Yamaha Byson bertransmisi matic……

31

Dunia ini memang unik. Tidak ada yang bisa membantah akan hal itu. Kadang kala kita sendiri dipaksa untuk merenung akan segala hal yang bagi kita sedikit nyleneh. Seperti kejadian hari ini dimana seorang biker menganggap Yamaha Byson layaknya motor matic yang tinggal ngegas kalau ingin melaju…………..

Dengan ditemani blue angel melaju pelan diperbukitan gunung putri Bogor. Tidak lama sampai dikantor istri…leyeh-leyeh nongkrong sebentar. Dengan masih mengenakan helm jongkok disamping tunggangan menikmati hijaunya lapangan golf. Sekonyong-konyong datang rombongan pria berpakaian necis bersama teman istri (wanita) menghampiri tempat saya nongkrong. Semua mata memandang kemotor dan salah satu lelaki berbadan agak tambun, bercelana jeans dan sepatu boot kulit langsung teriak ” wahhh…Byson ya ini..??”. Karena jarak masih jauh sekitar 3 meter saya diam saja. Baru setelah dekat dia nanya lagi “ Yamaha Byson yah ini?”..tanyanya kembali seraya langsung nyemplak tunggangan yang parkir disamping. Jujur ada perasaan tidak suka dengan gaya pria yang kesannya kurang sopan untuk seseorang yang baru kenal. Apalagi suaranya keras sekali, tone tinggi disertai mimik muka pecicilan. Namun rasa tidak nyaman saya tepis jauh-jauh. ” Iya mas,”..jawabku singkat. ” Berapa duit nih?”…..gue suka motor model kayak gini,” celotehnya sambil menatap temannya satu persatu seperti minta pendapat. Rekan lainnya mengangguk senyum-senyum. ” mantep bro. Lu cocok dah..” kata salah satu temannya membikin doi makin semangat. Entahlah…kenapa ketika saya perhatikan muka pria tersebut langsung teringat Gayus. Miripppp banget bro. Saya analisa kemungkinan berumur sekitar 35 tahun. ” Pinjam kuncinya dong!!” pintanya. Saya terdiam sejenak. ” Bolehkan..??” ulangnya. Pikiran waktu itu hanya satu “mungkin dia seorang biker yang memang benar-benar ingin mencoba Byson. Maklum motor baru sehingga pasti ada rasa penasaran untuk mencoba. Saya pribadi soalnya juga sering seperti itu. ” Boleh mas,” jawabku sambil menyerahkan kunci kontak…….

Dimoment itulah sipria bermuka Gayus bertanya..” Ini matic bukan..??” tanyanya sambil nyengir. Sejurus saya tertegun dengan ucapannya. Ah…ini orang bercanda. Masak biker nggak tahu antara motor matic sama bukan.  ” Bukan mas..masak matic!” jawabku  ketawa. ” Tapi 4 tak kan..??” candanya lagi sambil menyalakan kunci kontak. ” Iyalah mas..” sahutku. Tuas kopling ditarik….elektrik starter dipencet dan….suara khas blue angel langsung terdengar. Untuk memantapkan hati saya perhatikan gerak-gerik orang tersebut dalam memperlakukan tunggangan. Perseneling satu dimasukkan…hhhmmm benarkan, dia memang seorang biker yang terbiasa menunggang motor berkopling. Lega rasa hati melihatnya.  Tapi ternyata plongnya hanya seperkian detik hingga didepan mata, my blue angel terlempar kedepan…ban ngangkat 70derajat. Didalam helm mulut sampai mangap dibuatnya. Begitu juga teman-teman doi kompak teriak berbarengan. Kaget…kagum…nggak terima menjadi satu. Kaget karena motor dibuat freestyle nggak ngomong-ngomong. Kagum karena ban ngangkat sampai 1 meter lebih (dibutuhkan keberanian dan skill tinggi). Tidak terima karena motor baru koq dibuat ajang urakan. Mata tak berkedip memandang demonstrasi yang baru ditunjukkan sipria pecicilan. Saat itu yang ada dibenak saya adalah, lelaki itu seorang freestyler ulung. Gimana nggak, lawong kendati ban depan ngangkat sedemikian rupa, motor tetap jatuh dalam posisi lurus  sempurna. Terlihat doi memutar motor dan kemudian mendorong memakai kaki. Lho mesinnya mati…?!. ” Wah…loe koq nggak ngomong sih kalau ini bukan matic?” ujarnya dengan muka sedikit berubah. Waladalah…ini orang stres kali yah. Saat itu saya sudah malas untuk menimpali celotehnya. Beberapa detik setelahnya…motor diserahkan. ” Gua mau knalpotnya nih.  Keren. Cocok nggak ya buat motor saya,” ujar sitambun lagi seperti tidak ada kejadian apa-apa. Seraya turun dari motor doi ngetok knalpot Byson memakai jari tangan ” Lho koq plastik..?? nggak asli ya knalpotnya??..bibir doi terus nerocos. Nggak tahu kenapa lama-kelamaan makin jengah akan polah tingkahnya. Pada saat yang sama istri datang. ” Emang motor lu apaan??..tanyaku sudah tidak memakai kata “mas” lagi.  ” Kimco…kimco matic,” jawabnya singkat. Oalahhhhh wong edan..!!!! Sejurus saya tatap muka lelaki itu. Masih pede dan pecicilan tanpa ada rasa dosa. Kesel dan emosi mulai tersulut. Jadi nih orang motornya Kimco matic! OOhhhhh tidakkkkkk!!!!!!….. Arrrggghhhh….geregetan jadinya!!!  Dari pada asah golok akhirnya istri saya ajak cepat berlalu dari  tempat itu….

Diperjalanan saya coba menganalisa dan merenung. Akhirnya saya peroleh jawabannya. Oke..sedikit flashback, mungkin begini kira-kira. Ketika tuas kiri ditarik…bagi lelaki itu bukan sebagai kopling melainkan  rem belakang. Hal ini lazim dilakukan  sebagai standart safety cara berkendara matic waktu pertama kali distarter. Sehingga ketika gas dipuntir tuas kiri langsung dilepas (bagi silelaki diasumsikan melepas rem) maka motor langsung melesat dan ban ngangkat tak terkendali. Hanya satu yang menjadi pertanyaan kenapa dia nekat sok bisa naik motor laki??. Entahlah…disinyalir mungkin dia mau pamer keahlian keteman-temannya. Dan untungnya tidak ada yang terluka pada kejadian tersebut. Nylenehnya koq masih mikir buat pasang knalpot Byson di Kimco maticnya. Jan ora nyambung blas 😆 . So brother….berdasarkan pengalaman tersebut hendaknya jangan mudah memberi ijin pada orang yang tidak tahu background dan latar belakangnya untuk mencoba tunggangan sampeyan. Hilangkan rasa sungkan guna memastikan ability atau kemampuan sibiker supaya bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.  Biarlah saya yang pertama dan yang terakhir. Iyo ora bro. Mosok Byson koq matic?! ayak-ayak wae. Wong urip-wong urip…….(iw/14/12/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • njang panjang

    Byson matic??? Bystic wae singkat padat!

  • iwanbanaran

    @ Njang
    Iku lak yo makanan to mzbro….

  • Wah parah neh orang,aya aya wae!untung didieumah aman,xi xii :mrgreen:

    http://aiiefz.wordpress.com/2010/12/13/honda-nova-sonic-sekarang-nasibmu

    http://wp.me/p104T9-4s

  • NEk aku wis ta keplaki kwi wonge… ik..ik.. Byson Matic … kenalnya cuma ma Kymco..

  • iwanbanaran

    @ Tri
    Terakhire emang png ngemplang rasane mzbro….tapi wis tuwek yo isin geger perkoro motor xixixi

  • myso

    guoblok tenan itu orang

  • Hourex

    HWUAHAHAHAHAHA..
    nais setori Bro..
    Btw, ada beberapa pesan moral yg saya tangkap dari cerita di atas:

    – jangan se_kali2 memberikan kontak motor pd org yg tidak anda kenal sebelumnya, palagi dia sendiri en di t4 sepi karna bisa2 lewat motore anda

    -jangan se_kali2 meminjam kan motor sport anda ama sembarang biker, karena tidak semua biker biasa dng kopling manual

    -jangan se_kali2 ngelepas handel kopling yamaha Byson’ saat gigi 1 pd @rpm tinggi, karena si Byson bakalan standing tinggi dan butuh skill mumpuni utk menjinakan lompatan si Kebo

    hwuahahahahaha..
    PISS..
    *jas kiding Bro..

  • wooo

    hati2 bro kadang-kadang tingkah laku org suka mencurigakan dan alangkah baiknya tdk meminjamkan kunci ke org yg tidak dikenal.takut nanti ada maksud lain yg tdk kita duga

  • iwanbanaran

    @ Myso
    Asli…saya setuju pendapat sampeyan…
    @ Hourex
    Bener sekali mzbro. Saya jg nggak nyangka sigambot klo disentak gas sedemian rupa bisa ngangkat tinggi bngt. Cm saya jadi kesel motor dieman-eman koq diperlakukan demikian….
    @ Wooo
    Betul sekali mzbro. Nice suggestion…

  • Ndeso Kluthuk

    Wah kalo aku jadi bro Iwan, Wis tak kaploki wong iki, ra sopan blasss…
    Dasar rupa Gayus…

  • iwanbanaran

    @ Deso
    Walah bro…saya juga keselll bgt setelah sadar bahwa sigayus ini cm coba2. Mangkanya sampe tak masukin artikel saking ingat trs kelakuane. Ono2 wae…

  • az147r

    wah,lain kali jgn diam dekat motor lagi,ntar ada yg pinjam.beri aja jarak sekian meter dari motor hehehe…

  • hahahahaha… :mrgreen:
    konyol banget ceritanya broo..

  • devaners

    benar goblok tenan

    gak bisa bedain matic dengan motor laki….wkwkwkwk

    masih ada orang kaya gitu laki-laki pula…

  • prand

    orang kemplu tuh,,,hahahhaa
    kok ya ada orang yg mikir kaya gt,,,ama adikq yg 8 th aja mungkin otaknya masih encer adikq,,,,hahaha

  • Vespa Ijo Rider

    entu orang kagak salah bro, kalo pengen make knalpot byson di motor maticnya.. kenafaaa..??
    ente liat aja.. hampir semua matic desain knalpotnya “GAMBOT” en knalpot byson “GAMBOT” juga..

    jadi perkiraan dia.. ya bisa2 aja tukeran knalpot … lha wong desainnya sama2 gambot koqq..
    getooo kaleee… 😀

  • Busa_tio

    Muka tembok tu orang. Sorry jd ikut kesel, bayangin kalo aku di posisi sampeyan.

  • prand

    lha yen aq sing duwe byson,,,,wonge sing jileh wes takcemplungke jurang,,,hahaa

  • damhar

    wakakakakak…. KOPLAK !!

  • hahahaha….lucu brur ceritanya, real story kah…?
    btw…kelihatannya gambar kymco itu pernah lihat deh, tapi dimana gitu… 😀

  • kodokijo

    Jgn aneh bro Iwan, emang banyak di sekitar kita orang2 yg kaga ngerti motor, taunya cuman naik doang. Jgn ditanya soal 2 tak, 4 tak, silinder, piston, valve, rasio kompresi, oli samping, ECU, CDI, dll sbgnya, krn banyak sekali yg gak ngerti.
    Jujur aja saya juga gak demen ama orang kyk gitu, gak sopan dan sok pinter, amit2 gak tau malu.

  • Galih

    enaknya bilang apa ya kalo mo nolak baik2 orang yg mo pinjem motor? 🙄

  • Ramon

    Alhamdulillah bro org yg tadi nggak pny niat utk bawa lari motor sampeyan ,lain kali klo org yg bkn kenalan kta pinjem kunci motor jgn lsg diberikan waspada aj bro. Piss

  • iwanbanaran

    @ az147r
    Iya mzbro kalo perlu dikasih pagar biar nggak bisa mendekat xixixi…
    @ Pr@z, Devaners, prand, busa, damhar, kodok
    Bener mzbro umur segini baru sekali ketemu wong gemblung kayak gitu. Wong urip-wong urip…
    @ Dnugros
    Pengalaman pribadi.Baru kemarin kejadian. Gambar kimco dapat dari mbah Google
    @ Galih
    Suka susah emang kalo mau nolak. Orangnya aja nggak puny udel…
    @ Ramon
    Saya ngelihatnya dia datang bersama teman istri jadi saya pikir aman aja. btw Tq nasihatnya…

  • prand

    kalo itu gemblungnya keterlaluan,,mgkn sarap tuh orang,,,hahahaha,,

  • bhuahahhahahhahahhahahhahahahhahahahhahahahhahahahhahahahhahahaha…ngk berhenti nguyu aku….anehhh bnerrr…. :mrgreen:

  • sembalap

    wakakakakakak ……. koplakkkkkkkkkkkkk!!

    btw byson ada transmisi mundurnya nggak ya? …. glodaaggghh!!

  • redbiker

    untung si kebo ndak jatuh mas..

  • hahaha, lucu2. Andaikan si gayusnya sendiri mungkinkah dah di hajar ???

  • sijidewe

    Tapi jaman udah berubah kang, sekarang n max pake knalpot ninja250 keliatan keren .