Tips membikin tarikan gas makin enteng…!!

20
1254

Pegel pastinya jika motor brother puntiran gas terasa seret. Hal ini bakal makin menyiksa tatkala kondisi jalan macet luar biasa macam Jakarta. Nah untuk mengakalinya berdasarkan dari pengalaman serta info teman bengkel, grip gas bisa dibikin lebih enteng. Brother hanya berbekal ” tang” plus oli cair maka kenikmatan mengendarai motor akan semakin terasa. Apa yang harus kita lakukan…??

Langkah pertama, silahkan buka karburator tunggangan. Copot jarum skep…dan peer didalamnya. Target yang akan kita oprek adalah peer jarum skep. Untuk mengurangi berat puntiran gas maka kita bisa potong peer skep guna mengurangi daya tendang yang dihasilkan. Tapi kudu hati-hati jangan lebih dari tiga ulir…so bisa dipotong 2 atau kalau dirasa masih kurang baru ditambah lagi hingga 3 ulir. Setelah terpotong silahkan tarik pegas hingga panjangnya sama dengan posisi sebelum kita potong. Oh ya…bagi yang sayang peer asli dipotong, monggo ditebus pegas skep non original ditoko sparepart pinggir jalan. Cukup murah mungkin sekitar 10ribuan sudah bisa kita boyong. Perbedaan hanya pada bahan serta daya tendang pegas. Yang asli lebih lentur sedangkan produk after market agak keras.  Kalau sudah kita menuju step berikutnya……

Langkah kedua buka mangkuk grip gas. Disitu akan kita dapati kabel yang menghubungkan antara grip throttle ke carbu. Seringkali akibat hujan serta kotoran yang menumpuk bertahun-tahun mengakibatkan kabel baja berkarat. Nah…supaya makin licin ambil oli cair dan harap brother telaten memasukkan oli tersebut kedalam kabel sedikit demi sedikit secukupnya. Lantas gerakkan kabel naik turun supaya cairan bisa masuk kedalam dengan sempurna (dilarang berfantasi lho mzbro 😆 ). Setelah semua sukses karbu dan mangkuk gas bisa dipasang kembali.  Misi selesai. Kini dijamin…puntiran gas bakal jauh lebih ringan dan tidak pegal ditangan. Oh ya….pelumasan seperti diatas sebaiknya dilakukan rutin perenam bulan atau paling lama setahun sekali. Selain meringankan puntiran gas juga mampu mencegah karat kabel baja. Alhasil tali gas akan awet dan tahan lama. Semua tips diatas sudah saya buktikan sendiri lewat tunggangan lawas…siMegy.  Dan hasilnya maknyus tidak mengecewakan. Yang terakhir…monggo disruput kopinya mengingat hari masih cukup pagi dan dingin. Maklum sekarang Jakarta lagi diguyur hujan. Adem ehuyyy…(iw/3/12/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

20 COMMENTS

  1. @ Karisma
    Naik lageee xixixixi…
    @ Dicky
    Maturnuwun. Moga berguna mzbrooo…
    @ Hourex
    Maaf bro…style sampeyan saya pinjam 😆

  2. Wah mana ni konco2 smua..

    Btw, sama Bos cara ngentengin gas nya cman saya ga main potong per hanya main tarik aj en sya jg ga pake oli tp WD..
    Kos oli kesannya ngikat debu, klo WD kesanya ngusir debu..
    PISS..

    @bro Spies
    gmana testimoni M1nya.. Pernah seret gasnya ga…??! wkwkwk

    *ngopi lagi ah..

  3. sy punya pengalaman,
    sebelum di service tarikan gas ringan,
    setelah di service di Beres, eh malah jadi berat,
    itu kenapa ya mas?

  4. @ Hyde
    Tq bro..
    @ F4iz
    Nemunya gbr Tigy image yg kelihatan grip gas. Maklum dibantu mbah google. Top nih sibro…teliti pol wkwkwk…
    @ Hourex
    WD jg boleh mzbro. Ini cara yg murah meriah. Soale saya yakin nggak semua brother sedia WD dirmh. Utk kabel grip gas tempatnya yg tertutup dan tersembunyi masih aman diaplikasi oli kecuali rantai atau tempat terbuka lain hindari klo nggak malah kurang awet krn debu mudah nempel kekomponen tsb (bersifat abrasive)….jd buah simalakama ujung2nya. Yo ra bro Hourex. Monggo disruput dlu kopinya..
    @ Damhar
    Yoi mzbro wkwkwk….

  5. @ Nabra
    Bisa jadi posisi peer jarum skep krng presisi jd kejepit mzbro. Saya dlu pernah pny pengalaman seperti itu jg….ada yg mau nambahin?

  6. mas bro. .

    tadi pagi saya liad CBR 150 yang baru di jalan semanggi
    warna hitan
    di atas mobil pickup
    saya langsung lapor bokap n pas siang harinya saya jalan ke deler HONDA
    ternyata blom ada penjualan CBR
    trus CBRnya dari mana ya mas bro
    apa impor thailan yah dia?

  7. @ sicoklat
    Belum mzbro. Kran dari AHM buat CBR lum dibuka. Sabar aja. Mungkin tuh mtr importir umum kali bro yg bawa macam probike dll…

  8. mantabs bro.. untuk menghindari pegal-pegal dan kapalan 🙂 perawatan motor secara rutin itu penting, demi keselamatan dan kenyamanan goes!

Leave a Reply