Kenapa CBR250r hanya satu silinder..??

23

Banyak pertanyaan menarik tentang keputusan Honda mengadopsi engine satu silinder buat CBR250r. Tak bisa dipungkiri banyak  yang menyayangkan atau bahkan mencibir karena semua tahu bahwa generasi lawas saja malah menggunakan 4 silinder…..

Dalam hal ini Honda sudah mempertimbangkan secara matang. Menurut salah satu orang Jepang dijajaran AHM, pabrikan sayap mengepak tersebut mencoba untuk memposisikan CBR250r menjadi produk down to earth atau merakyat. Karena bagaimanapun mesin dengan silinder tunggal lebih murah jika dibandingkan dengan twin. Mulai dari maintenance serta jumlah suku cadang yang dibenamkan pada engine lebih sedikit. Sehingga tidak heran CBR250r berat kosong hanya 161kg. Bandingkan dengan Ninja 250r  yang 169kg. Koq merakyat kepriye to..?? kalau dilihat harga banderol baru CBR250r termasuk murah ketimbang pendahulunya. Saat ini saja CBR250r keluaran 1996 4 silinder bekas masih dijual pada kisaran $ 5000 atau setara dengan harga CBR250r 2010 anyar. Dengan berbagai penyunatan kemampuan engine serta meminimize jumlah komponen didalamnya maka tidak heran kini CBR250r 2010 bisa dikatakan lebih murah dan terjangkau. Apalagi fitur ABS tidak lupa absen. Silinder tunggal juga sangat berpengaruh dalam menghemat bahan bahan bakar. Jadi kenapa CBR250r memilih mengadopsi silinder tunggal..?? simpel mybro. Yaitu untuk menekan harga banderol sehingga produk ini bisa bersaing mengganjal dominasi Ninja 250r yang seakan tanpa lawan. Misi ini tidak akan tercapai jika Honda mengeluarkan mesin dua silinder atau bahkan 4 silinder seperti kakeknya sebab harga jual bakal melambung tinggi. Semua sudah dalam proses research and development secara akurat dan teliti. Toh performa juga tidak jauh-jauh amat dengan Ninja 250r kan??….jadi berhentilah mengharapkan lebih karena jika diluluskan maka harga CBR250r dipastikan tidak semurah sekarang. Nggak percaya..?? monggo tanya saja langsung pada Horie san 😆 (iw/31/10/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Yaniwsg

    wah meding N250 donk, 2 cylinder. honda aja ngga mampu bikin 2 cylinder semurah N250.

  • Hourex

    Absen Bos..

  • semangat aja deh buat AHM. . .

    tapi gw nunggu adenya di indonesia
    kapan ya cbr 150rnya turun. .

    tadinya mau ambil byson eh dengar2 cbr mau ngeluarin 150 yang baru. .
    terpaksa deh sabar. .
    huf

  • ga kebyang harganya kalo 4 silinder… berarti ada 16 valve…4 injektor…weleh….
    yang 1 silinder aja mahal..

  • Hourex

    Bg saya lebih riil N250r klo di liat dari harga en teknologi mesin serta peforma..
    En SeBeR hanya menang jual labeh ato nama besar Honda aja.. Secara klo di tujukan unt menghadang N250R, Cbr250 masih kalah dari velyu fo manei nya..

  • ooo gitu ya kang?
    pantesan CBR yg udah injeksi, speedo digital, muffler model moge bisa dijual seharga malah lebih murah dari ninja250 yg masih karbu, spido analog dan muffler model jadul.
    masuk akal juga.

  • Setuju sama mas iwan,karna kalo 2 cylinder pasti harganya muahal,faktor brand juga bikin cbr mahal.cmiiw

  • Hourex

    @aldizz
    ya iya lah.. Cba aja klo honda brani bikin cbr250 yg sama speknya (2 silider, 2 karburator, spido analog en mufler jadul) dng N250.. Pasti dan pasti harganya Bakal bs dapat 1 unit N250R + 1 unit N150R
    oo iya baru inget, anda kan anggota FbH di warung ijo en warung mas3 kah..?
    Secara saya dulu jg sering nongkrong sana, tp skrg dah males.. Kebanyakan para FB / sales yang saling BC.. Dan itu yg saya ga suka, karena bisa melunturkan jiwa brade hud di antara para Bikers.. Maap klo salah..
    PISS..

  • iwanbanaran

    @ Yaniwsg
    Pilihan ditangan kita bro…
    @ Hourex
    Wah akhirnya nongol jg. Dulur lanang nang ndi bro. Apa lg sibuk ngurusin race estoril xixixi…
    @ Aldiz, indrarr & Satria
    Yup…betul mybro…
    @ Sicoklatautis
    Pilihan pintar klo cari perfoma

  • Spies

    Hadowh…
    Engkel saya sakit euy…
    Ndlosooorrr…T_T

    *xixixixi… Hadir mas iwan… :p

  • Hourex

    Wah iya ada gp niya.. Aduh lupa..

    *smoga aj ad yg dnger trus di apdit report gpnya..

    @Bro Spies
    masih di estoril kah..
    Ato dah terbang kmbali ke tanah air Bro..

  • damhar

    CBR kayaknya memang menawarkan kelebihan yg berbeda dari N250R..
    smart juga sih, karena pasti akan butuh effort besar untuk head to head dgn N250R yg sudah diakui secara global kualitasnya

    tapi ya ituuu..orang sudah mengidentikkan nama CBR dgn jagoan speed,,jadi ya wajar kalo jadi kecewa setelah ketahuan pujaannya lebih mengejar efisiensi..

    @hourex
    kayaknya kalo value for money mending nunggu keluar harga jual disini dulu mas, baru bisa dibandingin

  • Hourex

    @damhar
    eh iya ya.. Cbr blm kluar harga resminya yg di Indonesia ya..
    Saya cuman ambil perbandingan dari harga cbr 150 dulu 20jtan dithai en mpe Indonesia ampir 40jt an (37.4 jt di padang) Bro..
    PISS TU OL..

  • damhar

    oyi bro rex, soale AHM kalo bikin harga suka diluar perkiraan,,bikin muleesssss…!!!

  • Widnug

    Semua ada plus minusnya..

    Ninja memang di desain baru untuk rangka dan body, namun Mesin hanya pengembangan dr mesin yang mulai di produksi sejak 1984. Sementara CBR semua brand new. Cb saja kalo Ninja Injeksi di pasarkan…harganya pasti akan di atas 55 Jt.

  • Kodok Ijo

    Sebelum keluar spek resmi di Thailand, terlihat banyak banget yg udah pada berkoar dan mengeluarkan omongan sinis serta arogan buat ninja. Begitu skrg udah tau spek-nya, cuma 26 HP dari yg tadinya 33 HP, jadi pada diem sesaat, tapi akhirnya pada sibuk cari celah lain utk mengdiskreditkan eksistensi ninja. Aneh… terlihat sekali banyaknya fanatic freaks Honda di mana2. Tapi bagi saya pribadi, semakin ninja dicaci & dihina, semakin saya mencintai si kodok ijo. This is my bike, my soul, spirit & power (kira2 begitu slogannya ;))

  • Lexy

    @ bro Kodok Ijo, saya juga tetep sayang sama si merah N250R saya, mantap & nyaman dikendarai..tak tergoda utk berpaling.

  • Hourex

    Saya setuju klo semua ada plus- minusnya

    btw,klo menurut saya kenpa cbr 250 satu silinder adalah mengarah pada tujuan spek motornya.. Klo diliat dari bodi yg amat elegan luking berat dugaan cbr ni ditujukan sbg motor hobi/harian, ini diperkuat dengan pemilihan tipe 1 silinder over strouk.. karakter singgel silinder yg lebih kaya torsi drpd multi silinder,apalagi over strok bakal berlimpah torsinya manun power akan kurang ngigit.. Makanya power cbr250 masih 5hp di bawah N250R tp torsinya 3nm diatas n250r dan lebih cepat di dptnya(@7rb rpm)..
    Sebaliknya dng N250R yg mengusung mesin taun 80an 2silinder over bor memungkinkan utk bs dpt power &rpm yg lebih tinggi yg merupakan salah satu ciri motor sirkuit, dng masih pake karburator semakin mempermudah guna mengail power & speed lebih dalam lg..
    Jd klo butuh motor kenceg/ utk ngetrek di sirkuit Ninja motornya tp klo perlu motor harian (stop n go di lampu merah) yg elegan ya Cbr250 yg jelas unggul torsi..
    PISS

  • jawabannya hanya Tuhan, AP Thai dan supir bajaj yg tau,, hehe…
    kalo menurut saya lebih ke arah production cost dan simplisitas aja mas iwan,, sekalian titip yah..

    http://ayahandra.wordpress.com/2010/11/01/segmentasi-pasar-duo-cbr-komparasai-atpm-lain/

  • skips

    @Bro Kodok ijo bner bro..
    CBR250 yg sekarang menang harganya doang performanya 26hP plus bobot 161kg msh jauh PWR nya dibanding ninja 2tak 30Hp 124,5kg yg hrganya jauh lbh murah, malu2in dah terlanjur koar2 hihihi. Semuanya pny kelebihan klo CBR nama brandnya yg menang tp klo Ninja Powernya yg menang. Piss…

  • rider biasa

    pada lebay niii… honda bikin cbr 250 R satu silinder itu juga entar pada ngikutin pabrikan yang lain… bukannya honda gak bisa bikin yang 2 silinder kaya ninja 250 R.. lah yang 4 silinder aja bisa, buktinya malah kawasaki yang gak bikin ninja 250 R nya itu 4 silinder kaya cbr 250 lawas…. honda selalu update teknologinya yang laen mah ngikutin aja pastinya.. dunia juga tau koq.. sorry bukan ngebela honda, cuma biar pada berpikir logis aja dan tau sejarah merk motor yang pertama rilis di Jepang

  • redninin

    salut bwt tekhnologi honda, tp knp yah desain honda sllu aneh, malah kyk cs1 dikasih tangki, perlu bnyk yg diganti supaya penampilan dgn mesin 250 jadi sangar…ninin 250R merah saya,blm saya apa2in penampilannya udh sangar.