Burgess akan bergabung keDucati bersama Rossi…!!!

5
9

Memang nggak ada habisnya kalau ngomongin sang maestro Motogp. Siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi. Setelah secara tidak langsung didepak dari Yamaha, pembalap berusia 31 tahun ini sudah banyak yang ngantri ingin menggaetnya salah satunya Ducati. Gaji The Doctor yang 14juta dipangkas menjadi tinggal 9juta euro. Sementara Lorenzo dari 4juta euro malah naik dua kali lipat menjadi 8juta euro (Sumber MCN). Piye ora kobong rasane..?! Walau pengumuman resmi baru akan dilakukan tanggal 15 Agustus mendatang, semua kalangan sudah yakin 99% bahwa Rossi akan bergabung dengan Desmosedici squad pada 2011 – 2012. Jeremy Burgess gimana??? kan doi tetap diYamaha!! koq sekarang mau keDucati??….(klik disini). Ternyata analisa serta fakta dilapangan menyatakan lain…..

Semua tidak bisa menampik bahwa Burgesslah mekanik handal dibalik kesuksesan Rossi.  Sebagai kilas balik jauh sebelum era Rossi tercatat 3 orang telah diantarkan menjadi juara dunia olehnya. Yaitu Freedy Spencer, Wayne Gardner,  dan Mick Doohan. Lahir diAdelaide Hills Australia, Jeremy Burgess memang sosok yang menarik. Orangnya kalem, suka bercanda tapi sangat serius jika sudah menghadapi motor. Selain itu dia juga bisa menjadi motivator bagi semua kru. Hal ini ditegaskan Rossi dalam buku biografinya “Jika aku tidak pernah mencoba”. Masih ingat bagaimana tahun pertama pindah keYamaha tahun 2004, ketika semua tim engineering berkumpul Rossi mengungkapkan hanya menargetkan memperoleh poin sebanyak-banyaknya dalam debutnya diYamaha. Tapi dengan penuh keyakinan Burgess langsung memotong kata-kata Rossi….mengatakan bahwa target langsung juara dunia. Semua dibuat bengong atas ucapan Burgess, tak terkecuali Rossi.  Tapi tak ayal kata-kata Burgess memompa semangat Rossi dan tim untuk mengalahkan dominasi Honda, dan terbukti Yamaha M1 ditangan Valentino Rossi mampu bertarung ketat dengan Honda RC211V yang kala itu dikendarai Max Biaggi. Seluruh pemerhati Motogp bersama sirkuit Welkom Afrika menjadi saksi atas kemenangan Yamaha M1 atas Honda RC211V yang terkenal begitu superior pada masa itu. Yup….sang mekanik telah membuktikan ucapannya. 2004 merupakan juara dunia motogp pertama Yamaha setelah paceklik gelar sejak 1993.

Apakah Burgess akan diYamaha sepeninggal Rossi..?? jawabannya tipis!!!. Kalaupun iya sangat kecil. Kenapa..??  karena berdasarkan sejarah. Jika dirunut kebelakang ada chemistry yang sangat kuat antara Rossi dan Burgess. Pada tahun 1999 adalah tahun dimana Burgess sudah berniat pensiun dari Motogp. Melihat begitu banyaknya rider yang cedera atau bahkan meninggal merupakan alasan utama Burgess mengambil keputusan itu (Saat itu Mick Doohan karir selesai akibat cedera).  Tapi Rossi yang slengekkan dan gayanya yang rendah hati (Humble) meluluhkan hati mekanik tua tersebut untuk bergabung kembali keHRC. Fakta lain Burges pernah mengatakan jika Rossi pensiun disaat itulah dia akan memikirkan untuk pensiun juga. Dengan kata lain bersama Rossilah dia akan mengakhiri semuanya. Burgess sudah tidak butuh berkarier. Telah cukup pembuktian darinya bahwa dialah sang master dalam meracik motor. DiYamaha tanpa Rossi..??? semua meragukan. Tak terkecuali Ben Spies sendiri yang sangat berharap bahwa itu akan terjadi sehingga mempunyai dampak positif bagi kariernya diMotogp. Tapi doi bersikap realistis dan tahu indikasinya. Berikut kutipan ucapannya ketika diwawancarai oleh MCN…“It would be really hard to see if Valentino left Yamaha that Jerry didn’t go with him. If Valentino is going to race for three more years then Jerry will work those and retire. He won’t want to take on me with eight years or something left in racing. It’s always a possibility and it would be awesome to be able to work with him but I can’t see it happening. Burgess will move to Ducati with Rossi in 2011!!Terangnya seperti sudah mengetahui sesuatu. So brother….spekulasi masih terus terjadi. Semuanya bakal terjawab tanggal 15 diBrno nanti. Seperti yang telah saya katakan bahwa Burgess dan Rossi ibarat kopi dan gula. Jadi kalau dipisahkan tidak akan nikmat rasanya. Jadi mari kita lihat perkembangan selanjutnya…..(Iw/5/08/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

5 COMMENTS

  1. yah semoga ja deh om…coz jika tanpa burgess…rossi bakalan ngk bisa ngembangi pacuannya…..semoga rossi bisa juara dunia lagi..walaupun hanya sekali…seperti yg doi pernah bilang

Leave a Reply