About these ads
jump to navigation

Edannn…tua-tua keladi nih motor!!! Desember 1, 2010

Posted by Iwan Banaran in Otomotif.
trackback

Pertama kali melihat motor lansiran Yamaha ini pasti nggak menyangka atas handling serta respon mesin yang diberikan. lha gimana nggak…walaupun perawakan uzur, motor begitu mantep dikendarai.  Tidak sesuai dengan mesinnya yang sudah bangkotan alias aki-aki…………

Motor yang saya bicarakan adalah Yamaha AS Twin keluaran tahun 1972…..lebih tua dari umur saya sendiri :lol: . Jadi kalau kita hitung secara kasar kuda besi ini berumur 38 tahun. Wah saksi bisu jaman Roy Marten dan Rano Karno dong ya. Kendati demikian tidak menyurutkan niat kakak ipar buat meminangnya dari orang Ponorogo Jawa Timur. Berapa harganya..?? murah amir, ditebus dengan harga 1juta. Singkat cerita karena tidak ada motor lain…yo wis terpaksa menunggangi besi tua tersebut buat pergi kerumah teman. Namun saya dibuat terkejut atas impresi yang diberikan. Yamaha AS Twin 125 suara mesin persis seperti orang pilek. Maklum mesin pararel kubikasi mungil dimana masing-masing silinder hanya dijejali seher 62cc. Ditambah karburator susah sekali disetel langsam. Respon mesin tua kuda besi ini lumayan nendang. Kebetulan dijalan ketemu biker Honda Win dimana jokinya super gampang panas….ngajak tarik-tarikan ternyata Yamaha Twin mampu meladeni. Hebatnya motor begitu stabil tanpa ada goyang sama sekali. Sayang saya harus menahan rasa pecicilan mengingat remnya nyenolong nggak karu-karuan. Maklum masih tromol depan belakang xixixixi. Oh ya…Yamaha Twin AS 125 kata bokap pada masanya adalah motor yang terkenal kencang. Bisa dibilang motor racing diera 70an. Terbukti konstruksi tromol depan yang begitu besar disertai sistem tuas lebih maju ketimbang rival-rivalnya. Yang salut tankinya itu mzbro….tebal banget dan belum ada tanda ditambal. Besi sasis juga padat habis. Lawong jaman tahun 1972 motor masih BU didatangkan langsung dari Jepang alias belum Asembling Indonesia. Baru sekitar tahun 1977 kebijakan pemerintah merubah semuanya…..

Sekali lagi terbukti….kuda besi jaman dulu lebih berkualitas khususnya bahan material dibanding jaman sekarang. 38 tahun masih jalan….opo ora edan!!! Kalau motor sekarang maaf-maaf saja..paling pol-polnya 20 tahun sudah top markotop. Yo ra bro. Tapi jangan salah…harga motor jaman dulu mahal mencekik leher. Mangkanya jangan heran kalau satu kampung mungkin hanya satu atau dua orang mampu membelinya. Seperti cerita bokap…mau beli motor?? harus jual padi berkarung-karung ditambah menguras tabungan. Kalau sekarang..?? kredit uang muka 500ribu aja banyak bertebaran didealer-dealer besar. Sayang saya lupa menjepret secara langsung motor klasik kakak ipar. Tapi saya upload gambar motor yang saya maksud dari mbah Google. Suka dengan motor klasik?? Yamaha As 125 Twin bisa menjadi pertimbangan……(iw/01/12/2010)

About these ads

Komentar»

1. asmarantaka - Desember 1, 2010

Pertamaxx lagi :mrgreen:

Like this

2. asmarantaka - Desember 1, 2010

Pertamax 2 kali…dapet byson satu nih :mrgreen:

Like this

3. asmarantaka - Desember 1, 2010

wehh..langka nih..susah nyarinya :mrgreen:

Like this

4. dnugros - Desember 1, 2010

musuh disirkuit waktu itu cuman suzuki stinger 125 twin silinder juga :-D

Like this

5. iwanbanaran - Desember 1, 2010

@ Asmarantaka
Bisa aja mzbro…betul bro. Sebenarnya tuh mtr cocoknya dibalsem jd mumi. Biar makin bersejarah wakakak…
@ Dnugros
Wah mantep jg pengetahuan mzbro satu ini ttg motorclassic….

Like this

6. Ace - Desember 1, 2010

Dulu pernah nyoba gan emang bener. Kecil tp abot jd sempet bengong jg tuanya aja kyk gini gimana barunya dlu. Pasti uenak pol

Like this

7. Triyanto Banyumasan - Desember 1, 2010

Retro nendang… 2 tak tho iku?

Like this

8. Hourex - Desember 1, 2010

Wah keknya saya pernah riding skali taun 97an (pinjem 24jam) punya e pak suripto juragane warung bakmi jagalan-solo, waktu itu sya abis kna razia gabungan trus minta tolong ama belio yg banyak kenal baik ama aparat2 berpangkat yg jg pelanggan setia warung bakminya
belio jg menawari saya utk bawa motor si YASI 125cc yg udah dikasi fairing sendiri..
Akselerasi & powernya ga kalah ama motor2 baru tp klo dibawa pelan nyendat2 n gampang mati mesinnya..
Besar kemungkinan motor yg saya pimjem itu sama dng motor yg ada dlm artikele Mas Bro Iwan..
Oia, klo ga salah udah 5 speed.. Udah lupa saya..
PISS..

Like this

9. arif rakhman - Desember 1, 2010

mas iwan, itu pake dua busi ya? ato saya yang keliru liat ya.

Like this

10. damhar - Desember 1, 2010

pesona motor2 klasik memang begitu menggoda mas…
weekend kemarin juga ketemu sama CB 200 twin silinder, aura kuda besinya begitu kuat mas.. varioku dadi koyok motor dulinan gara2 parkir jejer CB kui , Kuda Plastik euy :mrgreen:

Hebatnya, si ridernya tetep setia dgn platina, gak mau ganti CDI kayak CB-CB yg lain

Like this

11. damhar - Desember 1, 2010

@arif rahman
lho, bukannya jumlah busi ngikuti jumlah silinder? CB 200 twin yg ta’lihat kemarin malam juga pake 2 busi 2 karbu kayak yg diatas itu..
Gak bayangin susahnya nyeting 2 karbu gitu..

Like this

12. Basho - Desember 1, 2010

Mantaaabs!

Like this

13. Skips - Desember 1, 2010

Awet bener motor jaman dulu sp skr msh bsa jalan, mnurut sy Ymh as Twin th 70-an trmasuk motor kencang di jamanya dilihat dr mesinya 2tak 2silinder 125cc, mungkin klo skr Kawasaki Ninja/Yamaha King ya.

Like this

14. iwanbanaran - Desember 1, 2010

@ Ace
Barunya ditakuti dulu katanya….
@ Triyanto
2 Tak mz….
@ Hourex
Betul mzbro. 5 Speed. Kalau dibaca keterangan sampeyan tidak salah lagi. Itu yang saya maksud….
@ Arif
Yup…2 busi mzbro
@ Damhar
Iyo cak…bener sampeyan. Motor klasik lebih kelihatan berwibawa…
@ Skips
Begitulah kata bokap mzbro…..

Like this

15. Ndeso Kluthuk - Desember 4, 2010

Sy masih punya Yamaha L2 100cc th 79, warisan dr bokap, awet bener tuh motor, masih ngacir aja dipake buat week end, kata mami dulu belinya pake emas 2 ons, klo skrg 60jt-an, mahal amat….
pengen tahu fotonya, dah tak pasang di en.wikipedia/yamaha L2

Like this

16. meet_hana - Desember 5, 2010

menanggapi soal material tangkinya.. emang jaman sekarang material-material pelapis makin langka bro, jadi diganti deh sama yang lebih murah, trmasuk plastik, akhirnya ya gitu kualitasnya sering bocor

Like this

17. ero.wagiyant - Juli 4, 2011

Memang motor yamaha twin 125 thn 70 larinya msh kenceng & enak dikendarai…soalnya sy punya n msh dipake smp sekarang!klw diajak kebut musuhnya kawasaki ninja sm Rx king bs lewat…tp sayangnya spare part-nya langka??

Like this

18. suponorogo - Agustus 19, 2011

pancen ngedan ke wong sing duwe duwit masak keluaran th..73 barangnya masih ada bahkan golek angel…. ning ora mung kowe mas akeh sing duwe bahkan orang 1 aja punya 10 unit 125 cc twin cah sukowati sangiran .sragen. jawa tengah.komplit mulai dari th..70 sampai th 79 ada yamaha suzuki 380 cc

Like this

19. ardite - Desember 28, 2011

^_^ saya juga punya nih motor yamaha ini…. beli cuman 750ribu di loakkan hehhehehehhe sekarang dah ganteng tuh motor

Like this

20. ongky ia - Januari 28, 2012

saya kelas dua es em a 80 – 81 kalo ngebut ya pake motor ini, nyetel karburator dan platina nya susah banget, kudu match banget untuk dua dua silinder nya, kalo sudah dapet juga nggak akan terus terusan, beberapa hari sudah berubah lagi dan kudu disetel ulang lagi, koil nya dipakein koil mobil. kalo jalan jalan pelan pelan sama temen saya yang pake Yamaha RX125 Twin juga, menjelajah dari jl. Taman Margasatwa Ragunan sampe Blok-M di Jakarta. bunyi mesin Twin 2 Tak sudah nggak pernah terdengar lagi, dikantor lama saya dulu pernah ada yang bawa Yamaha RX125 Twin, pas denger suaranya rasanya sampe merinding,

Like this

21. ongky ia - Januari 28, 2012

.

Like this

22. Ayahandi - Februari 20, 2012

Saya saat ini pakai Yamaha AS-1 (Yamaha Yasi) wenak pol. Saya dapat dari Solo – Bohyolali. Surat lengkap (AD) pajak hidup. kalau ada yang mau nerusin merawat boleh gantiin, mulus terawat, harga 20 juta. Mohon maaf ini harga mahar yaaaa…..

Like this

23. shrink the hemorrhoids - Maret 9, 2013

Great blog here! Also your website loads up very fast! What
host are you using? Can I get your affiliate link to your host?
I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

Like this

24. bambang morphy - April 17, 2013

hehehe saya punya juga nih yamaha AS3 thn 1973
surat STNK + BPKB komplit. motor jalan sehat..
kali aja ada yg minat hubungi ane boss,.
telp: 088 216 216 999
PIN BB: by request

Like this

25. Price Of Gold Today - Desember 11, 2013

You made some really good points there. I looked on the
net for additional information about the issue and found most individuals will go along with your
views on this site.

Like this


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 22.206 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: