Bagaimana nasib Rossi tanpa Burgess diDucati?..dan bagaimana kans Yamaha sepeninggal Rossi?..

10

Berita hengkangnya Rossi ke Ducati santer diberitakan para media asing.  Hal ini tidak lepas dari kekehnya Ducati menggaet Rossi dengan iming-iming nilai kontrak 2 kali lipat yang diberikan Yamaha plus makin tidak nyamannya Rossi dipabrikan berlambang garputala tersebut atas keputusan Yamaha mempertahankan Lorenzo. Rossi sering mengatakan ingin menyudahi karier Motogpnya diYamaha karena rasa nyaman dan  dihargai. Tapi itu dulu karena situasi memaksa Rossi mengambil keputusan lain dengan mencoba memulai kariernya kembali bergabung bersama Ducati….

Hal ini jelas merupakan kehilangan besar bagi pabrikan berlambang garputala. Tidak bisa dipungkiri peran Rossi dalam membangun Yamaha M1 bisa sekompetitif sekarang sangat besar. Hal inilah ditengarai menjadikan dilema besar bagi Yamaha untuk memilih. Rossi memang tidak secara lugas mengungkapkan bahwa dia ingin supaya Lorenzo disudahi. Tapi sinyal itu sudah dihembuskan olehnya bahwa dalam satu pabrikan tidak boleh ada dua matahari. “Lorenzo adalah pembalap bagus dan dia pantas menjadi pembalap nomor satu” imbuh Rossi.  Yamaha menyadari bahwa usia produktif Rossi bakal segera berakhir. Karena itulah pihak Yamaha Corporation tetap mempertahankan Lorenzo. So tidak ada jalan lain selain Rossi memberikan segalanya kepada Lorenzo. Motor tangguh plus pengalaman tim besar sekelas Fiat Yamaha.

Tidak ada yang meragukan Rossi dalam membangun tim tangguh. Sudah jelas dalam ingatan bagaimana Yamaha yang selalu paceklik dalam kejuaraan dunia diperhelatan Motogp secara mengejutkan meraih gelar juara dunia pada tahun 2004. Kemudian berturut-turut tahun 2005, 2008, 2009 juara dunia diboyong oleh Yamaha. Berkat siapa??….tentu karena Valentino Rossi. Sendirian?? of course tidak. Hal ini diungkapkan oleh Rossi sendiri.  Burgesslah Rossi bisa seperti ini. Ditangan Burgesslah semua keinginan Rossi bisa diterjemahkan oleh mekanik Australia lewat motor yang dikendarainya. Satu paket yang tidak bisa dipisahkan…pembalap, mekanik serta motor tangguh.Banyak kalangan pemerhati otomotif meramalkan bahwa Yamaha akan mengalami masa sulit sepeninggal Rossi. Mungkin tidak saat ini tapi kedepannya. Lorenzo adalah pembalap cepat? itu benar!….Lorenzo adalah pembalap berbakat? tidak ada yang meragukan.! Tapi kredibilitas Lorenzo dalam mengembangkan motor prototype sekelas Motogp belum terbukti. Saat ini Lorenzo diberikan motor yang sudah jadi tinggal pakai. Lorenzo masih aman ketika prototype masih berkubikasi 800cc. Tapi belum tentu ketika aturan Dorna sudah diberlakukan. Masa 1000cc sudah didepan mata. Dorna mengumumkan 2012 kelas wahid Motogp akan upgrade ke 1000cc. Saat itulah posisi Lorenzo akan diuji. Apalagi Fiat sebagai induk semang Ferrari serta Ducati dipastikan tidak akan mensponsori Yamaha lagi kedepannya sehingga mengalokasikan dana sponsor buat riset pengembangan Ducati yang baru.

Hal ini bertolak belakang dengan kondisi Rossi. Semua yakin ketika The Doctor pindah ke Ducati akan menjadi paket komplit. Dana besar, motor tangguh khas Italia plus rider berpengalaman macam Valentino Rossi.  Itu adalah dambaan para fans Italia. Sayang hal ini dinodai dengan enggannya Burgess mengikuti jejak Rossi. Dikutip oleh Gazzetta dello Sport burgess mengatakan,” Saya sudah bekerja begitu banyak di tim ini dan saya senang tinggal di sini (Yamaha),  “kata Burgess. Untuk memenangkan lebih banyak race dengan Yamaha itu yang akan saya lakukan kedepan. Saya selalu berkata bahwa jika Valentino berhenti dari Motogp disaat itulah kesempatan tepat untuk pensiun. Tapi jika dia ada pilihan lain tidak ada jaminan saya akan ikut dengannya. Ini akan sulit tentunya setelah kami mempunyai hubungan yang sangat baik sebagai tim. Tapi Valentino selalu mengatakan bahwa dia akan mengakhiri karirnya diYamaha. Banyak orang dalam satu tim yang mana satu orang tidak akan terlalu berpengaruh. Sebuah tim solid seperti kita tidak bisa dibangun dalam satu tahun. Banyak orang lain yang lebih penting ketimbang saya. Jika Valentino benar-benar memutuskan untuk mengawali kariernya kembali, tidak akan berpengaruh terlalu besar  terhadapnya atas kehilangan satu orang.  Saya sudah mengabdi pada tim saya bertahun-tahun sejak era MickDoohan diHonda. Jikalau saya meninggal besuk, mereka-mereka masih bisa melakukan tugasnya seperti biasa. Sementara saya hanyalah patung tua/Totem atau semacam itulah….” ungkap Burgess merendahkan diri.

Sangat disayangkan kalau apa yang dikatakan Burgess benar. Burgess tanpa Rossi seperti kopi tanpa gula dan sebaliknya Rossi tanpa Burgess seperti gula tanpa kopi. Anyway….Setidaknya dengan pindahnya Rossi keDucati akan mengubah persaingan yang telah ada. Bayang-bayang Honda serta Ducati kedepan akan makin menyulitkan Yamaha dalam mempertahankan juara dunia. Tidak tanggung-tanggung Repsol Honda mengerahkan 3 squad sekaligus pada musim 2011 yaitu Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Doviziozo. Sementara prediksi mengatakan Fiat Yamaha diperkuat oleh Lorenzo dan Ben Spies . Yang terakhir Ducati akan diperkuat Valentino Rossi dan Nicky Hayden. Jika semua rumor yang berkembang benar….bagaimana kans Yamaha mempertahankan  juara dunia lewat Jorge Lorenzo?? dan bagaimana prestasi Rossi tanpa Burgess??…kita lihat aja bro. Toh jalan masih panjang dan semua kemungkinan masih bisa terjadi.  Apalagi Rossi pasti berusaha keras supaya Burgess mau bergabung dengannya diDucati seperti yang telah dilakukannya dulu ketika masih diRepsol Honda ke Yamaha tahun 2003 silam. Bagaimana menurut brother semua??…..(iw/22/07/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Hourex

    Ngisi PRETAMAXX Bro..

  • iwanbanaran

    Wah sibro Hourexxx mantap. Absennya selalu yang pertama. Thank U my bro!!!…….

  • Hourex

    Maklum Bro d daerah.. Mumpung lg dpt jaringan ni.. Ga kaya Bro2 yg di jawa sana bs OL kapan ja Bro..

  • bonex_80

    Jng sampe Burges kgk iku Rossi bakal berat soalnya. Ibarat ibnu sambodo diajang road race yg bekingi kawasaki skrng makin yahud aja. Jd jelas mekanik penting bgt bro…
    @ hourex
    Mang tinggal dimana bro?

  • @bonex_80
    sya d daerah pinggiran prop. sumatra barat Bro..(dkat perbatasan riau & jambi)

  • wah, bisa seperti pada bingung tu…

  • yaaaaaaaaaaah
    jaman memang selali berganti

    dulu jaman Doohan merajai, siapa sangka akan di ganti dengan 4 tak
    ketika rossi merajai siapa sangka akan pindah Yamaha
    Ketika ducati merajai siapa sangka YAmaha bisa menyusul
    ketika YAmaha merajai……….eh diganti 1000 cc lagi. rossi pindah dll dll dll

  • ale

    apapun merek motorx..rossi legenda sang juara

  • keren motornya

  • motor ducati harganya di indo sini mahal euy 😳