Yamaha RX-King….sijambret ternyata masih bergigi..!!

267
112

Seiring dengan tenggelamnya motor 2Tak (kecuali Ninja) karena digeser motor 4tak, kini RX-King sudah lumayan jarang kita temui khususnya dijalanan Jakarta. Suara mesinnya yang khas serta yahudnya accelerasi  dulunya merajai blantika otomotif motorsport 2tak Jabodetabek. Tapi itu dulu bro,…bagaimana dengan sekarang..???

Makin bertambahnya usia, performa mesin RX-King makin menurun. Ditambah keputusan internal YMKI yang menyatakan menghentikan produksi RX-king sejak dua tahun lalu. Walau sudah ada komitmen dari pihak Yamaha akan menyediakan suku cadangnya sampai 5 tahun kedepan tidak serta merta bisa mendongkrak pamor si raja jambret. Kalau ditanya mungkin dari 50 orang hanya 2 orang saja yang memilih motor ini sebagai tunggangannya, dalam kondisi barang second tentunya. Apakah akan murah kita belinya??…. mungkin. Seperti hukum pasar, permintaan tinggi harga barang akan melonjak sebaliknya permintaan rendah barang akan murah. Otomatis harga RX-King akan murah dong yah, kan permintaan pasar rendah. Tapi jangan salah bro. Hal ini ternyata tidak berlaku bagi biker yang hobby dengan motor ini. Teman saya pemakai RX-King tahun 2005, tunggangannya ditawar orang dengan harga cukup tinggi…7,5juta. Kaget yah bro?? begitupun teman saya. Selidik punya selidik sibapak penyuka berat RX-King. Ketika melihat motor teman yang serba orisinal membangkitkan minat sibapak untuk memiliki. Buat hobby kadang orang memang tidak peduli dengan harga. Kepuasan adalah segalanya.

Tentang accelerasi, RX-King jangan diragukan. Berat kosong yang hanya  100kg, torque 1,54 kgf.m/8000rpm plus tenaga 18,5ps membikin motor  ini tiada tanding diajang road race/drag race bercc kecil. Walau jarak jauh kalah dengan kompetitor macam Ninja 150 atau motor 4 tak bercc besar lainnya, akan lain ceritanya jika diadu tarikan jarak pendek. Suara khas knalpotnya yang memekakkan telinga (Apalagi kalau filter karburator dicopot) seperti magnet tersendiri bagi Yamaholic. Peminat motor ini ternyata masih lumayan banyak lho. Coba bandingkan dengan nasib motor 2tak lain yang sudah setengah sekarat (Kecuali Ninja150). Uniknya yang laris malah versi RX-King versi headlamp kotak dibanding RX-King versi anyar/terakhir yang berlampu bulat. Tidak berlebihan dong ya kalau kita sebut  SiJambret ternyata masih bergigi……..(Iw/2/06/2010)

Yamaha RX-King Specification

MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube

PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM

SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR

CHASSIS
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mm

SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

267 COMMENTS

  1. RX-King motor paling gua suka tuh bro. Rem pakem tarikan maknyus, juga irit. Sayang sekarang dah nggak jaman

  2. Paling serem kalo pulang kemaleman lewat jalur pedesaan,tiba2 dari arah belakang ada bunyi knalpot rx-king. DEGG! Tanpa basa-basi langsung ane geber gas sepol2nya alias ngaciiir! Hiiiiy… tatuuut!!!

  3. @ wawa
    ada crita lucu nih bro… temen saya pemakai rxking knalpot bobokan. Lewat cilengsi gunung putri bogor yg rawan jambret. Krn jalanan sepi doi cari barengan orang lewat dng tujuan buat keamanan. Dilalah ada mtr melintas. Cpt2 doi ngikutin dari belakang. Eee nih orang malah geber gas krn takut. Kuatir ketinggalan mtr rxkingnya jg digeber. Makin menjadi siorang ngegas kyk kesetanan. Drpd takut knp2 doi akhirnya nyerah jg,dipelanin mtrnya. Ktnya nasib2, masak naik rxking nggak boleh takut ama jambret…cari barengan aja susahnya mnta ampun..gerutu doi!

  4. 6 tahun make RX King kayaknya cukup tuk mengetahui siapa dan apa RX King. buat tarikan yang belum prnah aku lewatin Scorpio ama Ninja (kalah kapasitas). selain itu aku PUAS make KIng. sekarang pake 4 tak kok rasanya gimana gitu…

  5. @ Bro iwan
    hahahaha..ada-ada aja..
    @ Icaq’s
    Emang klo 2 tak sensasinya beda bro…..tarikan atasnya yg nggak nahan. Mantapppp!!!!!!

  6. @Iwan
    hahahahaha ….
    di solo lebih muahall bro, kl ke solo sempetin malam mingguan di jl slamet riyadi (jam 10-12 malam) bakalan kaget ente.
    ratusan rx-king mejeng disana, clubnya pun ada 3 di jalan tsb.
    skr malah banyak yg hunting ke pelosok2

  7. buat yg seneng, King gak ada matinye, di Jogja King asli AB 2005 msh dikisaran 11 jt asal kodsi bgs.
    sy jg pemakai si King ’96 (1998-2005) asli, awet bgt tu mtr, cm pengen cri yg irit trus dijual laku 6jeti, djgja King 95-97 kisaranya msh 6-7jt.
    Pros : sensasi mengendarai tak tertandingi
    Cons: Body dah ketinggalan jaman…

    Gue yakin jika Body vixion dicangkokin mesin King n knalpot sporty by YMKI, masih laku bgt tu mtr asal jgn mahal2, 17jt lariiiisss…. buktinya Ninja L 24jt aja lariiiiiiiiissss..

  8. @ Sembalap & Jaya utama
    Walah..diluar Jabodetabek malah gila-gilaan tuh harganya. Baru tahu bro ckckckck…………

  9. ada yg nawarin ke gw..rx king th96…kond orsnl cat..panel semua msh lkgp…indikator nyala normal…7,5jt….gimana bro,diambil gak ya

  10. Motor 2 Tak memang identik dgn peforma yahud gak da matinye.
    coba aj King th 2001 diadu ma vixion 2010 pst yg menang King-lah.
    Bravo 2 Tak….

  11. mau nanya harga blok tuk king brapa ya yg asli…….!!!!!!
    trus klo di tun up kira2 karbu yang cocok apa ya
    klo pake pelak nya 17 ada pengaruh nya gak dengan kecepatan

  12. gue baru beli rx king thn 97 dkalimantan selatan buat kuliah djogja makenya harga msh 7,5jt, thn 94 aja dsini msh harga 6jt ke atas

  13. dlu ane prnh mke king kira2 2 taonan,tp skrng uda gnti ninja 150R,mskpun tongkronganya keren ninja,tp klo soal dijlan,enakan mke king,galak n kgak eman,jdi pngen mke king lg

  14. aku orang bandung, di sini king nya mantap2. di monumen deket gedung sate juara balap liar masih di pegang ama rxking..ninja mah lewat..
    aku pake rxking tahun ’95. mantapp abizzzz..sekali gazz badan langsung terbang ke belakang,wkkkkkkk. bravo rxking!

  15. aq nax pematangsiantar bro..
    dulu pernah ada yang ngadu rx king
    vs sang adik, YT115 utk akselerasi 0-100 mtr..
    thu rx king kalah 2-2,5 meter, ga bsa ngelewatin sang adik, padahal thu YT enjinx dahh ngeden banget..
    asapx berseliweran dimana-mana..

  16. ntu motor king ibarat senjata ak 47 kali ya,dah murah,bandel garang lg,..pokoknya rx king the real living legend

  17. aq baru dapet RX king 2001 dengan harga 7.000.000 tu masi standad lu aq servis dikit wah jadi edan

  18. Halo bro…..
    Aku pemakai RX King ’02, beuhhhhhhhhhh
    Mantap utk wilayah karawang, ga ada lawan!
    Yang lebih mahal banyak!
    Tp ada ga yg lebih kenceng dari RX King???

  19. Buat yg gak pernah naik king jgn coba2 menghentak gas di gigi 1 kalo gak mau ngejengkang ke belakang. Gak salah kalo dipanggil King… si raja jalanan…

  20. Mau cari king?coba ke daerah purwodadi,kab.grobogan,jateng.aku beli rx king 03 hrga 9 juta.djalan,…,minta ampun cuyz….sensasi beda naik sang raja.

  21. Aku tnggal dlampung thn 2008 lalu aku beli Rx king thn 2003. Aku yg blum prnh py mtor dtawarin 7,4 jt. Aku sikat aja. Tp bbrp bln kmudian aku kcewa, krn suspensi dpan dan block sudah gk orisinil.

  22. bradd gw dlu pnya rx king 97,tp ge jual,,,,nyesel banget rsax njual sng raja…..
    Skarang gw pngen bli lg nich…..
    Mnta pndapat ya????
    -king it bguzz yg taun brapa??
    -kra” hrgax brapa???
    -d daerah mna yg hrga kingx rendah???

  23. Emang rx king tiada duanya,ws mndarah daging yg jd tungganganku dr th 2001 sm skarang ttp yg terdepan broo…

  24. aquu pakkee sang raja ku udahh kurang lbih 5 thunn..
    sang rja taond 04..
    gilaa lahhkk,,
    skalii pautt yang Lainn Lwatt dahhk,,!!
    5 taond co gag bosen” yya…
    kpan mao bosenX>?
    BRAVO RX-KING.
    the king in the way.!

  25. Siip dah..
    Nguuuok..nya itu low yang bikin sangar, palagi pke knalpot kolong / telo..
    Djamin ngaciiiiir..

    *Tu struk neve diye lah.. Bro..

  26. motor gue bgt tu bro,
    punya gue th’04..
    gileee gahar yahud abis, wus! wus! yg laen lewat! pada minggir dah motor2 geje 😛
    Ude 5th gue geber tapi buat ke rumah pacar gue naek Mio (biar kaleman dikit 😀 ). Di Bangka Belitung,th ’04 bisa tembus 8jt-an bro. I ♥♥♥ U RX KING !!

  27. gila bro di solo rx king segala tahun paling murah 8juta,bahkan ada yang 25juta,,,gila ga thu…motor gue sih rx-kha 1981,namun tenaga boleh lah jika cuma di adu ma ninja.

  28. Rx-king 2001,msh mls cuma 4,7jt,,?
    Di jakarta mah king murah smua,
    yg 1,5 juga ada
    mkanya cri king d jakarta,bru dah lu bwa ke kampung,,,?

  29. bdg king rame nih…
    tetep selalu yg terdepan…
    bwat lawan ninja siapa takut….
    besok malem di jalur rame nih…..

  30. wis lah, RX-King tungganganku emang udah agak tua. Th 2002 mas, tapi bukan 1 ato 2 org yang nanya “mau dijual gak?” yang nawar 9juta banyak….. lagian NGOOOK-nya itu yang bikin motor lain minggir… POKOKE “RX-KING”

  31. ya iya lha
    byson aja tadi gw liat spec aja
    kalah jauh ma king
    18.4 Ps vs 13.5(byson)
    PWR juga jauh
    100kg lwn 135kg

  32. lg nungguin tetangga jual king taun 95 buat nambah beli pulsar katanya, ga nahan mas, semua masih ori, stiker asli ga ada baret, mulus, jarang di pake belum pernah turun mesin. hmm kapan ya..

  33. betul betul, RX KING memang yahud, motor idaman saya. dari pada varian dari merk’ yang ada dipasaran sekarang.
    RX KING is still numbero uno……
    RX KING is the BEST ever than else.

  34. pokoee..RX-KING kaga ad lwanx
    pa lg lo dah kn tanjakn suara ngoookkx,bkn kndraan yg d,dpn pd minggr kekiri,
    pernh pnglman ku,wkt tnjkn ad polisi pke motr gdex..minggr jg th pa e..

Comments are closed.