HATI-HATI BROTHERS

5

SAFETY IS NUMBER ONE

Hari ini hujan gerimis terus mengguyur kota Depok. Malam yang dingin bikin orang males mau keluar rumah. Tapi apa mau di kata, kewajiban masuk kerja sebagai karyawan kerja shift tidak ada pilihan lain so tetap harus berangkat. Karena pengin nyantai berbekal motor Mio punya istri jam 20.50 dah berangkat dari rumah. Jalanan lancar tapi licin. Iseng-iseng lihat jarum speedometer..yahh bensin habis. Mampirlah ke pom bensin margonda Depok untuk beli PertamaxPlus biar motor ngacir. Tapi dasar nasib kurang beruntung. Si abang pom bensin sambil memegang setumpuk duit di tangannya teriak ” Habis banggg…”. Ya udahlah, Akhirnya gua putuskan jalan saja. Semoga nyampe nih bensin ke pom berikutnya.

Sampai di Cilandak hujan gerimis terus berlanjut..wah kecil-kecil cabe rawit juga nih hujan.. Nggak terasa baju dah basah semua. Gua lirik speedometer kembali. Jarum cuma turun dikit ke empty…hehehe top markotop juga nih motor. Memang sengaja gua panteng RPM tidak banyak buka tutup gas. Terbukti bensin tidak cepat tersedot. Akhirnya sampai juga ke pom bensin Cilandak. Antri cuma 3 motor dan tibalah giliran gua. Dengan PD nya gua buka jok motor,..” Pertamaxplus bang..full tank”, pintaku. Corong bensin yang mirip seperti gunshot kaliber besar di tarik kembali urung masuk ke tangki Mio ku. Belum sempat bertanya, si abang berucap dengan mimik muka datar ” Habis bangg…”. Walahh..piye to iki. Masak dari ujung Depok sampai Cilandak habis bisa bareng-bareng gitu. Karena sudah gondok akhirnya gua ngomel ke abangnya”, Bang aturan di kasih tanda atau tulisan dong kalau habis Pertamaxplus nya biar konsumen tahu. Jadi nggak usah capek-capek ngantri !!”. Si abang diam aja. Terpaksa deh cita-cita ngisi Pertamaxplus tidak kesampaian. Daripada ntar dorong motor di tengah jalan, gua minta si abang isi bensin pertamax biasa.

Di daerah casablanca kuningan hujan sudah berhenti. Dengan kecepatan sekitar 60km/jam, serta jalanan aspal yang mulus, motor Mio terasa cukup nyaman. Tapi kenyamanan itu di rusak oleh mobil-mobil yang kencang melaju tanpa menghiraukan adanya motor di sekitar mereka. Karena itulah gua sengaja minggir dan menjaga jarak,..cukup merepotkan. Inilah suka dukanya para bikers. Di saat aspal basah cipratan ban-ban kendaraan lainnya mampu menghasilkan kabut pekat di kaca helm kita. Yahh…di nikmatin saja. Sekitar 10 meter di depan gua ada iring-iringan 3 mobil yang diikutin oleh 1 motor Honda Supra. “Wah mepet bener tuh motor ke mobil” batin gua. Paling sekitar 3 meter di barisan mobil-mobil tersebut. Terjadilah apa yang gua takutkan. Tiba-tiba mobil paling depan nyalain lampu sein dan langsung belok ke kiri. Mobil di belakangnya banting stir kekanan sambil ngerem. Decit suara ban kencang terdengar. Terlihat motor supra dah geyal geyol berusaha di rem sejadi-jadinya menghindari tabrakan. Tapi apa mau di kata kemampuan ban roda 2 yang sangat terbatas tidak mampu mengimbangi mobil sehingga si biker terpaksa juga ikut banting setir kekanan supaya tidak telak menghantam si mobil. Hasilnya adalah ban belakang kehilangan grip dan bisa di duga…motor supra tersebut terpelanting di mobil ke 3 (Sisi kanannya). Masyallahhh….lemes gua ngelihatnya si bikers bergulung-gulung dan berusaha mati-matian supaya tidak jatuh ke roda si mobil. Tapi alhamdullillah…masih di beri umur panjang. Mobil bisa berhenti pada waktu yang tepat sehingga si abang biker berdiri kembali dengan pakaian sobek -sobek dah kayak iklan Yamaha si komeng. Setelah berhenti gua samperin si abang. Untung cuma luka-luka lecet. ” Nggak apa-apa mas” serunya. Hanya motornya setangnya bengkok dikit. Setelah di benerin si mas duduk dulu menenangkan suasana hati yang shock. Yang bikin hati prihatin si mobil dah hilang entah kemana. Setelah beberapa saat dah banyak orang berkerumun dan coba mencari tahu apa yang terjadi. “Udah bapak-bapak ibu-ibu nggak apa-apa koq “, Gua coba meyakinkan. Setelah di rasa cukup kuat akhirnya si mas tersebut pamit.

Dari semua kejadian di atas gua coba merenung. Memang kalau namanya kecelakaan tidak bisa di duga. Tapi alangkah baiknya kalau kita coba ikutin tips-tips berikut :

1. Jaga jarak dengan kendaraan ke depan minimal 10 m

2. Segera ganti ban motor kalau sudah gundul

3. Check semua perangkat pengereman mulai dari kampas sampai oli brake (Khusus untuk tipe cakram)

4. Jangan melamun dan selalu fokus serta konsentrasi ke depan.

5. Jangan paksa kaca helm menutup kalau sedang hujan apalagi malam hari karena kaca sering berkabut dan menghalangi penglihatan.

6. Gunakan rem dengan di bantu engine brake khususnya kalau sedang hujan unutk menghindari tromol mengunci yang akhirnya ban malah sliding.

7. Selalu berdoa sebelum berkendara

Silahkan di lengkapin sendiri kalau ada yang kurang, semoga membantu……

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • Memang yamaha mio bagusnya pake PERTAMAXX..

  • memang kalau ngikutin kendaraan lain jangan terlalu dekat, kecuali sedang di lampu merah, bolehlah.

  • Bat man

    stress dah. podium aja

  • ari

    wow 5 besar

  • si adit

    Ojo grasa grusu.