jump to navigation

Lho motor baru koq larinya berat ya..??? July 28, 2010

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback

Sebenarnya gimana sih kiat inreyen motor yang benar??….terus boleh nggak sih digeber mesinnya..??. Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali terlontar dari para pemilik motor baru. Ada yang bilang boleh dan juga ada yang bilang tidak. So mana sih yang benar..????

Ketika mencoba motor Megapro tetangga keluaran tahun 2008 saya sedikit tertegun. Motor yang terbilang masih baru serta mesin alus bak kulit perawan serasa kurang memuaskan keinginan hati. Ketika gas dibuka respon lumayan halus serta tarikan tidak terlalu mengecewakan. Tapi beda ketika rpm sudah beranjak naik ke5000 laju motor serasa tertahan. Megy sohib dekat ini memang tidak pernah dipakai geber-geberan. Malah cenderung sopan bak priyayi (bangsawan). Doi punya prinsip paten bahwa bawa motor tidak boleh kasar. Servis rutin sebulan sekali, busi diganti tiap 3 bulan atau paling lambat 6 bulan sekali. Manteeppp…..alhasil mesin nyaris tak terdengar. Apalagi inreyen dulu…..buat boncengan aja bisa teriak-teriak kesaudara yang pinjam motornya. Wis luar biasa pokoke. Tapi anehnya jadwal ganti rantai keteng hampir sama seperti Megy saya yaitu perdua/tiga tahun sekali. Padahal saya pribadi kalo memperlakukan  tunggangan wis nggak karu-karuan deh.

kala inreyen dulu tahun 2002… masih 500km motor sudah digeber mencapai 100km/jam. Ketika lolos servis pertama pada kilometer 800, speedo sudah menorehkan record 125km/jam….gas mentok!. Suara motor laksana diesel, kasar nggak karu-karuan. Mesin baru mencapai kilometer 3000km  (2bulan) sudah melalang buana diajak pulang kampung keJawa Timur. Dan ketika motor berumur 7bulan perjalanan jauh kembali dilakukan yaitu keTegal (dari Jakarta) pulang pergi tanpa ganti oli mesin. Dilalah dijalur Indramayu diajak geber-geberan sama RX-King. Pada masa 7 bulan pakai memperlakukan motor tidak tanggung-tanggung selalu puntir gas mentok sambil main selip kopling jika bertemu sama pengendara ugal-ugalan (Dasar masih darah muda dulu hehehe..). Alhasil..????……mesin seperti bunyi dinamo, kasar layaknya rantai keteng minta ganti. Dicheck katanya rantai keteng bagus …hanya ditemukan blok mesin dalam sudah oblak. Walahhh…ciloko!! tidak kehilangan akal, dengan dalih dapat barang cacat saya klaim ke Wahana ( mesin karena baru berumur 8 bulan oblak antara seher dengan dinding blok silinder). Permintaan diluluskan Honda. Blok mesin diganti baru….itupun motor harus nginap sebulan diWahana Ahass Ciputat.

Anehnya setelah kejadian itu durability motor malah oke. Larinya makin ngacir enak maknyusss.Tercatat sekarang hampir 7 tahun umurnya jika diajak geber-geberan sama motor baru masih bisa jabanin. Tapi tolong jangan dicontoh. Karena perlakuan tadi salah total. Oke dari semua pengalaman serta konsultasi sama ahli mekanik mesin berikut perlakuan yang benar terhadap motor inreyen supaya motor enak larinya kelak. Jika kita mengikuti buku panduan tentunya brother bisa baca sendiri. Karena kiat yang kami berikan agak berbeda. Boleh dicontoh boleh nggak.

1. 500km pertama boleh kencang asal buka gas diurut. Tapi tolong jangan sampai gas mentok (60-70km/jam). Pada masa ini adalah masa penyesuaian antar komponen, memperhalus permukaan logam mesin yang saling bergesekan. Penggantian oli pada 500km pertama adalah wajib hukumnya untuk membuang gram-gram mikro yang terkikis dari permukaan logam tadi. Kurang dari 500km pertama juga dianjurkan (Mungkin 400km). Oh ya….boncengan tidak dilarang ya bro.

2. 1500km geber montor jangan pecicilan dulu. 100km/jam bolehlah. Asalkan diurut. Servis pertama, ganti oli, setel klep, pembersihan filter plus rantai pengencangan rantai roda dilakukan.

3. 2500 km ke atas saya rekomendasikan motor boleh digeber gas mentok. Sesekali digeber akan memperlancar kinerja mesin serta membuang kotoran-kotoran deposit karbon yang tidak perlu.Dan terbukti motor emang lebih maknyus walau sudah berusia manula sekalipun.

So brother semua terserah sampeyan. Kalau ragu jangan ditiru…dan ini hanya pengalaman pribadi serta share info dari para mekanik kenalan. Yang penting adalah taat dalam mengganti oli samping secara periodik…itulah kunci utama keawetan mesin 4 tak. Semoga berguna….(Iw/28/07/2010)

Note : Gambar hanya ilustrasi

Comments»

1. gempil - July 28, 2010

Motor klo mau kencang emang hrs sering digeber bro. Klo disayang mlh kgk ada larinya

2. AD 4693 YJ - July 28, 2010

Dr awal dmanja gt,djak kerja kras y gmau!

3. nunoe - July 29, 2010

saya 2 kali punya matic..
matic pertama Yamaha Mio, dari awal dateng pas 500 KM pertama saya dah pake boncengan dan agak ngebut….dan berikutnya langsung ngacir2an gak jelas :D , hasilnya sampe terakhir saya jual pas setelah 2 tahun dan udah 28ribu KM, mesin emang bunyi agak kasar..tapi galak…sampe pernah pas dibawa sama tetangga, hampir jatoh karena ‘gasnya galak’ :D
lalu ganti Suzuki Skydrive, perlakuan reyen kurang lebih sama kayak Mio…500 KM pertama didapat dalam waktu kurang dari 2 minggu..berikutnya suka dibawa agak ngebut tapi ngga sering…hasilnya, kok motor malah kayak tarikannya agak berat ya??apa kerna emang bobot motornya juga berat??

4. Gendown - July 29, 2010

dulu waktu sma kelas 2 saya punya fu 2008 inreyen langsung tak geber, tapi sayang di maling di kampus padahal tarikannya uenake pooll.. :mrgreen:
, trus beli lagi fu 2010, km blum ada 1200, tapi langsung di geber juga pas inreyen, pas km 200an udah di gas pol… karena baca http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm, moga-moga saja awet tapi ngacir, Amin , soal kalo inreyen lebih bagus pakai oli mineral/standar pabrik :D

5. tompel - July 29, 2010

setuju bro…..mesin malah enak klo brangasan inreyennya. klo dielus elus mlah lemot ntar larinya

6. Hdr - July 29, 2010

klo motor 2 Tak perlakuannya saat masih inreyen gmn ya bro?

7. kuro22id - July 29, 2010

kalo motor saya nggak kenal rayen. pokoknya gp : gas poll

8. sembalap - July 29, 2010

hehehe … xeonku baru dapat 140km sdh aku ajak lari 110kph, lha kemarin aku tanya ama mekanik dealer resmi ttg masa inreyen ini
dianya malah nyaranin
‘gas poll wae, ra masalah mengko nek mesinne rusak klaimke ojo kuatir’ hahahaha serasa dapat ijin wkwkwkwk

9. bonex_80 - July 29, 2010

@ Hdr
Kayaknya 2tak kgk ada masa inreyen bro…hajar aja kagak apa2
@ Sembalap
Keren juga tuh mekanik sarannya. Tp klo jebolnya pas habis 3thn gimane bro xixixixi……….

10. raider 125 - obiezone - July 29, 2010

“yang penting adalah taat dalam mengganti oli samping secara periodik…itulah kunci utama keawetan mesin 4 tak.
ada oli sampingnya punya sampeyan?

11. iwanbanaran - July 30, 2010

@ Bro Raider
Walah….jadi malu. Teliti habis sibro nih. Maksudnya oli mesin bro. Maklum ngetiknya buru-buru. Thank U atas koreksinya. Nanti saya revisi bro xixixixi……

12. Maskur® - July 30, 2010

ooo gitu ya?
Tapi kalo motor buat suami isti enak yang alus

13. Masa Inreyen Motor Baru, Pripun Ingkang Leres?? | Blog wae - August 3, 2010

[...] macam sebagaimana di media-media lain telah membahasnya, contohnya dari narablog mas Tri, c1p1, bro Iwan ato di sini dan masih banyak lagi di dunia maya yang bahas inreyen dengan berbagai cara beserta [...]

14. andre - August 8, 2010

4 tak pakai oli samping?

15. Osan cipo'o - October 23, 2010

4tak ksh 0lsam bgus br0,asal jng beRLebihan.bikin mesin alus+adem.

16. saya ganteng yaaa - January 6, 2011

@osan
oli samping dicampur ke oli mesin atau oli samping dicampur ke bensing brow?

bwt yg mw belajar usaha mampir2 kesini ya:
http://www.belajarberbisnis.com
lumayan bwt nambah2 DP motor baru :D

17. SEMAR - March 15, 2011

Sepertinya klo honda di buku panduan udah ada petunjuk bagaimana cara memakai sepeda motor yang benar dech…:D

Keep Brotherhood & Keep Safety Riding

18. Spacy mania - August 31, 2011

Makasi jd tau neh :D

19. Jebray - January 4, 2014

Ane beli Tiger revo 2007,inreyennya seperti di buku panduan..
Setelah masa inreyen motor ane geber-geber,ane ganti oli tiap 1500km ga pernah telat,service tiap 3000km..sampe sekarang motor masih bisa di ajak lari 120 di pantura,soalnya tiap bulan sekali pulang kampung.

Salam karet bundar



%d bloggers like this: