Yamaha FZ16

0
15

FZ16…..mmmhhh Maknyusss!!!!

Ungkapan ini pastilah akan timbul kalo kita  melihat  tampang motor keluaran dari Yamaha ini. Kekar dan macho habis!!! Yamaha cukup pintar bermain desain pada FZ16.  Walau bukan menganut sasis deltabox,  guratan serta lekukan tegas desain yang membungkus sasis tipe diamond ini begitu memukau. Tapi jangan senang dulu bro, benarkah FZ16 ini akan betul-betul di pasarkan di sini. Masih jelas di ingatan kita  dulu kencangnya  rumor mengenai Yamaha R15, full fairing jelmaan dari si Vixion yg ternyata  hanya isapan jempol belaka. How about this bike…?? What’s the strength and what’s the weakness??…mari kita coba kupas dan sama-sama analisa.yamaha_fz16_wallpaper_2

FZ16 adalah motor 150cc, yang sudah di luncurkan di negeri Bollywood atau India sebagai penetrasi awal di asia. Sejujurnya dari pendapat saya pribadi mesin tidak ada yang terlalu istimewa dalam FZ16 yaitu mesin SOHC 4 klep berpendingin udara. Perbandingan kompresi cukup bersahabat yaitu 9.5 : 1 di pastikan halal pakai premium.  Sistem pembakaran tidak memakai injeksi seperti Vixion tapi di gantikan dengan karburator. Kapasitas tangki bisa menampung bensin sampai 12 L, dengan berat kosong 126kg sangat cocok untuk touring jarak jauh. yamaha_fz16_wallpaper_4

Menurut sumber dari situs di india motor ini cukup irit. Di dalam kota konsumsi bahan bakar mampu di kisaran 1:36km dan di luar kota atau touring jarak jauh sekitar 1:47km. Tapi jangan salah walaupun cukup irit dan masih menggunakan karburator, tenaga yang di muntahkan mesin FZ16 hampir setara dengan Vixion yaitu 14Bhp@7200rpm  dengan maksimum torque 13.6nm@6000rpm.  Top speed bisa tembus maksimum 132 km/jam pada kondisi standar. Sebagai penambah fitur Yamaha memberikan Spedometer full digital untuk speed, putaran rpm, kilometer serta alat penunjuk bahan bakar.  Yamaha_FZ16_270509_8Tampilan dari speedometernya sendiri sudah menggunakan full LCD (Liquid Crystal Display) jaminan bakal jernih dan tetap jelas walau dalam kondisi pencahayaan  terangnya siang hari. FZ16 hanya tersedia versi castwheel menggunakan pelek palang lima. Tampang lampu depan yang tidak umum, kotak membulat kelihatan agresif dan modern style.

Berikut adalah cuplikan testing pengaplikasian racing kit Daytona di FZ16.

Dari semua kelebihan tadi tentu pasti ada kekurangannya. Budaya Yamaha yang selalu PD dengan rem tromol ternyata mengjangkiti juga di versi FZ16 ini. Sangat disayangkan memang mengingat model FZ16 yang sudah berani habis-habisan jadi berkurang nilai dari segi visual ataupun fungsinya. Coba bayangkan kalau mengaplikasi double disk depan belakang, pastinya akan lebih sempurna. Kemudian kalo kita perhatikan diameter ban menggunakan ring 17 kurang gahar jika masih menggunakan ban standar pabrikan. Harga banderol pabrikan masih belum jelas tapi saya yakin tidak jauh dari saudaranya si Vixion dan scorpio yang berkisar 20jutaan. Kemungkinan besar di bawah harga itu.yamaha_fz16_wallpaper_3

Kembali ke pertanyaan pertama…benarkah FZ16 akan masuk di Indonesia? Di dalam blog saya ini dengan penuh keyakinan menegaskan bahwa FZ16 akan benar-benar di pasarkan disini. Selambat-lambatnya tahun depan  atau paling cepat akhir tahun ini walau kecil kemungkinannya. Bisa dicermati dari langkah YMKI yang sudah melakukan test drive FZ16 secara sembunyi-sembunyi serta spyshoot yang marak belakangan muncul di dunia maya merupakan langkah preparation mencakup  durability serta proses  ancang-ancang nyata dari Yamaha. Ceruk motor sport yang cenderung sempit serta sebagai ajang membangun image pabrikan akan menjadi media atau sarana buat Yamaha memperkokoh posisinya setelah Vixion berhasil membungkam kompetitornya yang selama dasawarsa di pegang oleh Honda lewat Megapro dan Tiger2000. yamaha_fz16_wallpaper_5Seting harga jual yang make sense dan promosi yang cerdas bukan tidak mungkin FZ16 bisa menjadi idola baru setelah Vixion. Apalagi di India sana dukungan penyediaan racing kit dari Daytona untuk FZ16 sudah di lakukan.  Siapa tahu di YMKI akan mengikuti gebrakan dari Yamaha india untuk memfasilitisasi para speed freak. Who knows…?! (Eone/30Juli09)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Previous articleKawasaki Athlete II
Next articleMOTOGP
Profile photo of Iwanbanaran
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subsribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

1 COMMENT

  1. minta laporan lengkapNya dounk..! kira2 kapan keLuar pastiNya..?? gak bisa Tidur neh gWe, gara2 mikirin nih Motor..! thx yaa..

  2. ya gw jaga sdh tdk sabar neh….gmna ne yamaha, percepat lah launching…ntar uangnya kburu habisssssssss bwt naek ojeg….

  3. Saat ini YMKI sdh mendapatkan ijin produksi motor ini, sebanyak 80.000 unit. Peluncuran perdana paling cepat juga awal thn depan, tapi kalo utk indent mungkin udah dibuka bulan desember nanti. Jadi siap-siap ye, jgn tidur apalagi ketiduran, menidurin & ditidurin lebih2 lagi gak boleh, hehehe… jgn keduluan yg lain ye.

  4. Mz bro…beneran. Ternyata motor nih dah confirm bakal di lempar ke pasaran Indonesia. Siapkan hati dan pikiran. Ngomong-ngomong harga berapa yah. kalo di atas Vixy…weh wabah AHM dan menjangkiti Yamaha dong. Ada yg tau bocorannya nggak ??…..

  5. Kabarnya waktu itu diundur sampai bln april 2010, tapi kemudian ada rumor/gosip yg bilang diluncurin akhir januari atau awal februari 2010. Segitu dulu kabar dari aye.

Leave a Reply