DiEropa CBR250r akan menggilas Ninja 250r..??

32
11

Menarik ketika saya membaca ulasan salah satu website terkenal tentang CBR250 jika dibandingkan dengan Ninja 250r. Walaupun saat ini genk ijo menguasai pasar motorsport 250cc dunia namun menurut mereka eksistensi CBR250 dalam menggilas market Ninja 250r hanya masalah waktu……

Semua mengakui dari segi perfomance Ninja 250r lebih superior ketimbang CBR250r…khususnya top speed.  Tapi  berdasarkan  informasi ternyata dari berbagai sisi CBR unggul ketimbang genk ijo. Diantaranya peak power yang lebih baik direntang rpm rendah…khas kelebihan mesin satu silinder. Ditambah sasis serta suspensi mumpuni dalam melibas segala kondisi jalan. Mau macet…..route luar kota…. atau pegununganpun  oke saja stabil tidak membikin lelah. Berdasarkan review motor besutan Honda ini sangat nyaman digeber pada average speed 90km/jam. Mesin smooth minim vibrasi. Tidak dibutuhkan rpm tinggi untuk mengail tenaga. Faktor inilah yang disinyalir membikin CBR250 jauh lebih irit ketimbang kompetitor. Sebenarnya seperti apa sih karakter CBR250r?. Bisa digambarkan…mesin CBR untuk mencapai kecepatan 105km/jam sangat enteng tanpa ada rasa ngoyo. Kecepatan 120km/jam…..dibutuhkan sedikit tenaga, dan  baru setelah kecepatan 130km/jam untuk naik hingga 145km/jam membutuhkan waktu agak lama. Terus gimana dengan Ninja250r..?? Dari bawah hingga menengah Ninja masih kalah dibandingkan dengan CBR250r. Akan tetapi sekali mendengus……CBR250r harus bertekuk lutut terhadap Ninja. Mesin pararel seperempat liter mencatatkan record top speed 162km/jam. Inilah kelebihan engine dua silinder.   Hal tersebut cukup dimaklumi mengingat engine DOHC CBR250r limiter bekerja pada 10,500rpm sementara genk ijo mampu digeber hingga 13,000rpm.  Terus apakah ini berarti  pasar CBR250r tidak akan bakal bisa gerogotin dominasi Ninja250r..?? belum tentu mzbro….

Dalam penjualan sebuah produk….top speed bukanlah segalanya. Banyak hal komplek didalamnya. Dibenua Amerika serta Eropa unsur Safety bisa sangat mempengaruhi pilihan konsumen. Inilah strong point motor besutan Honda dibandingkan Kawasaki lewat fitur ABS. Antilock Brake System terbukti telah banyak menyelamatkan nyawa biker ketika harus rem mendadak. Jika seorang biker panik biasanya secara reflek tangan akan betot tuas  rem sekuatnya alhasil kaliper malah ngunci…bisa ditebak, karet bundar lost grip….laju kendaraan bakal nyelonong tak terkendali. Pada ABS daya kejut ini akan dikoreksi sehingga disk lock akan terhindar. Selain itu dari segi perfomance boleh saja standart pabrikan kalah dibanding Ninja tapi patut diingat…..Honda cukup smart dibidang ini. Banyaknya rumah tuning yang mensupport CBR series merupakan langkah jitu dalam memantapkan keberadaan CBR250r. Masih ingatkan Mugen dan Moriwaki..??  itu hanya secuil yang kelihatan diluar part pendongkrak  lain  dimana bakal bertebaran seiring dengan keberadaan populasi Motorsport Honda ini nantinya. Jadi mampukah CBR250r menggilas keberadaan Ninja250r..?? saya pikir terlalu frontal kalau bahasanya menggilas. Tapi lebih cocok menggerogoti…..itu baru tepat. Dan seperti yang mereka bilang itu hanya masalah waktu. Benarkah..?? kita lihat saja….(iw/22/12/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

32 COMMENTS

  1. tetep aja saya pilih Ninja 250R… desainnya lebih mantab…

    tapi percuma juga sih. lha wong saya ndak tertarik motor sport segituan. . . :mrgreen:

    *sebenarnya ndak punya duit segitu 😆

  2. Semakin penasaran ini motor mau dijual berapa sama AHM…
    Bagi konsumen Indonesia, positioning harga juga faktor yang nggak kalah penting…

  3. @Bro Spies
    sbg gambaran aja ya.. Di Solo new cbr 150R dideler honda purwosaren Rp 43,5 jt sedang di jogja Rp 42,5 jt..
    klo yg 250R kira2 brapaan ya..?!

  4. tinggal nunggu waktu aja.
    Dgn teknologi dan fitur yg dimilikinya kayaknya dpt dgn mudah menjungkalkan N250 yg cuma menang jumlah silinder doank itu.

  5. @dhimaz
    teknologi yang mana yang mana sih? vitur yang mana? spedo digitalnya?
    dalam hal safety cbr emang lebih unggul karena CBS-nya, tapi untuk yang lain berimabang aku rasa.

  6. kunci sukses penjualan motor ber cc kecil (termasuk 250cc) adalah negara asia, terutama india dan indonesia. Kl cbr bisa pegang indonesia mgkin pengaruhnya kuat dg penjualan global. Tengok aja ninja 250r…berapa
    Ninja yang terjual diseluruh daratan eropa?? Hanya mengandalkan pasar indonesia saja penjualanya melebihi se benua eropa. Jd apapun opini dr eropa kurang mendongkrak penjualan global, krn itu dengarkan opini dr masyarakat indonesia… Kl mau jualan motor kecil jangan pernah mengabaikan pasar indonesia

  7. Mesin Cbr250 yg skr msh sy ragukan dlm hal performa cz 1 silinder motor ini spt kyk replika VRF1200 aj soal performa jgn ngarep lebih, beda jauhh ma yg dulu 4silinder maknyuss & joss gandos. 😀

  8. mudah2an dgn adanya saingan dari CBR, Ninja-nya jadi turun harga en gw bisa beli … amiiin…
    (mimpi kali yee, ngarep dot kom)

  9. itumah cuma menang mereka doa tetep aja ninja250 yg lebih keren n ngga ndeso…………kalo yg itu kayanya ndeso yaah……..????

  10. Ninja Ttep lebih mantep dr CBR250, yang bnggain CBR mah yang g mampu beli ninja aja itu sih.. NINJA STILL THE BEST, Mau yang 2 tak ato 4 tak, buat d indonesia Ninja paling berjaya mas bro..
    mau keamanan ato apa lah, namnaya juga roda 2 gampang celaka, ya bedoa aja sma Tuhan, Minta perlindungan,,
    Pokoke NINJA lebih OKEEE

  11. saya pemakai ninja rr …tapi kalo suruh milih antara cbr 250 dan ninja 250, saya pilih cbr 250…saya percaya dgn honda..karena inovasi teknologi dan cara membaca pasar nya masih yg terdepan didunia…kebut2xan mau seberapa sering sih emang,,..

Leave a Reply