iklan iwb

Darimana sih Marchesini…??

Tidak banyak orang tahu pelk marchesini bila dibandingkan dengan pelk Enkei. Enkei yang merupakan pabrikan besar memang lebih sering kita dengar dibanding pelk yang kedengarannya aja susah diucapin dan cukup nyleneh namanya bagi orang awam kayak kita. Tapi jangan salah karena Marchesini adalah? perusahaan yang tergabung dalam group brembo, bermarkas diItalia. Kelebihannya yang mampu membuat pelk berkualitas tinggi menjadikan pilihan bagi para pabrikan besar sebagai pemasok utama pelk untuk motor prototype sekelas motogp ataupun motor produksi masal. Btw pabrikan mana saja? yang memakainya…???

Marchesini sangat terkenal dikalangan motor besar sebagai pemasok pelk berkualitas tinggi. Perusahaan Italia yang sudah berdiri hampir 30 thn lalu ini sangat terkenal dengan design, kualitas dan performa. Gabungan bahan pelk dari aluminium dan magnesium merupakan andalan produk utama mereka. Bahan ini terkenal sangat ringan dan kuat.? Dengan kualitas pelk bagus diyakini akan memberikan handling lebih pada motor-motor besar yang rata-rata mempunyai mesin liar. Sekilas prestasi marchesini, ditahun 2006 pabrikan tsb dipilih Yamaha sebagai pemasok utama pada Yamaha YZF-R1SP. kemudian ketika Ducati meluncurkan Desmosedisi versi jalanan pada tahun 2008 Marchesini juga menjadi penyuplai pelk seri tersebut. Pada Desmosedisi mereka membuat pelk magnesium tempa palang 7. Sementara untuk?Motogp tidak tanggung-tanggung hampir semua team memilih Marchesini sebagai castwheel utama motor mereka. Seperti Fiat Yamaha team, Repsol Honda team, LCR Honda team, Ducati Marlboro team, Rizla Suzuki, Pramac racing, Aspar Ducati dll. Tidak terkecuali Superbike teams juga kepincut dengan performa siMarchesini. Diantaranya Althea racing, Squadra Corse Italia, Ducari Xerox team dll.

Dalam perjalanannya didunia racing Marchesini pertama kali digunakan oleh Ducati pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 2000 saham perusahaan tersebut diambil alih oleh Brembo sekitar 70%. Sistem manajemen dan kepemimpinan ditata ulang. Inovasi Marchesini maju pesat ditangan Brembo sebagai pemegang saham tertinggi. Salah satu tehnologi diperkenalkan oleh mereka pada tahun itu yaitu pembuatan pelk dengan sistem tempa bahan campuran dari aluminium dan magnesium alloy. Tehnik ini memungkinkan pelk lebih ringan (hampir 40%), lebih kaku serta kuat secara siknifikan.? Tiga komponen ini sangat berpengaruh pada kestabilan handling ketika motor keluar tikungan dikecepatan tinggi serta pengereman mendadak. Semakin membaiknya manajemen serta inovasi kualitas dari pelk Marchesini maka Brembo terus meningkatkan kepemilikan saham hingga 100% (Tahun 2002). Kalau dibandingkan dengan Enkei bagus mana? masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan. Enkei pasar lebih konsentrasi di roda 4. Walaupun ada beberapa produk masalnya untuk roda 2, dipastikan produk ini dibuat oleh pabrikan lokal yang secara quality kontrol tetap diawasi oleh Enkei pusat. Sementara untuk Marchesini, produk ini cenderung buat kelas premium motor bercc besar dan pabrik dilakukan sepenuhnya di kantor pusatnya yaitu diJerago con Orago wilayah Varese Italia, baru kemudian mereka mendistribusikan produknya keseluruh eropa dan sebagian asia melalui distributor-distributor yang dibentuk. Pemilihan region atau negarapun tidak sembarangan karena Marchesini memilih negara yang kental dengan suasana balap serta motor besar. Jadi mungkinkah Marchesini diIndonesia..??? kayaknya nggak mungkin ya bro. Lawong disini mayoritas bebek ama matic……(iw/4/02/10)

iklan iwb

1 COMMENT

  1. Gua pikir tuh motogp pake enkei bro…..baru tahu juga kalo ada pelk merk marchesini….

  2. Baru tahu setahun yang lalu ketika lihat diJCC jakarta prototipe Fiat Yamaha, benar merknya emang marchesini tulisan warna merah pada pelknya…..

  3. Dah tw marchessini dari dulu malahan..
    Tu pelk dipake di varian2 high end Ducati, Aprilia, KTM, Vyrus, Bimota, apa lg y, aq lupa :mrgreen:
    Kalo MV AGUSTA F4 malah pelkx merkx Brembo bro..
    Coba cari aja gmbarx F4 yg resolusi tinggi, cari yg F4 Claudio Castiglioni 😀

  4. @ kentadis
    Berarti Enkei kalah ya bro,….masak cuma di mio, tiger dll. Weleh pasti mahal tuh yah harganya…..

  5. @ Kentadis
    Iya bro…mio gua lansiran tahun 2006 ada tulisannya pelk ada tulisan enkei. Pelknya yg masih warna silver…..