iklan iwb

Sudah hampir dua minggu Pulsar220 diluncurkan. Respon biker terbukti cukup positif dengan banyaknya inden mengalir kedealer-dealer Bajaj. Eforia ini bisa dimaklumi mengingat Pulsar220 bukanlah motor sembarangan jika menilik dari sisi value yang ditawarkan. Apa saja sih….?? yuk kita bahas sama-sama…

Pulsar220 saat ini merupakan produk flagship pabrikan Bajaj. Karena itu segudang kelebihan dijejalkan padanya. Mesin 4 tak 220cc digital twin spark ignition, dikombinasi digital DC CDI dengan TPS control serta sistem kelistrikan full DC membuat respon tarikan Pulsar menjadi enteng dan merata dari bawah keatas. Pada saat mesin dinginpun tidak usah kuatir sebab Pulsar dibekali fitur auto-choke. Untuk meredam panas berlebihan, oil cooled system datang menjadi penawar. Durability gimana?? jangan kuatir. Terbukti diSentul kemarin Pulsar perkosa habis-habisan oleh para tester yang mencapai 60orang lebih…tapi sikuda besi tetap melenggang kangkung. Berikut saya ringkas kelebihan sipulsar…

1. Suspensi Nitro
2. Garpu depan besar (37mm)
3. Jarak sumbu panjang hingga motor stabil pada high speed
4. Ban besar (tubeless depan 90/90/17 belakang 120/80/17)
5. Split seat…sport look
6. Stang jepit…meredam vibrasi
7. Speedometer digital full
8. Lampu depan halogen 55w
9. Lampu belakang LED
10. Double disk
11. Illuminated handle bar switch
8. Mesin?? semua sudah pada tahu deh kayaknya 😆

iklan iwb

Speedometer Pulsar series tergolong informatif dan komplit sebab didalam konsol terdapat sensor aki, filter udara, bensin, odometer, temperatur engine, dan day-night mode display. Untuk yang terakhir adalah? kemampuan LCD melakukan sensor terhadap siang atau malam. Artinya jika pada siang hari cahaya speedometer akan meredup, sebaliknya pada malam hari porsi cahaya akan ditambah supaya pengendara bisa melihat layar speedo dengan jelas. Oh ya…walaupun Pulsar menganut sistem DC, artinya lampu depan akan langsung menyala jika kontak dinyalakan…tapi untuk saving energy aki, lampu hanya menyala beberapa saat sebelum kemudian switch off secara otomatis (pada kondisi mesin mati). Fitur ini dinamakan battery save on headlight ON position. Lha terus yang mana dong fitur unik P220 dibanding motor lain??….

Yup…Pulsar mempunyai fitur auto filament switch off head lamp. Fitur ini adalah kemampuan lampu kedua untuk? memback up lampu utama jika terjadi putus bohlam. Jadi mzbro tidak usah kuatir ketika touring lampu Halogen ngambek, sebab secara otomatis nyala lampu akan dialihkan lampu kedua. Asyikkan bro??. Melihat semua kelebihan diatas tentu harga yang ditawarkan Bajaj memang merontokkan iman. Sebagai additional info…khusus warna hitam, stang jepit serta handle belakang juga dilabur black colour. Selebihnya silver semua. Urusan mesin?? sekali lagi tidak usah ditanya. Dijamin kencang untuk ukuran diplacement 220cc. Ora percoyo?? monggo dicoba wae. Semoga berguna….(iwb)

Komparasi P220 melawan motor lain….

48 COMMENTS

  1. kelemahannya harus diulas juga biar adil..

    – ban MRF itu licin ketika basah
    – indikator bensin tidak akurat
    – sensor speedometer kalau sudah kotor akan ngaco

    cekidot…nitip artikel lama 🙂

    bennythegreat.wordpress.com/2009/10/02/tips-dan-trik-seputar-bajaj-pulsar/

  2. P220 juga ada Self Canceling Blinkers .. sein akan mati setelah berbelok dan stang berubah lurus kembali ..

    Ini catatan pas ane test di Hari pertama : andryberlianto.wordpress.com/2011/03/10/pulsar-220-dari-dekat/

  3. @ Hourex
    Yup….bener mzmul
    @ Willy
    Suara agak ngebas..sedikit beda dengan yang lama…
    @ Benny & andry
    Nais inpoh bro…
    @ Bintang
    Wis ngiler cepet ditebus aja 😆

  4. nambahin dikit ya….ada oil cooler sehingga lebih pede karena gak takut over heat seperti di gambar. Harga termurah untuk ukuran ccnya.

  5. mas Iwan untuk ban MRF seperti yg dibilang bro benny..yg sekarang mungkin lain sama yang dulu..sekarang udah ada label SNI trus udah pake jenis compound yang soft..saya pernah kecepatan 86kpj ban masih gigit n gak kerasa licin sama sekali pada saat nikung juga masih gigit koq..mungkin mirip2 ban IRC lah…kebetulan saya pake megapro sama pulsar 180 juga..

  6. makanya si scorpio dirubah donk

    ramboeistblast.wordpress.com/2011/03/25/byson-miniatur-fz8-harusnya-scorpio-miniatur-xj6/

    ramboeistblast.wordpress.com/2011/03/25/kenapa-motor-bebek-yang-banyak-melakukan-pelanggaran/

  7. kulonuwun,
    sep masrob ulasane. (tambahratjoenpulsarnih)
    ditunggu lanjutane… 🙂
    zwingggggghhhhhhhh,,,

  8. performa pulsar memang menggoda..

    tp desain menjadi halangan bagi saya untuk memilihnya (subyektif)….

  9. kulonuwun,
    kalok design yang bikini bisa gak ya dimodif biar pulpairing??
    zwingggggghhh,,,maturnuwun,,,,,,

  10. menggoda iman, padahal FU masih baru 🙁 piye mzbro?????

    wordbola.wordpress.com/2011/03/25/teknologi-sepakbola-kevlar-lace-pada-adidas-adizero-prime/

  11. Kok lucu ya masbro, klo siang backlight speedo malah meredup & klo malam malah makin terang. Harusnya kan terbalik. Klo siang justru backlight speedo harus lebih terang, krn efek cahaya dari luar bikin speedo digital ga bisa diliat dengan jelas. Klo malam kan sekitarnya sudah gelap, jadi ga perlu cahaya berlebih utk speedonya. Ini udah diterapkan di mobil2 keluaran terbaru. Klo lampu utama menyala, otomatis lampu speedo akan meredup, begitu juga sebaliknya.

  12. mo tanya mas…. itu di pic kyak oil cooler???? sprti yang di satria FU… klo iya brarti juga merupakan salah satu kelebihannya juga dunk????? thanks…

  13. mocinrider.wordpress.com/2011/03/24/gila-bebek-110cc-made-in-malon-udah-pake-pro-armmono-arm/

    mocinrider.wordpress.com/2011/03/24/demak-dmr-150r-kloningan-cbr-dari-negeri-malon-bermesin-dohc-mirip-fxrfu150/

    mocinrider.wordpress.com/2011/03/24/moge-benelli-bakal-masuk-indonesia-akhir-tahun-ini-bareng-qianjiang-tentunya/

  14. @ Sekopati, p@rost, andi
    Tq tambhannya mzbro
    @ Angga
    Itu yg saya tangkap mzbro. Apa salah pengertian ya? Btw nais info. Berarti ini masih kabur antara yg terang pas siang atau malam xixixi. Yo wis dicek masing2 aja 😆 .
    @ Damhar
    Sejauh yg saya tahu lum ada mzbro…
    @ aak
    Betul bro berarti krng tambh kecuali tachometer

  15. pengen nambah koleksi….sdh punya 200….(20 bln sdh 46 rb an km) no prablem segalanya…aman….raja turing…raja kenceng…raja irit…tanjakan dilahap….
    Utk spedo klo malam/siang mendung tambah terang cahayanya dan siang panas terik cahayanya redup….
    Spedo pulsar 85an kpj, spedo tigi (jepang) 100an kpj….top speed pulsar 200 130 kpj (pabrik) berarti tigi (jepang) hrs 150an kpj utk ttp sejajar dgn pulsar…apa tigi sampai segitu top speednya….?????

  16. Lho, pengapian Pulsar 220 ini bukannya masih arus AC langsung dari spul juga ya ? Atau sudah benar2 full DC ?

    Tambahan info yg menurut saya sangat penting, kelain kelistrikan DC, pengisiannya sudah memakai spul+magnet 3 fasa ala moge, yg menjamin tingkat pengisian yg deras. Pada RPM 4000 ke atas, memasok arus DC 10+ A bukan hal yg sulit oleh Regulator-Rectifier full wave nya, tapi tentu tergantung kebutuhan motor juga. Jadi mau touring dgn perangkat lenong yg beragam, Pulsar 220 sudah selangkah di depan pesaing sekelas saat ini (cma Thunder 250 yg bisa menandinginya, namun sudah discontinue), CMIIW.

  17. tapi kualitas rangkanya bikin ragu ya? pdhl pgn beli

    wordbola.wordpress.com/2011/03/25/mengenal-teknologi-lace-cover-pada-mercurial-vapor/

  18. kekurangannya di pihak BAI-nya aja mas,
    gak benar ngurusin sparepart, banyak dealer yang nakal seperti tidak mau tahu masalah sparepart ini, trus juga keahlian mekanik kebanyakan “kurang”….
    Mohon para blogger menyampaikan itu ke pihak BAI,, secara saya juga fans pulsar series sebenarnya

  19. Hmm, kalau lampu jauhnya membackup lampu dekat apa gak akan menyilaukan pengendara lainnya ya ? Tapi untuk darurat si oke-oke saja.

    Soal speedometer kok kebalikkan dengan mobil ya. Kalau mobil ketika siang backlightnya terang. Kalau malam(kondisi lampu nyala) Backlight akan redup. Di Yaris saya begitu.

    Apa mungkin karena Backlight speedo Yaris warna putih sehingga kalau malam terlalu silau ?

  20. @angga&@rizqibe: setahu saya yg uda liat ke dealer bajaj sii bklight speedo itu kalo siang terang kalo malem meredup,, bsa dibaca kok di poster tentang fitur” pulsar..

  21. Pulsar emang motornya mangstab, tapi jaringan S3 nya hoex cuih
    menurut ane sih, kl jaringan 3S nya bajaj udah mangstab dijamin pabrikan laen pada gulung tiker, kwkwkwkwk

  22. Nimbrung nih masbro……..
    mau tanya, kalo lampu indikator yg letaknya pada rpm sering nyala merah kemudian disusul sama putusnya sikring yg dibawah jok depan, ini gejala apa ya mas ?? tolong dong dberi impoh, terima kasih.

Comments are closed.