Kita pelajari tentang kode ban yuk….

11

Sebagai biker kadangkala kita tidak terlalu memperhatikan kode-kode yang tertera diban. Padahal semua itu ada arti dan informasi yang sangat penting menyangkut keselamatan berkendara. So brother…perkenankan kali ini saya coba sedikit mengupas supaya bisa sedikit menambah wawasan kita…..

Jika brother menjumpai permukaan ban ada kode 4 angka berjejer (biasa disebut lot number) contohnya 1009 ini berarti dua digit pertama menyatakan ban diproduksi pada minggu ke 10 sementara dua digit dibelakangnya adalah tahun produksi ban berarti 2010 2009. Kode contoh lain adalah 45P….berarti beban maksimum yang bisa ditoleransi oleh ban adalah 165kg pada kecepatan 150 km/jam. Bisa dirangkum sebagai berikut kode 30 = 106kg, 31 = 109kg, 32 = 118kg, 33 = 115kg, 38 = 132kg, 40 = 140kg, 41 = 145kg dan terus berlaku kelipatan 5 setelah itu. Sementara untuk kode dibelakang angka menyatakan speed maksimal yang ditoleransi ban. Bisa di rangkum B = 50km/jam, C = 60km/jam, D = 65km/jam, E = 70km/jam, F = 80km/jam, G = 90km/jam, J = 100km/jam, K = 110km/jam, L = 120km/jam, M = 130km/jam, N = 140km/jam, P = 150km/jam, T = 190km/jam dan U = 200km/jam. Kemudian pada ban selalu diberi kode ukuran sebagai contoh 3.00 – 18. Ini berarti angka depan menyatakan tinggi dan lebar ban (dinyatakan secara inchi) sedang belakang adalah diameter lingkar pelk 18″. Terus bagaimana dengan ukuran 90/80 – 17. Ini berarti adalah bagian terlebar dari ban lebih kurang 90mm. Sedangkan 80 adalah persentase dari lebar ban atau bisa dikalkulasikan dengan hitungan 90 x 80%  hasilnya 72mm. Jadi secara sederhana jika ban berukuran 90/80 – 17 bisa dibaca ban tersebut memiliki lebar 90mm dengan tinggi 72mm dan menggunakan lingkar pelk berdiameter 17inchi. Masih bingung..?? monggo dibaca sekali lagi. Gampang dan sederhana. Makanya kalau ada motor diganti ban yang terlalu kecil akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara. So please keep safety riding. Semoga berguna…..(iw/18/10/2010)

 

 

 

JAKARTA GLOBE
PERIODE:Oct ’10 (Cost of Sept 2010)







NO NAME UNIT Start Subscription

AGENT PRICE SELLING PRICE REMARK
1 Harada 28 F 29 July 2009 5500 24 132,000 157,300
2







Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Nduablegh

    Secara teori benar,tpi kadang beda merk, uk angkanya sama,Aktualnya beda

  • iwanbanaran

    @ Nduablegh
    Betul….Ini yang patut dicermati bro. Emang cukup nyleneh pabrikan ban tanah air. Saya jg pernah ngebuktiin ketika memakai ban sama merkpun kadang beda. Contoh dengan ukuran 3.00 x 18 antara IRC NR25 vs NR75 ternyata tidak sama. NR25 cenderung kelihatan lebih besar dan tinggi dibanding NR75. Tanyakenapa..??

  • dicky

    guud infonya gan iwan . . . ketigaxxxxxxxxxxx

  • damhar

    cak wan, ada nggak standart soal velg lebar sekian bisa dipasangi ban dgn lebar sekian? pingin ngganti ban vario pake yg lebih lebar, cuma pgn ngerti maksimalnya dulu, biar tetep safety riding cak

  • Hourex

    @Bro Iwan
    koreksi Bro.. Contoh 4 dijit angka di atas 1009 brarti minggu ke 10 taun 2009 kan Bro.. Tp karena semangatnya Bro Iwan nulis Taun 2010.. Ya ga.. Pa saya yg salah ya..
    PISS..

  • Kemarin abis nyuci motor isenk nge check ban ternyata Ban swallow ku benjol sebelah kanan, T.T
    Nasib nasib…

  • iwanbanaran

    @ Dicky
    Lanjutttt brooo…
    @ Damhar
    Ngene cak…lek iku durung ono. Tapi biasanya mekanik akan menyarankan dua ukuran maksimal dari ukuran standart. Wis ngono wae patokane. Biar motor nggak terlalu kedodoran dan bibir pelk masih menggigit sempurna kepelk…(bukan bibir cewek lho ya xixixixi…)
    @ Hourex
    Waladalah…bener sampeyan bro. Thank U koreksinya. Langsung tak revisi hehehe…..
    @ Mr.Longs
    Walah…ikut berduka cita bro. Wis cepet diganti wae, biar nggak geol-geol hehehe…

  • bang iwan @ bang, kalo di ninja RR kan ban depan ukuran 90 dan blakang 110,
    nah saya ingin ban belakang taruh di depan dan belakang beliin yang baru, biar tambah gagah,, (kyak ban byson ente) hehe
    kira2 ukuran ban blakang yg tepat ukuan brapa ya?
    (nb : maaf bang, prtanyaanya ruet xixixix)

  • Romi

    Setelah sy cek Ninin sy ternyata kodenya standard ban IRC 47P P=150kmh, gmana nih suplai pabriknya ya pdhal sharusnya/plg tidak kode bannya T/U. Sy hny bsa ambil hikmahnya aj yg ptg alon2 asal kelakon, nunggu rezeki aj lalu ganti. Thanks infonya Bro Iwan.

  • iwanbanaran

    @ Wahyu
    Wah kalau ini agak ruwet juga. Soale emang harus dicek sama pelknya. Standart naik maksimal dua ukuran deh jangan banyak2. Apalagi ban depan juga akan dibuat 110kan bro. Klo nggak konsultasi aja ama tukang ban….
    @ Romi
    Nah disinilah ilmu sangat berguna bro. Jadi kita sudah tahu batas aman maksimal ban. Jangan digeber sampai 180km/jam soale ban IRC standart hanya bisa menghandle hingga 150 km/jam

  • bang iwan @ kalo pelk saya masih gunain yg standart kok bro, yang ukuran 70