iklan iwb

Judul ditas tidak bermaksud provokatif atau konyol.? Cuma? sekedar share rasa mengingat begitu banyak biker yang menanyakan perihal ini. Enak mana sih Byson dengan Megapro lawas?? (bukan NMP lho 😆 ). Lebih kencang mana sih larinya?? dsb. Mengingat dulu secara pribadi sudah pernah nyemplak siMegy hampir 8 tahun lamanya sebelum pindah keByson berikut impresi yang saya rasakan….

Setiap motor memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupula dengan Byson dan Megapro lawas. Wah masak bandinginnya Megy lawas?? eittt…jangan meremehkan engine Kaizen mzbro. Soalnya terbukti memang bandel habis walau kita sering didera vibrasi berlebihan. Oke…daripada banyak khutbah, langsung sesion komparasi:

Desain :
Wah kalau ini bisa dibilang seperti langit dan bumi. Byson menang mutlak dibanding megy lawas. Mulai dari kaki-kaki, perangkat ban, suspensi depan, tanki gambot full kondom….tak diragukan gen FZ mengungguli Megy (bisa dilihat sendiri mzbro).

iklan iwb

Fitur :
Sekali lagi Megy kudu nyerah. Walau engine sama-sama SOHC pendingin udara, tapi Byson sudah dibekali YRCS (Yamaha ram Cooling System)…sehingga sirkulasi udara kemesin lebih terarah. Speedometer digital juga menjadi nilai lebih sikebo. Cuma satu kelemahan produk Yamaha yaitu nihilnya SKS….

Sasis:
Secara tipe mereka berdua menganut tipe yang sama yaitu Diamond chasis. Tapi distribution-weight Byson lebih mumpuni. Bisa dirasakan manuver, kelincahan mengungguli Megy. Monggo dicoba zig-zag dengan kecepatan tinggi sekalipun sikebo nurut tanpa komplain. Hal ini juga tidak lepas dari sisi penghitungan geometri plus perangkat kaki-kaki Byson yang besar. Oh ya…satu lagi, pengendalian Byson ketika dibuat boncengan tidak menyiksa alias handling tetap enteng. Ini sangat berbeda dengan racikan motorsport Honda dimana handling langsung drop. Joki dibuat kedodoran jika bonceng seseorang. Apalagi kalau beban hingga 75kg lebih….wis dijamin kuda besi seperti susah dibelokkan dan kesan ambles kebelakang begitu terasa…

Engine :
Nah ini yang banyak ditanyakan oleh para pengunjung warung. Oke….sisi perfoma secara feeling, Byson menang dari tarikan bawah. Kendati ban gede segaban torsi begitu terasa terutama di3ribu hingga 6ribu rpm. Tapi jangan harap ketika rpm sudah menginjak 6500-keatas tendangan langsung drop….lambat untuk mencapai 9ribu. Khususnya pada gear 4 dan 5.Karakter ini berbanding terbalik dengan Megy. Karakter mesin Honda, mantep pada putaran atas. Walau ketika digas biasa Megy terkesan lemot…namun waktu gas dipuntir mentok, dan sedikit colek kopling, erangan engine Megy begitu mumpuni. Jadi jangan heran kalau mzbro dilampu hijau sering ditinggal motor-motor bebek tapi tidak ketika geber-geberan. Torque Byson yang besar ternyata juga menguntungkan pada kondisi jalan menanjak. Sangat terasa Byson lebih powerful dilintasan pegunungan……dengan kata lain tidak butuh bejek gas dalam. Sedangkan megy kudu mengail rpm tinggi guna menaklukkan jalanan yang menanjak. Kelebihan lain adalah vibrasi engine. Lewat Rocker roller arm, getaran mesin Byson termasuk sangat halus. Terus bagaimana dengan top speed?? ini yang susah sebab sudah rahasia umum kalibrasi speedo masing-masing terdapat perbedaan. Dan saya merasakan Speedo digital gen FZ ini memang mendekati akurat. Ketimbangan mungkin hanya berkisar 4km ketika dicompare dengan GPS. Sedang Megy….nggak tahu, soale belum pernah test. Tapi jika melihat topspeed dari speedo bawaan pabrikan….record terbaik Megy 130km/jam sedang Byson hanya 113km/jam…..

Yup itulah sekilas apa yang saya rasakan. Semua tergantung kebutuhan. Jika sampeyan suka geber-geberan, Byson sama sekali tidak cocok, so mending motorsport racikan Honda. Sebab kakakter mesin sikebo yang smooth dan cenderung jinak. Tapi jika dibuat touring atau perjalanan santai tidak diragukan, naik Byson pancen ueeennnaakkkk (lebay mode:on). So semua saya serahkan pada mzbro semua yang menilai. Jika ada yang kurang puas, monggo tinggalkan pertanyaan dikolom komentar. Semoga berguna……(iwb)

59 COMMENTS

  1. Klo megapro yg aslinya velg ring 18 diganti ring 17 ada pengaruh di spidometer apa gk? Yg ane tanyain apakah akurasinya berubah? Maaf klo OOT

  2. ane pake kebo bro
    power bawahnya emang asik banget bermodalkan knalpot racing silencer nob1 yg buat matik, lehernya custom(lupa ukurannya, pokoknya leherannya lebih kecil dari knalpot std byson, soalnya bukan cuma silencernya yg dikondom tapi leheran aslinya juga di kondom) + ganti pj yang lebih gede.
    tarikan bawahnya mantep banget sampe bisa wheelie pas ganti gear1 ke gear2 tapi ga tinggi2 amat wheelienya
    cuma tarikan atasnya masih drop banget
    klo udah nyentuh 90kph naik nya berat bgt
    tapi handlingnya emang super nyaman

  3. Punya ane mega pro 160cc speed 6 pakai kenalpot nobi dual soun gk sengaja di lampu merah jumpa satria fu 150 cc dan speed pakai kenalpot r9 punya ane tidak bising tapi si fu bising buat naik darah gitu gua geber kaget dia wkwkwk.. Ngajak balap ane ladenin gitu hijau langsung gas ane masih di blakangnya gitu trek panjang dia jau di blakang 2 tiang padahal 6 speed kurasa oranhnya gk paten.

  4. megapro ane kluaran 03,, gk bisa larii..
    maksimal 90km/jm, apa gra2 hbis ganti cdi 90 rbuan itu ya??
    rangka bwat lari segitu udah oleng senua..
    tolong solusinya ??
    sepedane ampangg bnget…..
    bwat jalan zik zak gk bisa..

Comments are closed.