Ya oloh….kiprok Pulsar200 koq bisa sampe gosong begini..???

16

Malam-malam adik datang tergopoh-gopoh pulang dari kerja. Dengan muka bete dia masuk kerumah. Motor Pulsarnya distandarin diluar, secara buru-buru. Bau gosong terasa menyengat menusuk. Weh…nih bau paan..??? rasa penasaran ingin tahu timbulĀ  Tapi karena siadik kayaknya lagi nahan emosi, saya diam saja. tanpa banyak omong dia langsung ambil perkakas motor digudang dan berlalu begitu saja. Setelah lama saya perhatikan dia lagi sibuk membuka jok belakang. Setelah saya dekati ternyata bau gosong kabel terbakar dari motor dia. Wah…..ada apa nih ama siPulsar??

Kita coba telusuri sumber bau. Setelah selama lima menit kita ubek-ubek kabel siPulsar akhirnya kita menemukan kiprok motor Bajaj ini terbakar sampai kelihatan retakan hitam disampingnya. Menurut adik tidak ada gejala aneh yang dirasakan, alias lari motor biasa-biasa saja. Doi pulang dari kantornya daerah slipi sekitar jam 4.30 sore. Sampai dijuanda Margonda depok sekitar jam 05.30. Karena hari sudah agak gelap, adik menyalakan lampu senja. Pada saat bersamaan terlihat indikator aki disepedo ngeblink menandakan aki soak. Tapi karena nggak ngeh dikira speedonya lagi error, motor terus digeber. Pada waktu itulah ada biker lain ngasih tahu kalau motor pulsarnya keluar asap ngebul dari samping sebelah kiri. Ketika berhenti banyak orang-orangĀ  sampe lari-lari bawa ember segala. Malunyaaa…katanya. Pertanyaannya kenapa hal itu bisa terjadi??..kita coba analisa bro. Motor Pulsar200 adik beli bekas 1 tahun pakai. Dalam hal ini saya curiga ada semacam modifikasi kelistrikan oleh yang punya dulu. Karena setahu saya kiprok jarang mengalami kerusakan fatal kalau tidak ada tekanan atau beban terlalu berat pada kinerjanya. Sejauh ini kita belum check menyeluruh pada kabel-kabelnya. Atau kemungkinan lain adik mendapatkan motor yang kualitas kiproknya kurang bagus alias apes. Tentunya banyak kemungkinan terjadi. Rencana hari ini akan kita bawa ke bengkel JAR margonda. Btw bagaimana dengan bro Pulsarian yang lain..?? pernah mengalami hal yang sama dengan masalah diatas?? atau hanya adik saya aja yang lagi mendapatkan barang kurang bagus. Please dishare dong….?! (iw/07/05/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11
  • Mr_Long’S

    Pertamax
    Maaf bro sy krng tahu mengenai pulsar jdi tdk bs mmbntu…
    Btw photo di atas itu Adik ny yha,???

  • iwanbanaran

    @ mr long’s
    Bukan mz bro,….itu photo pinjam dari mbah google. Masak niat amat siadik diphoto pake P200 running begitu wkwkwk….

  • Ada gambar kiprok yg gosong ? dugaan ane kayaknya ama pemilik yg dulu ada modifikasi pd kelistrikan.

  • Supra XX

    biasa pake sirine- lampu2
    yang parah coba2 pake hidrogen generator tapi masangnya asal2an_

  • Bonex_80

    Ada kabel nempel dibody kali bro….

  • Rio

    Gw malahan baru sekali ini denger kasus kayak gni..
    Gw sih yakinnya kelistrikannya pernaah dimacem-macemin tapi pengerjaan nya gak rapih dan asal2an

  • sampe saat ini kiprok pulsar saya baik2 saja…

  • lee.eur

    wiiiiiiiiii. . .
    ngeri juga ya
    pulsar gw juga kadang2 indikator aki di spedo suka ngeblink, tp begitu di restart ulang motornya (lu kira kompi.hehe) tu indikator berenti ngblink

  • udah beres blum?

  • iwanbanaran

    Mantep bro…dah beli baru. Tq

  • Ramdhan

    sama sma apa yg pernah gw alamin…
    Jadi kita senasib Bro….!!!!!

  • solo

    beli kiprok pulsar 200cc di mana ya mas bro???di solo g ada mas bro…

  • Menyesal

    gejalanya sama kaya motor gw gan, motor gw pulsar 135cc padahal gw beli (baru) nympe skg ni motor udah jalan 2 tahun, dari pertama kali pake indikator aki-nya udah warna merah, gw charge masih juga merah, waktu gw cek & service berkala si montir dealer ngga bilang ada kerusakan apa2 dan sampe si starter dan klakson akhirnya ngga bisa nyala, trus gw ambil inisiatif, gw ganti akinya (pke aki kering) ampe dua kali lagi!!! ternyata si montir emng BEGO!! ampe ngga bisa menganalisa masalah dan nemuin solusi buat motor gw, akhirnya gw ke bengkel lain di temuin lah sumber masalahnya yaitu (KIPROK) dan gw dah datengin semua dealer yg ada di Bandung ngga ada kiprok buat pulsar NYAMPE SEKARANG PULSAR GW MOGOK!!

    pesen buat BAJAJ : kalo masalah sparepart (kiprok regulator) model gini aja kaga ada mending kagak usah produksi & jualan motor lagi!!!!!!!

  • Medy

    Ane baru aja ngalamin kejadian yg sama…..
    tp penyebabnya bkn krn ngotak ngatik listrik krn ane g pake yg aneh2 ky lampu2 atau sirbo atau yg lainnya yg bikin berat krja aki….

    Siangnya ane cuci motor, trus ane bawa dah tuu motor jalan2 keliling komplek krn udh kinclong… ehh ga lama tau2 diterikain ama org2 sekomplek yg lg ngumpul…
    Om…motornya kebakaran….!!
    ane lgs berhenti trus ngeliat ke blkg…gilaaaa..!!! motor ane ngebul…ngalahin fogging nyamuk kelurahan….
    trus ane matiin motor..buka body samping kiri sambil tiup2 asap… trus buka jok blkg….masih sambil2 niup asap…
    Awalnya ane pikir kabel bwt lampu blkg yg kebakar…tp g ada yg aneh….
    pas ane perhatiin lg…dibagian kiri dkt body ada kotak hitam yg ada socket kabel2… (katanya sih itu kiprok) udh dlm keadaan gosong…ada yg meleleh wrnya item… bau nya jgn ditnya…

    trus ane cabut dah tuu socket…tp lampu2 pd mati…td ane nanya2 di kaskus katanya klo dicabut, aki g bkl ngisi… tp klo g dicabut..takutnya ngebul lg….

    bingung…. ampe skrg masi ane diemin tuu motor….

  • rijal

    susah cari kiprok pulsar 200

  • ilham fathurrohman

    itu kinerj akinya yang terlalu berat gan. pulsar ane juga pernah kya gitu