About these ads
jump to navigation

Mau ganti ban kelewat besar…?? pikirkan matang-matang bro..!! November 17, 2010

Posted by Iwan Banaran in Otomotif.
trackback

Siapa yang nggak suka melihat motor jadi kelihatan gagah dan galak. Cara yang cukup simpel dan lazim dilakukan adalah merubah karet bundar dengan ukuran lebih besar. Tapi hati-hati lho bro…sebab kalau kelewat besar bisa mempengaruhi kinerja motor itu sendiri. Seperti apa..??

Pasti semua tahu upgrade ban kelewat besar akan membuat tarikan motor menjadi lemot. Itu sih sudah bukan rahasia umum. Tapi ternyata tidak itu aja mzbro. Ketika kita memutuskan memperbesar ukuran ban dari standart pabrikan, berarti kita harus sudah siap dengan konsekuensinya. Keuntungan sudah jelas handling motor akan makin stabil diakibatkan bidang cengkraman keaspal makin luas. Namun ternyata effeck negatifnya lebih besar lho. Apa saja…???

A. Pertama adalah mesin. Wajib bagi kita hukumnya untuk mengganti gear ratio atau sproket belakang dengan lebih besar pula. Hal ini guna menghindari engine kedodoran beraccelerasi. Kalau keberatan bisa diakali dengan mengganti knalpot freeflow plus main & pilot jet supaya torque meningkat.

B. Yang kedua adalah rem. Ban lebih besar bikin kinerja alat ciet makin berat karena gaya dorong akibat beban yang diberikan ban meningkat. Jadi jangan berharap kinerja rem akan bisa menyamai ketika ban motor brother masih bawaan pabrikan. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengganti piringan rem dengan diameter lebih besar pula.

C. Yang ketiga konsumsi bahan bakar. Ban besar tenyata juga menjadi biang motor menjadi lebih boros sebab kita dipaksa open throttle lebih dalam untuk mendapatkan tarikan yang diinginkan. Apalagi kalau route adalah model stop and go macam Jakarta yang macet parah dipastikan motor bakal sedikit rakus dibandingkan ketika memakai ban standart.

D. Yang keempat durability sproket gear. Ketika beban makin berat otomatis akan memperpendek umur gear sebagai piranti utama penyaluran tenaga dari mesin keroda.

E. Yang terakhir handling. Ban besar memang akan menambah kestabilan tunggangan ketika melaju pada kecepatan tinggi. Namun tidak ketika kita membutuhkan kelincahan dalam nyelap-nyelip dikepadatan lalu lintas. Karena ban besar otomatis akan menambah tenaga ekstra biker dalam menekuk stang kekiri atau kekanan.

Jadi seyogyanyalah dipikirkan secara matang-matang sebelum brother semua mengupgrade ban dengan ukuran lebih besar. Karena bagaimanapun segala sesuatunya sudah diperhitungkan secara meyeluruh oleh pabrikan. Namun jika sampeyan tetep kekeuh, maka dianjurkan mengganti maksimal dua ukuran lebih besar dari bawaan standart untuk meminimize segala effect yang tertera diatas. Semoga berguna……(iw/17/11/2010)

About these ads

Komentar»

1. adhi - November 17, 2010

lha iku ban opo mas bro, gedene ra umum

Like this

2. iwanbanaran - November 17, 2010

@ Adhi
Ban truk pertambangan bro :lol:

Like this

3. kentadis - November 17, 2010

btw, ban byson tuh irc road winner ya bang? Kira2 buat gantiin ban MRF yg licin gimana ya?

Kalo ane,tetep 90/90 d dpan n 120/70 di belakang aja..

Like this

4. iwanbanaran - November 17, 2010

@ Kentadis
Mantep koq bro. Saya sejauh ini merasa puas dengan performa IRC Road winner. Mau hujan atau kering stabil…..

Like this

5. Hadi - November 17, 2010

untung gone byson wes gede mas….hehehe

Like this

6. Maskur® - November 17, 2010

Benar sekali..gaya tapi gak bisa lari juga gimana

Like this

7. satria_bajahitam - November 17, 2010

Mas saya rencana mau naikkin ukuran ban si byson,kalo naik satu step ukurannya ngaruh ke power mesin gak yah ?

Like this

8. iwanbanaran - November 18, 2010

@ Satria
Saya pikir Byson sudah dirancang untung narik ban besar bro. Bisa jadi ngaruh namun sedikit. Paling top speed yang bakal terkorbankan. Namun jika kita merujuk FZ16 India dimana memakai ban ukuran 140/80-17inch saya yakin aman-aman aja jika upgrade satu ukuran. Kan YMKI hanya membekali size 120/70-17inch……sik wani bro. Hajarrr….

Like this

9. Wibisana - November 18, 2010

Mas. mau minta pendapat aja nih..kalo byson itu cocoknya dipasangin topbox yang ukuran berapa ya ? biar manis gitu loh..Trus bracketnya cari dimana ya ? karena kalo beli di Givi belum ada yang jual nih..minta saran dan pendapatnya dong mas..

thanks ya

Like this

10. iwanbanaran - November 18, 2010

@ Wibisana
Sejauh ini dipasaran braket buat Byson memang belum ada. Paling kita harus buat sendiri alias home made. Hhhmmm…untuk ukuran Box harus tanya suhu yang familiar sama produk ini. Ada yg bisa bantu bro kita ini..???

Like this

11. ledoy - November 18, 2010

tuk sahabat2 sekalian.. kalau ingin memperbesar ukuran ban ada baiknya lakukan saran berikut:

- jika tunggangan anda sejenis bebek dan ingin ganti ukuran ke 120/70/17, maka wajib ganti motor jadi byson misalnya.

- jika ingin ganti ukuran ke 160/70/17, maka wajib ganti motor jadi cbr 600 atau ymh R6.

- dan jika ingin ganti ukuran 190/70/17, maka silahkan ganti ke suzuki hayabusa atau ducati diavel …

hehehehe…

Like this

12. kentadis - November 18, 2010

@ wibisana
coba cari2 braket lokal merk kucay bro! G kalah sm braket givi
trus kalo top box, pake givi e20 juga lumayan, walopun ga ada stoplampnya. Tp menurutku serasi sama bentuknya byson :mrgreen:
fyi, harga e20 kisaran 500-600ribuan, kapasitan 40literan. Cmiiw..

Like this

13. Wibisana - November 19, 2010

@ Kentadis

Thanks bro buat sarannya..ane dah coba hubungi agan Kucay tapi dia belum buat untuk yang byson nih..Apalagi ane tinggal di Denpasar bali..agak susah nyari yang bisa buat bracket yang bagus…Mungkin ada yang tahu tempat untuk buat Bracket box di Bali ?

Like this

14. andy - November 20, 2010

mas kalau vixi, ban ganti punya byson kira – kira gimana?

Like this

15. heinrich cheng - November 21, 2010

tq, saya baru tahu kalo step menaikkan ukuran roda juga ada kompensasinya seperti di mobil kalo mo pasang velg gede.

masalah manuver saat handling apakah bisa diakali dengan memperpendek jarak sumbu roda?atau dg tetep make ban berprofil tapak bulat?

Like this

16. Apakah Byson selemot itu..??? « Iwanbanaran's Blog - Desember 5, 2010

[...] Saya sebagai penunggang motor anyar Yamaha ini tentunya ngerti karakter Byson. Ibarat personality tahu betul wataknya…..2 bulan berpasangan sudah cukup untuk membedah dalemannya…halah.  Motor ini memang agak nyleneh jika dibanding segala kuda besi yang pernah saya coba. Dari Tiger, Scorpio, Mega/GLpro, CB, Vixion dan motor 4 tak lain. Emang apa bedanya?? yang pasti adalah cara memperlakukan dalam tanda kutip buat geber-geberan. Kalau hanya mengandalkan gas langsung puntir dalam…jangan harap respon menggembirakan. Lha gimana…nggak ada ceritanya engine bisa langsung teriak dan rpm nendang hingga 9000rpm. Karakter ngayun akan lebih mendominasi. Tenaga tersembur sempurna hanya dari 0 – 6000rpm. Selebihnya bakal lama naiknya. Tapi jangan salah. Kalau bother bisa main selip kopling menggunakan feeling…larinya tidak kalah sama motor sekelas. Lho tapikan mentok cuma 100km/jam??. Sekali lagi jangan berpatokan dengan speedometer. Pengalaman pribadi membuktikan. Byson hanya butuh kecepatan 115km/jam pada panel speedo untuk  jejerin Vixion. Buktikan saja sendiri. Kalau accelerasi..?? jangan menuntut terlalu banyak mzbro. Ban dan pelk gede tapi kubikasi seiprit. Ukuran 120/70-17″…….hayo coba cari secara standart apakah ada pabrikan yang berani menyematkan karet bundar dengan ukuran segitu buat motor 150cc. Tercatat hanya Pulsar 180UG4, Pulsar200 serta Ninja 250r saja ditanah air. Itupun kubikasi mesin diatasnya. Apakah sebegitu signifikan pengaruhnya..?? sangat mzbro  (seperti yang pernah saya ulas diartikel sebelumnya)…. [...]

Like this

17. adidog - Desember 8, 2010

Ada Ralat tuh Bro,… Ban belakang asli FZ16 ukuran 140/60-17. Sip Lanjut Bro…Sukses

Like this

18. touringrider - Desember 14, 2010

benar mas. sy pakai ban lebar 110/70-17 dan 130/70-17 buat scorpio. Akselerasi tak seenak bila pakai ban standart.
kepakeman rem masih sama menurut saya, malah jika ngerem mendadak, cengkraman makin sip, alias gak pakai anti goyang/ngepot.
Konsumsi BBM masih tetep, tergantung cara mengemudi.
Karet sproket memang cepet aus. Namun dibalik semua kelebihan dan kekurangan, sy tetep keukeuh pakai ban lebar, karena stabil buat riding jika touring jauh.

Like this

19. dedi cansera - Desember 22, 2010

bro gwe punya satria fu… N rencananya maw gwe kasih ban besar biar kliatan keker pada kaki N nanti pke body custom.. tapi gwe bingung mau pke ban ukuran berapa??? ada solusi g bro?? secepatnya

Like this

20. Adi Nasir Ahmad - Desember 30, 2010

permisi, mas…numpang tanya,
saya pengguna motor Supra X 125 2007,ada niatan mo ganti ban b’hubung sdh BT/botak tengah :)
seandainya mo upgrade ukuran, menurut Mas berapa ukuran yang cocok utk motor saya? (dpn-blkg)
nb. sebelumnya saya sempat bertanya pd temans saya, rekomendasinya sbb.
- dpn 80/80/17 blkg 90/80/17
- dpn 80/70/17 blkg 90/70/17
Tks sebelumnya…

Like this

21. dxtr - Februari 14, 2011

salam kenal, ikutan nimbrung ya, topik bahasannya menarik, fenomena menggemukkan motor dengan cara mengganti ban standar dengan ban yang memiliki tapak lebih lebar, diatas sudah dibahas masalah bannya. tapi menurut saya ada satu hal yang harusnya diperhatikan juga, ban tapak lebar tentunya membutuhkan velg yang mempunyai tapak yang lebih lebar juga, jika tidak maka dipastikan bentuk ban akan menjadi donat, dan secara tampilan pun bikin sebel

banyak biker mengganti ban tapak lebar sekaligus dengan velgnya, nah kebanyakan biker mengganti velgnya dengan velg racing aftermarket(yang ganti pake velg jari2 juga ada, kaya saya, hehehhe, dan ada juga yang pake limbah motor besar)

yang saya perhatikan bahwa bobot dari berbagai macam merk velg aftermarket itu beratnya minta ampun, sebagai contoh komparasi velg depan belakang aprillia 125 tidak lebih berat daripada satu velg belakang velg aftermarket

perbandingannya sepasang velg dengan satu velg belakang, dan satu hal lagi, pemilihan jenis kompon ban juga berpengaruh terhadap akselerasi, makin lembut ya makin berat muternya, ga heran temen2 yang ganti velg racing aftermarket pada ngeluh tarikannya jadi lemot dan ujung2nya pada upgrade mesin ga karuan dan akal-akalan dengan kaki-kaki motor, padahal tujuan awalnya cuma biar motornya kelihatan kekar, malah ngerembet ke hal yang lain-lain

jadi kalo mau pake ban lebar perhatikan juga bobot velgnya dan kompon dari ban-nya, (tidak berlaku bagi motor yang standart velgnya sudah lebar seperti ninja 250, byson, dan pulsar 180&200 dan bagi motor yang sudah upgrade performa)

Like this

22. newbie_sangat - Maret 24, 2011

Nanya mas bro, kalo ukuran ban maksimal buat ninja RR buat performa and safetynya ukuran berapa ya? tengkiu…

Like this

23. dxtr - Maret 25, 2011

@newbie_sangat, coba bantu jawab ya bro, saya pribadi berpatokan untuk mengganti ukuran ban yang lebih lebar maksimal naik 2 tingkat dari standar, misalkan ban belakang ukuran 100/80/17, saya ganti maksimal dengan ukuran 120/80/17
untuk ukuran tinggi dinding ban, tergantung kebutuhan, suka nikung ya cari yang tinggi dindingnya kecil 60/70, yang suka ngebut lurus aja dan banyak lewat jalan yang bumpy sebaiknya ambil yang dinding bannya agak tinggi, karena ban juga berfungsi sebagai peredam getaran

Like this

24. hans4889 - Juni 12, 2011

bison pakek tromoL juga bisa bRo,.

Like this

25. andy - Agustus 7, 2011

nimbrung jga,bro ane pake jupitr new mx clutch.sya,ad,rencna,mau ganti ban gde ..ukuran brapa yah yang pas ga mentok spackboor kolong bgian belakang 110/90 bgus ga buat acselerasii..???

Like this

26. Didid Danadhyaksa - Oktober 28, 2011

Dear mas Iwan,,ninja 250 ban belakang saya ganti yg 160,,emang agak berat tapi pas belok dg kecepatan tinggi enak cuman harus membuat celah agar tdk kena tutup rantai mas,,,

Like this

27. aris - September 9, 2012

maf gan mau nimbrung. mtor ane pulsar 180. pngn ganti ban, krna krasa licin. kira2 maksimal ban yg masuk ukran brapa, ya? ori nya 120/80-17. klau saya ukur, jark ban ke tutup rantai skrg 1cm lbih. maksh ya gan.

Like this

28. aji kepo - Maret 22, 2013

mas, mau tanya.

saya pake motor new scorpio, rencana’a sie mau ganti ban jadi yang gag trlalu tebel. ukuran’a yg skrang msh standar, depan 80/100 18, belakang 100/90 18. mnurut saya itu ktinggian bnget.
kalo mau ganti ban yg lebih tipis ktinggian’a kira2 yg ukuran brpa ya? saya mau’a masih pake pelek standar.
syukur2 kalo lebar’a bisa nambah dikit,

mohon pencerahan’a ya mas

Like this

29. Deniel - Mei 4, 2013

Ass..mzbrow klo motor soul gt menggunakan Ban Depan ukuran : 120/70-14 dan sedangkan yg di belakang menggunakan Ban ukuran : 160/70-14 gimana apa ada pengaruhnya dengan mesin….tolong info-nya…..ke – 082344505744 / email : deniel.putrasetiawan@yahoo.com

Like this

30. puthut - Juli 21, 2013

Maaf mas mau tanya ni…
Kalo mau ganti ban buat cbr 150 ban depan ukuran 130 dan belakang ukuran 160 itu ngaruh bgt buat performa tarikan ga mas?
Makasihhh

Like this

31. afaliea - September 13, 2013

cara nyeperin schok belakang yamaha byson gimana mas brow…

Like this

32. Are Mie - September 19, 2013

aku pake tiger dengan velg 5″ ban battlax 180/60-17,
kecepatan jelas berkurang tp yg saya tahu motor modif bukan untuk dipake kebut-kebutan, dipake pelan-pelan biar banyak yg lihat.
hehehehe…

Like this

33. zho - Oktober 4, 2013

untuk vixion 2013 sebaiknya pakai ban besar ukuran berapa yaw. Makasih atas jawabannya

Like this

34. Arieff Cah Raxdhegx - Desember 2, 2013

mas.bro saya mau modif tiger revo mau ganti r17 tapak lebar bintang pakai ban depan ukuran 110-60-17 dan belakang 160-60-17 kira ukuran gear depan dan belakang di ubah jadi ukuran berapa beroo ?
jawab thankz

Like this

35. warnu - April 15, 2014

bang,motor cb150r
mau ganti roda yg lbih lebar,kira kira ukuran yg pas itu berapa ?

Like this

36. ahmad almubarok (@ahmadalmubarok1) - April 17, 2014

mohon arahan.a bang… sy punya sonic th 2001… ban depan dan blakang udah sy ganti baru… dpn pake FDR genzi 90/80, bel FDR Sport MP76 90/80… ban depan mau sy ganti lagi.. krna ban trllu rapat m spatbor.. kalo ada pasir/lumpur yg nempel di ban sllu bergesekan m spatbor.a… rencana.a ban depan pengen pake yg ukuran 80/70.. biar jarak ban ke spatbor.a agak longgar… kira2 ban merk apa yg bisa sy dapet dari ukuran tadi dan bisa ngimbangi kualitas ban yg belakang?… mohon jawaban.a trimakasih

Like this


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 22.270 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: