jump to navigation

Ciloko…..mesin motor koq ngempos ya?? August 6, 2010

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback

Ada-ada aja penyakit motor yang kadang-kadang bikin orang kebingungan. Setelah lebih dari 8 tahun memakai Megapro, baru beberapa bulan yang lalu tiba-tiba mesin  motor mati seperti kehabisan bensin. Unik dan lucunya tidak ada yang bisa sampeyan lakukan selain minggir, cari tempat duduk yang nyaman kemudian ambil sebatang rokok dan tunggu beberapa saat…………..

Kejadian disekitar jalan juanda Depok pada jam sibuk ketika semua orang pada pulang kerja. Tidak ada gejala apa-apa selain motor sedikit endut-endutan beberapa detik tapi setelah itu normal kembali. Selang 1 km berjalan tiba-tiba mesin mati. Anehnya ketika distarter mesin ngempos tidak ada kompresi sama sekali. pake kick starter serasa…blessss…..tidak nendang. Garuk-garuk kepala karena bingung. Maklum bukan mekanik jadi sedikit shock. Kalau dari analisa bisa aja ring seher atau bensin??…tapi nggak mungkin karena kondisi fuel tank. Busi, koil, CDI..?? meragukan. pembakaran bagus dilihat dari percikan api busi berwarna biru. Sudah 5 menit sampe kringetan…toleh kiri-kanan nggak ada bengkel. Walah…tobat tenan. Akhirnya teringat teman kantor yang menunggangi Tiger keluaran 2004. Siapa tahu teman ngerti…akhirnya telp ke doi. Bukannya jawaban yang diterima, tapi malah ketawa sejadi-jadinya. Walah…piye to iki??

” Tenang bro…loe cari tempat duduk yang enak, nikmati aja lihat lalu lalang orang lewat. Paling 15-20 menit bakal kembali normal koq” ….Ujarnya sambil ketawa. Saran yang aneh. Karena udah putus asa, mau nggak mau ngikutin apa yang teman sarankan. Dan ajaib….sim salabim setelah lebih kurang 20 menit kompresi balik lagi dengan indikasi kick starter diengkol jadi berat alias ada tendangan balik. Brumm…..mesin langsung nyala. Kutu kupret…benar-benar ngerjain nih motor. Karena tidak mau terulang lagi besuknya langsung kebengkel AHASS terdekat. Menurut mekanik itu terjadi karena seher sudah terlalu kotor akibat kerak-kerak dari bekas pembakaran jadi harus servis besar. Maklum motor tua katanya. Mereka hanya menyarankan pakai bensin pertamax sesekali supaya bisa membantu merontokkan kerak yang ada. Berhubung tidak ada waktu sampai detik ini sudah 5 bulan berlalu dan alhamdullilah penyakit tersebut tidak terulang lagi.

Usut punya usut hal ini ternyata sering terjadi pada penyemplak motor sport Honda. Tidak terkecuali seperti teman saya diatas (Tiger 2004). Begitupun pula kalau brother nyambangi website Megapro forum. Disitu malah dijumpai Megy keluaran anyar,  baru pakai 1 tahun juga pernah mengalaminya. Jadi belum tentu karena usia motor yang sudah renta. Herannya rata-rata sama….obatnya hanya duduk manis, rokokan…..15-20 menit dijamin normal kembali. Untungnya virus ini tidak sering terjadi. Kalau dihitung mungkin 1 tahun hanya 2 kali. Malah saya sendiri setelah 8 tahun baru sekali dan semoga tidak mengalami lagi. Serem bro. Untung saya kejadian ditengah kota. Lha kalau sampeyan tinggal dikota kecil sementara kejadian ditengah hutan yang rawan perampok. Nunggu 20 menit…apa nggak stres dibuatnya. Sampai sekarang teka-teki ini masih meragukan karena masing-maisng mekanik mempunyai jawaban yang berbeda-beda. Wis embohlah…..btw ada nggak bro yang pernah mengalami kejadian seperti diatas. Monggo dishare…….(iw/6/8/2010)

Comments»

1. damhar - August 6, 2010

sama mas ! Megi 2009-ku juga pernah ngalami seperti ini. Pas muter2 gresik dan surabaya. Habis berhenti tanay jalan sama satpam, motor2 tiba2 gak mau nyala lagi. Cek percikan juga bagus, tapi memang mesin rasane puanas banget (muter2 seharian si..).
Mau dituntun koq yo masih pegel, akhire beli minum sambil rokokan. Pas dah mau ditunutun, iseng ae dipencet starternya, lha dalah dianya langsung nyalla !!

2. damhar - August 6, 2010

sekarang sudah nggak mengalami lagi, Blas !!
soale motore wes dimodip dadi Black Pario, I’m Vario, what about you?:mrgreen:

3. adiet - August 6, 2010

Aku pernah ngalamin juga mas di depok dari jakarta ke arah citayam…coba distarter elektrik sama engkol gak bisa, trus aku diemin 5 menit thok, trus aku coba starter lgsung tokcer.
kalo aku tanya mekanik langgananku itu akibat overheating mas..cuma sekali itu aja mas…btw megaproku juga tahun 2002 lho mas…salam kenal yoo

4. Wedulgembez - August 6, 2010

Ilang Kompresi

5. Wedulgembez - August 6, 2010

Ilang Kompresi,mungkin adanya kerak yg mengganjal klep,shg klep tidak menutup sempurna

6. iwanbanaran - August 6, 2010

@ Damhar
xixixi…dah pindah ke agnes monica dong bro hehehe…
@ Adiet
salam kenal jg bro.Bisa share ilmu dong sama2 penyemplak megy hehehe…Nah lho…satu mekanik dng lainnya slalu bedakan. Klo mslah overheat mungkin tiap hr kali ya bro. liat aja jalanan yg makin macet gila2an tp br sekali itu terjadi. Btw nice info bro adiet. Tq

7. iwanbanaran - August 6, 2010

@ bro wedul
Bisa jd bro. Tp sejauh ini mtr blm saya apa2in alias blm dibersihkan kerak2nya koq msh oke aja ya, tdk pernah kumat lg. Pdhal tiap hr rutin sy pake kerja sekitar 75km dng route macet gila…

8. khuta nari - August 7, 2010

salam kenal bro, betul itu saya juga pernah ngalamin tapi bukan di Meggi, di shogun 125R. pas diengkol tidak ada kompresi.
usut punya usut stlh dibawa ke bengkel katanya ring piston lengket ke pistonnya 9gak bisa mekar)jadi tidak ada kompresi.
dari bengkel cuma kasih oli saja dari lubang busi kemudian diengkol dan langsung hidup lagi.
Cuma awalnya asap knalpot akan ngebul.. tapi lama kelamaan akan hilang.
si bengkel bilang gejala ini paling sering di Mio, Shogun lawas, dan kalo di Megi ini aku baru tau juga.

tapi sebaiknya diservice besar saja, krn kerak dan kotoran paling berkontribusi bikin ring piston macet.

Itu aja bro salam…

9. AD 4693 YJ - August 7, 2010

Ilang kompresi bos, biasanya klep njaluk diskur. Cara darurat lo loss compresi dr lubang busi dikasih oli,lgsung dslah…greng..greng!

10. iwanbanaran - August 7, 2010

@ Khuta & AD 4693
Waduh maturnuwun bro,…infonya berguna banget!! Berarti intinya emang hrs servis bongkar mesin ya….

11. ocecoco - August 8, 2010

itu bukannya ciri2 overheat ya !
Biasanya sih gk pernah terjadi di mesin beradiator… (kecuali radiatornya yg rusak).

12. Hendar - August 10, 2010

Kang maz iwan itu namanya motornya minta di ganti kang maz,..udah jangan ragu2 beli Pulsar 180 cc hahahahahah

13. diding - August 15, 2010

Wadow…baru tau ane, jadi tmbah pengalamaan dah klu gitu ane hrus selalu siap oli di bagasi buat jaga2 kali ja kejadian kaya gitu kn tinggal nymburin oli aja…thnks info ny plend ;-)

14. iwanbanaran - August 15, 2010

@ Hendar
Betul kang Hendar…canggihhhhhhh hehehe….
@ Diding
Tenang bro,….nggak sering-sering terjadi koq

15. hendi - August 23, 2010

mio punya tmen aq juga kaya gitu…d starter ngempos,,dicoba masukin sedikit oli pada lubang busi..trus langsung idup,,,pa ngga ada efek samping nya kalo lubang busi d masukin oli??

16. iwanbanaran - August 23, 2010

@ Hendi
Klo sekali kali sih nggak pa2 bro. Tp jng sering2 soalnya klo dah sering mnt begitu dipastikan berarti ada yg tdk beres sama mesinnya so saya sarankan bawa kebengkel buat dicek…

17. ahfa - August 31, 2010

gw pernah kayak gitu juga, si Kupra (supra) pas pulang kerja gak mau distater, diengkol juga oggah, ngeloooosss gitu kayak gak ada kompresi. oiya kejadian di parkiran liar belakang RS Aini Kuningan. di depan parkit liar tsb ada bengkel kecil yg SOK TAU.. gw tanya dia langsung vonis wah “klep-nya patah tuh” gw minta di cek dulu eh maen bongkar aje.. pas lg ngelepas baut knalpot eh malah patah didalem bautnya,,rese’! pas di cek bener kan, klep gak ngapa2.. namun krn knalpot gak bs dipasang terpaksa motor gw inepin ntu bengkel. besoknya dipatok Rp 80rb, katanya buat bubut dsb. pas gw tanya ke bengkel langganan, dia bilang itu cuma ada kotoran yg nyangkut di klep solusinya masukin oli dari lobang busi trs di kick stater bbrp kali (busi jgn dipasang dulu) insya Alloh nyala lagi..

18. iwanbanaran - August 31, 2010

@ Ahfa
Wah ikut prihatin mas bro…..pengalaman pahit tapi sangat berguna buat pengetahuan. Tq for sharing….

19. budi - December 9, 2010

numpang coment mas, setahu aku itu karena overheat. panas yang berlebihan bisa membuat silinder mesin memuai sehingga terjadi jarak antara dinding silinder dan piston, ini yang mengakibatkan mesin terasa tidak ada kompresi karena memang kompresinya bocor. caranya ya tunggu sampe dingin lagi, untuk pencegahan pasang termocouple atau pendingin atau dua-duanya.

20. iwanbanaran - December 9, 2010

@ Budi
Wih…nais info bro Budi. Bener sampeyan. Tq atas pencerahannya…

21. heru - December 22, 2010

ha..ha..
sama jg ya…
CBR-Q jg gtu tuw.
pas mw Ujian, mna bngun dah teLat,..
Eeeeh si Doi maLah pke acara mgok kyak gtu tuw…
kampreeeeeeet…!
btw thankZz info”Nya bro..

22. willykk - January 3, 2011

owe lum prnah alamin ampe ngempos krn overheat sih :) cuma owe yakin itulah nasip/takdir mesin ber-ac alam alias cuma ngandelin udara sekitar yg belum tentu dingin aplg klo macet makin puanasss owe yakin! Makin besar cc pula makin panas..(no ofense) jadi happylah yg punya motor beradiator :( (ingat makin hari jalanan makin macet krn orang yg beli motor makin banyak)

23. Izalx - January 15, 2011

Supaya gak overheat, pasang aja oil
cooler kayak yang ada di Satria
F, kalo oil cooler fungsinya
untuk mendingin oli,sirkulasi oli
dibuat mengarah ke oil cooler
dan disana didinginkan oleh
angin. kemudian masuk lagi
kemesin.
Lumayan kok buat
mendinginkan walaupun tidak
sesempurna radiator. kalo gak mau repot2 pasang oil cooler, pakai aja oli yang berkualiatas dengan meningkatkan grade oli misal SF menjadi SG atau SL, dijamin mesin bisa lebih adem.

@willykk: sekedar pencerahan aja. Air yg bertemperatur tinggi dari blok mesin akan melewati kisi-kisi yang tertiup angin sehingga temperatur/suhu air berkurang. Selanjutnya air akan dipompa kembali menuju blok mesin. Jadi radiator motor tetap mengandalkan ac alam (angin) sebagai pendingin airnya. Berbeda dengan mobil yang menggunakan kipas sebagai pendingin.

24. budi - April 9, 2011

sama bos

25. Mas Agus - July 16, 2011

sy pake honda grand kmaren dalam 2 hari sempet 3 kali terjadi hilang kompresi. Mesin tiba2 mati saat digeber. Cek busi percikan masih bagus. Tapi warnanya kok putih kering ya businya?? apa kompresi hilang karena bensin terlalu irit?? mohon petunjuk senior semua??

26. dwi arwiyanto - September 28, 2012

sobat megy semua,,saya baru semalem ngalamin hal yang sama. pas pulang kerja dari daerah sunter ke depok, di condet macet …eh tiba-tiba motor mati mendadak…bongkar busi..starter ngempos ,,di sela ngeplos,,eh,,,10 menit kemudian …saya starter dia nyala.motor saya megapro 2008

27. jangan ditanya - January 27, 2013

Nah, Mas Iwan, kpn-kpn buat lagi dong ulasan-ulasan pngalaman pribadi kyk gni. Sekarang-sekarang udh lbih sring ngulas prduk mulu. Yg kyk gni udh lma ga ada lg, thanks

28. Hanzen - March 21, 2013

Sama mas bro motor sya tiger 2001 ya kya gt tiap jlan be2rapa kilo eh motor kya yg habis bensin pas sya buang bensin yg da di carbu nya greng jlan lg tpi tiap jln be2rapa kilo lg dtang lgi penyakitnya sampe pusing saya… Tadinya habis ke ujann si motor saya nya jdi kya gtu penyakit nya . Mungkin agan2 da yg tau solusi nya

29. Andre - April 3, 2013

Mungkin motor saya yg paling tua, honda GL100. kopling saya tarik, malah tiba2 mesin mati. di starter juga ngelost trus, kyak g ada bebannya. dan itu sering banget. kenapa ya? ada yg tau? mohon di share. terima kasih

30. vatar nak depok - April 18, 2013

kalw msalah mtr mti. bnyk fktor klw wkt dpke
djaln.
intinya cek,pengapian dlu.
bisa jd kepanasan..

31. mbah mbuh - April 24, 2013

sama pak bro, bedanya ane tggl tdr aja drpd esmossi, hbsny smlm bgdg dh gtu plg krja lmbr. alamak jan……… tipsnya tarik napas dlm2.. cri spbu lps jaket, helm, srg tgn. cuci muka, lipat jaket…nah fngsikan sbg bntal. uenake pol! z..z..z…z….. tp jgn lp gmbok dlu tu standar tgh.

32. akbar - May 20, 2013

megy gw bru beli 6 bulan yg lalu masa ngempos

33. mr.baduwi - July 21, 2013

iyo bro podo, kendaraan saya supra 100cc ,saat pulang sekolah motor ku tiba2x mogok didepan bengkel dan pas aku tak punya uang lalu aku pura pura otak atik sendiri,lebih parahnya q d ejek “presan dulu motornya”tapi kira2x 10 mnt wow motor qoq bs nyala,q pun langsung ke bengkel kepercayaan karna bs ngutang.ternyata di otak atik dan di bongkar blok silindernya ,aduh kerak di torak/seher nya tebel.jadi ternyata gara2x kerak ni yg buat mct(macet)

34. andidaffa - July 22, 2013

kalo ane dulu begitu pake mega pro 2007 kalo lagi mati mendadak trus di stater ngelos di standar 2 aja trus masukin gigi 2 baru deh di engkol tapi kopling jangan di tarik pasti mau hidup

35. woh - August 5, 2013

23. Izalx – Januari 15, 2011

@willykk: sekedar pencerahan aja. Air yg bertemperatur tinggi dari blok mesin akan melewati kisi-kisi yang tertiup angin sehingga temperatur/suhu air berkurang. Selanjutnya air akan dipompa kembali menuju blok mesin. Jadi radiator motor tetap mengandalkan ac alam (angin) sebagai pendingin airnya. Berbeda dengan mobil yang menggunakan kipas sebagai pendingin.
==================================
mas bro….
motor2 yang pakai radiator seperti Jupi mx, vixion, cs1, ninja 250 n dkk sudah ada ekstra fan bro. jadi kalopun tidak angin yang mendinginkan maka ada kipas sebagai pendingin. ga percaya?cek aja sendiri.

36. agung laviolet Agc - October 31, 2013

motor aku jg pernah kyk gt kok broo wktu aku pulang sekolah pas asik* plg bareng sm teman* eeehhh tiba tiba motor ku mati ,,,aku smpet kringetan siii wktu kjadian itu,d stater gak ngelawan d test busi nya normall,,dr pd aku bingung ,jd aku bwk k bngkel kata nya seee hrus turun mesin haduuh aku tmbah kringetan pas denger d suruh turun mesin….sesudah ngobroll dikit sm orang bengkell aku langsung cabut pulanng bw motor aku lg minta dorong sm tmn bysaa brroooo mklum aku kn plajar jd g pxk uang lbh bwt turunmesin …nah selang bbrapa hari aku bwk lg itu TIGER REVO k bngkel trnyata eh ternyata cm d semprotin oil lubang busiii,untuuuuung aku g nrima pas d suruh turun mesin sm bngkel sblum nya…..jd stiap mau jalan* jauh sm tmn* aku ,akuuu always mmbawa oil cdangan yg aku selempitin d bwah tanki motor akuuu ……..

37. ommy - December 5, 2013

motor GL 100 modif japstyle ane juga gtu bro di gas malah kempos..

udah cek busi dan udah service danti oli dan karbu tapi kok tetep ngempos klo udah panas mesin

38. adam - December 10, 2013

sama mas bro ane pakek XCD 2009
kerasa pada taun ke-3 km 70rb-an
awalnya sih ngempos gas lepas mati tp distarter/kick mau asal gas ditahan/diblayer kalo loss mati jd kayak manasin motor TT
eh skrang 80rb km tahun ke-4 matot bener nunggu 5-10min normal lagi
ntar kasih carbon cleaner aja deh
katanya sesekali kasih pertamax buat bersihin tp lbh milih ycc aja

39. journariz - December 10, 2013

thanks banget infonya mas, btw saya tadi juga kejadian sama kaya gini. pas ujan gede. curiga awal karbu atau busi kena air. tp pas diem semua normal2 aja. dan pas dikick starter, gak ada tolakannya. enteng banget. saya coba dorong dipaksa masuk gigi juga sama. saya diemin 1 jam tetep aja. tapi saya belum coba masukin oli ke lubang businya. sekarang motor saya ditinggal di tempat kost temen, karena bingung harus diapain, sempet curiga harus turun mesin. semoga besok dikasih oli bisa langsung nyala. motor saya megapro 2004. salam

40. @Kurniawan - December 23, 2013

WaHhHhh.. Ane baru ngalamin sekarang nie bang iwan, motor ane honda beat 2009 tiap pagi mw di panasin atau mw balik dr kantor motor ane gk bisa starter, klo di starter ngempos, klo pke kick starter malah ngelos! bisa idup pas di coba starter berkali2 sampe lebih dr 10x ane starter. Tp klo udah panas tu motor ane lancar” az bang iwan,. Mohon pencerahan’a bang???

41. Dendi234 - February 16, 2014

Hehehe… sama Mas Bro…ane sering ngalamin yang terakhir kejadianya pas ngebut dijalan nanjak hampir nyampe atas tanjakan … ndut ndut theb…mesin mati mana motor yg dibelakang ane ngikut ngebut juga nyaris nabrak motor ane wah parah, tau gak motor jalan mundur dari atas kebawah yach ngimbangin dengan kaki hehehe…untungnya ada warung. Lho Mas inikan yang tadi ngebut ya ? Kata Mba centil diwarung itu. Wah ternyata ni Mba meratiin nih sambil ane senyum simpul wkwkwk ane bilang ane laper dan dahaga jadi balik lagi liat warung ini..Lho bukannya tadi jalanya mundur pake kaki lagi ya… wah merah putih wajah ane wkwkwk…iya tadi pas mau muter arus lalulintas padat banget jadi ya jalan mundur hehehehe…sambil tertawa Mba centil bilang gini : Kalo mogok kasih aja gula setengah sendok diamin 10 menit tancap gas deh…trus ane coba pura2 ane deketin motor sambil bawa teh es seolah2 bergaya minum teh diatas motor trus ane coba dengan gula yg mengendap dibawah teh… beres dalm hati ane.. Pas nyoba wuih bener Mas bro…ngacir lg.. n ampe sekarang gak pernah ngempos lagi hehehe…

42. Yunho - June 14, 2014

Pernah saya alami,motor di pakai enak ndak apa2 tapi setelah jarak 40 km mendadak mati.Di starter ndak hidup,akhirnya nyari bengkel jalan 800 meter

43. anangs - July 25, 2014

sama ms baru kemarin saya alamin pas deket itc cempaka ms motor tiba tiba mati distater nggak nyala pakai kick stater enteng banget trus bawa ke bengkel terdekat katanya kampas koplingnya sama rumahnya aus bingung mau gimana masa mau mudik bongkar motor akhirnya tunggu dingin aja ps udah 15 menit dinyalain lagi bisa. motor saya baru 2 taunan

44. rudi - July 27, 2014

waduh podo mas. tigerku thun 2001. pas tak bwt jln2 kemonas. nyampai cempaka putih mogok kompresinya ilang mana bwa ceweku lg. d ketawain sm ceweku.. tak otak atik busine nurmal. bensin masih bnyak.. eee dah mumet tak tggl mbakso eepas abis mbakso dinyalain jreng. udah gt pulangnya gt lg eee motor gemblung . hasyem tenan og



%d bloggers like this: