Test Ride CBR250r Kenjeran part2: ABS memang beda..!!

14

Tak kenal maka tak sayang mungkin berlaku untuk merasakan secara langsung perbedaan kedua kuda besi. Banyak pendapat yang mengatakan pengaplikasian sistem ABS pada CBR250r merupakan tindakan percuma. Sebab power kecil ditambah harga yang tinggi (beda 6,5juta) dianggap langkah berani dan malah merugikan kans varian ini. Tapi tatkala sampeyan mencobanya secara langsung….opini tersebut bisa saja berubah!!

Merasa kurang puas dengan test yang hanya 3 lap (Kamis 10/Maret/2011), maka memutuskan kembali mencoba siCBR250r. Apalagi permintaan mendapat lampu hijau dari bapak Nyoman sebagai perwakilan AHM pusat.  Yo wis ngacir mengenakan kostum kembali. Tanpa sengaja, test kedua disodorin CBR250r silver (non ABS type). Kala itu tidak terlalu memperhatikan tentang perbedaan kedua besi. Soale wis kadung terbius untuk menggeber mesin DOHC 250cc…..

Singkat cerita pada kecepatan tinggi, menghadapi L1…hard braking. Respon mengagetkan sebab kepakeman kaliper tidak semantep CBR warna merah (ABS). Alhasil melebar dari racing line yang biasa saya lakukan pada test pertama. Awalnya agak bingung dengan perbedaan yang dirasakan. Sambil menggeber tunggangan, mencoba menganalisa dan baru teringat bahwa CBR yang saya pakai saat ini versi non ABS. Oalaahhhh….ternyata beda polll!!! terutama  jarak berhenti. Titik pengereman berubah total antara CBR250r ABS dan non ABS. Perbandingan, nyemplak CBR ABS bisa mengerem sedekat mungkin ditikungan tanpa ada gejala ngeloyor atau keblablasan. Stabil…pakem banget tapi tidak mengagetkan. Walau bobot berat, gigitan kampas begitu mumpuni. Sedang pada non ABS..waktu hard braking motor bisa berhenti tapi kedodoran serasa kasar. Padahal hal ini normal dirasakan pada motor harian kita 😆 . Tapi gara-gara sebelumnya disuguhi CBR ABS…non ABS jadi serasa kurang maksimal. Uniknya waktu mencoba mengerem pada  kondisi normal alias not panic/hard braking, fungsi rem tidak ditemui perbedaan alias sama pakemnya…..(weleh…..canggih tenan profesor sing gawe xixixi… )

Berdasarkan pengalaman tersebut, bagaimanapun fungsi Antilock Brake System bukan hanya isapan jempol belaka. Teknologi yang sejatinya untuk menghentikan roda pesawat ketika landing, tidaklah mubazir diaplikasi untuk kendaraan bermotor cc mungil sekalipun.  Salut buat Honda yang sudi menerapkannya pada motor seperempat liter. Kesadaran akan pentingnya safety pengendara sepertinya diperhatikan betul oleh pabrikan sayap mengepak.  Sayang harga lumayan jomplang jauh. Tapi sebenarnya untuk urusan nyawa, saya pikir tidak bisa dihargai dengan uang. Sebab ABS memang beda!!. Kalau ada kesempatan, monggo dibuktikan sendiri….!! (iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • wardiketel

    mantap bro , pertamaxkah?

  • wiii… Ampuh tenan Sampeyan Maz Bro…
    Siiip…

  • iwanbanaran

    @ Wardiketel
    Naik terus mzbro 😆
    @ Hourex
    Ilmune wong Solo ki mzmul xixixixi……

  • bintang

    mantab mas udah coba keduanya

  • iwanbanaran

    @ Bintang
    Aji mumpung mzbro 😆

  • lufi

    yup mungkin ini serupa airbags di mobil, ketauan bgt gunanya klo pas lg kecelakaan (amit² sambil ngetok meja) jadi klo punya duit lebih en menghargai nyawa ya ga mubazir ko tu teknologi
    soalnya walau kita hati² di jalan hal tak diduga bisa aja terjadi kaya motor alay yg main belok mendadak sembarangan, kucing nyebrang sembarangan (yg ini ane ngalamin) dll so pepatah sedia payung sebelum ujan ga da salahnya
    sebagai perbandingan di inggris CBR 250 cuma ada yg ABS jadi yg non ABS ga beredar disana
    tapi lagi² uang 6,5 jt buat yg duitnya pas²an kaya saia jadi sangat berarti so sesui kebutuhan dan kemampuan ajalah

  • iwanbanaran

    @ lufi
    Yup…Betul bro. Lumayan gede bedanya. Boro2 beli yg ABS Udah bisa beli non ABS aja untung hehehe

  • Legenda Rider

    Hehe, mbah dukun punya alasan lagi klah ma Mas Taufik.

  • kapan ya bsa ngelus si CBR250…. yg punya CBR 250 tkeran ama sepeda jengki ane yuk… 😀 wkwkwk..

  • jd ngiler nih…
    wahh..keren loh gan naik cbr250nya

  • damhar

    blm pernah ngrasain abs nih mas..

  • very nice InFO Mas Iwan..

    artikelnya lebih akurat dan diliat dari segi konsumen bgt.. beda dari pada moto USA

    banyak org masih menganggap remeh arti dari safety dan disematkannya ABS pada CBR 250

  • iwanbanaran

    @ legenda
    Oo iya…bener bgt. Mbah dukun kan pake yg silver yak wkwkwkwk…
    @ molen
    Ngelus aja mah bs mz. Belinya yg berat 😆
    @ 10
    Klo mtrnya keren, mau nunggang pake celana kolor aja jg keren mzbro xixixi..
    @ Damhar
    Klo dipakai normal sih ora kroso cak. Tp buat ngerem2 dadakan baru terasa bgt bedanya…
    @ Moto
    Thank u mzbro. Klo kita mah apa yg dirasa diungkapkan aja. Soale sy sendiri jg biker tulen yg tiap hr nunggang pit

  • alhamdulilah saya bisa kasempean beli motor ini sebelumnya saya berfikir mending beli ninin or cbr?

    tapi saya jatuh hati pada cbr ini?

    tapi ada yg tau gak berpa pajak tahunan ni motor?

    pokekne cbr maknyusssss