Ketika lampu bulat motor makin ditinggalkan…..

14

Tren dunia otomotif selalu berputar. Ibarat mode layaknya celana jeans….yang dulunya cutbray sekitar tahun 70an kemudian beranjak tahun 80an model strit yang ketat terus tahun 90an kembali lagi digandrungi jeans komprang dan 2000an beralih ke celana standart……seperti itu hanya bantuk pengulangan namun basicnya sami mawon. Lha terus apa hubunganya dengan motor…??

Percaya tidak kalau motor juga punya tren dan mode. Namun tentu dalam bentuk yang berbeda dengan baju. Motor  berevolusi menyesuaikan selera konsumen plus karena tuntutan teknologi didalamnya. Oke…saat ini kita tidak akan membahas engine atau semacamnya namun saya ingin menyoroti kecenderungan ATPM yang pelan tapi pasti meninggalkan head lamp model bulat. Style lampu membulat sudah tidak asing bagi kita. Lebih dari 3 dekade menguasai pasar tanah air. Walau tidak bisa dipungkiri beberapa ATPM juga pernah menelorkan produk berlampu kotak. Yamaha adalah salah satu ATPM yang sering nyenolong dari tren ini dari dulu. Contohnya RX-Z, RX-Special dan RX-King. Sedangkan Honda merupakan pabrikan yang paling rajin mengaplikasi round head lamp sejak tahun 1970an. Tercatat hanya Honda GL-Max dan GL-Pro keluar jalur. Namun direvisi kembali membulat pada tahun 1999 lewat Megapro…..GL-Max sendiri dimatikan oleh AHM so praktis Honda total meninggalkan lampu kotak. Hanya ketika menginjak tahun 2008 mencoba peruntungan dengan meluncurkan produk asimetris head lamp buat Tiger tapi hasilnya…..kurang menggembirakan!!

Lambat laun AHM sepertinya menyadari akan pentingnya mengikuti arus pasar. Dan Dazzler alias New Megapro sebagai bukti bahwa revolusi dari Honda dimulai Tapi kenapa Tiger kembali kelampu bulat..??. Pertanyaan brilian. Menurut berbagai analisa, tindakan itu sebenarnya merupakan bentuk pengakuan secara tidak langsung akan kegagalan desain lampu Tiger picek. Daripada runyam penjualan anjlok terus maka tiada jalan lain kecuali memberikan pilihan kepada konsumen dengan penyediaan dua varian. Sementara Yamaha dengan pede meninggalkan tren head lamp bulat menggantinya dengan bentuk kotak yang meruncing pada bagian bawahnya…..mirip-mirip paruh burung. Ditambah kini berseliweran head lamp model tudung satria baja hitam seperti Pulsar, TVS Apache. Jadi bagi sebagian orang saat ini round lamp serasa seperti old fashion..walau tidak sepenuhnya benar sebab Harley Davidson saja sebagai motor berkelas tetap mempertahankan ciri lampu bulat pada hampir keseluruhan produknya.  Tapi inilah realita demand konsumen tanah air yang begitu unik.  Buktinya New Megapro yang mengadopsi lampu head lamp layaknya motor India malah mendapatkan respon yang begitu positif dari para biker. Jadi apakah semua motosport tanah air bakal meninggalkan round head lamp version kedepannya?? kita lihat saja…….(iw/15/11/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Hourex

    PRETAMAX nya Mz Bro
    pul teng..

  • Spies

    Keduaxx…
    Nyetok premium aja..

    *betul mas..soalnya trend dunia juga mulai mengarah kesana.. Lampu bulat mulai ditinggalkan.. Bisa dilihat pada Gladius, CB1000R, FZ-1, KTM all variant, de el el…

  • iwanbanaran

    @ Hourex
    Lanjut mz bro….
    @ Spies
    Betul bro….jadi kayak paruh burung lama-lama 😆

  • saya kenal motor jamane lampu kotak. RX Special, king, gl pro, gl max, suzy TRS, binter GTO.
    Karenanya saya tidak pernah suka lampu bulat

  • Satria Ninja

    Lampu bulat lbh cocok utk motor model klasik. Kalo utk motor dgn disain modern kyknya gak matching, karena terlalu simpel.

  • Hourex

    @Bro iwanbanaran
    Iya ni.. Waktu sya kecil Bpak punya Rx 100 lampu bulat taun 78 pas udah gde sya di belikan Rxz’92 lampu kotak, pas saya kerja beli mgpro’02 lampu bulat..
    Jd emang betul kata sampeyan, model headlamp tu bolak- balik kek model fashion Bos..

  • hmm…emang rata2 motor sport baru lampunya ngk ada yg bundar lagi…yg masih bertahan tuh Suzuki Thunder aja :mrgreen:

  • damhar

    lampu meruncing memunculkan kesan futuristik, canggih..
    kalau lampu bulat berkesan simpel,klasik, elegan..
    Kalo kotak kesannya kaku, kuat..kayak motor2 offroad dan militer

    ya tinggal dimatchingkan sama imej motor yg mau ditampilkan kan? Scoopy, kawak w800, triumph, baru tapi bulat

    yg nyleneh malah head lamp ala Ducati monster 1100 yg oval dan penyet,,memunculkan aura streetfighter

  • esc

    Skarang eranya street fighter

  • Dani

    Thanks to Indian Bike, akhirnya bulat itu ditinggalkan

  • firza

    iya bro,,di indo mah kena pulsar effect, lampu ganti smua, speedo digital.. Hhe

  • tp katanya lampu bulat tetap yg terbaik..

  • siswanto

    lampu bulat is the best seperti mobil bmw dengan desain paling oke di setiap jamannya. sayang new mega pro ga bulat, maka saya urungkan niat beli new mega pro karena lampunya g bulat

  • Lampu bulat tetap style dan futuristik, bagaimanapun juga. dia elegean simple, pas setiap jaman. lampu2 sekarang ngga karuan, norak bin aneh dan nyeleneh…