iklan iwb

Akhirnya keturutan juga mencoba new Megapro, motor dengan segudang fitur jika dibanding pendahulunya. Kebetulan teman sekantor baru memboyong dari dealer dan masih seminggu umurnya. Kilometer tercatat 72km….sik perawan kinyis-kinyis……….

Megy anyar ini berwarna biru, dengan kombinasi abu-abu pada shroud kiri kanan kelihatan eye catching. Yang membikin mempesona adalah tampilan rpm ketika dinyalakan pada kegelapan, kelihatan terang layaknya jarum speedo mobil. Merah menyala ?seperti ada effect iluminasi. Begitupun ketika mesin dinyalakan….suara khas knalpot megapro lama tidak dijumpai. Melainkan suara muffler yang benar-benar baru. Agak ngebas dan terdengar empuk namun padat. Dari itu saja feeling mengatakan bahwa mesin motor ini kencang. Perkara ergonomi tunggangan…jangan ditanya, dijamin enak dan nyaman. Langsung teringat sama Megy lawas…persis banget sensasi yang didapat. Pastinya ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya pengendara tidak akan gampang capek karena posisi tangan yang rileks. Tapi kekurangannya ketika dilihat pengendara akan kelihatan biasa-biasa aja tanpa ada kesan gagah. Kalau masalah ini New Megapro memang kalah dengan Yamaha Byson. Byson ketika kita nyemplak diatasnya serasa sekali “Outstanding” alias aura “wah”. Mungkin disinilah letak kelebihan motor bernama binatang padang rumput ini. Tapi tidak untuk urusan mesin……

Byson harus mengakui keunggulan Megapro untuk urusan engine. Bisa jadi ukuran ban plus catalic converter segaban Byson yang membikin accelerasi kurang. Namun karakter Megapro memang beda dengan Byson. Jujur mesinnya sadis!!…..Ketika saya coba open throtle dengan gigi satu langsung “nyendal…”. Begitupun waktu mesin digeber ban depan mudah sekali? ngangkat. Accelerasi mesin mumpuni tapi tidak mengorbankan sistem transmisi perpindahan gigi yang termasuk halus. Terbukti dengan pemilihan low friction engine type, 12 CDI mapping serta pembenahan-pembenahan lain memang bukan isapan jempol belaka. Sayang eksplorasi tidak maksimal dikarenakan motor pinjaman dan route hanya diseputar parkiran. Namun sudah cukup? bagi saya untuk? menilai bahwa mesin Honda Megapro anyar ini betul-betul berbeda jauh dengan pendahulunya. Saya yakin ini motor kalau dibuat tarik-tarikan sama motor kompetitor yang fuel injeksipun bisa jabanin kalau nggak malah unggul. Tapi? semua hanya berdasarkan feeling serta opini pribadi. Dan harus dibuktikan dulu. Toh naik motor lebih nikmat tidak usah kencang-kencang….yo ora bro. So brother…jika anda ingin motor sport kencang dengan harga terjangkau plus fitur komplit…..New Megapro bisa dijadikan pilihan. Gimana dengan kestabilan..?? dijamin beda dengan Megy lawas. Lebih mantep, anteng serta pakem (yo mesti lawong double disk). Punya duit 20juta? monggo dipilih sesuai selera…..(iw/14/10/2010).

iklan iwb

Spesifikasi New Megapro 150

  • : 2.050 x 757 x 1.075 mm
  • : 1.313 mm
  • : 152 mm
  • : 136 kg
  • : Pola Berlian (diamond steel)
  • : Teleskopik
  • : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
  • : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
  • : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
  • : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
  • : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
  • : 12,0 liter
  • : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
  • : 57,3 x 57,8 mm
  • : 149,2 cc
  • : 9,5 : 1
  • : 10,1 kW / 8.500 rpm
  • : 12,8 Nm / 6.500 rpm
  • : 1 liter pada penggantian periodik
  • : Manual, Multiplate Wet Clutch
  • : 5 kecepatan
  • : 1-N-2-3-4-5
  • : Pedal & starter elektrik
  • : MF 12 V – 5 Ah
  • : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
  • : DC – CDICDI

 

55 COMMENTS

  1. @iwanbanaran
    mau tanya mas bagaimana dengan vibrasinya?
    Klo megapro yg dulu kan klo dibawa ngebut mirip numpak vibrat*r…

  2. @ Yaniwsg
    Hajar bro biar mesin makin ngacir hehehe…
    @ Spies
    Vibrasi sudah jauhhhhh sekali berkurang bro. Angkat topi buat Honda. Kalau saya pny uang 25juta sekalipun disuruh milih antara Tiger Revo ama new Megy….pilihan keNMP. Ajib deh pokoknya…

  3. @ Cratanx
    Dalam feeling saya imbang bro. Tapi kalo Megy lebih antep alias padat torsinya. Saya yakin dikilik dikit nih motor maut larinya….

  4. Waduh Mas Bro.. Megipriku jd raono gambare yo..
    Tp walo megipri saya blm stater en jadul abis, torsi jg berlimpah-limpah berkat bubut kem ganti karbu king en intek manipol tigi..
    Aseli mak nyoos.. Pengennya ndangak2 terus..
    Sori Bro2 all, Bkan mksud banggain motor palagi cr lawan, Saya orgnya Pis2 aja Bro..
    Cman skedar syering aj klo basik enjin mgapro emang enak torsiny..
    PISS..

  5. salut sama mas iwan deh, biarpun baru beli Byson tapi tetep jujur mengatakan NMP punya engine lebih baik. SALUT MAS !!

  6. @ Roby
    Pengennya bro. Tp saya tahu diri deh xixixi….
    @ Shue_enk
    Klo megy lawas lemot mas…
    @ 35
    Nggak sengaja bro…soale belum tahu celahnya makanya agak kaget jg koq sebegtu responsif
    @ Mr longs
    Pasti bro. Klo ada kesempatan akan saya coba
    @ Tulus
    Saya ambil galah dlu bro biar nggak nyangkut xixixi…
    @ Zukro
    Ninja sing ade lawan mas….
    @ Hourex
    Intinya tetap mending mesin konvensional biar bisa dibore up plus karburator. Ya nggak bro hourex…
    @ Damhar
    Hrs tetap netral dan jujur mz bro. Tidak ada untungnya fanatik atau pro ama salah satu ATPM. Yo ra bro. Hidup bloggerrrrr…..halah
    @ Fr1z
    Usulan bagus bro. Patut ditunggu. Kita liat aja nanti

  7. 18.

    @ Fr1z
    Usulan bagus bro. Patut ditunggu. Kita liat aja nanti

    iwanbanaran said this on October 15, 2010 at 11:23 AM

    gw dukung new megapro mas emang motor itu kuenceng banget

  8. Grip gas nya NMP enteng pa gak Bro Iwan ?, klo gue dlu pertama kalinya nyoba SupraFit masuk gear 1 lalu puntir gas motor spt kyk mau ngangkat gitu, cz grip gas nya bener2 enteng dibanding motor lain.

  9. New Megapro saya pasti ngempos lalu macet ketika melewati jalan raya basah dan dibawah hujan deras. Bukan karena pengapian
    karena ketika distarter lagi mesin nyala walau perlu beberapa saat agar
    stabil dari brebet. Kelihatannya, air dari roda… belakang nyiprat ke
    atasnya dan terhisap filter karbu dibawah jok.Ada yang sama seperti milik saya?TOLONG dong……PIHAK HONDA periksa atau hanya milik saya saja? karena kilometer motor nya baru sampai 275. Hujan deras di
    ibukota minggu ini membuat saya sudah pasang lampu zen kiri buat menepikan new megapro saya dari jalan raya ketika gas mulai ngempos. Kemarin sore,hari jum’at 22-10-10 sepulang
    kantor genap ke-4 kalinya dibawah hujan deras saya “agak bete.” Tolong PT.AHM periksa agar lebih “sempurna” lagi.”terimakasih.”

  10. @ Romi
    Lebih enteng dari Megy lawas bro…
    @ Yudasiskariot
    Walah…baru lagi nih. Ikut berduka atas kejadian yang menimpa sampeyan bro. Tpi sejauh ini kayaknya nggak mungkin air bisa tersedot kefilter….soalnya desain pasti udah diperhitungkan sedemikian rupa. Saya curiga kop kepala busi yang krng bagus sehingga air bisa merembes kebusi. Mendingan segera dibawa keDealer terdekat bro. Atau lbh bagus Wahana Ciputat jd kalo ada cacat produksi bisa langsung diklaim. Semoga segera teratasi masalahnya….

  11. sugesti saya bentul2 filter nyedot embun cipratan air bro. wong abis mati, tak pejet startere nyala lagi kok?kumaha dong? anyway,matur tengkyu bro…, eh nganu gambar NMP biru diatas, shockbreaker dipanjangin ya? atau depan diturunin?

  12. @ Yudasiskariot
    Ooo gitu ya bro. Nice inpoh nih. Soale teman saya hari ini yg punya Megy anyar juga punya keluhan sama. Besuk doi mau dibawa ke dealer buat dipriksa. NMP diatas shock depan diturunin bro….

  13. @yudas: waduh..kok bisa gt harus dibawah ke AHASS tuch..ato laporin ke Honda customer Care di 021-500989.
    Soalnya pas ane test ride kemaren Jakarta – Bromo (meskipun cuma sampe bandung) lepas rest di Ciganea, kami diserang hujan deras n ga ada masalah sama sekali, melibas tikungan dan tanjakan tetap yahud…pake gi2 4 az masih kuat buat nanjak. jalanan licin n tikungan ga ada gejala limbung dr ban dan monoshocknya…eh denger boleh denger katanya NMP pake double monoshock, yg 1 berdiri yg 1 lg tidur…bner ga yaaa??? biz ga sempet ngecek.

  14. setuju klo dibilang NMP ini bener-bener beda dr meggy sebelumnya..
    gak percuma ane nunggu nih motor sejak bulan februari.. hehhehe.. ups..!!

  15. jempol bwt nyang punya warung…netral. 🙂
    @yudas : dikomplen aja bro…kan masih garansi
    @L30 : monosok cuman 1 bro, cuman per-nya ada 2. yang bawah merah, yang atas item. katanya, dua per ini lebih bagus kerjanya…CMMIW
    ngomong2, NMP masi pake IRC NR-25 gak ya??? mirip2 NMP lawas, kalo NR-25 menurut saia agak licin kalo ujan..CMIIW

  16. @yudasiskariot
    Hahaha… pengalaman ini juga gw dapatkan waktu pertama kami menembus hujan… beberapa kali brebet pas cuaca lagi hujan. Trus telpon wahana help. Dikuras dah tuh mangkok kran bensin dan mangkok karburator.

    Kalo mangkok kran bensin hanya dibuka dengan kunci 10 atau 12 yah lupa. Trus kalo mangkok karburator hanya dikendorin baut untuk penguras bensin… habis itu permasalahan selesai. Mungkin karena sumbatan kotoran karena mongtor baru. Tapi ini hanya terjadi pada beberapa motor aja. Ngak banyak yang ngalamin.

  17. Air hjn bisa aja terhisap filter udara, ini saya alami di cs1. Solusinya, setelan angin diputar ke kanan 1/3 putaran (tipe vacum) dan gnti filter baru (tipe kertas basah)

  18. NMPku malah kalo pas dingin rasane mak nyuzzzz.,.,
    tpi ketika cuaca panas. baru terasa ada yang aneh dengan “bojo nom”ku.,., yaitu sama dengan kbanyakan pemilik NMP yang lain, ketika ditarik gas, mesin serasa “mbrebet” seolah2 kekurangan bensin, dan kalau ditarik terus malah akhirnya mati mesinnya. Meski begitu jika d starter lagi, mesin masih bisa hidup dan kemudian mati lagi ketika d tarik gasnya. Finaly terpaksa berjalan dengan menarik kabel cuk dan Alhamdulillah bisa jalan lagi.
    Akhirnya aku bertanya dalam hati apa sebenarnya masalah yang terjadi pada NMP. Aku pikir ada masalah dengan karbu, tapi setelah di bongkar dan d bersihkan “penyakitnya” masih tetep sama.
    ADA APA DENGANMU NMP???

  19. masalah NMP saya sama seperti mas Joko, saya pakai jalan sekitar 1 jam setelah itu mbrebet dan mati.

    kalau ganti sama karbu PE 28 bisa mengatasi masalah mesin yang tiba2 mati mendadak gak ya?

    soal performa, jujur aja masih jauh kalau dibandingkan sama vixion.

    menurut pengalaman, NMP saya ditinggal kabur sama vixion standar (kayaknya sih). Padahal di spedo udah nunjuk angka 124 km/jam, trus vixionnya lari berapa tuh???

  20. kemaren sempet nntn NMP Vs Vixion 2010 standard,,,,star vixion unggul jauh…begitu top speed tambah jauh lg….emang injeksi mantep akselerasinya…n lgian kalah selisih skitar 10cc NPM ma Vixion

  21. iya, saya akui emang injeksi top abis deh kalo diajak ngebut, akselerasinya galak juga. Tapi tujuan kita rinding di jalan kan bukan untuk pamer performa dan kecepatan motor, jadi bagi saya NMP saja udah lebih dari cukup lah sebagai kendaraan kuliah 🙂

    salam kenal semua.

    frozenboy dari yogyakarta

  22. tanya dong kenapa kalau hujan deras aku jalan pake new mega pro 2011 ko’ staternya mati tiba2 kalau dinyalain lagi sulit dan sering diulang2 baru bisa nyala. kenapa begitu yah

  23. ane udah buktiin bro,vixi 2012 temen ane ama NMP 2011 ane,ane coba adu di jalan surabaya-malang pas lagi sepi,emang vixi start awalnya ngacir banget sampe ketinggalan sekitar 30 meteran,tapi pas udah di kecepatan tinggi NMP ane malah nyalip vixi temen ane,makin lama makin jauh tu vixi,kesimpulan ane sih mesin vixi enak di akselerasi awal tapi ngedrop di kecepatan tinggi,sebaliknya NMP kurang bisa ngacir kalo di akselerasi awal tapi makin oke kalo di kecepatan tinggi,ini udah ane buktiin di jalan bebas macet alias sepi pengendara

  24. kalo brebet tu dari businya gak cocok,coba pake busi recomended,kalo gak busi berarti tangki bensin keisi air tu (pengalaman sendiri)

  25. ane punya new megapro 2011 (baru 1,5 thn) bwt jakarta – bandung seminggu skali (kluarga di bandung), bensin sring premium (blum kuat pertamax, heheheheh..), udh brapa bsar biaya+kringat+malu+kesel+kecewa (dlu punya supra 125x, tu motor paling sngat3x sempurna) yg gw kluarin gara2 :
    1. mesin sring mati,
    2. gas-y gelos,
    3. tarikan kurang mantap.
    4. karet klep udh rusak (jdi oli sdkit kluar dri klep)padahal sminggu sblum-y service di AHASS resmi
    5. getaran mesin-y kasar bgt, palagi klo baru dinyalain setelah smalamam mati (ampun dh sprti di upper cut ama mike tyson.., heheheehe) menurut gw pribadi.
    6. skarang 1 blan harus dikuras (di bi2r tangki udh karat)
    7. udh ganti busi dari yg biasa ampe yg iridium

    gw sring service di ahass dan di pinggir jalan, tpi sama aj ga ad solusi-y..,

    mungki gw dapet new megapro yg ga sempurna kli-y dri smua new megapro yg ada..,

    jdi cma satu yg gw bilang : CAPEK hati + pikiran punya New Megapro tsb…,

  26. ane di kemayoran Jak-Pus punya new megapro 2011 ampe skarang masi di pake (baru 1,5 thn) bwt jakarta ? bandung seminggu skali (kluarga di bandung) terkdang jakarta – bandung – Garut sebulan skali, bensin sring premium (blum kuat pertamax, heheheheh..), udh brapa bsar biaya+kringat+malu+kesel+kecewa (dlu punya supra 125x thun 2006, tu motor paling sngat3x sempurna yg pernah gw punya) yg gw kluarin gara2 :
    1. mesin sring mati,
    2. gas-y gelos, gw tarik gig3 ampe 55 (batas di moto gw, gi2 3 ampe 60 musti ganti gi2 4) stelah itu gw tarik kloping dan gas-y gw turunin tiba2 mesin mati.
    3. tarikan kurang mantap.
    4. karet klep atas udh rusak (jdi oli-enduro racing sdkit kluar dri klep) padahal sminggu sblum-y service di AHASS resmi, emang-y karet di klep atas than brapa lama-y…?
    5. getaran mesin-y kasar bgt, palagi klo baru dinyalain setelah smalamam mati (ampun dh sprti di upper cut ama mike tyson.., heheheehe) menurut gw pribadi.
    6. skarang 1 blan harus dikuras (di bi2r tangki udh karat), tangki ampe gw tu2p am plastik kresek spaya air ga masuk, krena kbanyakan teknisi resmi/ga resmi blang-y kemasukan ari. tpi te2p aj sering mati2 jga.,
    7. udh ganti busi dari yg biasa ampe yg iridium.

    gw sring service di ahass, di pinggir jalan ama temen2 gw jga, tpi sama aj ga ad solusi-y..,

    mungki gw dapet new megapro yg ga sempurna kli-y dri smua new megapro yg ada..,

    jdi cma satu yg gw bilang : CAPEK hati + pikiran punya New Megapro tsb,

    bingung gw.., solusi-y ap-y?
    maaf, masbro+masbri.., gw udh patah arang bgt nie ama megapro gw..,

  27. shakala, buang aje tuh motor ente, apes lo dapet motor rusak.
    NMP gue udah 2 taon masih enak tarikannya… lebay lo

  28. new megapro ane lari’ya bisa ngacir bro” udah pernah coba tes ma si fu si bis si vix lewat smua jauh” cuma ganti karbu pake pE 28 udah bensin gk beda jauh dari karbu standar ..

  29. NMP ane waktu pertama dapet langsung diisi bensin sh*ll super,konsumsi bensinnya lebih irit ketimbang pake premium bro (50000 buat 200 kman @Rp.9100/ltr) setelah setahun nyoba pake busi iridium, wah bisa lebih irit lagi (50000 buat 260kman @Rp.9100/ltr), skrg lagi nyoba pake broquet dan bensin premium, nanti kalo udah hasilnya tak posting dah
    Salam real street fighter

  30. maaf sama yang punya warung kemaren lupa permisi, soalnya kelewat semangat baca threadnya hehehehe… just numpang ngeshare gan

  31. That is very fascinating, You’re an excessively skilled blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to searching for extra of your great post.
    Also, I have shared your website in my social networks

Comments are closed.