10 alasan kenapa Rossi begitu luar biasa….

22

Brother….tidak banyak orang didunia ini bisa menorehkan record luar biasa seperti Rossi. Beberapa nama sudah muncul seperti Agoztini, Wayne Roney, Eddie Lawson, Mike Doohan dll. Namun semua sepakat bahwa prestasi Rossi mengungguli mereka semua. Agoztini yang didaulat lebih banyak kemenangan akibat recordnya, tapi banyak pakar ahli otomatif mengatakan bahwa Rossi bakal unggul jika berada dan hidup pada jaman yang sama dengan Agostini. Kenapa..?? sebab disatu musim pembalap klasik diperbolehkan ikut dalam kelas berbeda. Itulah yang tidak dapat dilakukan pada masa sekarang. Sebenarnya apa sih yang membuat pembalap Urbino ini bisa sedemikian cemerlang..?? berikut alasan yang saya rangkum dan terjemahkan dari visordown……

1. Gen Darah pembalap.

Ayah Rossi, Graziano adalah seorang pemenang balap GP. Ditahun 1979 Graziano merekuh 3 kemenangan dikelas 350cc. Kendati tidak terlalu istimewa…namun hal ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa DNA racing dalam darah sang ayah diturunkan keanaknya.


VR46  and Waney R….hubungan sangat akrab

2. Rossi sangat mencintai pengetahuan tentang olah raga.

Rossi memproklamasikan dirinya sebagai siswa dalam GP racing dan seperti  umumnya pembalap muda yang begitu ngefans dengan pembalap era lama, maka ia sangat menghormati dan menghargai para legenda olah raga serta apa yang mereka telah capai. Faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap cara membalap serta mendongkrak keahlian alaminya kelevel tertinggi

Rossi setia memakai AGV sejak wajahnya masih berjerawat

3. Berasal dari negara penyuka kecepatan…Italia

Coba brother baca dari buku autobiography Rossi. Disitu terlihat bagaimana dia tumbuh dilingkungan yang sangat mencintai speed. Akhirnya bakat potensial Rossi bisa terasah dan keluar dangan sendirinya berkat dukungan situasi sekitar. Seringkali ketika muda Rossi mengacaukan polisi lalu lintas  akibat ulahnya  lewat Scooter kebanggaannya. Berkat bangsanya pula Rossi bisa menunggangi motor kelas wahid, Aprilia…..dimana umur 16 tahun butuh pengembangan sempurna. Kebetulan Aprilia merupakan tunggangan tepat untuk itu….


Sekalinya gila, tetap gila

4. Seorang penggila berbagai macam motorsport

Sejak masih bau kencur Rossi sudah akrab dengan berbagai alat transportasi racing. Semua telah dicicipi…..mulai dari Minimoto, off-road buggy dll.  Mobil mencakup Formula 1 serta WRC hingga sekarang. Tapi pada perkembangan selanjutnya Rossi memfokuskan diri ke roda dua akibat mahalnya terjun dibalap roda empat. Sehingga berkat pengalaman dalam menjinakkan berbagai jenis kuda besi….feeling dan bakat alaminya mampu mengantarkan Rossi kepapan atas pembalap legendaris. Tercatat NSR500, RCV serta Yamaha M1 adalah motorsport prototype beda karakter yang pernah dibawa doi menjadi juara dunia. Bahkan ketika ikut Suzuka 8 jam….Dengan NSR500 Rossi berhasil memenangkannya.


Bersama Yamaha M1 990

5. Kemampuan beradaptasi dengan mesin baru lebih cepat dari lainnya

Tiga kemenangan juara dunia diperoleh Rossi lewat Honda. Tapi distribusi vital torehan prestasinya adalah bersamaYamaha dimana bisa menyumbangkan empat kali juara dunia dikelas para raja….suatu kemenangan dengan pabrikan berbeda. Menempatkan Rossi sebagai rider  yang masuk klasifikasi sukses ketika  hijrah kelain manufacture setelah Eddie Lawson ditempat kedua. Sayang dengan Ducati Rossi sedikit lambat. Namun usia yang makin bijak ditambah cedera yang diderita ditengarai biang kerok menurunnya perfoma.  Jadi kenapa harus terburu-buru mencap Rossi lambat??? kita buktikan nanti……….

6. Mempunyai otak jenius dan mudah menyerap apapun

Sederhana tapi otak Rossi adalah sesuatu yang istimewa. Cara dia menyikapi situasi dalam kondisi sulit, menganalisa masalah secara tenang – dimana rider lain pada umumnya hanya bisa duduk dipaddock merenung dan masih mencari-cari apa yang terjadi. Kemampuan menganalisa, meraba mesin kemudian mengungkapkannya kedalam kata-kata yang mudah dimengerti para mekanik. Rossi sejauh ini konsisten mampu melakukannya….


Rossi selalu nomor satu bagi kru

7. Didukung oleh Jerry Burgess dan kru.

Burgess adalah sosok yang sangat berjasa dalam mengasuh karir Rossi dikelas premier. Berawal dari Honda, kolaborasi keduanya dan para kru seperti layaknya sebuah keluarga….yah lebih kurangnya mirip mafia. Rossi bisa diibaratkan kepala keluarganya, Burgess sebagai penasihat dan para krunya adalah tentara pendukung…….mafioso dong 😆


Seorang rider yang super-cepat belajar. Serem….

8. Sangat tahu dimana batasnya

Kemampuan membalap secara maksimal dan jarang jatuh. Belajar dari kesalahan diValencia 2006 serta Mugello tahun kemarin, Rossi menunjukkan cara balap yang lebih tenang dan sikap halus dilintasan. Melihat kemasa lalu diPhillip Island tahun 2003 silam….doi juga menampilkan balap sampai  batas kemampuan dan tidak ada orang lain yang bisa menandinginya. Sebagai contoh ketika Rossi diganjar 10  detik penalty akibat menyalip waktu yellow flag dikibarkan….tapi dia masih bisa memenangkan balapan….fantastik

Jerez 2005 melawan Sete Gibernau….

9. Kemampuan memenangkan perang psikologi

Ketika lawannya tidak mengerti apa yang sedang terjadi, Rossi sebagai pembalap kelas capung (125cc – 250cc) sudah mengintimidasi pembalap diatasnya (500cc) sejak tahun 2001 (Max Biaggi). Walaupun sekarang sudah berkurang jauh akibat usia namun beberapa ungkapan dan guyonan yang menantang pembalap diatasnya akan selalu diingat oleh para lawan. Kemenangan perang psycology yang paling besar contohnya dengan Gibernau. Masih ingat skandal Qatar tahun 2004 dimana Rossi diganjar penalty akibat aspal start The Doctor dibersihkan oleh kru Yamaha..?? Sete Gibernau yang melakukan protes kala itu. Akibat tindakan menjengkelkan tersebut Rossi memproklamasikan kemedia bahwa tidak akan ada orang Spanyol yang memenangkan balapan berikutnya. Sesuatu yang mungkin sangat ekstrim ketika Rossi memaksa Gibernau keluar lintasan disirkuit Jerez 2005. Dan dilalah….setelah itu Gibernau tidak pernah bisa menginjak posisi tertinggi podium satu. Makanya jangan heran ketika terjadi duel sengit antara Lorenzo vs Rossi diMotegi (2010) banyak orang Spanyol mengeluarkan sumpah serapah kepembalap Italia tersebut. Yup….bukti perang Psikologi The Doctor berhasil meracuni mayoritas orang Spanyol……..


Selalu sportif……

10. Tidak terpengaruh jika harus kehilangan juara dunia

Dengan juara dunia tidak terkalahkan selama lima kali berturut-turut….Rossi tiba-tiba harus kehilangan mahkotanya dengan sangat menyakitkan keNicky Hayden di 2006 serta Stoner di2007. Tapi bukannya kehilangan semangat, dia malah berusaha keras untuk kembali merebut mahkota juara. Dikala semua orang sudah meragukan kemampuannya disaat itu pula Rossi kembali membuktikan kelasnya lewat dua kali juara dunia tambahan ditahun  2008-2009. Yup….Rossi tidak sukses tahun kemarin. Tapi jika sejarah boleh mengulang, kepindahan Rossi ke Desmosedici 2011 akan menjadi tantangan tersendiri sebab usia yang makin tua ditambah lawan bertalenta tinggi bakal menjadikan tontonan menarik bagi semua orang. Apakah The Doctor masih bertaji?? kita tunggu saja mybro….(iwb)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • :mrgeen:

  • wusshhh…………….

  • nggiiieeeenngggggg………

  • ditunggu di GP11

  • iwanbanaran

    @ Van
    Bro Van ngamuk…..
    @ Tri
    Betul mzbro…dah nggak sabar

  • mybyson.wordpress.com

  • artikel yang bagus banget, nice info bro..

  • iwanbanaran

    @ Aldi
    Sama-sama…tq bro

  • kodokijo

    Ada dua pembalap yg saya kagumi, Wayne Rainey dan Valentino Rossi. Wayne Rainey kala itu membela panji Lucky Strike Yamaha, musuh bebuyutan Eddie Lawson dari Marlboro Yamaha. Dia adalah sosok pembalap yg matang, penuh perhitungan dan tidak suka terburu2. Sedangkan Rossi juga makin lama makin matang, seorang pembalap yg penuh talenta, penuh tekad dan nekad 😀

  • angga

    mantab analisanya mas bro. krn rossi saya jd suka nonton motogp. Bukan krn ngefans, tp krn aksinya bener2 entertaining, apa lagi klo menang, selebrasinya aneh2, menarik bgt.

  • hyde

    bikin ngakak kalau baca otobiografi rossi waktu masih ABG 😀

  • Hourex

    Komplit banget Mz Bro..

    *oia baru inget, waktu petama kali tau Blog ini dulu jg pke logo angka 46 warna hijo muda..

  • iwanbanaran

    @ Kodok
    Yup…ketiganya memang hebat. Sang legenda yg bakal terukir dlm sejarah Motogp…
    @ Angga
    100% setuju. Klo lainnya kyk ogah bertarung head to head…tp tdk dng Rossi. Tp Lorenzo jago jg deh bro. Gayanya Rossi dijiplak hbs dari mental hingga selebrasinya hehehe…pizzz
    @ Hyde
    Btw gara2 baca buku biografinya jg yg bikin saya mengagumi Rossi mzbro….ternyata butuh proses dan perjuangan…
    @ Hourex
    Walah…masih ingat aja mzbro. Jd malu xixixixi…

  • NanaRedPro.

    bonus gan:
    rossi punya fans terbanyak di setiap seri motogp,liat aja,kuning gitu,gelaran kali ini warnanya jadi nano-nano kali ya??,merah kuning item gitu.

  • arif rakhman

    saatnya memenangkan “PDIP” :mrgreen:

  • arsixty

    kalo saja musim lalu rossi jadi juara dunia mungkin musim depan dia sudah hijrah ke F1, menggusur felipe massa dari kursi ferrari.

  • idaytes

    emang bener2 hebat tu rossi, coba ane bisa jadi pembalap kaya dia, mungkin ane bisa lebih
    hhe

  • bener banget yang bro tulis diatas…..
    rossi memang segalanya…
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/17/kehebatan-dua-hurup-honda-rc/

  • valentino rossi memang inspirator,,, termasuk aku,,, :mrgreen:

  • rainey pak,bukan rooney..

  • iwanbanaran

    @ Lekdjie
    Wihhh teliti mzbro…langsung tak revisi 😆

  • biak bentaian

    kalo diliht dri posting di atas
    yang paling mmpengaruhi kyaknya
    karena rossi tumbuh di negara yang suka kcepatan
    itu bedanya dengan indonesia
    kalau di indonesia cuma debat kecepatan motor 150 cc
    n cman sdikit orng yang ngbahas motor yang bisa nembus 300kpj
    jdi diindonesia cman pembalap bebek yang ada gax ada pemblap kuda nya
    PISS