Honda…ada apa dengan kamu??

30

Sebenarnya sangat berat untuk menuliskan artikel ini dikarenakan takut menjatuhkan image salah satu pabrikan. Tapi seiring dengan makin banyaknya keluhan dan tiada lain supaya Honda semakin maju kedepannya maka tidak ada salahnya saya sebagai blogger menjunjung tinggi asas netral untuk mengkritik sekaligus memberikan masukan kepada AHM agar mempertahankan kualitas motorsport Honda khususnya bagian tanki bahan bakar…….

Hari ini saya menemukan sebuah postingan dari rekan kita dikaskus, bro meganthropus yang betul-betul kecewa atas tunggangannya motor Megy 2007 (klik disini). Unek-uneknya yang begitu dalam bisa jadi merupakan perwakilan dari suara hati kita para biker pemakai produk sayap mengepak yang pernah menjadi korban atas bocornya tanki bahan bakar tunggangan. Seperti artikel saya sebelumnya (klik disini) tanki motorsport Honda keluaran terkini merupakan momok bagi para konsumen. Jika brother klik di website Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (klik disini) banyak sekali keluhan tentang masalah tersebut.  Kalau tidak ditindak lanjuti secara serius, bisa sangat berbahaya bagi image Honda. Jangan dianggap sebelah mata. Mungkin tidak seberapa harga tanki baru tapi repotnya serta resiko yang dihadapi biker ketika bocor bisa berakibat fatal karena kalau ada kabel busi yang mengelupas…..percikan api dipastikan akan terjadi.  Ngeselinnya tanki tidak akan bocor pada waktu singkat melainkan melalui proses yang biasanya akan terlihat kelemahan kualitasnya ketika usia memasuki 10 bulan keatas jadi ketika klaim, jangan harap akan diganti. Pihak terkait tidak bisa melakukan apa-apa kecuali hanya menyarankan supaya konsumen membeli baru dengan dalih garansi sudah habis. Teman sekantor saya saja sudah ada 3 orang yang menjadi korban dan parahnya kecenderungan pada kasus yang sama bertambah dari waktu ke waktu (bisa dicheck lewat dunia maya.). Amat disayangkan kualitas mesin Honda yang mumpuni harus cacat gara-gara ulah sitanki yang begitu rentan.

Seberapa parah sih….?? Niat hati ingin membuktikan semuanya. Dan sengaja hari ini saya coba membandingkan tanki Megy lawas keluaran tahun 2002 dengan Megy anyar keluaran tahun 2008 dengan cara sederhana yaitu mengetok pakai tangan. Dan hasilnya….membikin saya pribadi tertegun. Jauh bro…..bagai langit dan bumi. Motor Megy 2002 berbunyi padat sementara Megy anyar serasa nyaring tanda tipis material yang digunakan. Wah…..gimana ini. Ada apa dengan kau Honda. Jujur pikiran langsung teringat sama New Megapro anyar. Semoga kekuatiran tidak berlaku pada produk baru Honda tersebut.  Apakah semua kualitas tanki motorsport tanah air sekarang memang terjadi penurunan??….sepertinya tidak juga, sebab  kasus serupa sangat jarang terjadi pada produk motorsport  keluaran pabrikan lain. Kalaupun bocor memang sudah masanya yaitu ketika usia tanki sudah 3 tahun pakai. Jadi gimana bro….? salahkah kalau kita menjadi paranoid..?? Semoga AHM bisa melakukan uji kualitas kembali terhadap tanki bahan bakar motorsportnya. Jadi mesinn yang udah top markotop dilengkapin tankinya good marsogood. Dijamin one heart beneran dah. Ya nggak bro………(iw/4/9/2010)

Note : Photo dari Kaskus

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Biker46

    Ada apa dgn mu hoho,

  • Hourex

    Tanki bengsin tu kan bikinan Vendor Bro.. Sdang Ahm cm merakit doang..
    Jd klo menurut sya kwaliti kontrol nya ja yg hrus lebih di dtingkatkan..

  • Moncer

    @Hourex
    Vendor juga bikin kan sesuai spek yg diminta pabrikan misal bahannya apa,tingkat ketebalannya brapa, desainnya gimana n pasti ada pengecekan dari pihak pemesan apakah barang yg dibikin sesuai dengan spek yg diminta ato nggak

  • lekdjie

    harganya tetep seberapa mas.tanki gl ku dulu termasuk masih murah(280an ribu,tapi dah 2th yg lalu..)sekarang,lebih dari 400rb!blum termasuk tutup tangki dan stikernya loh!

  • Mr_Long’S

    Parah emang kualitas skg
    Apa lg klo udh made in cikarang,
    Berdoa aza lahh mdh2an ga terjadi hal buruk…

    Oya
    Soal tanki, dlu mtr ninja 150r gw jga rembes bensin ny (bocor alus) itu terjadi setelah 9 thn pemakaian, wajar kah,??
    Tp pada inti ny tanki bocor emang bikin keki dan was2 takut meledak layak ny tabung gas LPJ 3kg…

    Waspadalah, waspadalah…

  • jojon

    Sayang nih Honda. Mesin bagus tapi tanki kayak kaleng sprite. btw skrng mahal lho. temen beli tanki anyar megy 2007 580rbu sama striping 160ribuan belum ongkos pasang. total hbs 800rb bro buat tanki doang….

  • iwanbanaran

    @ Hourex
    Betul mas bro. AHM memang harus mengawasi ketat buatan vendor. Semoga mulai sekarang ketebalan bisa makin ditingkatkan
    @ Moncer
    Setuju. QC dari AHM sendiri harus turun tangan untuk melakukan pengecekan kualitas.Jangan asal percaya sama vendor..
    @ Lekdjie
    Sekarang gopek lebih ya..?? wah mahal bgt dong berarti. Teman beli 2 thn lalu masih 300ribu
    @ Jojon
    Nice info my bro. Kayaknya harus saya ralat tuh tulisan nggak seberapa hehehe..

  • tanki yg tebal ya punya pulsar to, suara ketokannya padet bgt!

  • Tambahan, kalo buat kualitas body motor, skrg produk honda sdh gak kayak dulu lagi, sebenarnya pengen beli supri125, tp stlah coba punya kakak, kerasa bodynya ringkih dan berisik, trus gak jadi deh pake si supri, mendingan supra100cc dulu

  • AD 4693 YJ

    PunyaQ dh 1,5thun msh mulus,intinya jgn pernh membiasakan tangki kosong trlalu lama. Klo mesin emang mantap.

  • Hourex

    @ Bro AD4693YJ
    Wuih Cah SoLo ya..
    Saya stuju ma smpyan Mas Bro.. Secara Saya jg punya mgpro en yg namanya KARAAAT jauh Bro..
    Tp ya itu td tanki pull teng slalu.. en satu lg sya masukan magnet bekas speker (trebel) yg saya ikat dng kawat stainlis dhubngkan dng tutup tengki.. Alhmdllah dlm nya tengki kincluong2 terus Bro..
    Klo menurut gue tbal / tifisnya plate tengki hnya berpengaruh ama Benturan Bukan Karaaat..
    Plate setebal apapun klo kotor ya bakal karatan..
    Btw klo ada tengki karatan brati kurang perawatan, nb:JOROXS
    Klo Ahm memesan tengki xg ber bhan tifis ke Vendor mungkin guna menekan Bobot motor biar dapat W/P yg besar..
    Mebi Yes maybe No..
    PIS Brothers..

  • apa karena sekarang sudah menggunakan kandungan lokal 90% untuk bahan dasar komponenenya yakkk??? terus terjadi penurunan kualitas seperti itu….enatahlah 😀

  • adiet

    Punyaku megy 2002 tapi aku ganti tangki 2008 lumayan lah dapet 6 tahun..waktu itu aku beli 356 ribu gak termasuk kran bensin sama stiker lho yah…
    setuju sama yang diatasku, jangan membiarkan tangki sering kosong terlalu lama, sekarang aku pake bensin shell alhamdulillah udah 2 tahu gak ada masalah..
    mungkin juga pada saat isi premium yang masih rendah kualitasnya masih banyak yang tercampur sama air..

  • Kodok Ijo

    Parah…! Jaman sekarang apa2 pada naik harganya, tapi kualitas malah turun, biar bisa untung gede kali. Apalagi sekarang hampir semua barang udah ‘Made in China’, yg dalam hal kualitas sudah bukan original lagi, alias spec-down. Biar kata diproduksi di bawah lisensi atau pengawasan si pemilik merk, tapi tetep aja kualitasnya udah gak seperti dulu lagi, bahkan mendekati pun tidak. Sudah susah untuk mendapatkan produk dgn kualitas originalnya, bahkan banyak merk yg dulunya sangat terkenal dgn originalitas, prestise dan menjunjung tinggi kualitasnya, sekarang juga ikut2an menggunakan jasa OEM manufaturer utk memproduksi produk2nya. Sebuah fenomena yg ‘menyakitkan’, terlebih utk sebuah produk Hi-Fi, di mana speaker merk Altec Lansing yg aslinya ‘Made in USA’ atau produk Hi-Fi seperti Marantz, Yamaha, Rexy Onkyo, Nakamichi, dll yg notabene ‘Made in Japan’, tapi sekarang begitu kita lihat labelnya sdh berubah menjadi ‘Made in China’, miris sekali.
    Sorry, agak melebar sedikit jalur bahasannya.

  • pringgo

    Sebenarnya nggak fair klo konsumen yang disalahkan. Mau kita jorok apa nggak klo emang kualits tanki bagus kasus harusnya nggak sebanyak skrng dong.Gue memakai motor perlakuan tanki sama aja tp napa ketika pake Kawasaki lebih awet ketimbang Honda. Jd emang kualitas tanki Honda yang harus diperbaiki. Klo ada yg baik2 aja berarti anda beruntung krn dpt yg lumayan ketimbang lainnya. Maklum puluhan ribu tanki kan nggak semua bakal bocor. Hny tanki Honda makin kesini jumlah bocor makin mengkhawatirkan. Ibaratnya red alert buat kualitasnya….

  • Randy

    Kawasaki mmang spare part nya mahal ttapi ada Harga jg ada Kualitas biarpun mahal yg penting gak bikin was-was. Skr kta tinggal pilih mn yg bagus & mana yg kurang baik.

  • jam4l

    @ Pringgo
    Setuju bgtzzz….

  • aldi

    saya ngga tau ada hubungannya apa engga…

    dulu sekitar 2 tahun yang lalu saya beli tangki Honda Tiger Revo ori Rp 350rb, tetapi beberapa hari yang lalu temen saya mau beli tangki juga, dia kaget.. harganya udah naik banget jadi Rp 550rb!

    mungkin materialnya udah diganti jadi lebih tebal, jadi berpengaruh jg sama harga.. menjadi lebih mahal.. CMIIW

  • r’dee

    waduuuhh… tiger ’98ku skrg masih dgn tangki orinya tuh & belum ada tanda” mo bocor. tiger ’04ku dulu juga masih dgn tangki ori saat dijual thn 2008 pdhl ada temen dgn motor yg persis sama dah ganti tangki di tahun 2007. yg sering dilupakan pemilik motor adalah kebersihan bag. kolong tangki, gak pernah dibersihin/gak dikeringkan setelah cuci motor.

  • jam4l

    Menurut mekanik emang 2004 kebawah masih bagus kualitasnya. Setelah 2005 baru deh ancur……

  • hen

    kirain cuma gw yg mengalami hal itu….tangki bocor…! mtr gw tiger 2005…

  • eer

    megapro ane 2005… bocor nya udah parah banget….. tambal sana sini… jujur ane nyesel banget beli honda…. nyeseeeel banget…. kalo ada duit ane beli motor merek lain dah…
    katanya harus sering kuras, bensin jangan kosong… tapi kenapa merek lain jarang kuras, tangki sering kosong kagak napa”…????
    bikin tangki dimana yaaaah…??? dah males beli tangki honda lagi….

  • zoklon

    aduh tangki mega pro buatan tahun 2008 gua ancur pada borot samping2nya anjrit bener emang nambah2in kerjaan aja,, ane jga was2 kalo perjalanan jauh kambuh lagi tuw penyakit borot pas perjalanan….

  • jar

    sebenar nya kelemhan semua honda megapro hanya terletak pada gear dan tromolnya yang ga gigit, dimana baut gear yang seharusnya bisa diputar ke tromol ternyata hanya nggandul doank .. hingga saya sering ke bengkel karena sering oblak .. goyah .. lainnya megapro yahuuud ..

  • I will be happy for being here due to the fact it is a good
    web site providing you with lots of information about the particular subject areas protected complete.

    Internet marketing thankful to find out that individuals are actually writing about this trouble in this wise method,
    displaying people different factors for it. You need
    to continue. I can’t delay to read whats future.

  • I have read so many articles concerning the blogger lovers but this piece
    of writing is really a pleasant piece of writing, keep it
    up.

  • Thanks because of this document, Alexandre.

    Not really the amount of point When i comply with by myself, nevertheless it is excellent as well as My spouse and i
    appeared ahead to be able to turning into additional familiar with
    most of these operates regarding Bach’s through most of these recordings.

  • I am happy to become right here mainly because that is a
    top notch internet site that gives plenty of information about your
    matters insured comprehensive. Im happy
    to find out that folks are actually talking about this challenge in such a clever approach, exhibiting us all distinct facets into it.
    You should continue. When i can’t delay you just read whats subsequent.

  • Hi there, its nice paragraph on the topic of media print, we all understand media is a impressive source
    of information.

  • Hi, I desire to subscribe for this website to take
    latest updates, thus where can i do it please help out.