iklan iwb

Mybro…selesai sudah merasakan The Fastest bike Indian. Walau harus menghadapi panasnya Sentul, hati tetap semangat tatkala raungan khas mesin produk India tersebut membahana diseantero Sirkuit. Seperti apa sih ?? berikut hasil testing yang saya rasakan……

Saya? beruntung karena tidak perlu ngantri terlalu lama. Setelah kang Taufik (TMCblog.com) diurutan satu,? terus saya diurutan dua dan bro Stephen (SL.com) pada posisi tiga…gelombang satu ada tiga kuda besi yakni warna merah, biru dan hitam. Singkat cerita…setelah dibekali perangkat safety seperti arm, kness protector plus helm, langsung disodorin Pulsar220 warna hitam. ketika nyemplak diatas jok, ergonomi serta sensasi tidak jauh berbeda dengan Pulsar200. Sedikit menunduk tapi pas dihati…halah. Berat kosong lebih berat 7kg ketimbang sang adik, tapi secara garis besar tidak terlalu terasa secara signifikan. Start engine….gigi satu dan mulailah keluar dari paddock (oh ya…satu orang diberi jatah dua putaran). Niat hati memang tidak mau geber dahulu, soalnya ingin mengenali karakter tunggangan. Beda dengan bro Stephen sama kang Taufik…langsung ngacir duluan. Maklum kedua senior tersebut sudah banyak makan garam main disirkuit. Setelah hati mantap, ekplorasi dimulai…..

Gigi satu gas dibetot….mesin menyalak. Bobot Pulsar yang berat bagai terlempar kedepan. Terlihat speedometer dari 0 langsung melompat 30-60km (perasaan sih kurang dari dua detik). Oper gigi tiap menyentuh 11ribu/rpm. Gear dua…tiga…odometer dengan cepat sudah meraih 100km/jam. Gear empat bisa dipanteng maksimal sekitar 125km/jam. Tekukan kekanan memaksa bejek rem sejadi-jadinya. Respon?? bravo man!….daya dorong gravitasi kedepan diredam sempurna. Nah…sisi ini juga menjadi nilai plus buat P220. Rem empuk dan pakem!! kombinasi front & Rear disk brake bekerja dengan baik. Bobot super mampu? dijinakkan dengan mudah tanpa halangan. Kelebihan tersebut ditopang daya kerja suspensi dual shock nitro plus front suspension besar. Terbukti melewati tikungan demi tikungan tidak ditemui gejala ngebuang ataupun goyang. Dan walau banyak yang kurang menyukai model half fairing P220 tipe F, namun faktanya memberi keuntungan buat biker….

iklan iwb

Motor kencang bukan isapan jempol belaka…..(doc SL.com)

Kondisi high speed….badan nunduk, aliran angin melewati atas kepala sehingga tidak menghantam langsung kemuka.Top speed yang bisa saya raih 130km/jam (tapi rasanya koq kencang banget yak). Hasil tersebut termasuk rendah soalnya kang adet (teman Blogger) mengaku tembus 139km/jam. Resepnya menurut pengakuan doi gear shift tanpa menggunakan kopling alias langsung oper…..lha saya, masih tarik kopling mangggg 😆 (terbawa budaya bawa tunggangan pribadi). Record dipegang salah satu wartatan tabloid otomatif yang bisa tembus 142km/jam kemarin. Sayang…ekplorasi terganggu atas minimnya jatah geber sikuda besi. Maklum yang ngantri banyak banget. Hampir 50an orang…terdiri atas para club Pulsarian berbagai daerah. Terus apa kesimpulannya??

Motor ini kencang?….bukan omong kosong!! ketika angka speedo 130km/jam, rpm masih 10ribu. Padahal disana tertera 12ribu sebagai benchmark maksimum putaran mesin. Dan memang saya melihat rpm pelan tapi pasti naik terus…sayang sudah keburu masuk tikungan. Dengan harga hanya 18,6juta…..sangat sulit dicari tandingannya. Secara feeling, kondisi standart dengan spek mesin sama, tenaga Pulsar hanya bisa dijabanin sikalajengking. Tarikannya 11:12 deh…susah dicari pemenangnya. Kudu diadu drag head to head baru ketahuan mana yang unggul. Satria FU pun sepertinya bukan lawan Pulsar220 (maaf saya harus jujur lho). Jadi jargon ” Yang suka kencang” sejauh opini pribadi tidak hanya ngegombal. Salut buat para engineering Bajaj yang mampu membuahkan maha karya brilian. Yah…membayangkann goyangan kepala sambil acha-acha tidak menyangka aja, iyo ora mzbro. Engine 4stroke SOHC 220cc output power 21ps…sing ade lawan euy. Coba bayangkan seandainya bobot Pulsar seenteng Scorpio pasti makin serem larinya. Cari speed dengan harga terjangkau?? Pulsar220 bisa dijadikan pilihan. Btw…kita akan kupas P220 lebih mendalam pada next artikel. Semoga berguna…..(iwb)

53 COMMENTS

  1. pengen liat foto motor dari samping, tapi kalah sama perut putih spg. mata lelaki sama mata kamera sama saja, ha..ha..

  2. klo saya minat tarikannya yg lg megang helm di gambar aja mas. Hehehehe….

    Btw keboku wis ngandang mas tadi jam 4 sore. Ditunggu tips & trik pasang plat nomer di bawah tangkinya.

  3. mnatabs gan.. tp cuma beda dikit ma RTR160 ane.. beda 10km/jam doang itupun untung masih inget masih bujangan langsung bejek rem deh… qiqiiiq.. tp overall mantabslah.. harga kompetitif, model headlamp itu yg ane naksir.. qiqiqiqi

  4. ha…???
    kok dibandingin dgn kalajengking sih bro?
    Si Klingon jelas bukan lawan P220 lah.
    meski cc-nya lebih gede tapi power si Klingon jauh dibawah P220.
    Si Klingon 18 HP, sedangkan P220 mencapai 21 HP.

  5. @ bro angga

    Selamat atas kedatangan kebonya mzbro. Selamat menikmati sensasinya.

    Salam penunggang kebo,

  6. @ deen : bener tuh bro jangan di komparasi sama pabrikan no 1 di dunia tar di bilang TIDAK MANUSIAWI. Piss deh ah…

  7. Kapan iso tuku……kepengen,ning rung ono dwt….ngenteni bosen wae lah oleh numpak pies

  8. Cuma ganti busi iridium IU27 kiri kanan, CDi-reaktor, saringan udara protek, ban angin nitrogen dan copot standar tengah….saya yakin 145Km tembus dengan mudah. Karena dengan modal murah motor tetap standar Pzoo saya bisa dapet 115 kalau trek panjang dapet 125Km.

    Bobot standar tengah bisa 3Kg sama tool kitnya….belum postur tubuh rider jg pengaruh top speed….indent ah.

  9. Pilih Pulsar dimodif biar keren seperti byson atau Byson mesin dioprek biar bisa lari seperti pulsar ya… ?

  10. kalo yang di foto kedua berapa hp y powernya? 😀
    (ga diprotes sama istri tuh kang ada foto yg ky gitu d blog? hihi)

    wordbola.wordpress.com/2011/03/09/tak-tahu-malu-pssi-masih-mencoba-berkelit/

  11. kapan nih bror bisa dipesan.. rasanya goyah deh imanku wat meminangnya.. bakal jadi istri kedua nih… 😀

  12. Laagh klingon katanya cuma 18 ps trus p220 21 ps, tapi kok 11:12 ?? sisanya yg 3 ps kemana ya ??? ada yg bisa jawab??? soalnya tuh selisih yg cukup gede = 16,6%

  13. Pic no 2 .
    Udele sengojo di ler-ler, nek kesenggol ojo nyalahke sing nyenggol yo mbak. Hehehe… 😀
    Mantapp neh p220..

  14. Video Berita di : goo.gl/oKsK1

    PT Bajaj Auto Indonesia
    Stephen Langitan Lakukan Tes Ride Motor Di Sirkuit Sentul
    Fri, 11 Mar 2011 14:56

    SPORTKU.COM ? Mendapat kesempatan pertama untuk tes ride sebuah kendaraan beroda dua merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Sama seperti yang dirasakan oleh Stephen Langitan salah satu anggota Komunitas Blogger Otomotif Indonesia yang mendapat kesempatan untuk lakukan uji coba Bajaj Pulsar 220, kemarin (9/3) di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat. Selain Stephen hadir juga beberapa komunitas pengguna motor Bajaj.

    Dalam wawancara dengan Sportku.com, Stephen mengatakan secara umum Bajaj Pulsar 220 nyaman untuk dipakai, selain itu Stephen juga menambahkan ada hal yang paling menguntungkan, yaitu dari segi harga yang hanya dibanderol saharga Rp.18,6 juta. Dengan 5 pilihan warna biru, hitam, merah, silver dan orange?

    Video Berita di : goo.gl/oKsK1

Comments are closed.