Mau ganti oli motor..?? hati-hati bro..!!

15
93

Seringkali kita sudah ngebet pengen ganti oli standart pabrikan dengan oli lain yang bertebaran ditoko-toko. Khususnya motor 4 tak…..tapi hati-hati mybro. Soalnya kalau motor anda masih masa garansi…..gara-gara sepele tadi bisa gugur!!..

Pasti semua sudah tahu akan hal ini. Tapi peraturan yang diberlakukan pabrikan dari hari kehari makin ketat. Biasa semua hanya berpatokan dari buku service serta pemilihan oli rekomendasi pabrikan berdasarkan saksi mekanik belaka. Namun sekarang itu saja ternyata tidak cukup. Khususnya Yamaha. Pabrikan berlambang garputala mewajibkan mengirim oli yang dipakai konsumen keYamaha pusat jika ada proses klaim mesin. Tentu bukan mzbro sendiri yang melakukan. Akan tetapi bengkel tempat klaim tunggangan sampeyan yang kudu melakukan prosedur tersebut sebagai alat bukti bahwa konsumen menuruti apa yang pabrikan sarankan. Kalau dalam pemeriksaan ternyata benar adanya bahwa kita tidak melenceng dari rekomendasi, bisa dipastikan Yamaha akan menggantinya tanpa bertele-tele. Gimana kalau sebaliknya??….yo wis bakal nelan ludah pahit karenanya alias direject. Lha terus kepriye dengan Honda, Suzuki, Atau Kawasaki..??

Pada dasarnya sami mawon. Cuma tentang oli yang dikirimkan kepabrik pusat….itu yang belum pernah saya dengar. Biasanya mereka berpatokan atas informasi dari mekanik. Dan jangan harap bisa disogok…karena jika betul-betul menjumpai oli telah berganti merk lain, yo wis melayang sudah garansi.  Jadi…mau ganti oli motor selama masih garansi..?? hati-hati mybro. Tunggu saja sampai garansi 3 tahun habis (30ribu km)…setelah itu monggo bereksperimen untuk mencoba segala jenis merk oli yang bertebaran dipasaran. Supaya lebih aman tentunya…… (iw/9/11/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

15 COMMENTS

  1. bener banget,paling tidak pabrikan juga mengajarkan klo motor yang enak juga kudu dengan perawatan yang oke dari standart pabrikan,sehingga motor mudah di maintain.,so,kalo yang digaransi enak n mudah,mengapa kudu bongkar ndiri?garansi gugur pula

  2. Mas bro, mau tanya, apabila oli standartnya yamalube sae 20w – 50, kemudian di ganti yamalube sae 10w – 40, apakah akan menggugurkan garansi motor tersebut..?
    kan olinya masih sama2x dari merek y..?

  3. @ Dhableg
    Yup begitulah kenyataannya bro…
    @ Sandal bolong
    Nggak apa2 bro selama masih pake Yamalube garansi tetap berjalan…
    @ Jonlenon
    Iya bro…biasa pemasukan sambilan…halah 😆

  4. ada semacam kepentingan bisnis terselubung saya melihatnya..dengan penjualan motor yang makin hari makin banyak tentunya mereka ga mau ketinggalan mencicipi manisnya penjualan oli juga, makanya dibikin aturan seperti itu, sy pun setelah ganti oli gratis ke 3 dulu langsung pake oli pilihan sendiri, sampe sekarang motor ok2 aja tuh, malah lebih enak drpd pake oli pabrikan

    sy jg pernah berkirim email apakah dengan penggantian oli akan gugur garansi mesin, mereka menjawab akan gugur klo kerusakan disebabkan oleh oli tapi klo kerusakan krn kesalahan produsen motor maka garansi tetap berlaku

    logikanya dikasih oli yg lebih bagus speknya drpd oli bawaan masa bikin rusak mesin???ada harga ada rupa ga mungkin oli bawaan yg cuma 25-30rb-an bisa menyaingi oli oli lain yg harganya diatas 50rb 😀

    makin hari makin nyebelin aja atpm motor disini,mentang2 laris

    oh iya motor saya suzuki 😀

  5. menunjukkan kalo bargaining position customer lemah…kayak kerbau dicongok idungnya!! hentikan pembodohan ini….
    banyak hal lain yang rasanya juga janggal…mo beli motor cash kok disuruh kredit!!

  6. … tidak ada oli yang membuat jebol mesin selama masa pakai atau km dipatuhi.. dan viskositasnya sesuai dgn spek mesin…. kalian bebas pilih oli merk apapun yg anda suka.

  7. Tahan tahanin aja kalo’ mo pake’ oli merk laen ampe KM lebih atau masa garansi abis! Setelah itu baru deh coba-coba oli yang ada dipasaran (merk lainnya), dari situ anda akan menemukan oli yang cocok dengan kendaraan anda (ini berdasarkan filing) sebab motor itu tergantung dari karakter yang bawanya! Ada kalanya oli merk A enak itu Si Anu tapi nggak enak menurut anda! Hal ini disebabkan cara mengendarai motor nya berbeda!
    Yang jelas oli pemilihan oli itu cocok-cocokan! Kalo’ anda sudah cocok dengan merk tsb maka anda nggak akan mau ganti ke merk lainnya!

  8. Tnda kutip diatas mksdnya gmn mas ??
    ” Cuma tentang oli yg dikirimkan kepabrik pusat ”
    Mksdnya bgni bkn.. oli mesin kita nanti dibawa ke pabrikan untuk di check apa. Untuk melihat keaslian. Pke bawaan pabrikan apa gx… bnr gx mksdnya gt mas bro..

Leave a Reply