Bukti mesin Honda emang ajib???….

43

Rasa kagum tidak habis-habisnya jika mzbro memperhatikan motor-motor tua yang muncul pada gelaran Honda bikers day 2010 Desember silam. Padahal jalanan menuju kelokasi merupakan tanjakan curam tapi mesin tuanya mampu menaklukkan. Mulai dari Honda CB100, C70, C90 dll tumplek blek diacara akbar tersebut. Bukti mesin Honda emang yahud..??

Bisa jadi…!!! keawetan engine pabrikan sayap mengepak tidak ada yang mengingkari. Terserah orang mau bilang mesin jadul tapi begitulah kenyataannya. Walau ada sebagian mesin sudah diganti dengan Astrea Prima…tetap nuansa klasik masih begitu kental. Disinyalir sisi itulah kelebihan Honda. Kejam memang…tapi menguntungkan. Lho koq kejam..?? lawong kanibalisme 😆 . Miripnya tipe dan part yang terbenam dimasing-masing produk Honda menjadikan strong point yang tidak bisa diingkari. Faktor tersebut jadi satu penunjang umur mesin disamping kualitas itu sendiri. Ada satu kuda besi yang menarik perhatian saya kala itu adalah keberadaan Honda C90 yang begitu masih orisinil. Mulai dari tanki, mesin, speedometer, panel stang, serta emblem produk….mengingatkan kita akan masa keemasan sang kuda besi. Hanya oleh siempu motor dicat ulang supaya lebih ngejreng. Sayang saya tidak sempat mengorek informasi lebih jauh  tentang siC90….

Ada lagi testimoni seorang tukang ojek satu kampung. Doi sudah 10 tahun menunggangi SupraX tanpa ada keluhan berarti. Nylenehnya kalau lagi bokek….tuh motor sering dijejali dengan olie gardan buat mesinnya. Hasilnya..?? tetap jalan mzzzzz…..(ngawur euy!). Turun mesin…?? menurut pengakuan tidak juga. Terbukti rentang periode penggantian part normal aja. Tercatat hanya rantai keteng dan kampas kopling setiap 2-3 tahun sekali. Waladalah!! mosok sih..?? yup itu fakta tanpa rekayasa. Masak tukang ojek mau berbohong. Buat apa..??. Secara pribadi saya memang sudah merasakan ketangguhan mesin sayap  mengepak. Dulu tahun 2002  menunggangi Megy pulang kampung dari Jakarta keSurabaya….jarak sekitar 860km. Berangkat jam 01.00 dini hari sampai dirumah jam 20.00 malam. Istirahat hanya 4 kali, ngisi bensin dan makan (lebih kurang 15menit). Tiba diSurabaya badan remek habis!!! nenggak Krating Daeng 2 botol telah dijalani…doping bro!!

Tapi tidak dengan kuda besi. Loyo badan tidak dibarengi dengan loyonya siMegy. Sejak dari Jawa Tengah mesin malah nyaris tanpa suara….halus bertenaga. Melewati hawa dingin, sejuk, panas dan hujan dilibas tanpa keluhan. Lho kalau puas kenapa pindah merk..?? yah namanya aja mencoba. Dari sinilah nanti kita akan tahu secara langsung kelebihan dan kekurangan masing-masing merk….bukan katanya. Iyo ra mzbro!!?? Dari ulasan singkat diatas kita bisa simpulkan bahwa mesin Honda emang ajib. Gimana dengan sekarang..??? Semoga saja masih tetap seperti dulu. Menurut mzbro semua…?? (iwb)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • nyedotttttt
    PRETAMAXXXXXXXXX

  • Angga

    kayanya klo bicara soal keawetan, emang ga ada yang bisa ngalahin honda deh selain produk eropa. Lain klo topiknya soal tenaga (akselarasi, top speed, dll). CMIIW.

  • Angga

    medali perunggunya juga boleh deh 😀

  • yoi banget Mz… Sama,, Saya juga rider sayap ngepek juga en kebetulan juga megapro taun 2002 juga lho,, cuman bedanya punya saya belum ada staternya (beli bulan 2)….

    Masalah mesin ga bisa di sangkal lagi laaa Mz Bro….
    *kecuali yang sirik…. Hehehehehehehe

    PISS…….

  • iwanbanaran

    @ Hourex
    Hhhm….punya sampyan malah yg tahan banting tuh.Megy saya dulu 2002 Agustus pertama kali double starter keluar bro….awet amirrrrrr
    @ Angga
    Hhhmmm..setuju bro….emang produk selalu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing…

  • pegimanapun ONTA selalu lebih ‘unggul’ 😆 😳

  • panda_Geely_loecoe

    yang dulu emg awet bro, tapi yg baru2 sih kurang. udah pake setaun dua taun performa nya turun drastis. my opini bro. thx

  • Idog

    mungkin kelebihannya karena bukan u/ adu speed… kaya’nya sedikit biker Honda yg cari motor buat ngebut.
    kalo merk lain kan Identik ama Speed. bikernya jg speedfreak, jd otomatis kerja mesin lebih wah. umur mesin lebih pendek (CMIIW).

    sekali lagi FBH ikut bangga… termasuk sy.

  • vote 4 honda, dl nyemplak Megy’02, buat turing pul kam… Emang joss tuh.

  • arsixty

    @bro iwan
    saya dulu punya megy 2004 kok nggak setangguh gitu yah? kalo abis dipake lama (1-2 jam) suara mesinnya udah kayak mesin ketik.. padahal punya mertua gl pro ’95 (black engine, blm neo-tech) masih tangguh loh, tangki juga blm bocor.

  • redlight

    kalo mesin dari pabrikan jepang, memang sudah teruji kehandalan mesinnya, jadi gak cuma honda.

    dirumah masih ada yamaha rs100 beli tahun 1979 masih oke sampe sekarang. ada juga yamaha alfa yg warna coklat, suzuki crystal . semua masih siap pakai lho dan sampai sekarang dipake sodara

    jadi kalo menyimpulkan hanya satu merk pabrikan jepang yg awet rasanya aneh.
    kenapa motor honda tua lebih sering nongol dijalan dibanding 3 merk jepang lain ? jawabannya gampang, honda udah menguasai penjualan motor puluhan tahun, jadi produknya lebih tersebar kemana2

  • saia dulu malah lebih sadis lg mas iwan,taon2000 bawa supra dr jimbaran bali ke bogor,nginap dirumah semalam paginya lanjut lg sampe sore hr dicibinong,trus baliknya berangkat pagi dr cibinong sktr jam 8pagi,istirahat disolo tengah malam karena ngantuk(sekitar 4jam)paginya lanjut lg,nyampe dijimbaran sktr jam 3sore,emang pengalaman sendiri ga bisa dibohongi

  • artoclaten

    waah yahud tenan!!
    Maz iwan AX’y dah d’psng kopling manul lom?? Low dudah d’posting donk!!

  • iwanbanaran

    @ Arsixty
    Mesin kasar bisa dipengaruhi setelan klep kendor mzbro. Ditambah usia pakai biasanya terdapat celah antar blok dan silindir sehingga mesin suara layaknya diesel. Tapi selama performa atau kompresi tidak turun sih tidak masalah. Ttng Honda black engine ??…wah, sudah bukan rahasia bahwa produk honda versi itulah yg paling markotop. Menurut teman mekanik,liner engine black colour adalah yg paling tebal. Ada yg mau nambahin??….
    @ Redligt
    Bisa jadi mzbro. Cuma hal ini berdasarkan pengalaman pribadi secara langsung….melihat dan memperhatikan plus merasakan. Sementara merk lain motor klasik nyaris saya belum menjumpainya dijalanan Jabodetabek….
    @ 11
    Waladah…lebih edan lagi tuh. Nggak remek tuh badan mzbro??
    @ Artoklaten
    Athlete batal dipasang kopling mzbro..soale istri emoh. Secara kini sering dipakai bojo :mrgreen:

  • redlight

    @ Redligt
    Bisa jadi mzbro. Cuma hal ini berdasarkan pengalaman pribadi secara langsung….melihat dan memperhatikan plus merasakan. Sementara merk lain motor klasik nyaris saya belum menjumpainya dijalanan Jabodetabek….

    ——————–
    emang susah nyarinya, tapi kalo jeli ada juga.
    secara honda dulu menguasai lebih dari 60% jualan motor. sisanya dibagi pabrikan lain 😀

    kalau misalnya saya pamer bsa m33 500cc yg masih sering buat jjs kira2 dianggep bsa lebih awet dari honda gak ?

  • Sejak
    dari Jawa Tengah mesin malah
    nyaris tanpa suara….halus
    bertenaga. Melewati hawa
    dingin, sejuk, panas dan hujan
    dilibas tanpa keluhan
    ====
    Pengalaman saya juga sewaktu mesin sudah hot macam tigy malah lebih enak,sebagian kecil kdg malah mengeluh motorx agak loyo cmiiw.

  • damhar

    eruhe motor honda iku awet tur irit..ngrasake dewe juga koq..
    Seandainya saja ada ATPM yg mau ngeluarin lagi sport model classic, pasti laris kayak Scoopy..
    Masa nggak ngerasa lihat Triumph sampai sekarang masih survive..mulai bosen lihat tampang2 motor sport kyk Byson, Vixion, Mega pro, scorpio, Tiger..modele ngono-ngo ae..
    Kawasaki aja dah mulai bergerak lewat W800 nya..

  • puff

    ga salah c70 jd motor terbaik dikasih minyak jelantah aj jln. trus motor dijauthin dr lantai tiga mesin msh bisa nyala

  • AAA

    Produk2 lawas emang awet2… hehe..ckd semua..Emang kualitas produk Jepang
    Tapi ga ama yg sekarang.. 🙁

  • arsixty

    @iwan
    kayaknya bukan setelan klep-nya, masbro.. emang kalo udah panas suara mesin jadi berisik gitu.. di rumah ada hsx125r ’09 juga kayak gitu, kalo mesin dingin suaranya halus, tapi setelah jalan lama suaranya jadi kayak mesin ketik.

  • masalah Mesin Honda Awet jelas..
    masalah Mesin Honda Iruiit jelas..
    masalah Mesin Honda raja Turing jelas..
    masalah Mesin Honda raja tanjakan Juga Pasti & jelas nggak BISA DIBANTAH Lagi Mz Bro…

    La wong rata2 Mesin Honda nganut type 4 tak overSTROUKE..
    Dan kesemuanya yang saya sebut diatas adalah merupakan kelebihan mesin OVERSTROUKE Brades..

    PISS..

  • Oiaa, bagi yang nggak setuju dngan pendapat saya^^ diatas..
    Silahkan protes atau marahin saya di sini:

    http://www.hourex150l.wordpress.com

    PISS…

  • satria_bajajhitam

    Kalo motor honda jadul emang paling top keawetannya,era gl pro mesin bandel tangki ga mudah bocor,tp setelah itu udah gak ada yg bandel sama part yg kokoh mas.imho lho

  • coba sparepart motor diatas masih diproduksi,,, sampe tahun 2100 bisa gasspol juga kali yahh

  • Biker 46

    Honda dulu emang keren awet tur bandel soalnya di blok mesin ada tulisan honda japan lha sekarang mana ada tinggal tulisan honda doang malahan di new megapro di blok mesin bagian tengah terdapat tulisan AHM lha piye iki awet apa gak gak tau lha wong 95% udah lokal makanya jangan heran kalo harganya murah.

  • doni

    Mantaaappp eyyyyy

  • semua mesin jepang juga awet…suzuki kawasaki yamaha juga masih ada yg buatan 70 an masih oke tergantung perawatan juga

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  • davied

    kklo masalah mesin,yang saya tau antara gl-pro neo tech dan megapro sudah mengalami penurunan kualitas bro,ini bisa di liat dari cdi yang kena limiter(alasan pabrikan untuk safety dan mesin).bedain ama gl-pro yang bisa ditarik mejerit mpe cape he he he,tapi kebijakan ini bukan di honda aja,disemua pabrikan juga melakukan hal itu.klo gak saya yakin harga motor bisa lebih mahal lagi

  • davied

    saran untuk jaga performa dan kondisi mesin gl-series,jgn sampe oli kurang…klo oli kurang,kamrat kena,kamrat kena klep ato bos klep bs kena..ya itu akhirnya menimbulkan suara mesin tik dan teman2nya..

  • Pino Kio

    kalau soal keawetan mesin sih jgn ditanya honda selalu lebih unggul.
    ane aja dikampung masih punya astrea grand 95 sampai sekarang masih tok cer.
    kalau merk sebelah mungkin udah pada dikiloin di Madura kali.

  • selain karena penguasa pasar. Merk lain dulu main 2 tak.
    2 tak baru aja dah jarang. Pa lagi 2 tak jadul.

  • Skips

    @Pinokio
    Klo astrea grand gue akuin mesinya awet walau sp saat ini cz mesinya msh asli Jepang 🙂 coba bandingkan aj dgn Legenda 1 & 2 pst jauh cz dah campuran lokal/Thailand mmang harganya lebih murah, motor Honda skr ma yg dulu udah beda bro. Jadi dgn hrga murah jgn terlalu ngarep kualitas mesin handal. Gak cma motornya aj Mobil Honda skr spt Jazz,City pernah liat di mesinya ‘Made in Thailand’ gue jga bandingin dgn suzuki Aerio yg masih ‘Made in Japan’ trnyata kedua merk jepang tsb berbeda kualitasnya.

  • mantabs emang…cuma tergantung pemakaian dan perawatan juga. meggy ane 2003 baru ganti kampas kopling 2008, trus ganti keteng juga baru 2009 dr baru loch…

  • gepeng

    ane punya gp-pro neotech th 96..!!!
    manta bgt..!
    ngk kalah mesinnya sama model skrg.
    maju terus

  • inside82

    Saran saya kalau ngeblog jgn monoton bro,,bener tuh koment di atas,banyak merek2 lain yg jadul & masih bisa di pake ampe skrng.ky BSA,TRIUMPH,bahkan kawasaki seri “W”..kenapa honda jadul msh sring di liat di jalanan,jawabannya ky koment bro di atas,karena honda lebih dulu mendominasi pasar roda dua di sini,,

  • kanibalisme honda itu mantapp,, sebenere aku tertarik kanibalisme gl neotech ku sama mesin Scorpio, bakalan cetarr mesti haha

  • hidayat

    pengalamanku yg pernah pake macam2 motor dari taun 70an, emang honda sama vespa paling mudah kanibalan mesinnya jadi bisa melegenda. rata2 pemakai honda rada kejam, motor honda sering dikasih beban yg berat2, di kampung2 motor honda malah dipake narik gabah 2 kwintal, taun 90an di kampung sy pernah booming pemakai yamaha f1 dan suzuki rc/tornado, tapi ga tau knp skrg ga tau dmn rimbanya mereka itu???

  • lha supra x saya malah udah 11 tahun.

  • 000000

    maf mas bro mau sedikit nambahinh. emang sy akuin motor honda yg dulu sangat2 awet, seperti gl pro, cb, dll. tpi cba jujur deh lihat performa mulai dri legenda 2, revo, new gl pro, sx 125, mereka udh nurun drastis mungkin krna udh produksi lokal / thai. klo honda dulu sih produk jepang.

    ini ada sedikit cerita dari bengkulu (sumatra) di sana motor banyak yg di pakai ojek sawit / kayu dengan muatan 1 – 3 kuintal ( tergantung) joki. dn yg banyak di pakai adalah motor crypton, vega, or jupiter burhan. klo dri generasi honda yg di pakai cuma gl pro, dan sedikit supra c series.

    dan coba deh bandingkan honda astrea gand dengan revo, jauh lebih halus suara grand karena produk jepang.

    dan klo kenapa banyak produk jadul honda saya kurang tau, sya cma bsa mrngira2 bhwa hoda sudah jauh lebih dlu menguasai pasar.

  • brow

    kebuktian 100% mesin honda saya yaitu c70 memang bandel… mesin tangguh tidak di ragukan… mesikpun jarang di servis dan ganti oli ampir 2 kali dlam setahun…

  • klo saya punya honda grand 97 mesin di porsil abis buat keliling jakarta,10 tahun baru turun mesin,sampai sekarang masih di depan rumah,hondaaa emang mantappp

  • Slow_down

    mesin C-series memang paling legendaris, hingga stop produksi FitX/Revo 100cc. masih ada penggemarnya.

    tapi ternyata mesin ini serupa tapi tak sama, tenaganya yg masih kuat hanya pada Supra100cc, sedangkan mesin turunan Legenda, SupraFIt s.d Revo tenaganya berkurang, dijalan datar memang tidak terasa bedanya, namun didaerah menanjak sungguh terasa bedanya antara mesin Supra100cc, dan SupraFit series.

  • Slow_down

    tapi memang dibanding mesin honda skrng.
    mesin terakhir 97cc masih lebih awet dan halus dibanding revo110/supra125 yg suaranya agak kasar ketika panas.

    entah knapa kalo denger revo110/supra125 suaranya agak sedikit ada suara nglotok-nglotok.

    beda dengan mesin 97cc paling2 ngelitik klep kendor atau gemercik tanda keteng minta ganti.