Sasis Kawasaki adalah yg terbaik..???

0
112

Wawancara sekilas………..

Ketika mendapat kesempatan ngobrol-ngobrol dengan Mr. Ito salah satu chief engineering Rik** company, penyuplai blok mesin pabrikan Honda, kawasaki, Yamaha dan Suzuki saya punya kesempatan nanya-nanya lebih jauh mengenai motor selain produksi Jepang. Salut buat beliau yang bisa memberikan komentar atau pendapat secara netral. Kenapa saya bilang begitu, ketika saya tanya mengenai kualitas mesin motor Bajaj yang notabene bukan produk Jepang, beliau tidak memberikan komen negatif. Menurut beliau engine untuk Bajaj selama ini juga tidak pernah ada masalah. Apalagi Bajaj dulu banyak menimba ilmu dari Kawasaki, jadi di pastikan pecahan ilmunya juga dari pabrikan Jepang tersebut. Kunci dari durability/keawetan hanya pada pemakai atau pengendara sendiri. Yaitu secara periodik mengganti oli mesin dengan memperhatikan jarak tempuh.

Lebih jauh beliau juga membahas mengenai kompetisi Yamaha Indonesia dan Honda (AHM) yang sangat ketat. YMKI di mata Ito san memang sangat agresif.  Dari segi advertising dan produk, Yamaha sedikit lebih di banding kompetitornya. Tentunya bagus buat perusahaan beliau, ketika penjualan mereka naik drastis. Ketika kita ngomongin mengenai blok mesin yang paling bagus untuk saat ini (Produk masal & BerCC kecil) adalah Blok mesin kepunyaan Yamaha Jupiter MX dan Yamaha Vixion. Dari  cost produksinya lebih mahal karena itu pabrikan berani memberikan garansi sampai 5 tahun. Konsekuensi tidak bisa di oversize. Mirip dengan tehnologi Ninja 150. Pada saat itulah beliau mengutarakan bahwa sasis yang paling bagus adalah pabrikan dari Kawasaki. Akan terasa ketika kita mengendarai,  stabilitas lebih dibanding lainnya. Secara kasat mata sebenarnya bisa di lihat bahwa sasis kawasaki rata-rata lebih tebal. Tapi kenapa ya bro produk masih kalah di banding pabrikan lain dalam penjualan. Itulah masyarakat kita yang cenderung cari motor yang murah perawatan. Tidak perduli dipakai kenceng rasa anjrut-anjrutan yang penting harga sparepart terjangkau dan selalu tersedia. Ya nggak bro…?! Entahlah. Memang tergantung selera dan kebutuhan masing-masing individu. Yang berkantong tebal dan ingin motor premium monggo pilih Kawasaki khususnya Ninja series. Sementara kalau kantong pas-pasan kayak saya ini,….pilih yang terjangkau aja dan nggak ngrepotin. Lawong Ninja 250r Tanki aja 2,5jt (Sumber dari Cibubur motorave). Coba bandingkan dengan Yamaha Scorpio yang hanya 300ribu dah bisa dibawa pulang. Bisa nangis bombay dibuatnya. Sanggup maksain beli tapi kagak kuat ganti sparepart, ya sami mawon hehehe………halah jadi ngalor ngidul. Btw semoga berguna……(Iw/07/02/10)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

1 COMMENT

  1. yup betul bro, pengalaman saya yg maksain beli kawasaki karena safety & ergonomy-nya tinggi, giliran ganti parts ampun indent & harganya, jadinya sekarang ganti ke MX yg murmer dg value yg sy anggap lbh tinggi drpd moped yg lain kecuali FU

  2. Wuw, kawasaki yak?
    Tp ktx cm stabil aja..
    G terlalu lincah..
    Kalo kata ibnu sambodo,dbuat blap roadrace aja kendalax ad d chasis n aksesoris racing, khususx athlete yg pny wheelbase panjang..
    Kalo di wss n wsbk kq jrg bgt podium ya?
    Malah kalo d wss yg lincah r6 sm cbr600, pdhl zx-6r th 2009 tuh supersport jpang plg powerfull..

  3. @ Bro Vega & Maskur
    Mr. Ito hanya menyebut Kawasaki bro. Jadi saya rasa maksudnya secara garis besarnya brand ini yg paling bagus. Untuk suzuki beliau tidak menyebut sama sekali.

    @ Bro Kurnia_Pro
    Betul bro saya setuju kalau itu. Besi sekarang kualitasnya jauh di banding dulu

    @ Bro Kentaro
    Saya rasa dalam ajang road race yang di butuhkan bukanlah hanya sasis yg kuat. Tapi segi geometri lbh memegang peranan penting khususnya dlm menghadapi tikungan2 tajam yg sering di hadapi pada ajang road race. Athlete lbh cenderung bagus utk track yg lurus dibanding tikungan tajam krn wheelbasenya yg panjang (Konsekuensi motor stabil buat kecepatan tinggi tp krng lincah buat tekukan2 dalam) Karena dalam ajang roadrace sasis yg tebal/berat malah kadang merugikan karena mesin tidak bisa teriak secara maksimal krn kendala weight to rasio. Sejujurnya Yamaha jagonya kalo dalam hal ini khususnya tipe Jupiterz. Bobot yg lumayan enteng dan dah dari sononya bagus buat banting kiri dan kanan. Ito san tidak menyebutkan untuk motor supersportnya. Hanya brcc kecil dan produksi masal aja bro. Tapi saya rasa lebih krng sama. Bahwa utk ajang balap bukan sasis yg kuat saja yg dibutuhkan. Tapi sasis yg punya ukuran geometri paling pas sehingga bisa seirama dngn power mesin. Mohon di koreksi kalo salah…….

  4. pengalaman menggunakan kawasaki memang stbilitas dan kenyamanan jadi kelebihan motor ini. saya pengguna kaze dari tahun 2003, kalo lebaran sering saya mudik dengan motor. pengalaman yang tak terlupakan adalah saat menempuh pejalanan solo-purwodadi, jalur ini memiliki aspal yang tidak rata, banyak tikungan dan naik turun. pada saat itu kondisi sok belakang sangat lembut (setelan terendah) tapi walau dipake kecepatan tinggi motor tetap stabil, walau kadang saat menerjang jalan tidak rata motor terasa kebanting tapi stabilitas motor terjaga, dan pengendalian motor sangat gampang. karena tabungan cukup buat dp motor, akhirnya kebeli juga motor idaman, tahun kemarin 1 unit ninja R akhirnya masuk rumah (maklum bro orang susah, buat beli motor aja mesti ngumpulin receh demi receh). impresi saya pada motor ini, tenaga cukup mencengangkan, kecepatannyapun bener2 bikin deg-degan (sebelumnya gak pernah bro, naik motor nyampe 150 kpj) dan motor ini saya rasa bukan untuk penguna pemula. untuk jalan gak rata saya gak rekomen untuk menggunakan motor ini, bener2 gak nyaman bro, sok terlalu keras. tapi untuk jalan bagus dan punya nyali lebih belilah motor ini, saya rasa untuk motor produksi masal indonesia motor ninja adalah yang paling kencang saat ini.

  5. @ a’lilin
    Hiks hiks hiks….mau dong bro. Emang kawasaki paling beda di antara lainnya. Di saat yg lain ngejar setoran kawasaki tetap slow but sure memenuhi dahaga para biker unutk mendapatkan motor yg mantap. Ane jg lg nabung-nabung nih bro tp nggak ngumpul2 hiks hiks hiks……….

  6. @ bro iwan
    Iya, bner jg bro
    Mksih pnjelasanx
    Btw, ito san tuh org jepang ya?
    Kq pake “san” gt 😀
    Ngbrolx jg pk bhasa jepang bro? 😀

  7. apa pun yang terjadi kawasaki tetap yang terbaik.walaupun kalah pamor atau penjualan yang gitu-gitu aja kawasaki tetap stabil,kuat,efisyen dan tidak menguras kantong.inilah satusatunya motor jepang yang belum pernah ada masalah serius,walau pun banyak orang mencampakkannya,kawasaki tetap han dal,kawasaki bagian hidupku.

  8. kencang,kuat,irit,bandel,kekuatan sasis tiada tandingan,stabil inilah KAWASAKI.ini bukan opini,tetapi fakta dan itu ada pada KAWASAKI,jangan salah pilih,KAWASAKI bagian hidupku,terimakasih.

  9. Bos, ane pake Binter… Motor Jadul Keluaran Kawasaki, mohon maaf kalo cuma yang namanya Tiger dan Scorpio, udah ane jajal bos, masih kalah sama Binter.

  10. Satu lagi nih.. Suzuki belajar bikin motor dari Kawasaki bos kalo gak salah mulai tahun 1968 dan pada saat pembuatan motor Hayabusa semua dibantu oleh Kawasaki, seperti sekarang motor Bajaj, merek India tapi teknologi adaptasi Kawasaki, sejarah yang pernah ane baca begitu. Dan untuk motor hanya sebagian kecil dari penjualan Kawasaki. Karena yang ane pernah baca, Core Business nya Kawasaki bukan di Motor, melainkan teknologi tingkat tinggi, sekarang aja Kawasaki (Kawasaki Heavy Industry) sedang mengembangkan Stasiun Ruang Angkasa. Untuk jelasnya bisa lihat di http://www.khi.co.jp
    Kawasaki punya andil sangat besar terhadap pembangunan negara Jepang sampai sekarang, karena revolusi transportasi dimulai oleh Kawasaki, terutama pada saat perang Dunia I dan II dimana kebutuhan peralatan perang dan pesawat tempur Jepang dibuat oleh Kawasaki dan Mitsubishi (yang bikin mobil Lancer itu loh..)
    Maka nye Kawasaki nggak terlalu ngoyo nguber setoran jual motor, karena emang udah kebijakan dari manajemen Kawasaki di Jepang sana. Begitu juga pada saat Kawasaki mundur dari ajang Motor GP, yang menjadi penyebabnya adalah anggaran untuk Motor GP itu menguras anggaran keseluruhan Kawasaki, karena Kawasaki masih satu bagian utuh dibawah Kawasaki Heavy Industri.

  11. salut dan terimakasih buat sudin.saya tahu motor sudin.KAWASAKI BINTER MERCY derum motor ala harley davidson Pernah jadi idola di tahun 80 an .berbahagialah sudin dan semua pemilik kawasaki di seluruh dunia. KAWASAKI MEMANG LUAR BIASA. EKAWAK JAPAN 082144867123 saya tunggu call anda bagi pecinta KAWASAKI ,dan hanya untuk yang tahu motor berkualitas tinggi.

  12. kawasaki stabil karena sasisnya paling berat,dulu pake Kaze susah meliuk kanan kiri,pantat serasa ketinggalan.
    Hal ini tampaknya terulang pada generasi berikutnya,saat dipakai indoprix/motoprix susah diajak belok.Kalau fast corner seperti sentul sih oke

    Kalo bicara sasis motorsport kelas 600cc ke atas saya pikir bedanya tak terlalu jauh.Buktinya di ajang kejuaraan level dunia.

  13. saya coba RR 2011 merah ducati, jarak tempuh bandung garut,,, sensasi liar sangat kerasa, akan tetapi untuk manuver ga se nyaman yamaha vixion, serasa sangat kaku untuk ninja,, jadi sasis apanya yang bagus?? apa karna bahan nya aja kai yang bagus ya, hehehee… VR46 aja ngakuin Yamaha sasis nya masih no 1….. hhmmmm……. percaya rosi ato ito ya, hehhee, kalo di kelas indonesia aja, sasis mana yg lebih nyaman(bagus) ? bandingkan sasis jupier z, suprax125,zx130, hhmmm mana yang paling asik dipake manuver ?

    dan coba saling tukar motor untuk merasakan,, hhhmmmm. saya ga jamin zx nyaman di pake manuver…. ! kecuali track lurus OK..

Leave a Reply