YAMAHA R15

0

Yamaha R15… Gosipkah…????

Cukup kencang beredar rumor bahwa Yamaha R15 akan di luncurkan di Indonesia. Blog-blog ataupun website berita di internet tak henti-hentinya membahas mengenai produk satu ini. Ada yang mencibir tapi banyak juga yang menunggu-nunggu seperti apakah sih bentuk aslinya?..wp_r15_p16_10242wp_r15_p7_1024

Ok..sedikit kita bahas lagi. Motor ini katanya jelmaan dari Yamaha Vixion yang telah beredar duluan di sini. Persiiiissss banget..so cuma di kasih fairing?!….benarkah?….mungkin iya kalau di lihat dari fisiknya. Coba bro-bro perhatikan mulai dari chasing mesin, deltabox, sampai buritan belakang, jok-joknya seperti kembar bak pinang di belah dua. Tidak ada yang bisa menyangkal mengenai hal itu..walaupun mungkin semua itu tidak semuanya benar. Yamaha R15 menganut system digital untuk speedo jelas beda dengan vixion yang masih analog. R15 gear speed 6 sementara Vixion maksimum cuma gigi 5 . Lebih jauh tenaga yang di muntahkan oleh R15 pada 8500 RPM bisa mencapai 17 PS di atas Vixion yang hanya mampu 14,6 PS. Untuk sasis tidak ada perubahan berarti. Hanya penambahan perangkat rear disk brake sebagai pengganti sistem tromol pada Vixion. So di jamin pengereman akan lebih maksimal seperti layaknya motorsport sejati. Yamaha paling terkenal dengan kemampuan sasisnya yang mumpuni. Yoichi Ui, penunggang motor Yamaha TZ125 serta TZ250 Juara GP125 all Japan Road Race 1995 serta pemenang GP250 All Japan Road race tahun 2006, 2007 mengakui Bahwa R15 mempunyai handling yang cukup bagus untuk kelas motor ringan. Riding impression di acungi jempol oleh Yoichi. Menurut website resmi Yamaha India, motor tersebut di jajal langsung olehnya di sirkuit kecil daerah sono. Respon motor sangat balance waktu di lakukan pengereman maksimal di tikungan tajam ataupun rebah pada sudut kemiringan ekstrim benar-benar mencengangkan si doi.wp_r15_p4_10241wp_r15_p1_1024

Harga…faktor satu ini yang kadang bikin orang mikir 2 kali buat beli barang. Untuk R15 belum tahu harga pastinya walau sudah di bahas di berita-media kepastian satu itu belum tersentuh sama sekali. Boro-boro harga, mengenai kepastian launchingnya saja masih simpang siur……biasa budaya YMKI paling senang bikin berita secara premature tapi kemunculan produknya sendiri lemot kayak keong. Bro-bro semua pasti masih ingat gimana si Vixion bikin gonjang ganjing di negeri ini hampir setahun baru benar-benar resmi nongol di pasaran. Kalau menurut analisa gua sih seandainya confirmed kemungkinan besar kondisi CKD untuk di pasarkan di sini kalau di lihat dari faktor kapasitas produksi yang sudah mentok. Bisa di bayangkan kalau betul kondisinya CKD jangan harap harga akan murah. Walau ada selentingan berita bahwa harga tidak terpaut jauh dari Yamaha Vixion, masih banyak yang meragukan hal itu. So mari kita dinginkan suasana dulu…jangan terhanyut sama berita-berita yang tidak ada ujung pangkalnya…yuk mariii (Iw/march09)

Sekilas Spesifikasi Yamaha R15

Engine type Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve
Cylinder arrangement Single cylinder
Displacement 149 .8cc
Bore & Stroke 57×58.7mm
Compression ratio 10.4:1
Maximum power 17PS / 8,500rpm
Maximum torque 15 N.m / 7,500rpm
Starting system Electric Start
Lubrication wet sump
Engine oil capacity 1.0 liters
Fuel tank capacity 12 liters
Fuel supply system Electronic fuel injection
Ignition system T.C.I
Primary / Secondary reduction ratio 3.042 / 3.000
Clutch type Constant-mesh wet multi-plate
Transmission type Return type 6-speed
Gear ratios 1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd:=1.364,
4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84

Chassis

Frame type Deltabox Frame
Caster / Trail 26° / 100mm
Tire size (Front / Rear) 80/90-17 / 100/80-17
Brake type (Front / Rear) Hydraulic, single disc (Front / Rear)
Suspension type (Front / Rear) Telescopic / Linked type Monocross
Headlight 12V35W / 35W+35W

dimensions

Overall length x width x height 1,995mm x 670mm x 1,070mm
Seat height 790mm
Wheelbase 1,290mm
Minimum ground clearance 160mm
Dry weight / Curb weight 120kg / 131kg
Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Doel_80

    Wah kalo emang benar-benar nongol nih motor bakal pusing tuh Honda. Gua berani taruhan kalau harga di pasang di rentang harga 24 jutaan bakal laris bro….nabung deh dari sekarang…!!!! Halo YMKI kita tunggu nihhh…

  • Jabrik

    @Doel_80

    Bung jng mengecilkan Honda dulu. Masih ingat nggak jaman tahun 90an dulu bagaimana Suzuki RGR dan Yamaha RZR serta RXZ di obrak abrik oleh Honda NSR. Jadi ane yakin kalau emang R15 sukses, pabrikan lain termasuk Honda kagak akan berdiam diri. Jangankan CBR kalau perlu RCV di keluarin untuk menekuk Yamaha wakakakak……jadi kita liat aja bro

  • bima

    ach udah dibantah di media ama yamaha bahwa mereka masih sibuk dengan vixion ….

  • Putra_naban

    @bima
    Bener bro,jadi bener kt bung iwan kalau mendingan kagak usah ditanggepin berita2 kagak jelas.ya nggak..

  • Puyeng

    “ach udah dibantah di media ama yamaha bahwa mereka masih sibuk dengan vixion ….”
    Yah.. Putus harapan dong..

  • betul…

    jgn banyk berharap..

  • Arfy_V-IXION

    Saya mohon kepada YMKI,supaya segera meluncurkan R15 ini..keren banget..dan berharap harga nya dibawah Honda CBR 150..Kapan??????????

  • trias sugiarto

    w tunggu khdiranmu>……………………………

  • Pingback: Motor cc besarpun tak berkutik lawan Yamaha R15…. « Iwanbanaran’s Blog()

  • Kodok Ijo

    Bro Jabrik, emangnya NSR sehebat apa? Kalo aye sih malu punya motor dgn teknologi baru dan lbh canggih kyk NSR, belum lagi cc-nya lbh gede, tapi gak bisa ninggalin RX-Z aye yg cuman punya teknologi ala kadarnya, padahal RX-Z aye masih standar cuman dimodalin air filter K&N yg kesohor itu, ditambah lagi velg-nya udah ganti velg racing lokal made in Surabaya yg beratnya amit2.
    Gak… gak ada yg perlu dibanggain dari motor kyk NSR. Malu tau ditempelin melulu ama motor yg biasa2 aja teknologinya.
    Jgn bandingin motor2 yg dipake buat balap, bandingin pake yg standar versi jalan raya, itu baru fair. Kalo versi balap mah tergantung banget ama kehandalan mekaniknya meracik dan menyetting si motor.

  • Banzai

    Tul gw setuju ama Kodok Ijo!!!! peace Bro!!!!

  • Ardhash

    2 Pabrikan ini emang luar biasa persaingannya. Bahkan sampe ke tingkat MotoGP. Yah..masing2 emang punya keunikan sndiri2. Gue sndiri punya 2 produk pabrikan ini di rmh, 1 tipe bebek & 1 lagi tipe sportbike. Siapa yg akan unggul, kita liat nanti. Apa Yamaha tetap “Semakin Di Depan”? Atau Honda mengambil tahtanya?

  • Kodok Ijo

    Kalo YMKI gak terdesak, kyknya susah deh ngarepin ni motor meluncur di mari. Ditambah lagi peminat motor ber-fairing juga terbatas, cuma yg bener2 hobby motor doang. Kapan balik modal? Pasti begitu pemikiran para ATPM.
    Sebenarnya sih bisa aja masukkin di mari, tapi dalam bentuk utuh (cbu), dengan demikian gak bakal gangguin kapasitas produksi yg sekarang dan juga kan gak ada biaya riset lagi. Dengan begitu konsumen setia Yamaha tetap terjaga dengan baik.
    Aye kira ni motor gak bakal lah ngusik pangsa pasar sodaranya, yg ada pangsa pasar tetangga yg terganggu. Karena dari segi model udah beda, yg satu sport touring dan satu lagi pure sport, jadi segmennya bener2 udah beda.
    Ngarep Mode: ON

  • ade ahamd

    Waduh opo mene iki…BYSON ge acan kabeuli geus aya R15′