Bagaimana kans CBR 250r dalam menjegal Ninja 250r..??

28

Setelah melihat secara langsung penampakan Honda CBR250r, maka bisa dibilang design motor Honda ini memang yahud. Akan tetapi banyak yang ragu akan kekuatannya dalam merontokkan kedigdayaan Ninja 250r. Lho koq bisa…??

Sebelumnya pernah kita ulas perbedaan antara mesin Ninja 250r vs CBR 250r. Sudah jelas dilihat dari segi apapun memang Ninja dipastikan lebih superior ketimbang CBR. Apalagi performa mesin satu silinder kubikasi 250 dari Honda ini ternyata hanya mampu meraih top speed 147km/jam ketika dilakukan test diThailand kemarin. Memang semua tergantung kondisi sirkuit. Hanya saja kalau boleh jujur performa yang ditunjukkan CBR 250r tidak terlalu istimewa jika dibandingkan kompetitor. Geng ijo dengan mesin pararelnya sangat gampang meraih 160km-170km/jam pada sirkuit pendek sekalipun. Ya iyalah…..malu dong kalau mesin dua silinder kalah dengan satu silinder. Jadi memang serasa tidak fair jika membandingkan kedua mesin secara head to head standart pabrikan……

Sssttt…tapi jangan senang dulu buat kubu Kawasaki. Sudah bukan rahasia umum bahwa pabrikan berlogo sayap mengepak mempunyai banyak konsumen yang loyal terhadapnya. Mau dikemas seperti apapun Honda tetap yang terbaik….itulah prinsip mereka. Apalagi CBR250 design begitu fresh. Tercatat beberapa perbedaan mencolok disematkan pada sang maestro dibanding Ninin. Yaitu semi digital speedometer dan antilock brake System (ABS). Dua hal ini bisa menjadi Strength factor sebab Ninja 250r hanya dibekali Speedometer analog serta rem cakram biasa.   Apakah ini berarti eksistensi Ninja 250r bakal terancam karena faktor tadi..?? bisa jadi. Soalnya sudah menjadi hal yang lazim bahwa barang baru akan lebih laris ketimbang yang lama. Lha terus kepriye dengan kalahnya performa CBR 250r ??…apa yang harus dilakukan Honda untuk menutupi kekurangan tadi??…Nah ini yang menarik. Honda harus tahu bahwa pada segmen tersebut konsumen merupakan biker yang cukup smart. Porsi kue yang kecil berisi orang-orang yang lebih mengedepankan style, performa dan gengsi. Ingat…rata-rata motor pada rentang harga diatas 40 jutaan bukan berfungsi sebagai motor harian. Namun lebih condong ke additional bike…alias motor kedua. Jadi kalau tongkrongan keren tapi larinya dikepretin sama kompetitor….ya bakal mikir yang mau beli. Terus apa dong solusinya..??

AHM harus berani menekan harga banderol dibawah Ninja 250r. Semakin jauh semakin baik. Karena disinilah senjata ampuh untuk menjegal eksistensi Ninja 250r. Lha kepriye seandainya harga sami mawon dengan Ninin??…hhmmm kalau menurut pandangan saya abot bro. Berat….lha koq bisa?? sok tahu banget nih yang bikin artikel. Eitt tunggu dulu. Jangan ngamuk dong. Semua pasti ada alasannya. Gini….saya coba melakukan survei kecil-kecilan terhadap kedua produk ini. Nggak usah seluruh Indonesia….mereka adalah teman-teman kantor dan biker kenalan. Ketika disodorin gambar CBR250r…..satu kata yang diucapkan ” wah keren bro…” kompak tanpa ada koma sama sekali. Ditanya lagi pilih mana sama Ninja 250r..?? rata-rata langsung bilang..”  sama-sama keren sih, tapi mending CBR habis modelnya baru…” sekali lagi kompak tanpa koma. Tapi setelah saya terangkan lebih jauh tentang semuanya termasuk spek mesin, mayoritas langsung ragu dan jawabannya mengagetkan…bahwa jika harga sama atau beda dikit pilihan ke Ninja 250r. Namun kalau harga jauh lebih murah maka CBR 250r yang bakal dipinang. Tentu saja survei kecil-kecilan ini tidak serta merta bisa menginterpretasikan keadaan market dilapangan, namun setidaknya bisa menjadi gambaran pola pikir konsumen tanah air. Entahlah…..semua tergantung strategi. Dan biarlah waktu yang akan menjawabnya. Btw…kalau menurut brother sendiri jika harga sama mana yang dipilih antara Kawasaki Ninja 250r atau Honda CBR 250r..??? monggo dishare….(iw/7/11/2010)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • pertamax ah

  • tadi udah ke jcc lagi. .
    trus kata bokap boleh juga tuh n setuju tuk menjatuhkan pulihan sama 150nya mas
    tapi tingal tunggu kapan munculnya di pabrikan ya. .

    klo ada info kabar2in ya mas

  • iwanbanaran

    @ Sicoklat
    Hhmm…enak bener jadi sampeyan bro. Tinggal bilang langsung dikasih. Ngiri hiks hiks…..halah. Lho setahu saya bukannya sudah bisa inden bro. Udah nanya kesales bootnya blm??

  • Hourex

    Wah setuju dng sampeyan Mz Bro..
    Walau rasanya nggak mungkin lg sya beli tp klo suruh milih, saya tetep pilih ijo250R.. Bukanya krn ad sipaIJO di rumah, tp jelas alasannya adl peforma.. Ga lucukan klo motor 40jt an di bawa jalan ama pacar di jalan dipotong ama motor harga 7jt an(SI RX raja) en lebih ngga lucu lgi klo smpe ga bs ngeliat ekor si RX..
    Beda ma siIjo250R yg lebih bs faig.. Trus bg yg hobi kilik mesin, power siIjo250 jauh lebih mudah utk di exploitasi dng dobel silinder en karburator.. Kebalikannya dgn sisebe250 yg silinder tunggal n injeksi.

    *bangun tidur ada artkel baru langsung komen, Walo ga podium..

  • iwanbanaran

    @ Hourex
    Mantep mz bro…..bener kata sampeyan

  • Hendri

    Kalo saya, jika harga mirip. Tetep N250. Power gede, juga enag di oprek. Di indo, masi jarang yang bisa utak atik ECU motor injeksi. Tapi kelemahan nya ninin sparepart cpt ganti. Punya temen q, kampas rem blum 1 th da ganti, kampas kopling juga. Kalo CBR 250, mungkin lbh awet. Pengalaman di adik nya (CBR 150), belum ada 1 pun spare part yg di ganti di tahun pertama. Tp sebenarnya, di thai aja lbh murah 6 jt yg non ABS, harus nya di indo jg lbh murah 6 jt dumz. Kalo selisih nya sampai segitu, pilih CBR nya.

  • hahah
    bisa aje ni mas iwan

    ayah saya nanya semalem. .
    dia bilang pasaran dibuka tahun depan
    ga tau saya yang dibohongi sama ayah saya
    apa ayah saya salah nanya sala seles . .

    pokonya saya udah niat deh

  • reza

    Kalo saya sih pilih ninin karena dah punya ninja jadi supaya ga iri sama cbr hehehe.
    Tapi secara mesin emang milih ninja juga sih, dan mudah2an ninja kedepannya di upgrade dengan abs dan speedo digital.

  • damhar

    kalo harga sama ya vote for ninin.. Performa no 1, desain mah gampang di akalin.
    Kalo pingin tampilan fresh ya tinggal di bawa ke tukang cat, atau dijajanin ke toko aksesoris…malah jadi unik dan gak pasaran kan?

  • Kodok Ijo

    Jujur aje saya seumur2 blm pernah beli motor merk Honda, jadi rasanya asing kalo nyemplak di atas motor Honda, dan ditambah lagi saya bukan type orang yg suka ikut arus atau ikut2an. Alasannya sih simpel aja, saya alergi kalo ada yg nanya ke saya ‘kok gak beli Honda aja?’. Kesannya gimana gitu, kyk motor merk lain itu gak layak dibeli, dianggap barang rongsokan yg tak berguna.
    Kembali ke topik. Saya sih dari dulu emang fans Kawasaki, jadi gak aneh kalo sekarang saya pilih Ninja 250R dan emang punya satu di rumah 😉 Tapi bukan cuma itu alasannya. Performa sih gak begitu saya pikirin, tapi tongkrongannya atau disainnya yg paling saya perhatiin dlm memilih motor, sedangkan soal after-sales sih yg penting ada 3S-nya udah cukup.
    CBR sih cakep juga, tapi disain Ninja lebih menarik, karena kalo kita lihat disain Ninja sih klasik, simple & kalem, tapi entah kenapa tersirat nuansa garang penuh misteri dibalik kekaleman disainnya itu, coba bro2 sekalian cermati deh. Itulah sisi menarik dari disain Ninja bagi saya pribadi. Beda ama CBR yg disainnya lbh condong ke modern art dgn segala nuansa hi-technya yg bagi saya jadi terasa ‘biasa’.

  • Kodok Ijo

    Sebenarnya ini pertarungan antara disain klasik dengan disain modern. Disain modern lbh menyukai permainan kombinasi warna metalik dipadu dgn nuansa warna silver. Sedangkan disain klasik terlihat lbh dominannya warna2 dasar mono-tone seperti warna merah Ferrari/Ducati atau hitam solid dipadu dgn warna hitam doff sebagai ornamen dasar.
    Dua2nya cakep, tergantung selera masing2, pikir baik2 biar gak nyesel nanti, OK bros? 😉

  • gepenx

    Nunggu yang 150 aja ah…. Klo g datang2 yaaaahhh.. Nyari 2nd nya 150 jadul ajah..
    Daripada nmp,byson,vixi…??
    Ga penting honda apa kawasaki atau yamaha.. Yang penting berkualitas,harga menyesuaikan

  • vegadeth

    setiap denger suara ninja 250 walau belum keliatan motornya pasti udh bisa nebak, beda kalo denger cbr pasti mikirnya hsx lewat hehehe.

  • Mas Agus Riyanto

    jelas pilih kawak , baik style maupun performa.apalagi suara , kawak udah mirip suara moge.

  • Satria Ninja

    Bicara tentang kans, jelas CBR ini punya kans besar, kenapa? Menurut pengamatan saya fans Honda jumlahnya banyak sekali di sini dan ditambah lagi image Honda sangat kuat, karena udah turun-temurun diwangsitkan sebagai motor yg paling bagus. Soal image emang Kawasaki kalah jauh dan lagi kebanyakan konsumen yg berani beli motor Kawasaki emang udah pada tahu seperti apa itu motor bermerk Kawasaki. Belum lagi jaringan 3S Honda yg bejibun banyaknya, bahkan sampai pelosok daerah pun ada.
    Saya juga melihat betapa pinternya AHM menutupi kekurangan CBR dalam hal performa, yaitu dgn mengedepankan disain yg lbh fresh & modern, faktor efisiensi bahan bakar dgn mengaplikasikan fuel injection, serta penggunaan modul C-ABS di sistem pengereman.
    Satu hal lagi yg sempet saya perhatiin yaitu knalpot. Banyak yg bilang knalpot CBR lbh OK disainnya, ini mungkin ada benernya, tapi coba perhatiin baik2 kalo muffler knalpot CBR masih memakai cover pelindung panas yg dikelir silver, yg artinya bahan yg dipake utk knalpotnya hanya plat besi biasa yg dicat hitam doff. Bandingin ama muffler knalpot Ninja 250R yg sama2 dicat hitam doff dan tdk memakai cover pelindung. Akan terlihat jelas perbedaan kualitas bahan yg dipakai.

  • broer

    wah kl masalah asap mengasapi tiap hr mlh gw diasepi bebek tp saat agak ramai, kl pas trek lurus sepi ya blm ada yg ngasepi skalipun ninja 150r msh ngos2an ngejar ninja 250r. Kl cbr 250r performa setingkat megelli n rx king kali

  • michael

    ane pilih CBR250 bro, cz selaen desainnya lebih mewah n elegant cbr lebih irit cz udh pake injeksi…am kliatannya lbh nyaman….
    klo ninin mah borosnya minta ampuunnnnnnn…..
    bwat ane sih yg penting motor tu irit bro….
    g penting kale ngebut2…kita di indonesia bro… dikit2 pasti nge rem…(-_-)

  • Skips

    @Bro Hourex
    Pede aj bro motor sampeyan Ninja150 kan bsa lari mpe 190kpj tanpa korekan, lha kalo sampeyan nyemplak cbr250 gak ada ‘gregetnya’. Eh tp CBR250 modelnya futuristik abis sayang hrgnya kira2 diatas 40jt.

  • john

    saya ga butuh motor kenceng bro, buat harian di jalanan bisa nyampe brp sih? saya perlu tampilan dan jujur riding looks nya.
    kalo disuruh milih, ninin 250 ama cbr nya honda, saya jelas pilih ninja.. kenapa?
    karena saya suka motor yg kita kenal dari jauh suaranya sebelum lihat motornya lewat.
    saya bisa sangat mengenali suara ninin 250 dan juga suara Harley kalo mau lewat, hehe
    menurut saya desain honda cbr 250 aneh, desain fairing depannya spt gak menyatu dengan desain menyeluruh, semacam tiger dipasangin fairing depan wkwkw. No offense, mirip janggut bro.
    desain aneh juga terlihat di new mega pro, dengan shroud yg cenderung kegedean,
    no offense ya

  • john tmoon

    bner juga tuh cbr bentuknya aneh

  • moge

    drpd pd bgng milih mtor mna,mendingan di test ja tu mtr skalian di polling mna pling bnyk berarti dia yg plg disuka.he……

  • skynet

    mending GL max aja deh

  • sugondo..

    AGH…..sekalian supra 125x ajha……
    beli CBR dpt 1 ttuh supra dpt 3,,,wwkwwk

  • rikrezky

    liat dari price list nya yg 150 aja uda +30 gmn yg 250ny mau di bwah ninin!!!
    klo liat kompetitor hrg kyknya gk mungkin cbr250 bisa jauh di bawah hrga ninin…
    klo ane jujur c pasti menetapkan pilihan pada ninin : )

  • tha

    kalo ninja di modif gimana juga tetep ninja begitu juga cbr mau di modif gimana juga tetep aja cbr. . intinya kita beli yang kita butuhkan aja. . heheh

  • udaah, punya duit tinggal beli salah satu atau mau dua2nya.biar lo rasain sendiri kekurangan dan kelebihan gimana. ngapain ngebacot tapi ga punya salah satu dari 2 tuh motor. minimal pernah ngetes

  • koq keren ya?

  • Gordy

    Seandainya Honda mau produksi masal Tpye Moto GP ke pasaran otomotif saat ini gmn nasib merek lain ya…kan juara teruss tuh,…dari segi performa gak ada tandinganya,..apalagi merek kawasaki gak punya sejarah tuh naik ke podium,…klo saya sich untuk teknologi dan performa HONDA rajanya kan dah terbukti dan teruji…salam Satu Hati.