iklan iwb

Gelisah, penasaran, takut…rasa ini yang mungkin mendera sebagian besar biker tanah air khususnya penunggang new Megapro. Walau belum ada bukti berpengaruh terhadap kekuatan sasis namun semua merasa ada kejanggalan atas desain coakan besi penopang mesin depan siMegy. Dan patut diingat bahwa isu ini sudah menghiasi hampir seluruh blogsphere otomotif roda dua tanah air…..

Kualitas?? tidak ada yang meragukan. Siapa berani membantah kedigdayaan produk-produk Honda. Ibaratnya walau fisik sudah rentapun, sikuda besi masih ngacir tidak ada halangan. Tidak usah jauh-jauh…bokap IWB hingga detik ini masih memiliki Honda GL100. Saking sayangnya ditawar tinggipun enggan menjualnya. Alasan?? bandel, awet dan antik tentunya. Motor merupakan lansiran tahun 1983….jadi umur sudah menginjak 28tahun. Mesin???….jos gandos no complaint!! Begitu pulsa sasis…tidak ada yang namanya peang atau tidak center. Padahal bentuk swing armnya kurus layaknya bebek. Apakah kekuatan mbah buyutnya akan diwariskan kegenerasi berikutnya??? semoga saja…..

Kembali ketema judul…Dazzler sebagai gen dasar New Megy mempunyai desain sasis berbeda dibanding Megy lawas. Walau sama-sama menganut tipe diamond tapi konstruksi lebih menyerupai sang kakak…Honda Tiger. Terus apa yang menjadi masalah???….bisa diintip dari ulasan bro kita, Mz Mulyanto atau hourex150l (klik disini), dan satu lagi bro Hendrawan (klik disini) serta masih banyak ulasan lain dari para bro kita didunia maya. IWB ambil intisari dari semua pembahasan yakni kekuatiran kekuatan sasis akibat sebuah coakan besar didepan mesin dekat leher knalpot. Kalau dalam opini pribadi sebenarnya tidak mungkin para insinyur Honda luput memperhitungkan setiap detil rancangan mereka. Tapi bukan analisa yang dibutuhkan. Bukan perkiraan yang ditunggu. Namun………..

iklan iwb

Yang dibutuhkan saat ini adalah klarifikasi atau respon pabrikan. Apakah hal itu disengaja?? apakah tidak berbahaya?? apakah tidak mempengaruhi durabilitas sasis??…..berbagai pertanyaan seyogyanya segera ditanggapi. IWB yakin….Honda dan timnya yang solid tidak akan berdiam diri. Kejujuran dan? quick respond dalam One Heart pasti dijunjung tinggi. So kita tunggu saja mzbro…….(iwb)

Noted : Image Hourex150l property

89 COMMENTS

  1. pengen buru2 ngonter si giant killer sih , jdi sasis yg udah ada dibajuin aja, kl gak pas tinggal di coak xixixixii…., konsumen byk yang gak tau di iklanya gak di sebutin ‘PLUS coakan’. (mirip kasus byson mending sempurna tapi agak lama aka indent dr pd redy stock + coakaan)

    Nb:apa masih gak center ya swingarm/ban ma body/ekor kyk megi lama

  2. perasaan weekend kemarin udah baca klarifikasinya deh, tapi karna lumayan banyak yang dibuka2 jadi lupa bacanya dimana…

    kangmase.wordpress.com/2011/04/25/analisa-harga-motor-sport-dari-india-termasuk-prediksi-harga-yzf-r15/

  3. wah new megapro ku ada coakannya jg, pny temanku jg ada…
    apa memang begitu adanya yah semua nmp…?

  4. mungkin honda ngabisin stok yg ada dulu mas iwan, kalo ditambal ntar malah dibilang cacat produk atau apalah….. kalo dibuang kan mubazir, dan produk yg baru mungkin ngga pake coakan.

  5. bro, ak pny kesimpulan kenapa di coak gitu, krn untuk tempat baut knalpot biar mudah masuknya, kalo misal gak di coak susah masang baut knalpotnya…
    cb di cek deh yg pny nmp, pasti setuju….

  6. serba salah, mau ngasih klarifikasi rangkanya sudah bagus ntar ambrol beneran tuh frame. lha mau recall juga mikir2 brp motor yang harus ditanggung tuh (frame jeh, ora murah xixi..) yah berkaca sama tulisannya bro arantan sih emang kasus ini patut dikhawatirkan, megapro lawas yang gk ada coakannya aja sampek patah 2 kali sama sang konsumen yang memiliki body extra. AHM buruan tuh ambil tindakan…

  7. 12. bennythegreat,
    Jangan lupa segitiga retak byson juga direspon sama yamaha.
    ——————————————————————————————————–
    Hihihi, btul yg sudah jelas2 terbukti byk masalah aja gak ada penjelasan, apalagi kasus coakan yg blum terbukti efek sampingnya.
    Ini lg kirain isinya klarifikasi dr atpm,taunya sama aja ******, cape deeehhh.

  8. yg pnya NMP d coba dlu bka N pasang knalpot,lalu perkirakan kalo itu sasis gak di coak mentok ato kagak sama leher snalpot..

  9. cb dazzler yang di india juga sama kok masbro….ada coakannya juga. nih fotonya:
    4.bp.blogspot.com/_zQxilFy6w-0/TGWGjbE3-UI/AAAAAAAAAyA/aLe1LPKacLY/s1600/floating-side-cowl_CB-unicorn-Dazzler.jpg

  10. Bukannya gini Bro:
    “ISU BYSON PERSENELING DOWN SHIFT SENDIRI SUDAH SEPATUTNYA PABRIKAN MERESPON..”

    Harusnya lebih Care tunggangan sndiri dulu lah..

  11. mudah2an diRECALL,’N ganti ALL NEW CBR 150R gratizzzzz
    *ngarep.com
    SALAM KARET BUNDAR?

  12. wah, coakan yang sangat fatal mnurut ane, apalagi buat ane yg sukanya make motor kelewat lama, biasanya setelah 8thn baru dijual,

  13. emank dah trbukti bermasalah? Kagak kan!
    Cb dech Byson yg dah trbukti mesin bnyak yg rusak, cakram xeon yg cpt karatan, konstir vxion yg cpt oblak, velg mio yg cpt peyang, kgk ada respon dr YMKI kan?
    Setuju mas Iwan?

  14. Cuile FBH kebakaran jenggot sampe nyerang prodak kompetitornya

    Gak segitunye kali….topic nya honda nyerangnya ke yamaha…… kebakaran jenggottttttttttttt seh

    CCD

  15. mengkuatirkan sesuatu yang belum pasti menjadi masalah…seharusnya yang memberikan kekuatiran juga menjelaskan asal pemikirannya dari mana…krn kalo diliat itu bukan rangka utama,lgan sudah ada penguatan..klo di GL ane dulu kalo baut mesin dibagian itu longgar getaran mesin distang lumayan gede.tapi tetep mmg layak dipertanyakan,tapi menurut ane,honda sudah terbukti dengan recall terbukanya..klo nanti ada masalah ya silahkan di blow up aja…mgkn yang punya link langsung ke ahm segera ditanyakan…tapi tetep jgn lupa konsen juga ke hal yang uda jadi mslh saat ini,jgn sekedar dishare lalu lupa…ya klo gt entar pabrikan juga males..”biarin aja ntar mreka lupa..” (sama kyk pemerintah hahaha)

  16. ada FBH yang kebakaraaan… kebakaraaan…

    Wkwkwkwkwk… Baru disinggung coak aja udah sewot begitu. Gimana klo udah kejadian banyak cacat kaya byson ya? Senyum dong brur 😀

  17. nurut ane sih mungkin udah diitung kekuatannya, cuman gimana yah, kyk ngedesain asal2an aja sampe ada coakan kyk gitu, gk menarik sama sekali

  18. Justru harus ada coakannya, kalau terlalu dekat dgn knalpot, panas knalpot akan mengurangi kekuatan rangka. Lagipula jadi lebih gampang nglepas knalpot. Soal estetika saja, jadi kelihatan jelek.

  19. @bro Iwan,
    emang dgn coakan spt itu ada kasus yg mebahayakan ya?

    sejauh ini ane gak pernah denger komplain dari pemilik NMP, yg sering denger malah komplain dari pemilik Byson yg konon katanya lemotlah, tangki plastiklah, material abal2lah, dll.

  20. @to all FBH:

    Sebenernya kan pertanyaannya cuma “kenapa dicoak?”, klo memang didesain seperti itu ya ga masalah jg. Tp secara struktur apa aman? Itu yg perlu dijelasin.

    Topiknya “kenapa didesain seperti itu” brur, bukan soal cacat produksi. Klo memang desain awalnya sudah begitu, knp dari awal bukan penempatan lubang knalpotnya aja yg digeser? Atau mungkin dgn dicoak akan ada efek yg baik buat motor? Lebih stabil mungkin? (kayanya ngga deh :P)

    So… Baca dulu artikelnya baik2. Malu kan klo keliatan blo’onnya. Saya bukan FBY, cuma 2 wheeler enthusiast.

  21. ini bukan masalah pinter atau bloon… kita juga semua udah tau masalah coakan itu agar lebih mudah pemasangan knalpot. ga apa2kan kasih comment…

  22. @aab
    hehehe… Santai bro. Reason masbro masuk akal kok, coz pertama kali saya ngeliat coakan disitu, saya juga beranggapan klo itu buat mempermudah buka baut.
    Yang saya sesalkan cuma knp ada yg menghubungkannya dgn kasus cacat produksi. Sudah jelas topiknya “knp desainnya begitu? tujuannya apa?” bukan “knp ada kasus seperti itu? QCnya gimana?”
    Cacat produksi mungkin “hanya” terjadi pada 100-200 motor. Kalau desain ganjil terjadi pada semua produksi. Cacat produksi udah pasti salah, perlu tindak lanjut. Desain ganjil blm tentu salah, tapi tetap perlu diklarifikasi.

  23. iya bro angga…. pada banyak yg nyasar…. biasalah kalo diforum emang gitu, kalo ga begitu ga seru… ya kan….. hehe….
    btw… mas iwan kemana neh ….

  24. hehehe..blogger komennya kok ngatain orang blo`on..ck..ck..bagus klo punya wawasan/pandangan diluruskan dan disharing…malu boss…

  25. Yah gini aja,
    ga usa saling menjelekan,
    masak sama” jelek saling menjelekkan?

    kalau emang diamondframe newmega sama ama punya Tiger, silahkan di cek ke2anya,
    kalau bisa d foto jg buat perbandingan…
    Trus kalau ada perbedaan, sbg blogger, anda mlakukan perwakilan dr masyarakat untuk krim email ke Honda,,
    sekalian biar dapet kado lagi…
    Hehe

  26. Hahaha…rangkanya nmp lumayan besar brooo, tigi pun kalah. kalo cuma menopang beban nmp, gak masalah. bloggernya pemilik byson ssiiihhhh…

  27. yang bilang rangka NMP aman bisa jelasin gak secara logis itung2an nya…berat NMP lebih berat dari tiger lo…kok coakannya lebih besar

Comments are closed.