iklan iwb

Walau semua sudah tahu bahwa Yamaha Byson menganut sistem kondom pada tankinya namun tidak banyak? yang tahu gimana pabrikan mendesain dan mengadopsikan sedemikian rupa untuk bisa diaplikasi kemotor harian. Berbagai pertanyaan pasti muncul tentang durability, kemampuan mendapatkan tekanan dan lain sebagainya. Karena itu IWB bernisiatif membedah lebih lanjut untuk share informasi guna menambah pengetahuan….

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, Tanki kondom sikebo diikat oleh 4 kunci L persisinya serta satu kunci plus. Pada masing-masing baut L dibalut ring semacam mika supaya tidak menggores? permukaan cat tanki. Sedang cover tengah, tercatat ada 3 baut kunci plus pada sisi kiri kanan dan center bawah.? Hasilnya kokoh tanpa ada gejala goyang atau kendor. Kalau kita bongkar, ada satu hal yang menarik atas desain gen FZ16. Untuk mengalirkan guyuran air atau tumpahan bensin supaya tidak menuju body tanki bawah, pabrikan membuat semacam ring dari karet melingkari leher congor bensin atas yang dialirkan lewat pipa besar pembuangan. Simpel dan cerdas…!! terbukti ketika kita longok tanki kaleng dibalik jubah kondom sikebo…..semua dalam kondisi bersih. Bisa diprediksi dengan sistem kondom ini bakal membuat tanki asli berumur lebih panjang sebab gempuran air hujan atau sengatan sinar matahari tidak menghajar langsung tanki asli (terlindungi cover luar). Terus gimana jika terkena benturan??….

Sikebo dipretelin...

Kondom Byson terbuat dari bahan ABS. Berdasarkan pengalaman ABS termasuk mumpuni dalam menerima tekanan atas stress berlebih. Kecuali tabrakan benar-benar ekstrim. Seperti yang pernah IWB baca, ABS merupakan hasil polimerarisasi monomer Acrylonitrile, Butadine dan Styrene serta zat tambahan adiktif lain.?Acrylonitrile mempunyai keunggulan sangat tahan terhadap zat kimia. Mangkanya klo mzbro guyur dengan bensin, minyak tanah, thinner dan bahan kimia lain…ABS tidak bakal bergeming. Selain itu kolaborasi Butadine dan Styrene membuat ABS bukan seperti plastik biasa alias kuat menerima deraan sinar UV matahari serta cuaca ekstrim lain. Sifat inilah yang tidak didapatin pada plastik biasa dimana lambat laun bakal getas dan rapuh. Jadi IWB pikir semua konstruksi sudah dihitung dan dipikirkan secara matang untuk maximum lifetime. Hanya satu kelemahan dari sistem ini yakni tidak bisa menaruh barang berat ditanki depan. Semoga berguna……(iwb)

iklan iwb

66 COMMENTS

  1. @ Ndeso Klutuk
    Wah sejauh ini belum nyoba mzbro. Tapi kalau buat amannya sih mending jangan. Takut ambrol…

  2. @ndeso kluthuk: tiap hari ane nganter anak ke sekolah (TK) bobot 16 kg mintanya duduk di ats tanki, gak ada masalah…

  3. bukannya daridulu tangki2 yg tutupnya model rata gitu emang ada saluran pembuangannya ya

  4. setubuh bro,
    Selain mudah dalam perawatan, mudah juga dalam pergantian model jika pabrik aftermarket buat fariasi model berbeda dari yang ori, plug n play.

  5. sekedar berbagi info : buat agan2 yang punya kebo, memang benar tentang tempat pembuangan tumpahan bensin dan air yang masuk melalui celah tanki itu agar tanki bensin tidak kontak langsung dengan air hujan dan membuatnya lebih bersih. kalaupun ada air yang masuk ke dalam tangki masbro gak usah pada khawatir karna bahan plat yang digunakan dalam pembuatan tangki si kebo sudah menggunakan plat plating jadi sudah dijamin anti karat……….

    • mas bro..klo tutup bensin tuh kebo di ganti pake tutup yg nempel macam vixion gt bs ga ya.? soalnya risih jg klo harus megangin tutup bensin pas isi bensin..

  6. tangki bensin byson punyaku kok bs kemasukan air ya mz???apa tutup tangkinya bocor??jd mogok terus mz

Comments are closed.