Hati-hati memperlakukan komstir brother……

11

Brother…kadangkala banyak para biker tidak terlalu tahu tentang satu hal ini. Padahal kalau kita salah merawat atau tidak peduli terhadapnya, dijamin tunggangan bakal kurang nyaman dipakai…..

Komstir…bahasa yang biasa kita kenal untuk menyebut komponen distang ini sebenarnya memang tidak perlu perhatian khusus. Hanya saja jika kita salah melakukan adjusment kekencangan itu yang bakal menjadi bumerang. Menurut kepala mekanik Yamaha Mega Motor Depok….jangan menyetel terlalu kendor komstir jika brother sering melewati jalanan rusak karena hentakan dari suspensi dijamin bakal menimbulkan stres dirumah komstir sehingga gejala oblak pada bearing serta komponen lainnya bakal cepat ditemui. Memang keuntungan adalah manuver jadi ringan karenanya. Hanya saja konskwensi menjadi tidak awet karenanya. Apakah ini berarti jika menyetel kencang komstir lebih awet dibandingkan dengan kendor..?? betul,…jika sampeyan lewat jalan betonย  atau tidak rata lainnya. Tentu saja kencang disini sesuai dengan toleransi pabrikan. Nggak lucukan mentang-mentang pengen awet, belok aja sampe susah saking kencang setelan komstir ๐Ÿ˜† . Yang terakhir dianjurkan selalu memeriksa komstir setiap 6 bulan atau paling lama 1 tahun sekali terutama pada bearing apakah gemuk yang melumasi komponen tersebut masih bagus. Sebab sering ditemui akibat tempatnya yang tersembunyi jarang diperhatikan dan alhasil timbul karat didalam. Sudah bisa dibayangkan umur akan makin pendek dan stangpun akan berasa seret akibat kurang pelumasan. Jika semua kerusakan sudah akumulatif bisa dipastikan handling motor juga tidak semumpuni sebelumnya. Masih menyepelekan komstir..?? sebaiknya jangan mybro….(iw/11/11/2010)

Noted : Picture Kaskus property

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • rock snipper

    pertamax.

  • Hourex

    Walah telat maneh..

  • ketiaxxx…
    Absen ajah bro

  • Truz cara perawatan biar komstir tetep oke gimana mas bro,??

  • urang banua

    motor ane komstirnya ga pernah dicek sampai 4 tahun ๐Ÿ˜€

  • ladygagap

    kalo terlalu kenceng nyetelnya jd agak kaku kalo mo belok,belok harus ikut ma body mtor,bener ga?????apakah kalo mo ganti komstir harus 1 set???mo ganti tp belum ada duit euy

  • iwanbanaran

    @ Mr. Longs
    Sebenarnya tidak ada perawatan khusus bro. Hanya rajin aja ngecek gemuk bearing serta rumahnya untuk menghindari karat….
    @ Urang banua
    Sama bro, malah megy lawas dulu 6thn kgk pernah dicek. Dilalah awet ๐Ÿ˜†
    @ Ladygagap
    Tergantung tingkat keparahan mzbro. Nggak selalu harus satu set. Tp biar makin mantep emang mending ganti semua. Duit..?? pertengahan bulan kayak gini emang harus ngirit bro xixixixi…..

  • todo

    Cocok gak komstir tiger dipasang ke Vixion..

  • Aozora

    Weh mtor gw zr udh pernah nabrak 3 x imbas’y motor gw komstir’y kena trus huh,,,,,

  • rozak

    apa ada alat khusus buat bongkar komstir gan?

  • dadang178

    mas iwan banaran klo ane mau modif motor verza, trus mau pasang shock usd tracker aman g klo di bubut komstir nya