engine. Tentu AHM tidak sembrono dan menyadari betul konsekwensi yang ditanggung.? Secara prinsip sebelum dibuat untuk pasar bebas, suatu oli akan diuji secara teliti. Mulai dari respon pelumas terhadap deraan suhu tinggi terus menerus, berkesinambungan hingga ditemukan titik maksimum kemampuan oli dalam menjaga mesin dari keausan. Lha terus kenapa masalah diatas masih terjadi??…

iklan iwb

Konsumen berhak konsultasi dan mendapatkan penjelasan yang detil didealer yang bersangkutan jika merasakan kejanggalan terhadap tunggangan. Bawa motor tersebut keAHASS. Kalau perlu…foto rupa oli dan email kewebsite Honda jika jawaban mereka kurang memuaskan. Kedua…be smart dalam memilih tempat beli oli sebab bukan rahasia umum apapun bisa dipalsukan dinegara ini. Ketiga…monggo sesuaikan oli dengan umur motor. Khusus untuk MPX adalah oli yang diperuntukkan bagi motor engine anyar. Sejauh ini..IWb menemukan beberapa kejanggalan motor engine teknologi lawas juga dianjurkan memakai oli tersebut oleh mekanik AHASS. Hasilnya…dipastikan vibrasi mesin akan sangat terasa. Terus apa kesimpulannya??

Secara pribadi IWB masih ragu apakah benar MPX kurang bagus. Apalagi ketika IWB tanya kiri-kanan penunggang motor Honda seperti Blade dan Revo mengaku tidak merasakan keluhan yang sama ketika memakai oli berSAE10-30 tersebut. Sedang dari sisi produsen, ada baiknya dilakukan pengecekan dan campur tangan terhadap isu-isu yang meresahkan konsumen seperti kasus ini. Sebab gara-gara itu banyak para biker yang jadi ragu dan was-was untuk menggunakan oli MX. Last…isu apapun bisa diangkat kepermukaan. Tapi kalau tidak ada bukti otentik…sorry to say.. its hard to believe!!. Ada pendapat lain mzbro??…(iwb)

171 COMMENTS

  1. Saya pernah pake mpx1 smp 3500km, gara2 klupaan ganti oli. Hasilnya oli gk berkurang spt yg byk dikeluhkan konsumen thd kualitas mpx1 yg gampang katanya gampang menguap. Kl ke mesin jd agak kasar…. ya, itupun tahunya setelah ganti ke spx1 mesin jd lbh halus.

  2. gimana ga encer mas lha wong SAE 10-30 tu seencer oli samping 2 tak…
    mgkin tlinga org qta dah trbiasa dngar suara mesin yg halus jd brisik dkit diaggp ga baek…

  3. Memang banyak beredar oli MPX palsu, kecuali kalo beli di AHASS. Padahal kemasannya udah diperbarui.

  4. Gw lebih suka olie SAE 20W~50W nggak terlalu encer,gak gampang nguap,pas ganti olie volumenya gak banyak berkurang(castrol active, Enduro juga lumayan)…masalahnya ganti olie biasanya sekalian service nahhh….di beres honda gak boleh jual merk lain….jadi pake MPX tapi gak usah 4000…1500 saja.

  5. ahh Black Campaign lagi
    tapi ya ga heran kalau ada oli palsu waspadalah waspadalah
    selalu beli di dealer resmi atau toko resmi sparepart honda

    perlu kalian tau motorku karisma 2004 masi bisa tuh minum oli ini dan tak pernah bermasalah di engine

  6. Supra ane dulu mo pake MPX di AHASS sama mekaniknya sih boleh tapi pas boss bengkelnya tau malah ga boleh, katanya ga cocok sama mesinnya, disaranin pake oli yg lebih kental…
    Sebelumnya pernah pake MPX, emang mesin terasa lebih kasar.
    berarti ya pinter2 aja milih oli yg cocok & jangan gampang2 percaya sama mekanik..

  7. Iklan stoner ntar,,
    You salah pilih Oli..
    Honda motornya
    Repsol olinya,…

    Any questions..??

  8. ane juga pernah make buat Revo lawas, hasilnya…. mesin jadi kasar.
    akhirnya kembali pake Federal.
    kalau gak salah MPX itu buat motor2 geresai baru. misal Abs revo dan Blade…
    kalu mesin lama maksain pake MPX yg lebih encer ya resikonya mesin akan jadi kasar.

  9. Saya juga baru pake MPX di HSX 125 sekali kemrn (tergiur iklan ni, biasanya oli federal). Belinya sekalian service di AHASS, tapi dah 2000 km lebih tidak ada masalah tuh. Malah makin kenceng tuh…

  10. Wah saya pake mpx ni utung saja setiap 300km sudah saya ganti sama yg baru jadi ama2 saja motor absoluterevo ku sekarang kmnya baru 2000km waktu beli taun 2009 bulan april sekarang juni masih 2000km gantei oli setiap 300km di tanjakan masih kuat di gigi3 maudi jual sayang manding buat kenang2an saja 😛

  11. soal oli AHM MPX-1 ya…mnurut ane antara 2 kemungkinan aja…
    1. kualitas oli AHM ny emang parah…
    2. kualitas mesin AHM ny emang parah…
    coba aja cross check alias cek silang mesin yg terdapat keluhan td ganti ama oli merk lain rasakan beda nya…klo mesin emg terasa lebih baik berarti emang oli ny parah ya tohhh ya tohhh…
    nah klo pun trnyata gak terasa perubahan walau dah pake oli merk lain, berarti mesin ny emang parah ya tohhh ya tohhh…

  12. oli encer membuat mesin jadi berisik, tapi jadi ngacir n irit bbm…. Kualitas oli mpx gak tau… Masih setia sama enduro….bangsa untung, kita untung……

  13. jiah, suara mesin kasar bukan berarti gak bagus ke mesin bro, pake oli sesuai dg kekentalan yg dianjurkan, bukan kasar atau nggak patokannya.
    Lagipula sekasar-kasarnya suara mesin honda tetep lebih halus dibanding mesinnya yamaha.

  14. Parah nih oli.. Saya saksi hidup nya..HSX abang ganti ini, stelah 3000km km mw ganti oli lg, ternyata oli nya bener2 tinggal dikit..
    Slanjutnya ganti oli tiap 1500km dgn oli resmi honda ini lg, ternyata sama aja.. Ktika periode ganti berikut nya, lagi2 oli di mesin udah hampir habis..

    Penyebab suara jadi kasar adalah volume oli yg berkurang banyak..
    Pikiran nya gimana tuh yg komen diatas? Mesin jadi kasar ko dibilang bagus? Heran!

  15. Gw juga make ini oli tiap 2000km ganti, Menurutku memang oli ini terlalu encer untuk iklim Tropis di sini,efeknya bikin mesin kasar, cuma kalo cepat menguap ane ga pernah ngalami. memang cocoknya untuk iklim disini 10w40.

  16. oli ini buat motor baru bro, kalo buat motor yang udah kepakai lame, udah renggang clereancenya, jadi kasar, kalo moor baru kan masih sempit, dikasih oli encer jalan aja

  17. Dulu Ane jga pernah pke MPX-1 buat HSX125 lawas selama itu belum ad masalah tp suaranya agak sedikit kasar, skr balik lagi ke Federal cz lebih cocok utk mesin lawas. Tapi hati2 bro skr Oli bnyk yg dipalsu kta klo beli harus teliti. AHM harus segera meluruskan isu tersebut apakah Olinya bermasalah/tidak sblm mewabah kemasyarakat.

  18. @Virus
    Analogi yang aneh? Kalau gk mesin, berarti olinya yang jelek (wkwkwkwkwkwk). Saya tetap bepegang seperti bro Iwan jelaskan bahwa, semua produk yang keluar pasti mempunyai quality control yang sudah ditetapkan standar oleh pabrikan. Maksudnya disini ada kemungkinan olinya dipalsukan, karena di Indonesia (maaf2 aja) semuanya bisa dipalsukan, bahkan cowok pun dapat dipalsukan jd cewek (kasus icha) :mrgreen: . Untuk lebih jelas dan tidak simpang siur, AHM sebaiknya memberikan penjelasan kepada kosumen, karena nama Honda disini dipertaruhkan. Untuk mesin atau oli yang kualitasnya jelek (kata Virus)…sebaiknya memberikan penjelasan yang otentik karena pernyataan td dibaca semua orang lho :mrgreen: :mrgreen: …….!!!!

  19. kemarin sore ganti olie,selama 3x pemakaian MPX1(honda 2010 akhir),gak ada masalah,takaran olie waktu dibuang dari mesin tetap 1 liter,warna pasti berubah,gak berbusa,ane ganti dikm 1173.coba2 pake enduro 4t racing,bulan depan servis gratis pake mpx1 lagi,biar ada perbandingan(olie gratis masih dijatah 4x lagi di AHASS,total 7x)
    SALAM KARET BUNDAR?

  20. @praja…xixixixixi analogi yg aneh?
    itu kan hanya pendapat ane, maka ny ane blg silahkan cross check aja mesin motor yg bermasalah itu yg udah memake oli AHM coba ganti oli lain…simple kan
    *disinyalir ad yg kebakaran hati bwakakakakak…

  21. kalao menurut ane ada dua kemungkinan, oli palsu atau QC nya jelek, dulu waktu ane pake honda supra sering pake oli federal supremXX atau ultratex, mesin kadang alus tapi kadang juga jadi kasar padahal baru 300km.

  22. hehehehehehe sory sedikit kritik.mas iwan taunya di kaskus.pernah denger langsung ga’ dari yang punya motor.terus kalo pernah dia beli olinya dimana.bisa di percaya ga’ penjual olinya.sekarang banyak mafia produk mas jangankan cuma oli,makanan aja sekarang banyak yang ga’ terjamin kualitasnya ( case baso tikus,mie berformalin,dll ).ane pake mpx buat beat sampe sekarang oke-oke ajah.hanya sayang iklannya memang terlalu lebay.makanya pade ngikutin anjuran di iklan.masa ganti oli nunggu 3-4ribu kilo.

  23. pernah pake sekali… Sudah 1000 km pemakaian, selama 5 hari… Tak ganti oli shell advance VSX.. Takut ntar si CS1 ane KO.. Memang udah rada gak enak sih… Sama waktu pake oli top 1 seminggu pake 1000 km wah mesin udah gak enak.. Pas diganti olinya tinggl dikit, orang bengkelnya nanya dah lama gak ganti oli ya mas…? Padahal baru gnti tuh…. Kemasan top 1 nya tertulis sintetik dan warna olinya ungu…. Wah kayaknya itu oli mineral deh… Betul gak mas iwan…? Tapi sekarang top 1 dah ganti kemasan..

    meitanteiamiterasu.wordpress.com/2011/06/26/makanan-dan-minuman-penurun-kolesterol-bag-3/

    meitanteiamiterasu.wordpress.com/2011/06/26/cara-menjaga-kolesterol-tetap-seimbang-bag-2/

  24. meskipun ane blm pernah make nih oli setelah membaca di kaskus ane punya kesimpulan…
    ternyata mpx-1 emang asli dari dealer ga mungkin palsu, berarti kualitas oli yg jelek bgt… dari sekian banyak komentar keluhan hampir sama oli cepat encer dan cepat menguap, resiko ada pada mesin cepet panas dan ujung2 ujungnya turun mesin deh….
    gak mungkin semua yg komentar bohong dan semuanya pemakai honda bukan merk lain.

  25. kalau mau kental, pakai oli transmisi/gardan gan! Ditanggung halus suaranya. Denger2 penjual mokas pakai oli ini yg SAE-nya 90 😀

  26. Tampaknya MPX itu kinerjanya tergantung suhu daerah tsb bro, ane yg tinggal di Bandung g masalah make oli ini,dan dlu prnh iseng2 ngukur penguapannya jg g banyak (setelah pemakaian 3000km++) dari kerja mesin pun lbh enteng krn encer tp emang klo dirasa-rasa tmpknya lbh cpt panas tp itu untuk di Bandung, tp kenyataannya bakal berbeda klo dipakenya di daerah yg suhunya lbh panas misalnya jakarta ditambah srg kena macet pula,trnyata malah byk keluhan yaitu oli cpt nguap dan berkurang,mesin panas dll.

    makanya mgkn krn ada bbrp yg bermasalah dg oli ini ane prnh dtg ke bbrp bengkel resmi AHM d sana trnyta oli federal muncul lg!mgkn msh byk yg mrasa mtrnya lbh cck pake oli 20W50 ketimbang MPX yg 10W30

    oh iya untuk MPX sendiri sbnrnya bukan murni buatan AHM tp oli ini adalah kerjasama AHM dg Idemitsu (dlu prnh ada beritanya di slh stu media roda dua) dan menurut ane Idemitsu oli yg bagus ko cuma emang soal 10W30 nya itu loh tampaknya hrs di riset lg soalnya kynya klo di suhu tropis krg cocok tampaknya.

  27. Makanya kalo beli AHM oil jangan di tempat yg jual Yamalube. jangan juga beli di toko oli FBY, ntar dikasih yang palsu, ujung-ujungya dijelek-jelekin trus direkomendasiin oli merek lain, nah kalo udah gitu yang untung khan tukang olinya, dari satu konsumen bisa re-sale 2-3 oli, plus nge-BC oli kompetitornya.
    Kalo urusan volume oli berkurang, tolong cek dulu bagaimama pemakaian dan baut tutup olinya, bisa jadi selain penguapan berlebih, ada rembesan atau kebocoran…
    Lha terus kalo yg kecewa pake YAMALUBE kok gak pada bersuara sih, atau pada bungkam karena udah dicekokin “uang tutup mulut” atau “official merchandise YAMAHA ya?” jadi melampiaskan kekesalanya sama AHM Oli…xixixixixixi
    Selamat untuk anak buah PaEko…. BC olinya berhasil
    YAMAHA motornya YAMALUBE olinya

  28. berhasil….berhasil….berhasil…hore!!!
    saran gue daripada ngeributin produk oli orang lain,mending urusin masalah indent BYSON, beruntung lho Pak Bambang termasuk orang yg sabar…
    Oh ya sampai sekarang apakah sudah ada penjelasan resmi terkait komster oblagh atau segitiga byson yg pecah???
    Nah buat komentatpor yg selalu mengharap “penjelasan resmi dari AHM, coba tanya dulu penjelasan resmi dari YMKI terkait kasus2 tadi.
    Atau masih ingat dengan “fuel pump” Vi-Ixion??? kapan sih ada recall resminya??? masih mending matik yg dibilang banci, pernah jantan nge-recall pergantian Pin Anchor-nya…
    Eh…gimana supplai baut yg kemaren udah beres???
    ck…ck…ck…kalo mau BC mending di tempat otoblogger aja bung, banyak barisan sakit hatinya tuh!
    kalo IWB 100% blogger netral…tral…tral…tral, dan loyal pake BYSON

  29. saya pengguna spra x 125 th 09 dari pertama menggunakan oli standar dan memang ahm mpx ada kejanggalannya termasuk soal mesin jd kasar dan saya menggunakannya hanya 1000km dan kadang malah gak sampe

  30. @ odong
    zzzzzzzz….. Sampe segitunya ngebela AHM…. Masalahnya oli MPX1 AHM ini deger2 banyak keluhan tidak seperti federal oil (oli resmi sepeda motor honda versi sebelumnya)… Tidak ada kaitannya sama yamaha dan problem2nya…

  31. Sama nih NMP ku jga pakai MPX1 ketika habis dipakai trus putaran langsam baru kedengeran suara kasar di atas head silinder….tapi ketika gas di tambah setengah putaran dan lepas ke langsam lagi suara jd hilang, kemarin sempat telat over 600km oli berkurang 200cc alias tinggal 800cc…
    Besok mau coba ganti Yamalube Gold 1L aja lebih kental 20w-50…
    Biar ga cepet menguap and mesin lebih awet ketika diajak kerja berat meski tarikan jadi korban….

Comments are closed.