Tips jitu tambal sendiri ban tubeless….simpel bro!

33
5

Pasti sampeyan bakal geleng-geleng kepala kalau lihat kinerja tukang tambal ban tubeless. Dengan alatnya yang bercabang bak lidah ular, kadangkala ban kita yang hanya bocor kecil malah ditusuk-tusuk lagi biar mereka bisa memasukkan karet khusus buat menambal kebocoran. Kalau bocornya  gede sih nggak apa-apa. Lha ini kadang kala hanya bocor halus malah diperkosa habis-habisan. Ternyata kita bisa menambal kebocoran tersebut tanpa minta jasa dari para specialis ban tersebut. Sederhana dan sangat manjur sekali……

Pada kasus bocor alus kita akan kesulitan mengetahui sumber kebocoran. Soalnya tidak ada indikator khusus tentang posisi asal muasal angin keluar. Hal ini berbeda jika ban kesayangan tertusuk paku. Kepala paku yang gede ditambah warnanya yang mengkilap sangat mudah kita kenali. Nah untuk bocor alus sampeyan bisa ambil shampoo atau sabun mandi. Kemudian basahi seluruh ban, putar dengan menggosok-gosok permukaan ban secara merata supaya keluar busa. Jika ada gelembung udara, disitu dipastikan biang kerok bocornya ban. Segera ambil lidi yang sangat kecil, tusukkan secara perlahan untuk memudahkan kita menandai posisi kebocoran. Setelah selesai, langsung kempesin ban, guyur dengan air bersih  dan keringkan. Langkah selanjutnya ambil power glue (saat ini dipasaran tersedia berbagai merk). Cabut lidi kecil, dan langsung oleskan lem perekat serbaguna tersebut. Supaya meresap kedalam, bisa dibantu dengan menusuk-nusuk lubang mikro asal kebocoran dengan memakai lidi kecil tadi. Setelah selesai ratakan lem dipermukaan ban dengan jari tangan supaya rapi. Biarkan selama 3-5menit. Dan ban siap diisi kembali. Dijamin 99% cara ini berhasil. 1% nya….apes kalau memang tidak sukses. Gimana dengan paku yang besar?..sejauh ini belum nyoba secara langsung. Namun ada baiknya usahakan ditambal sendiri dengan memakai cara diatas tadi. Keberhasilan cara ini sangat besar sebab sifat  adhesive powerglue yang sangat kuat mampu merekatkan kembali kompon karet ban (lha iyalah…jari aja bisa lengket susah dicopot hehehehe…) daripada mengikuti cara tukang tambal ban tubeless yang kadang malah memperparah kerusakan. Murah meriah, ban terjaga, sangat sederhana serta gampang. Monggo dicoba…(iw/17/10/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

33 COMMENTS

  1. Wah Bro spies ndedepi pretamax terus..
    Dah dari td malem pasti nungguin pretamaxxxnya..
    Wah kalah enom ki..

    Guest
  2. @ Spies
    Naik bro pertamax….jadi 6350 hehehe….
    @ Hourex
    Bro Spies edan tenan ki. Kompi dikelonin kali ya bro xixixi
    @ Friz
    Moga berguna bro…

    Guest
  3. @ Kurnia
    Ora ban tubeless, tromol tapi mlayune koyok setan. Podo wae mz bro, maut juga intine hehehe

    Guest
  4. @iwanbanaran
    artikelnya ditungguin dari subuh..baru nongol td pagi..xixixi…
    @hourex
    maap bro..operamini-nya lagi di peak power..hehe…

    Guest
  5. @ CYber
    Bener bro, tau aja xixixixi….
    @ Marwoto
    Walah…kalau ini tips nggak mempan. Terpaksa harus ketukang tambal ban
    @ Romi
    Dijamin aman bro.Nggak kalah sama tukang tambal ban. Harga paling 2ribu-5ribu rupiah….

    Guest
  6. ini tips darimana ya? soalnya ada yang mengeluh ban menjadi keras pada bagian yang terkena lem, selanjutnya persambungan bagian yang terkena lem dengan tidak terkena lem mudah retak

    Guest
  7. makasih gan ilmunya,barusan
    bysonq bocor kena kawat (pdhal
    ga runcing tp panjang 6cm bro)
    untung nyetok superglue..panik
    jg pas lemnya ga kering2 coz
    buat kluarin tu kawat ane sampe
    coakin ban blakang pake testpen
    +tang cucut..akhirnya ane jejelin
    pake aburokok+lem superglu..

    semoga tambalan ane yg
    amburadul itu tahanlama

    Guest
  8. Gan ane dah yobain tp pas udah diisi lem super glue malahan trus keluar gelembung2 udara trus2an padahal angin nya dah dikeluarin smuanya bahkan ama pentilnya jg dilepas,gimana cara ngatasinya ya gan?

    Guest
  9. Pake super glue pas kena air bisa copot lagi mas, apalagi super glue itu bukan lem sebenarnya tapi weld karena melarutkan 2 permukaan supaya menjadi satu. Resikonya struktur ban berubah menjadi keras tidak fleksibel lagi malah rawan patah. Coba saja rekatkan dua karet dari ban bekas jadinya malah keras. Kalau mau aman tetap tambal dari dalam (tip top) seperti ban mobil tubeless. Masalahnya cuma satu tukang tambal ban mobil alregi sama urusan nambal ban motor wkwkwkwkwkwk.

    Guest

Comments are closed.