Hehhh!!…kau anggap apa nyawa biker nih!!!!….

28

Ngelus dada campur emosi kalau melihat tingkah para sopir roda empat. Sebab nyawa biker ini seperti dianggap “nothing” tiada arti. Sering menjumpai didepan mata kepala sendiri….motor dipepet hingga jatuh nyungsep keaspal. Inilah nasib biker. Jalan yang dibangun hasil gotong royong pajak bersama, namun seakan selalu menjadi korban dan dianak tirikan serta dipandang sepele…..

Ketika itu motor sudah melaju santai. Jalur dua arah…dengan kondisi sisi kanan berjejer mobil pribadi dan dibelakangnya sebuah truk barang. Dari jauh…tiba-tiba terlihat truk langsung bermanuver nyalip mobil didepannya. Jalan yang sempit tidak dipedulikan. Bisa ditebak badannya yang besar menyerobot jalur sebelah kiri tempat saya melaju. Secara reflek tangan langsung mencet tombol “dim” memberi peringatan bahwa ada kendaraan dijalur tersebut. Tapi dengan cueknya sang sopir truk seperti tidak memperdulikan, malah geber gas lurus kearah saya melaju. Walah….ngawur tenan!!!. Dari pada penyet ditabrak roda empat jumbo tersebut, motor saya banting kekiri hingga turun ketanah. Posisi aspal yang tinggi serta tanah bebatuan membuat sempoyongan kuda besi. Untung masih bisa dikuasai walau dengan susah payah. Busyet!!!!…..nyawa biker dianggap kayak lalat tak berguna…..

Saya juga pernah melihat seorang biker Jupiter MX sedang melaju difly over Tanah Abang. Jalanan cukup lengang…ada moment dimana dua mobil berjejer….kiri kanan dengan space cukup lebar buat motor masuk. Sebelah kiri mobil pribadi yang kanan taxi Bluebird. Ketika sang biker mengembangkan kecepatan guna mendahului sambil memanfaatkan celah yang ada, entah kenapa sitaxi melakukan gerakan kekiri. Secara spontan biker menyalakan klakson sebab body motor sudah masuk hingga setengah badan mobil…tapi anehnya sang sopir seperti tidak memperdulikan. Pengemudi MX berusaha mengerem…..tapi terlambat, stang tunggangan terhantam taxi….dan secara dramatis motor serta pengendaranya bergulung-gulung diaspal. Sontak kita dibelakang ngerem sejadi-jadinya menghindari tabrakan. Untungnya biker menggunakan proteksi maksimal sehingga cedera parah bisa dihindari. Kurang ajarnya…sedan plat kuning malah tancap gas menghilang tanpa ada rasa dosa…….

Ratusan kasus yang terjadi selalu menimpa para pengendara motor. Memang jika kita berbincang dengan para pengendara roda empat…mereka juga mengeluhkan tingkah laku pengendara bermotor. Tapi sungguh kejam jika karena alasan tersebut terus menghalalkan segala cara  bertujuan balas dendam. Cobalah merenung dengan kepala dingin tanpa mengedepankan ego. Bagaimana kalau kita diposisi mereka. Keluarga menanti dirumah…tapi sosok ayah tulang punggung telah meregang nyawa akibat ulah pengemudi tidak bertanggung jawab. So marilah….kita sebagai pemakai alat transportasi selalu menghargai nyawa orang lain. Sehingga keamanan dan kenyamanan dijalan raya terjaga. Dan jangan lupa mybro….selalu berdoa sebelum keluar dari komplek rumah kita. Agar yang diatas melindungi kemanapun kita pergi. Keep safety riding…..(iwb)

Noted : Gambar Detik

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • roby

    Pertamaxxx

  • roby

    Klw yg seperti ini dah biasa d jalanan kita mas bro,perilaku pak supir seenak udele dewe….

  • Badboy

    Makanya banyak supir bus yg dimassa kalau nabrak orang or motor. Akumulasi dendam para biker dijalan.

  • damhar

    harusnya setiap sopir didampingi istri disampingnya,,biar kalo ngawur dijalan langsung dicubit pinggangnya..

    *pengalaman pribadi :mrgreen:

  • th3rotor

    Semua tingkah laku buruk akan ada karmanya …yang biasa bikin orang celaka akan dapat azabnya..buat para rider safety selalu buat nyawa atu atunya…pisssssssss

  • aku seringnya bermasalah sama bis bro

    bener2 gak dianggap nyawa biker motor & sepeda
    pernah liat pengguna jalan yang didzolimi bis ugal-ugalan, dia punya nyali langsung berhenti, masuk ke jalan aspal lagi, kejar bis yang mepet dia dari arah berlawanan sampai keluar ke sisi jalan, pas bis berhenti karena jalanan macet, entah dari mana dia ngeluarin obeng, goresin ke badan bis dari belakang sampe depan dengan santai, trus balik arah lagi

    ane & biker lain yang liat kejadian awalnya lsg senyum-senyum aja :mrgreen:

  • iwanbanaran

    @ Roby
    Bener mzbro…ngelus dada
    @ Badboy
    Tuh kan..jadinya kita juga jengkel. Makanya kudu saling menghargai..
    @ th3rotor
    Yup..setuju banget
    @ Elsabarto
    Ternyata banyak juga yang jadi korban para sopir bus ya bro. Edan juga tuh orang, nekat….

  • nasip.. 😥 pengennya naik mobil tapi mahal & boros dll. naek angkot banyak rampok & ga nyaman, naek motor resiko tinggi & musti siap ke sorga 😳 emang serba salah di indo 😆

  • bikers sering disepelekan karena ‘postur’ yang kecil. meski dah nyalain lampu, kayaknya emang masih aja dicuekin ama R4 ato lebih.
    yah, selain safety riding, kayaknya toleransi sesama pemakai jalan perlu ditingkatkan ya masbro sekalian..

  • ane pengguna R2 dan R4 (kadang2).. sama stressnya bro.. R4 ga bisa selap selip, kalau ada macet.. tapi kalau R2 suka dizolimi sama R4 khususnya truk dan kendaraan umum 🙁

  • iwanbanaran

    @ Willy
    Iya bro…ngrasain bener suka dukanya biker. Belum lagi kalau hujan. Basah kuyuupppp…..
    @ Andhi
    Yup..toleransai berkendara. Saya setuju itu!!
    @ Aldi
    Kelebihan motor kan cuma emang bisa nyelap nyelip mzbro. Plus irit tentunya 😆

  • somplak

    berdasarkan pengalaman ane selama lebih dari 17 tahun ngukur jalanan baik pake R2 maupun R4 biasanya yg sering make kedua jenis moda tersebut secara bergantian akan lebih “awas” dalam menghadapi kejadian tak terduga di jalan karena bisa melihat dari dua sisi yang berbeda dan biasanya lebih mengutamakan safety riding bila dibandingkan dengan yg hanya memakai salah satu moda saja ga lupa pengalaman adalah guru yg terbaik

  • smoga blog ini dibaca sopir truk,bus,taksi,angkot,becak dll yg sdikit arogan

    mas iwan ga smua R4 itu ngawur,terkadang jg saia byk menghindari R2 yg dikendarai ibu2 ato anak2 cew sekolah ato jg yg lainnya belok seenaknya tanpa pasang sein ato aba2,terkadang pula dijalur kanan padahal kecepatan ga kurang dr 30-40km/h

    klo masalah ini sih sebenarnya hanya etika dan kurangnya pemahaman berlalulintas(mgkn SIM pada nembak kali ya)

  • Waduh, saya juga pernah dipepet sampai masuk rerumputan, masih beruntung gak nyemplung parit 👿
    edannnnnn

  • ucrit

    Harusnya ga cuma safety riding yg ditingkatkan, tp safety driving juga.. Perketat uji kelayakan mendapatkan driving/riding license..

  • NanaRedPro

    klo ditempat ane,tuh r4 dijamin ancur deh,anak” biker siap nolongin sesama biker klo lgi apes.

  • Idaytes

    Saya juga pernah, dlm kecepatan lbih dari 100 km/h saya mau nyalip dari kiri eh d hadang, lgsg deh ane ambil jalur kanan, eh tu mobil ikut ambil jalur kanan. Hampir aja ane mau ciuman ma truk, untung aja msih bisa ngendaliin. Lgsg deh ane ambil jalur kiri trus acungin tinju ane. Mau ane ambilin batu d jalan, tpi pas itu lagi buru2.
    Emang edan tuh orang

  • jadi inget ama bis setann,,, kurang ajarrr tuh 👿

  • Cicakmerah

    smoga blog ini dibaca sopir truk,bus,taksi,angkot,becak dll yg sdikit arogan..???

    yg ada, mereka pada goyang dangdut dripada ngeliat blog.. boro2 blog, internet aja ga ngerti.

  • lebih ngeeuri lagi klo di Lintas Sumatra Mz Bro.. Kasus tabrak lari dah bianyak…
    Ya gimana lagi,, jananan yang sepi membuat semua pengendara baik R2,R4,R6 bahkan R16 merasa di sirkuit..
    Tapi korban paling Banyak ya R2,, kos lebih riskan bahayanya…

    PISS..

  • Skips

    Yg penting ati2 aj bro klo dijalan sepi maupun ramai, kta hrus pandai baca situasi & kondisi.

  • Izalx

    Kadang2 kalo lagi bawa r4, suka bete ngeliat tingkah r2 ma r3 yang seenaknya ugal-ugalan /semrawutan dijalan. Nah pas saya lagi bawa r2, sayapun tidak melakukan hal2 yang bisa membuat pengendara r4 jengkel. Karena sy mengerti dengan kondisi psikis pengendara r4. Intinya saling toleransi.

  • Mr Spicey

    Mas Iwan, pengunjung baru nih bro. Hehe.

    Kalo dari sisi pengendara R4, saya justru kadang heran sama biker2 sini bro. Kok justru banyak yang kayaknya gak sayang nyawa. Helm gak dipake, spido dicopoti, spion absen, dan yg lebih edan lagi, lampu2 depan belakang ikut dicopot. Kalau malam mana kelihatan? Kadang deretan dengan mobil di depan sudah mepet, ada biker nyelonong zig zag ekstrim di depan saya. Justru saya yg dag dig dug melihatnya bro.

    Nah klo dari sisi R2, keluhannya sama seperti mas iwan & lain2. Kadangkala jalur sebelah kosong & mobil di depan berjalan pelan, pas udah siap2 pasang sein & mau mendahului, eh si R4 malah sengaja tancap gas.

    Apa mungkin ini pengaruh lalu lintas jakarta yang udah semakin tidak manusiawi ya? Jadi pada agresif semua, gak R2 ataupun R4. Mengkhawatirkan sekali lo. Semoga semua pihak, baik pengguna R2, R4, R6, atau R16 sadar bahwa jalan itu adalah sarana bersama. Disitulah dibutuhkan disiplin berlalu lintas.

  • salah satu yang bikin susah itu misalnya mobil yang kaca belakangnya gelap, menyulitkan untuk manuver mendahului. kalo ngerti terus ngasih jalan sih ngga apa2. lha ini seringnya malah seperti ‘sengaja’ menghalangi. selain itu yang perlu diwaspadai adalah lubang yang kalo kita pengendara R2 berada di belakang R4 sering ngga kelihatan tuh lobang. kendaraan R4 dijamin ngga akan pernah ngasih tau kalo dia lewat jalan berlubang di tengah.

  • nada

    salut buat mas iwan,artikelnya nyentuh ati banget..

  • Dre

    Banyak “new comer” dari KAMPUNG yang sifat KAMPUNGAN nya masih kebawa mas, ya ini efek nya. tiada toleransi berkendara. apalagi para OKB yang amit2 noraknya

  • tekok lira

    ane mah prnah ngalami yg kek gini kang…
    wktu itu ane mw nyalip mobil yg lambat.. di klakson gk mw minggir.. pas ane salip eh gk taunya ane dilempar puntung rokok yg msi nyala.. ane kaget trus kepleset krna jalanan pas itu lgi basah.. waduh gan.. spion kanan pecah trus ane kejar dan ane suruh berhenti tuh mobil.. ane marahi si supir (utk diminta pertanggung jwb krna sdh bikin ane kaget dan kpleset ).. dia malah gk mw tanggung jawab .. bikin kesel

  • M.Safwan

    Mantabbb, semoga semua kalangan yang menggunakan R2, atau 4 bisa menyadari, bahwa jalan itu adalah milik kita bersama, sehingga kita bisa saling toleransi dalam berkendara……
    Heeeeemmmm… saya pengguna R2, dan setiap hari PP dari rumah ke kantor yg jaraknya cukup lumayan 54 Km PP. Tetapi tak jarang kalau pas hujan juga menggunakan R4, di tempat saya alhamdulillah kesadaran berkendara untuk R2, maupun R4 kelihatan nya sudah mulai meningkat. Tapi kadang juga saya temui masih ada juga yang terpancing emosi, ketika kita disalip rider, atau driver yang gak sopan, dengan cara nyelonong , padahal kita udah mau masuk ke celah yang kosong…. kaget….. dan jengkel.. yaudah apa boleh buat terpaksa juga jiwa muda bangkit kembali… akhirnya kitapun terpancing , dan akhirnya ya tau sendirilah… apa yang terjadi…..? kejar-kejaran ala biker jalanan pun terjadi…….. semoga … kita semua bisa berlaku bijak dan dewasa untuk tidak meniru sikap saya yang suka kepancing emosi oleh rider yang gak sopan tadi….. ok… piess… trimss mas Iwan,,, semoga warungnya lariiisss. Amiiin.